Apa Itu RPG Maker?

0
36
apa itu RPG Maker
RPG Maker
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Apa itu RPG Maker? RPG Maker adalah sebuah game engine yang dirancang untuk mengembangkan gim yang bergenre role-playing game (RPG).

Kalau kamu suka main game, mungkin kamu sering bertanya-tanya bagaimana para pengembang membuat game-game mereka. Untuk kamu yang belum tahu, sebuah game biasanya dikembangkan dengan menggunakan program yang disebut dengan game engine.

Apa itu game engine?

Game engine adalah sistem software yang digunakan sebagai dasar pembuatan video game. Game engine membantu pengembang game dengan fungsi-fungsi dasar seperti grafika untuk membuat grafis 2D dan 3D, fisika untuk membantu menghitung dan memperkirakan hukum-hukum gerak dan fisika di dalam game, audio, script, animasi, threading, manajemen memori, dan bahkan kecerdasan buatan.

Dalam satu game engine, kamu bisa membuat berbagai permainan yang berbeda-beda. Kamu juga bisa membuat game baru dengan cara mengadaptasi game yang sudah ada.

Ada beberapa game engine yang sering digunakan untuk mengembangkan game seperti Cry Engine, Unreal Engine, Rage Engine, RPG Maker, dan lain sebagainya. Di artikel ini kita akan fokus membahas mengenai apa itu RPG Maker.

Namun, sebelumnya, sudah familiar belum dengan genre RPG itu sendiri?

Apa itu genre RPG?

Sebelum memasuki pembahasan mengenai RPG Maker, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu RPG. RPG adalah singkatan dari role-playing game, sebuah genre video game yang memungkinkan pemainnya mengontrol karakter-karakter di video yang tinggal di setting tempat tertentu. Biasanya game RPG juga menampilkan perkembangan karakter.

Dalam RPG, pemain mengendalikan karakter utama dan sekelompok karakter pendukung (sering juga disebut party) untuk menyelesaikan misi-misi tertentu. Pemain menjelajahi dunia di dalam game sembari menyelesaikan tantangan-tantangan dan kadang terlibat dalam pertempuran.

Fitur utama dalam RPG adalah karakter bisa mengembangkan kekuatan dan kemampuannya. RPG biasanya memang mengandalkan jalan cerita yang dibagi menjadi beberapa tahap tantangan. Pada masing-masing tahapan, pemain akan diberi tugas yang harus diselesaikan.

RPG menawarkan interaksi yang lebih kompleks antar karakter dibandingkan dengan genre game lain. Interaksi ini juga biasanya melibatkan non-player characters yaitu karakter komputer yang didesain dengan artificial intelligence.

Pernah nonton film Jumanji? Mungkin kalian akan lebih mudah memahami RPG dengan menonton film ini. Di film Jumanji, beberapa karakter menjelajah suatu dunia dan memiliki tugas-tugas tertentu yang harus diselesaikan dalam setiap tahap. Di film Jumanji kalian juga bisa melihat bagaimana para karakter berinteraksi dengan non-player characters.

Contoh yang populer dari genre ini, tidak lain adalah seri Final Fantasy!

Apa Itu RPG Maker?

RPG Maker berasal Jepang dan dikenal juga sebagai RPG Tsukuru. RPG Maker merupakan game engine yang dirancang untuk mengembangkan role-playing game (RPG) seperti yang sudah kami ceritakan di atas.

Pada awalnya, RPG Maker dibuat oleh ASCII, perusahaan penerbitan asal Jepang yang memproduksi serial game dan juga software pemrograman seperti RPG Maker. Dalam perkembangannya, produksi RPG Maker kemudian diambil alih oleh Enterbrain yang masih satu grup dengan ASCII.

Pada awalnya seri RPG Maker dirilis hanya untuk diedarkan di Jepang. Software ini kemudian mulai tersebar secara ilegal di Cina, Taiwan, Korea Selatan, Rusia, dan Amerika Utara. Sekarang RPG Maker sudah diterjemahkan secara resmi di seluruh dunia.

Fitur-fitur RPG Maker

Sejak awal dirilis, RPG Maker sudah hadir dalam berbagai macam versi. Versi terbaru RPG Maker adalah RPG Maker MZ yang rilis pada tahun 2020. Fitur-fitur yang terdapat dalam RPG Maker MZ di antaranya:

  1. Map Editor

    apa itu RPG Maker
    Map Editor

RPG Map Editor memungkinmu untuk membuat keseluruhan map dalam game dengan mudah. Dibanding dengan versi RPG Maker sebelumnya, versi MZ memiliki koleksi tiles yang lebih banyak sehingga kamu bisa menciptakan lebih banyak kota dan area untuk dijelajahi oleh para pemain.

  1. Character Generator

    apa itu RPG Maker
    Character Generator

Sama seperti versi-versi terdahulu, RPG Maker MZ membolehkan pengguna untuk mendesain sendiri karakter-karakternya. Desain karaker ini bisa dilakukan dengan cara mengombinasikan berbagai aset yang disediakan.

