Geek Fam ID, Siap Bersaing dalam Esports Indonesia

0
7
geek fam ID

Geek Fam merupakan organisasi esports asal Malaysia yang didirikan oleh Joseph dan Keat pada 2016. Organisasi ini memulai perjalanan mereka lewat mengirimkan tim Dota 2 ke ESL One Genting dan masuk final kualifikasi. Nama Geek Fam besar lewat divisi Dota 2 dengan mengirimkan tim tersebut ke berbagai turnamen internasional seperti Epicenter, The Summit 7, The Kyiv Major, dan The International.

Geek Fam kemudian melebarkan sayapnya ke Indonesia dengan nama Geek Fam ID. Kehadiran Geek Fam di Indonesia merupakan hasil dari sistem franchise league dalam MPL Indonesia Season 4. Mereka hadir lewat akuisisi tim SFI.Critical pada 2019 lalu.

Maka dari itu, Geek Fam ID hadir di MPL Indonesia Season 4 dengan pemain Mobile Legends SFI Critical. Geek Fam berinisiatif untuk mengekspansi adalah dengan tujuan terjun ke kancah kompetitif MLBB Indonesia yang memang sangat berkembang. Mereka mengakuisisi SFI.Critical yang disebut sebagai tim MLBB Indonesia yang menonjol.

Saat ini Geek Fam ID memiliki beberapa divisi tim esports. Divisi tersebut adalah divisi Mobile Legends Indonesia, divisi PUBGM, dan Geek Girl yang berisi divisi MLBB dan PUBGM untuk perempuan. Divisi Call of Duty sudah dibubarkan pada 2020 lalu, tetapi sebagai gantinya, Geek Fam ID menyiapkan divisi baru yakni Valorant.

Geek Family ID sudah mencatat beberapa prestasi baik selama menjadi organisasi esports. Salah satunya yang cukup menarik perhatian penggemar adalah mereka berhasil memenangkan PMPL Indonesia Season 3. Atas prestasinya tersebut mereka akan maju ke tingkat Asia Tenggara untuk mewakili Indonesia.

Geek Fam ID MLBB

Geek Fam ID MLBB
Geek Fam ID MLBB beberapa kali berganti roster.

Divisi ini berisi beberapa roster lama dari SFI.Critica. Berdasarkan laman situs Geek Fam Asia, pemain inti MLBB dari Geek Fam Indonesia diisi oleh Wong Coco, Ipin, Joker, Ramzu, Doyok, Tezet, Instinct, Val, Paul, dan Kirito.

Namun, Wong Coco, Joker, AyamJago, dan Crappy pada November 2020 lalu menyusul beberapa roster lainna seperti Paul, Ipin, dan Val. Pada MPL Indonesia Season 7 yang diadakan 2021 ini, Geek Fam ID merombak roster baru dengan mendatangkan pemain-pemain muda. Roster Geek Fam untuk MPL ID ini diisi oleh Rendy “Renv” Kurniawan (Sidelane), Ranu “Despair” Herdianto Yahmadi (Sidelane), Bima “Adam” Putra Sejati (Sidelane), Frzz (Support), Valentino “Babywww” Farrel Rustjo (Hyper), dan Ahmad “Zunz” Eko Mustofa (Tank).

Geek Fam Jr.

Geek Fam Junior
Geek Fam Jr. diproyeksikan dalam turnamen MDL Indonesia.

Geek Fam Junior adalah divisi MLBB Geek Fam yang diproyeksikan untuk turnamen MDL. Pemain-pemain dari Geek Fam Jr. cukup menarik perhatian karena pernah mengalahkan roster inti Geek Fam di Nimo.TV.

Tim inti Geek Fam Jr. saat ini beranggotakan Rupture dengan posisi Tank, Hanz sebagai Hyper, Howie dengan Sidelane, Salman sebagai Tank, Dilann dengan Sidelane, dan Airliur dengan Support. Airliur dan Rupture merupakan mantan pemain Aura Esports. Sedangkan beberapa anggota seperti Frzz, BabyRuca, dan Schwann ditarik ke MPL.

Geek Fam ID PUBGM

Geek Fam ID PUBGM
Geek Fam ID PUBGM menjadi salah satu tim PUBG terbaik di Indonesia.

PUBGM merupakan cabang esports yang sangat berkembang di Indonesia di samping Mobile Legends: Bang Bang. Divisi PUBGM Geek Fam ID pada 2021 ini berhasil mencetak prestasi dalam turnamen PUBG Mobile Pro League (PMPL) Indonesia Season 3. Mereka berhasil mengalahkan Bigetron Red Aliens si juara bertahan dua musim.

