RRQ Sena, Tim Mobile Legends Kedua dari RRQ Esports

0
213
RRQ Sena
RRQ Sena merupakan tim Mobile Legends kedua yang dibentuk oleh RRQ Esports.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

RRQ Esports dikenal sebagai organisasi esports asal Indonesia yang memiliki banyak divisi untuk menaungi para pro player berbakat. Salah satu divisi yang paling terkenal adakah divisi Mobile Legends. Tidak hanya satu, ternyata RRQ memiliki dua divisi Mobile Legends, yakni RRQ Hoshi dan RRQ Sena.

Kedua tim sama-sama diisi oleh para pemain berbakat dan populer. Keduanya juga mengikuti turnamen resmi yang diadakan oleh Moonton dan mencetak prestasi yang gemilang. Namun bagi sebagian orang akan kebingungan karena RRQ memiliki dua divisi Mobile Legends.

Meski sama-sama memainkan Mobile Legends, RRQ Hoshi dan RRQ Sena memiliki perbedaan yang bisa dengan mudah dikenali. Mulai dari nama roster hingga turnamen yang diikuti berbeda. RRQ Hoshi merupakan divisi utama Mobile Legends dari RRQ Esports.

RRQ Hoshi mengikuti turnamen besar Mobile Legend: Bang Bang, yakni Mobile Legends Professional League (MPL), yang biasa disebut sebagai turnamen kelas satu. RRQ Hoshi bisa disebut sebagai tim senior dari RRQ. Sedangkan RRQ Sena dikategorikan sebagai tim semi pro atau kelas dua dari RRQ.

Meski begitu, kemampuan roster dari RRQ Sena tidak bisa disebut amatiran karena skill mereka jauh di atas rata-rata pemain biasa. RRQ Sena bermain di Mobile Legends Developmental League (MDL), yang biasa dikenal sebagai turnamen kelas dua. Rata-rata pemain dari tim ini bisa dipromosikan ke RRQ Hoshi jika memiliki kemampuan yang berkembang dengan baik.

Profil RRQ Sena #1: Member yang Berbeda dengan RRQ Hoshi

RRQ Sena
Line-up RRQ Sena untuk MDL Season 2.

Jika bermain di turnamen yang berbeda, tentunya roster di dalamnya juga berbeda. Anggota dari masing-masing tim berbeda dan bisa berubah menjelang turnamen. Berikut adalah anggota RRQ Sena dilansir dari situs resmi RRQ.

RRQ Taka

RRQ Taka
RRQ Taka

RRQ Taka merupakan pemain yang memegang role sebagai offlaner. Pemain ini dulunya pernah bergabung dengan tim BOOM ID dan Victim Esports sebelum akhirnya bergabung bersama RRQ Esports. Pemain bernama lengkap Fadhil Asra ini sebelumnya pernah bergabung dengan RRQ Hoshi pada MPL Indonesia Season 7.

Prestasinya cukup baik di beberapa permainan sebelumnya. Ia pernah tercatat sebagai pemain dengan predikat Most Kills pada MPL Indonesia Season 2. Ia turun ke tim kedua untuk memperkuat tim meraih kemenangan di MDL.

RRQ Bless

RRQ Bless
RRQ Bless

Zulkifli Saifunnuha atau yang akrab dengan nama RRQ Bless ini pernah bergabung dengan Acier Esports. Namanya masuk sebagai player dengan AVG DPM terbesar selama MDL Season 3. RRQ Bless berada di peringkat teratas dengan 3678 damage.

RRQ Yummy

RRQ Yummy
RRQ Yummy

Pemain dengan nama asli Edi Susanto ini pernah bermain untuk tim Bigetron Bravo, salah satu tim Mobile Legends dari Bigetron Esports. Ia disebut sebagai pemain yang menggantikan Alberttt dengan role Midlaner/Sidelane.

RRQ Warlord

RRQ Warlord
RRQ Warlord

RRQ Warlord atau yang dikenal dengan pemain bernama lengkap Rizky Agustian ini merupakan mantan pemain Bigetron Bravo. Ia bergabung dengan RRQ menjelang MDL Season 2. Ia juga dikenal sebagai pemain yang serba bisa menggunakan tank dan support.

