5 Pemain Jungler Terbaik MLBB Indonesia, Siapa Saja Mereka?

1268
Pemain Jungler Terbaik MLBB Indonesia

Di dalam permainan Mobile Legends: Bang Bang terdapat banyak role yang bisa kalian pilih untuk dimainkan. Di antara banyaknya role yang ada, jungler merupakan salah satu role favorit untuk digunakan oleh sebagian pemain.

Istilah jungler tentunya bukan merupakan istilah yang asing lagi bagi sobat MLBB semua. Dalam game Mobile Legends: Bang-Bang atau biasa disebut MLBB, jungler adalah posisi penguasa hutan yang biasanya menjadi core dari gameplay suatu tim.

Apa Itu Jungler?

Jungler memiliki tugas utama untuk menguasai daerah hutan dan membunuh monster hutan untuk melakukan farming. Selain itu, seorang jungler juga menjadi wild card dalam peperangan didalam permainan.

Pasalnya, seorang jungler memiliki faktor kejutan yang tinggi karena lebih sering berada di hutan dan jarang terlihat di map sehingga dapat dengan lebih mudah melakukan ambush, flanking, dan ganking pada hero lawan.

Jika diibaratkan seorang pembalap, tentunya selain menggunakan kendaraan terbaik juga diperlukan seorang pengemudi yang handal untuk memenangkan pertandingan.

Begitu pula dengan seorang jungler, selain dengan pemilihan hero jungler yang tepat, juga diperlukan seorang pemain dengan kemampuan yang lihai untuk mencapai objektif memenangkan permainan.

Berikut adalah deretan pemain jungler terbaik MLBB Indonesia di Season 9 MPL ID.

5 Pemain Jungler Terbaik MLBB Indonesia

Pemain Jungler Terbaik MLBB Indonesia #1: High

pemain jungler terbaik MLBB Indonesia

Jehoda Jordan Sumual, itulah nama asli dari sosok atlet esports “High” dari tim Aura Fire.

Pemain kelahiran 31 juli 2001 dan berusia 21 tahun yang biasa dikenal dengan sebutan “lord High” dan “Aura High” ini merupakan sosok jungler yang sangat menakutkan terutama ketika High menggunakan signature hero-nya, Aulus.

Dengan penampilan menakjubkan yang ia tunjukan, High menjadi sosok jungler yang ditakuti oleh banyak tim dan berhasil menjadikan dirinya kedalam deretan pemain jungler terbaik MLBB Indonesia.

Pada season 9 High tampil dengan luar biasa dan berhasil mendapatkan statistik rata-rata sebanyak 6.3 KDA dan 692 GPM. Selain itu High juga berhasil meraup total kill sebanyak 103 dengan 14 hero pool selama laga MPL ID season 9.

High juga dikenal sebagai jungler yang terbilang nyeleneh. Aura High seringkali memilih hero tank sebagai jungler bahkan sebelum hero tank jungler menjadi meta.

Pemain Jungler Terbaik MLBB Indonesia #2: Sanz

pemain jungler terbaik MLBB Indonesia
Sanz

Gilang, pemain asal Makassar kelahiran 22 Juli 2002 ini mulai meniti karirnya di dunia esports bersama tim Victim esports.

Saat ini Sanz masuk ke dalam deretan pemain jungler terbaik MLBB Indonesia untuk MPL ID season 9 dengan penampilannya yang memukau terutama saat Sanz menggunakan signature hero-nya, Fanny.

Pada season 9 Sanz tampil dengan sangat baik dan mendapatkan statistik rata-rata sebanyak 5.0 KDA dan 11 GPM. Selain itu Sanz juga berhasil mengantongi total kill sebanyak 83 dengan 14 hero pool selama laga MPL ID season 9.

Sanz bersama timnya juga pernah berhasil menjadi juara laga ONE Esports Invitational pada tahun 2021 setelah mengalahkan tim Blacklist International sang juara dunia dengan skor 3-1.

Pemain Jungler Terbaik MLBB Indonesia #3: Celiboy

pemain jungler terbaik MLBB Indonesia
Celiboy

Untuk pemain jungler terbaik MLBB Indonesia selanjutnya ada Celiboy.

Eldin Rahadian Putra adalah nama asli dari Celiboy. Pemain kelahiran Bekasi, 23 Februari 2003 ini merupakan bagian dari tim esports tanah air Alter Ego.

Sebelum masuk ke tim Alter Ego dan terjun ke MPL Season 4 lalu saat ia menduduki bangku SMA, Celiboy merupakan anggota andalan dari tim esports Capcorn. Saat laga debutnya pada MPL yang lalu, Celiboy memecahkan rekor sebagai pemain termuda dalam MPL kala itu.

Celiboy juga dikenal dengan sebutan “the miracle boy” karena kemampuannya yang luar biasa dan menjadikannya masuk kedalam deretan pemain jungler MLBB terbaik Indonesia.

Meskipun belum berhasil membawa Alter Ego masuk ke babak upper bracket pada MPL ID season 9 lalu, pemain dengan salah satu signature hero Hayabusa ini selalu menampilkan performa terbaiknya.

Pemain Jungler Terbaik MLBB Indonesia #4: Ferxiic

pemain jungler terbaik MLBB Indonesia
Ferxiic

Pemain Mobile Legends yang satu ini memiliki nama asli Ferdyansyah Kamaruddin. Ferxiic merupakan pemain kelahiran Balikpapan pada tahun 2005 silam.