  1. Pre-made Assets

    apa itu RPG Maker
    Pre-made Assets

Selain bisa mendesain karaktermu sendiri, RPG Maker juga sudah menyediakan aset-aset yang bisa kamu gunakan untuk membuat game. Fitur ini sangat cocok dicoba untuk kamu yang baru belajar membuat game.

  1. Events

    apa itu RPG Maker
    Events – Battle Modes

Fitur events berisi skenario adegan-adegan yang bisa langsung kamu gunakan secara instan. Jadi kamu tidak harus jago pemrograman untuk mengoperasikan software ini. Kamu hanya perlu mengisi beberapa informasi dasar sesuai dengan alur cerita di game kamu dan RPG Maker akan mewujudkan adegan yang kamu mau.

  1. Animation

Kamu bisa menggunakan berbagai macam efek dan aset animasi yang dapat digunakan selama para karakter menjelajah dunia game kamu. Misalnya, kamu bisa menggunakan efek-efek khusus yang cocok digunakan saat terjadi pertempuran supaya adegan pertempuran yang terjadi menjadi benar-benar seru.

  1. Plug-Ins

    apa itu RPG Maker
    Plug-ins

RPG Maker juga sudah support plug-ins. Kalau kamu masih membutuhkan beberapa alat atau fitur yang tidak tersedia dalam RPG Maker, kamu bisa menambahkan plug-ins untuk memenuhi kebutuhan kamu.

  1. Test Play

Setelah kamu selesai membuat game, kamu bisa langsung mengujinya dengan menjalankan fitur test play. Di sini kamu bisa melihat kekurangan-kekurangan yang masih kamu temukan dan segera memperbaikinya.

Game yang Dibuat dengan RPG Maker

Terdapat banyak sekali game yang dibuat dengan RPG Maker. Karena kemudahannya, banyak orang bahkan yang tidak menguasai bahasa pemrograman sekalipun bisa membuat game mereka sendiri.

Berikut ini beberapa game yang dibuat dengan RPG Maker:

  1. The Witch’s House

    apa itu RPG Maker
    The Witch’s House

The Witch’s House adalah salah satu game yang dibuat dengan RPG Maker yang paling terkenal. Dibuat oleh Fummy pada tahun 2012, game ini memiliki genre survival horror yang dilengkapi dengan banyak jumpscare.

Game ini berfokus pada teka-teki yang harus dijawab dengan benar. Kesalahan akan berakibat kematian dan di game ini ada banyak sekali cara untuk mati.

  1. To The Moon

    apa itu RPG Maker
    To The Moon

To The Moon adalah game RPG bergenre adventure dengan alur cerita yang mengharukan. Misi-misi dalam game ini menuntut kemampuan puzzle-solving dan kemampuan untuk mengintepretasikan informasi.

Dibuat dan dipublish oleh Freebird Games, To The Moon memiliki kualitas grafik yang bagus. Soundtrack-soundtrack yang indah juga membuat pemain betah bermain dan menyelami alur cerita.

  1. Ib

    apa itu RPG Maker
    Ib

Ib yang dibuat oleh Kouri pada tahun 2012 memiliki keunikan pada sisi visual dan alur cerita. Secara visual, game ini memiliki grafis yang sangat sederhana tapi dengan gaya gloomy yang sangat unik.

Salah satu yang membuat game ini menonjol adalah alur ceritanya yang memiliki beberapa ending alternatif. Pilihan-pilihan yang pemain buat dapat berpengaruh pada ending game.

  1. OFF

    apa itu RPG Maker
    OFF

OFF merupakan game role play bergenre surealis berbahasa Perancis yang dibuat pada tahun 2007 oleh Mortis Ghost dan timnya di Unproductive Fun Time. Game ini kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris pada tahun 2011. Game ini memiliki desain visual yang sangat unik dengan latar dunia yang aneh bernama OFF.

  1. Corpse Party

    apa itu RPG Maker
    Corpse Party

Corpse Party adalah serial game RPG bergenre horror-adventure yang dibuat oleh Makoto Kedoin dan dikembangkan oleh Team GrisGris. Corpse Party merupakan salah satu serial game RPG paling terkenal. Karena memiliki banyak penggemar, game ini sudah dirilis dalam berbagai seri dan judul dimulai dari CORPSE-PARTY yang dirilis pada tahun 1996 sampai Corpse Party Blood Covered: Repeated Fear yang dirilis pada Februari 2021.

  1. LISA: The Painful

    apa itu RPG Maker
    LISA: The Painful

Game ini didesain oleh Austin Jorgensen dan dirilis oleh studio indie Dingaling Productions pada tahun 2014. Berlatar di dunia post-apocalypse, Lisa disukai penggemar karena gaya penulisannya yang bernuansa humor gelap. Studio Dingaling kemudian merilis sekuelnya yang berjudul Lisa: The Joyful.


Nah, sekarang setelah kamu mengetahui apa itu RPG Maker, kamu bisa mencobanya secara langsung dan membuat game kamu sendiri. Meski terbilang sederhana dan secara kualitas grafik memang kalah dari game engine lain, RPG Maker memiliki nilai plus tersendiri yang membuatnya tetap digemari.

Media Partnership