Mengenal Bombi DOTA 2, Pro Player Vietnam yang Perkuat Xerxia di Kompetisi DPC SEA 2023 Tour 3

710
bombi dota 2
Sumber: Facebook DOTA 2 Quotes

Bagi banyak penggemar permainan MOBA skala internasional, maka tentu Bombi DOTA 2 sudah bukan merupakan pro player yang asing lagi.

Apalagi jika ditarik secara garis besar selama bergabungnya Bombi dalam dunia esports sejak tahun 2019 lalu, ia bahkan telah berhasil menorehkan banyak prestasi sehingga ditakuti oleh para kompetitornya.

Sepanjang karirnya, Bombi DOTA 2 telah berpindah-pindah klub hampir lebih dari 3 kali sehingga akhirnya ia bergabung dengan tim asal Thailand terkemuka yaitu Xerxia di awal tahun 2023 ini.

Hebatnya, Bombi berhasil membuktikan kemampuannya dengan mempersembahkan banyak gelar terbaik hampir untuk setiap tim yang sempat dijajakinya.

Namun siapakah Bombi DOTA 2 yang sebenarnya? Yuk simak profil dan biodata lengkap serta perjalanan karirnya pada artikel di bawah ini!

Profil dan Biodata Lengkap Bombi DOTA 2

Bombi merupakan salah satu dari pro player berbakat asal Vietnam dengan nama asli Trần Hoàng Minh Quý.

Nama Bombi ini akhirnya disematkan supaya banyak orang lebih mudah untuk mengenal dan menyebutkannya.

Pria hebat ini telah memulai karirnya sebagai seorang pro player sejak tahun 2019 dan memang berfokus untuk main dalam ranah game DOTA 2.

Pada awal karirnya, Bombi memiliki nickname dengan sebutan Xiaobonbon. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ia akhirnya mengubahnya menjadi Bombi yang lebih mudah untuk dilafalkan oleh banyak orang.

Supaya kamu dapat mengenalnya lebih dekat, berikut ini adalah nama lengkap, posisi, riwayat karir, hingga hero favorit dari Bombi yaitu:

  • Nama Lengkap: Trần Hoàng Minh Quý
  • Negara Asal: Vietnam
  • Tanggal Lahir: 3 September 1998
  • Usia: 25 Tahun (per 2023)
  • Tahun aktif: 2019- sekarang
  • Role: Support dan Captain
  • Tim Saat Ini: XERXIA (Thailand Based)
  • Hero Favorit: Phoenix, Winter Wyvern, dan Oracle
  • Riwayat Tim:
    • 2019: Impunity
    • 2020-2022: 496 Gaming
    • 2022: Chubby Boiz
    • 2022: RSG
    • 2023-sekarang: Xerxia

Bombi DOTA 2 dan Kondisi Terbaru Xerxia, Timnya Saat Ini

bombi dota 2
Sumber: Youtube DOTA TV

Setelah berpindah-pindah lebih dari 3 klub internasional sejak menjadi pro player di tahun 2019 silam, pada awal tahun ini Bombi akhirnya memutuskan untuk berlabuh dan berjuang bersama Xerxia.

Kabar terbaru dari Bombi dan timnya saat ini yaitu setelah berhasil menjadi runner up pada kompetisi DPC SEA 2023 Tour 2: Division II, ia dan timnya juga berhasil melaju untuk seri Tour 3.

Bergabungnya Bombi dengan Xerxia pada Januari 2023 lalu memang diproyeksikan untuk memperkuat tim yang berbasis di Thailand ini untuk memenangkan lebih banyak kompetisi kedepannya. Hal ini terbukti dengan berhasilnya tim meraih banyak prestasi membanggakan termasuk yang terbaru yaitu DPC SEA 2023 Tour 2.

Pada pertandingan tersebut, Bombi DOTA 2 berhasil membuat gebrakan pada kompetisi DOTA bergengsi se-Asia Tenggara dengan mengalahkan Blacklist International

Meski terbilang baru, Blacklist International merupakan salah satu tim kuat pada DPC SEA 2023 ini. Kemenangan inilah yang membuat Bombi dan tim melaju ke laga selanjutnya yaitu DPC Sea 2023 Tour 3

Perjalanan Karir Bombi DOTA 2

bombi dota 2
Sumber: viresa.org.vn

Bombi mengawali karir profesionalnya sejak tahun 2019 lalu dengan bergabung dengan tim lokal asal Vietnam bernama Impunity. Kompetisi pertama yang diikutinya adalah Dream League Season 13.

