Mengenal NothingToSay Dota 2, Pro Player Asia Tenggara yang Mendunia

681
NothingToSay Dota 2
Sumber: Facebook LGD Gaming

Bagi para esports khususnya di wilayah Asia Tenggara, sosok NothingToSay Dota 2 sudah menjadi legenda karena kemampuannya yang mendunia. 

Popularitas pria ini terus meningkat seiring dengan performanya yang luar biasa bahkan sejak awal debutnya.

Memulai debut di negara asalnya, Malaysia membuat NothingToSay Dota 2 menjadi salah satu pro player yang membanggakan di sana.

Setelah memulai karir sejak tahun 2018, ia mulai melebarkan sayapnya ke tim mancanegara dan kini menjadi andalan untuk tim esports populer asal China yaitu PSG.LGD.

Bersama dengan tim inilah, NothingToSay berhasil menjadi runner up di laga tertinggi Dota 2, The International.

Bahkan dalam banyak kompetisi, ia dan timnya seringkali menempati posisi upper bracket sehingga ditakuti oleh para lawannya hingga hari ini. 

Saat ini, Ia dan timnya sedang disibukkan dengan agenda kompetisi Internasional DreamLeague Season 20 yang akan memasuki kualifikasi Group Stage 2.

Supaya kamu semakin mengenal dengan sosok NothingToSay Dota 2, kami akan memberikan profil singkat beserta rentetan prestasinya yang mendunia. Silahkan disimak sampai tuntas ya!

Biodata dan Profil NothingToSay Dota 2

NothingToSay Dota 2
Sumber: Instagram @teamlgdgaming

NothingToSay adalah nickname dari pro player asal Malaysia yang bernama lengkap Cheng Jin Xiang. Cheng mulai mengikuti kompetisi Dota 2 secara profesional pada tahun 2017.

Di awal karirnya Cheng bergabung dengan dua klub lokal asal Malaysia yakni WarriorsGaming.Unity dan Geek Fam.

Kemudian Cheng NothingToSay Dota 2 mencoba menjajal tim baru dari Thailand, Alpha x Hashtag.

Barulah setelah itu ia mulai mengembangkan karirnya untuk bergabung dengan tim yang lebih besar.

Jika kamu penasaran dengan sosok pria ini, berikut adalah profil lengkapnya mulai dari nama lengkap, usia, hingga tanggal lahirnya:

  • Nama Lengkap: Cheng Jin Xiang
  • Kebangsaan: Malaysia
  • Tanggal Lahir: 21 Desember 2000
  • Usia: 23 Tahun (per 2023)
  • Role: Solo Middle
  • Hero Andalan: Kunkka, Tinker, dan Ember Spirit
  • Tim Saat Ini: PSG.LGD

Perjalanan karir dan Deretan Prestasi NothingToSay Dota 2

Pada awal berkarir, NothingToSay sudah menjajaki beberapa tim di regional Asia Tenggara mulai dari Malaysia hingga Thailand

Namun tampaknya, NothingToSay belum mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi dalam skala internasional yang lebih besar.

Maklum, tim SEA saat itu sepertinya mengalami kesulitan untuk menembus laga-laga internasional.

Memperkuat Tim Dota di Regional China, Ehome

Memang selama berkarir untuk tim di regional Asia Tenggara ia mencetak banyak sekali prestasi yang memuaskan dan menang di posisi utama. Namun, pria asal Malaysia ini selalu berusaha untuk mengembangkan karirnya lebih luas.

Barulah akhirnya Chen mencoba peruntungan di regional China. Ia bergabung dengan tim yang berbasis di negara tersebut bernama Ehome, tepat setelah Alpha x Hashtag (tim sebelumnya) membubarkan diri pada bulan September 2019.

Bersama dengan Ehome, NothingToSay akhirnya berhasil mencicipi laga yang lebih tinggi, Tier 2. Salah satunya, ia akhirnya bisa berkompetisi dalam DPL-CDA Professional League Season 1 dan 2.

Pada kesempatan itu NothingToSay berhasil mengantarkan Ehome menjadi juara.

Melanjutkan Karir di PSG.LGD

Masih berseragam Ehome, NothingToSay berkontribusi dalam capaian tim esports asal China lainnya PSG.LGD.