Ferxiic merupakan anggota dari tim esports Evos, ia mengawali karirnya di dunia esports bersama tim lapis kedua Evos yakni Evos Icon. Jungler dari tim Evos ini juga dikenal dengan sebutan “Baby macan”, ia juga turut membantu tim Evos untuk menjadi juara pada MPL ID Season 7 lalu.

Pada season 7 lalu, Ferxiic pada awalnya bukanlah nama yang masuk ke dalam roster pemain utama Evos. Namun pada pertengahan laga, Evos Wannn memutuskan untuk rehat sejenak sehingga Ferxiic berkesempatan maju menjadi anggota utama.

Ferxiic merupakan pemain yang masuk kedalam deretan pemain jungler terbaik MLBB Indonesia dengan salah satu signature hero-nya Lancelot.

Ia merupakan pemain bertipe taktis dan agresif dan dengan permainannya yang luar biasa, pada MPL ID Season 9 lalu Ferxiic berhasil meraih rata-rata statistik sebesar 5.6 KDA dan 739 GPM. Selain itu Ferxiic juga berhasil memboyong total kill sebanyak 142 dengan 9 hero pools.

Pemain Jungler Terbaik MLBB Indonesia #5: Alberttt

pemain jungler terbaik MLBB Indonesia
Alberttt

Pemain yang masuk ke jajaran pemain jungler terbaik MLBB Indonesia selanjutnya adalah Alberttt.

Pemain yang satu ini berkelahiran di Denpasar, 8 Januari 2004 silam. Alberttt memiliki nama asli Albert Neilsen Iskandar dan merupakan anggota dari tim esports RRQ Hoshi.

Alberttt dengan permainannya yang memukau berhasil menyematkan namanya kedalam deretan pemain jungler terbaik MLBB Indonesia dan juga berhasil membawa RRQ Hoshi ke puncak klasemen dan masuk ke babak upper bracket pada MPL ID Season 9 lalu.

Atlet esports yang satu ini memiliki sebutan “bayi alien”. Alberttt memulai debutnya pada MPL Season 6 saat ia menggantikan RRQ Xinnn dan pada laga season debutnya ia dinobatkan sebagai MVP di Grand Final MPL Season 6.

Dengan signature hero-nya, Ling, Alberttt merupakan sosok yang memukau bagi penonton dan sosok yang mengerikan bagi lawannya.

Sebelum masuk ke tim RRQ Hoshi, Alberttt pernah mencoba trial untuk masuk ke tim Evos. Namun sayangnya ia tidak lolos dan malah diterima di tim rival dari Evos yakni RRQ Hoshi.


Itulah sederetan pemain jungler terbaik MLBB Indonesia berdasarkan data yang dirilis oleh MPL ID Season 9 lalu.

Masing-masing figur memiliki sisi memukaunya tersendiri, apakah idola sobat MLBB ada di deretan tersebut?

Tips Jadi Jungler MLBB yang Baik dan Benar

Jika sobat MLBB juga mau menjadi penguasa hutan Land of Dawn yang handal, berikut adalah tips untuk menjadi seorang jungler:

Tips #1: Gunakan battle spell retribution yang tepat

Ada 3 jenis battle spell retribution yakni ice retribution, flame retribution, dan bloody retribution yang masing-masing memiliki efek yang berbeda.

Tips #2: Amankan buff

Penting bagi kalian untuk mengamankan buff untuk mendapatkan berbagai keunggulan termasuk efek attribute bonus dari kedua buff.

Tips #3: Atur rotasi ke daerah turtle/lord

Jika kalian bisa mengamankan turtle atau lord, tim kalian bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti bonus gold, exp, dan buff.

Tips #4: Jaga komunikasi dan koordinasi dengan tim

Komunikasi dan koordinasi sangat penting untuk memberi dan mendapatkan kabar dari rekan tim terkait kondisi hero musuh dan strategi yang ingin dijalankan.

Tips #5: Fokus pada objektif

Jangan sampai kalian offside ataupun terlambat untuk bergabung dalam war, selain itu juga perlu diperhatikan objektif yang tim kalian ingin dapatkan. Pada hakikatnya sebanyak apapun kalian membunuh musuh, objektif kalian adalah menghancurkan base lawan.

Tips #6: Perhatikan map

Di sebelah pojok kiri atas terdapat sebuah minimap yang menunjukan tampilan arena pertandingan, posisi rekan satu tim, dan hal-hal lainnya yang sangat penting untuk kalian perhatikan.

Itulah sedikit tips untuk sobat MLBB jika kalian mau menjadi jungler handal. Sudah siap untuk menguasai hutan Land of Dawn?

banner iklan esportsnesia
Previous articleMasuki Season 3, Ajang Esports Garuda VALORANT Invitational (GVI) Siapkan Total Hadiah 70 Juta Rupiah
Next article3 Battle Spell Mobile Legends untuk Roamer!
"Seorang pegawai negeri sipil di bidang keuangan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Bermula dari membuka buku untuk rehat sejenak dari dunia nyata, dunia yang dibuat dari untaian kata berhasil membuat hati jatuh cinta dan menggemari dunia tulisan hingga akhirnya mencoba menuangkan ide dalam rangkaian kata. Terlibat dalam berbagai organisasi dan kegiatan untuk mencari warna-warna baru dalam hidup dan mencoba menambal retak pada gading kehidupan. Berbicara dan bercengkrama dengan banyak masyarakat dari penjuru lain dunia yang berbeda juga menjadi paragraf pengisi dalam kisah yang sedang ditulis, kisah yang berjudul ""kehidupan"" dan bertemakan ""Upaya dan do'a terbaik"". -Natagama"