Liga inilah pertama kali Bombi debut dan bertanding secara profesional sekaligus menjadi batu loncatan dirinya dalam mengarungi karir profesional sebagai player DOTA 2.

Meski hanya masuk babak kualifikasi, ini adalah tonggak Bombi menuju pengalaman profesional Dota 2 lainnya. Setelah dari tim tersebut, ia memutuskan untuk bergabung dengan tim 496 Gaming di tahun 2020, berikut rangkuman perjalanan karir Bombi hingga kini:

496 Gaming atau 496

Atlet esports asal Vietnam ini kemudian resmi bergabung dengan tim lokal yang jauh lebih besar dari sebelumnya yaitu 496 Gaming selama hampir 2 tahun (Mei 2020 – Feb 2022).

Debut Bombi bersama 496 Gaming adalah pada kompetisi Asia Summer Championship. Saat itu 496 Gaming finish sebagai juara ke-3 walaupun kala itu Bombi hanya menempati posisi cadangan.

Namun atas segala perjuangannya, akhirnya Bombi berkesempatan untuk ikut bermain sebagai roaster utama pada laga Razer SEA Invitational 2020. Ia dan timnya berhasil menyabet juara 2. 

Setelah 2 tahun bersama, akhirnya Bombi memutuskan untuk hengkang dari tim 496 dan menjalani laga terakhir di November 2021. Ia menutup buku dengan menorehkan sebagai peringkat 8 dalam kompetisi Moon Studio Asian Tigers 2.

ChubbyBoiz

Bombi sempat bergabung dengan ChubbyBoiz selama dua bulan. Dalam kurun waktu dua bulan tersebuttersebut,  Ia mengikuti 3 kompetisi. Salah satu diantaranya adalah babak Kualifikasi DPC SEA 2021/2022 Tour 2: Open Qualifier #1.

Pemain kelahiran 1998 tersebut pindah ke RSG tidak lama setelah kualifikasi DPC SEA Tour 2 berakhir. Ia secara resmi mengundurkan diri dari ChubbyBoiz pada 17 Maret 2022.

RSG

Setelah perpisahannya dengan ChubbyBoiz, Bombi bergabung dengan RSG pada Maret 2022. Kebersamaan Bombi dengan RSG hanya hitungan bulan saja. Tercatat 15 Oktober Bombi mengundurkan diri dari Tim RSG.

Bombi mencatatkan 8 pertandingan, dimana 3 diantaranya RSG dan Bombi berhasil keluar sebagai juara. Berikut 3 kompetisi tersebut:

Xerxia

Barulah awal Tahun 2023 Bombi DOTA 2 memutuskan untuk bergabung sebagai roaster utama Xerxia pada 23 Januari 2023. 

Kompetisi Top Egaming menjadi debut Bombi sebagai roster utama Xerxia. Ia dan Xerxia berhasil finish pada peringkat ke 8. Namun, setelah itu grafik pertandingannya terus menguat hingga berhasil mendapatkan tiket untuk berkompetisi di DPC SEA 2023 Tour 3.

Bombi dan Xerxia dalam Kompetisi DOTA 2 DPC SEA 2023

Pemain bernama asli Trần Hoàng Minh Quý terlibat dalam salah satu perhelatan DOTA 2 Terbesar se-Asia Tenggara yakni DPC SEA 2023. Ia memberikan kontribusi nyata yang membuat Xerxia melaju di Tour 3 setelah meraih posisi kedua pada kompetisi DPC SEA 2023 Tour 2: Division II.

Pada DPC SEA 2023 Tour 3 yang masih berjalan, Bombi dan Tim sudah menjalankan 5 laga. Bombi dkk membukukan 4 kali kekalahan dan satu kali menang atas Blacklist International.

Bombi dan Xerxia masih memiliki dua pertandingan tersisa, yakni kontra SMG pada tanggal 29 Mei dan melawan Bleed Esports di tanggal 2 Juni 2023

Pertarungan 2 Juni mendatang akan menjadi yang terberat, Bleed Esports saat ini berada di puncak klasemen sementara. 

Namun keajaiban bisa saja terjadi, seperti halnya pada saat Bombi melawan Blacklist International yang dijagokan. Pada tanggal 22 Mei menjadi tanggal keberuntungan Bimbo yang berhasil menekuk lutut Blacklist International dengan skor 2-0.

Apakah akan ada keajaiban pada laga Xerxia vs Bleed Esport? Nantikan gebrakan Bombi DOTA 2 dan timnya ya pada tanggal 2 Juni mendatang!

banner iklan esportsnesia