Berstatus sebagai pemain pinjaman, ia berhasil mencetak prestasi pada laga internasional Tier 1

Setelah pencapaiannya itu, ia pun pada akhirnya menjadi anggota permanen dari PSG.LGD, setelah Ehome resmi bubar pada 9 Maret 2023.

Bergabungnya Chen “NothingToSay” dengan tim regional China merupakan batu loncatan Chen untuk berkiprah pada kompetisi Internasional yang jauh lebih besar lagi

Sebab, meski berstatus pemain pinjaman saat itu, Chen berhasil mencetak prestasi yang cukup membanggakan di usianya yang masih muda.

Bahkan pencapaian ini membuatnya menjadi salah satu pemain yang ditakuti dalam kompetisi internasional.

Berhasil Menjadi Runner Up di Laga The International

NothingToSay Dota 2
Sumber: Instagram @teamlgdgaming

Tahun 2021 merupakan tahun keemasan Chen NothingToSay. Tercatat, ia mampu mengukir prestasi tinggi hampir di semua ajang yang diikutinya pada tahun tersebut.

Ia mengawali tahun 2021 dengan mengikuti kompetisi DPC 2021: Season 1 – China Upper Division dan berhasil finish di posisi 4 sebelum akhirnya meraih juara satu dan dua hingga penutup tahun.

Bahkan, ia berhasil mendapatkan juara satu para laga tingkat pertama dan berhasil menumbangkan banyak tim elite di seluruh dunia pada kompetisi WePlay AniMajor.

Setelah itu, NothingToSay bersama dengan PSG.LGD menjadi pemuncak dalam ajang OGA Dota PIT Season 5: China.

Tak sampai disitu, Chen lagi-lagi mencetak prestasi yang membanggakan. Ia berhasil membawa PSG.LTD menduduki posisi ke-2 dalam kompetisi The International 2021.

Di usianya yang terbilang masih muda, Chen berhasil mensejajarkan diri dengan atlet  Dota 2 Internasional lainnya. Karenanya, kala itu Ia pun menjadi pembicaraan hangat di media Malaysia bahkan di berbagai belahan dunia.

Dibalik suksesnya Chen menjadi juara kedua pada The International 2021. Usut punya usut, ternyata Chen alias NothingToSay sempat hampir gagal mengikuti turnamen The International 2021

Kasus Covid dan banyaknya atlet yang akan berangkat ke venue membuat izin terbang Chen terkendala.

Namun sepertinya keberuntungan sedang berpihak pada Chen. Perijinan pun berhasil dieksekusi dengan sempurna, dan ia pun berhasil finish di posisi runner up.

Juara 1 Riyadh Masters 2022

Chen kembali mencatatkan prestasi bombastis dengan menjuarai laga bergengsi Dota 2, Riyadh Master 2022

Prestasi ini sekaligus menjadi penguat bahwa NothingToSay patut diperhitungkan perannya dalam laga-laga internasional.

Saat itu Chen dan tim PSG.LGD berhasil membawa hadiah senilai $1,500,000 atau setara dengan Rp. 22 miliar.

Kabarnya Riyadh Master 2023 akan menggelontorkan dana yang fantastis. Akankah PSG.LGD mengikuti kompetisi Riyadh Masters lagi?

Kompetisi yang Akan dan Sedang Diikuti oleh NothingToSay Dota 2

NothingToSay Dota 2
Sumber: Instagram @teamlgdgaming

Saat ini, NothingToSay tengah mengikuti DreamLeague Season 20. Memasuki kualifikasi grup stage 2. Ia dan tim nya saat ini menempati posisi ke-5.

NothingToSay masih memiliki 5 laga sisa dalam kualifikasi grup stage 2. Mungkinkah ia dan tim PSG.LGD dapat memasuki babak play-off? Kita nantikan hasil akhirnya minggu mendatang!

Sebagai informasi tambahan, pemuncak klasemen dari kompetisi ini berhak untuk mendapatkan free-pass menuju Riyadh Masters.

Seperti sudah diulas sebelumnya, NothingToSay Dota 2 dan PSG.LGD berhasil menduduki peringkat 1 pada Riyadh Master 2022.

Demikian profil serta rangkuman prestasi dari NothingToSay Dota 2, pro player asal Malaysia yang sedang menapaki karir esports Internasional. Semoga informasinya bermanfaat ya!

banner iklan esportsnesia