Divisi PUBGM ini berhak mendapatkan tiket emas untuk melaju ke Grand Final PMPL Southeast Asia Season 3 yang digelar 21 Mei 2021. Bigetron Esports menempati runner-up dan Aura Esports menempati posisi ketiga. Permainan Geek Fam ID tampil konsisten dengan 16 match, mereka mampu meraih tiga Winner Winner Chicken Dinner.

Berdasarkan laman situs Geek Fams, anggota divisi PUBGM adalah Datmosh sebagai Leader, Bubu dengan role Observer, lalu ada Danzo sebagai Carry, dan Morfeus dengan role Rusher. Untuk PMPL Season 3 ini, divisi PUBGM digawangi oleh Mort, Tomz, Alvirlo, Katou, Bubuu, dan Dinosaurus.

Geek Girls

Geek Fam ID Girls
Geek Fam ID Girls berisi divisi Mobile Legends: Bang Bang dan PUBGM khusus tim perempuan.

Geek Fam ID memperluas jangkauan divisi esports mereka. Mereka memperkenalkan divisi khusus perempuan, yakni Geek Girls. Di dalam Geek Girls ini, baru terdapat dua divisi khusus untuk Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile.

Anggota divisi PUBGM diisi oleh Queenway, Eve, Syaboo, Bbysay, dan Kiyaw. Tim ini aktif berlaga di berbagai turnamen seperti Angels Exhibition. Sedangkan Geek Girl Mobile Legends: Bang Bang diisi oleh CJ, Arachy, Melo, Meylane, dan Matcha.

Geek Fam ID VALORANT

Geek Fam ID Valorant
Geek Fam ID menambah divisi baru tim VALORANT.

Selain  Mobile Legends dan PUBGM, Geek Fam ID membentuk divisi baru untuk game VALORANT. Geek Fam ID sedang mempersiapkan roster untuk mengikuti turnamen VCT Challengers Indonesia Stage 2 Week 2. Anggota divisi ini diisi oleh zhar, SafeNSound, Valdyn, meejaey, dan Einarhkays.

Nama-nama tersebut sudah cukup populer di kalangan penggemar VALORANT. Namun hingga artikel ini terbit, divisi VALORANT belum diumumkan secara resmi oleh Geek Fam ID.

Geek Fam Call of Duty

Geek Fam Call of Duty
Geek Fam ID membubarkan divisi Call of Duty yang diumumkan pada 5 Maret 2020.

Divisi Call of Duty beranggotakan Dako sebagai Rusher, LexyEZ sebagai Sniper, Ramz sebagai Support, Fran sebagai Support, dan Misery sebagai Rusher. Sayangnya divisi ini harus dibubarkan. Ada beberapa alasan, salah satunya adalah minimnya kompetisi untuk Call of Duty.

Tidak hanya Call of Duty yang dibubarkan, Geek Fam juga membubarkan Dota 2. Tim Dota 2 Geek Fam dikenal sebagai salah satu tim Dota 2 terbaik se-Asia Tenggara. Dibubarkannya divisi ini dikarenakan minimnya kompetisi untuk Dota 2 setingkat Asia Tenggara.

Geek Academy

Geek Fam ID Academy
Geek Fam Academy merupakan akademi esports yang dibentuk oleh Geek Fam.

Tidak divisi game saja yang ada, Geek Fam ID juga membuka Geek Akademi yang memiliki tujuan untuk mendidik para calon pro player baru. Mereka tidak hanya akan dilatih menjadi pro player tetapi juga menjadi pemain yang memiliki integritas.

Menurut Geek Fam ID, game dan esports dapat digunakan menjadi alat pembelajaran. Lewat esports mereka dapat mengembangkan keterampilan para pemain. Sekaligus siap untuk menghadapi tantangan di kehidupan nyata serta menyiapkan mentalitas yang baik. Misalnya mengembangkan keterampilan seperti manajemen konflik, keterampilan sosial, dan pengambilan keputusan.

Geek Fam ID juga mengembangkan pembelajaran yang menyesuaikan dengan pola belajar dari siswanya. Sehingga mereka memberikan siswa waktu dan ruang untuk belajar dan mengembangkan keterampilannya. Geek Fam ID menjelaskan tiga hal yang akan didapatkan lewat program Geek Academy.

Pertama adalah mengembangkan kemampuan kognitif yang menjadi keterampilan yang dapat dipelajari dan diajarkan dengan menggunakan permainan sebagai media pendidikan.

Kedua adalah mental fortitude yang berfokus pada pola pikir serta mental yang kuat dalam mengatasi masalah (problem solving). Ketiga ada social intelligence yang memfasilitasi keterampilan sosial guna meningkatkan kepercayaan diri serta komunikasi.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai organisasi esports Geek Fam ID. Saat ini ada banyak organisasi esports di Indonesia yang tengah tumbuh mulai dari tim besar hingga tim kecil. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mendukung semua tim yang tengah berkompetisi apalagi jika berhasil masuk ke turnamen internasional.