RRQ JBun

RRQ JBun
RRQ JBun

Berbeda dengan beberapa pemain sebelumnya, RRQ Jbun atau Jodie Bun ini adalah jebolan ajang Esports Star Indonesia dengan tim Blue Rhinos. Jbun berhasil debut di RRQ Sena dengan mengesankan dalam turnamen pertamanya di MDL Indonesia Season 3.

RRQ Violence

RRQ Violence
RRQ Violence

RRQ Violence merupakan pemain baru yang ditransfer dari Kings Esports. Namanya sudah dikenal sebagai pemain yang memiliki skill menonjol sejak MDL Season 1. Ia merupakan pemain tank dan juga dapat bermain sebagai support.


Sedangkan RRQ Hoshi diisi oleh beberapa nama yang sudah tidak asing, seperti RRQ WizzKing dan RRQ Xin. Dua tim ini memiliki anggota yang tidak tetap. Maksud dari tidak tetap adalah, pemain dapat berotasi sesuai dengan skill yang dibutuhkan. Misalnya dari RRQ Sena dapat dipromosikan ke RRQ Hoshi begitu juga sebaliknya.

RRQ Sena masih sangat muda, meski begitu mereka sudah mendapatkan pengalaman yang cukup banyak di berbagai turnamen tier dua. Saat ini tim ini sudah mengumpulkan prestasi yang membanggakan, di antaranya adalah juara dua dalam MDL Season 2 tahun 2020 dan peringkat tiga dalam turnamen H3RO Esports 2.0 MLBB tahun 2021.

Profil RRQ Sena #2: Nyaris Dibubarkan

RRQ Sena dalam MDL Season 2
Kondisi house gaming saat MDL Season 2.

RRQ Sena sempat direncanakan untuk dibubarkan selepas turnamen MDL Season 1. Tim Mobile Legends kedua RRQ ini tercatat memiliki partisipasi yang tinggi dalam turnamen profesional. Pada MDL Season 1, mereka memang tidak terlalu bermain dengan baik.

Mereka hanya mencapai babak perempat final sebelum akhirnya kalah dari Victim Esports yang saat itu menjadi juara MDL Season 1. Meski begitu, RRQ Jamesss, selaku pelatih dari RRQ menyatakan bahwa RRQ Sena perlu adanya pemain baru untuk membuat RRQ maksimal.

Ia menilai kemampuan sejumlah pemain sudah mencapai kata maksimal sekaligus ada kebiasaan permainan yang perlu diubah. RRQ Sena akhirnya hiatus untuk beberapa waktu, sampai dibangkitkan oleh anggota-anggota yang masih baru. Hasilnya dapat terlihat saat Mytel International Championship 2020.

Turnamen itu digelar pada 20-30 Juli 2020 diselenggarakan secara online dan diikuti 16 tim dari tujuh negara Asia Tenggara. Tim kemudian dibagi ke empat grup penyisihan. Turnamen itu diikuti oleh RRQ Sena alih-alih RRQ Hoshi. Mereka tercatat bermain cukup baik meski tidak dapat meraih kemenangan yang direbut oleh ONIC Esports.

Profil RRQ Sena #3: Hiatus dan Melepas Pemain

pemain RRQ Sena
RRQ melepas beberapa pemain saat sempat hiatus setelah MDL Season 1.

Selama hiatus, RRQ Esports melepas lima pemain hebat yang sudah berjuang selama turnamen MDL Season 1. Mereka adalah RRQ Rave, RRQ Rocket, RRQ Binx, RRQ Rusman, dan RRQ Billy. Billy dan Rave merupakan pemain yang bermain bersama RRQ Hoshi di MPL Indonesia Season 4.

Lalu, RRQ Binx merupakan pemain RRQ divisi Arena of Valor. Sementara Rusman adalah mantan pemain RRQ divisi Dota 2 yang hijrah ke Mobile Legends. Sedangkan RRQ Rocket merupakan pemain RRQ TCN yang disband dan bergabung dengan RRQ Sena.

Pelepasan pemain tidak hanya sekali terjadi. RRQ sering mengganti pemain untuk tim RRQ Sena, mungkin perombakan roster untuk mengasah kemampuan individu serta tim untuk kemudian dapat berlanjut ke RRQ Hoshi.

RRQ Xwin juga mengundurkan diri dari RRQ Sena selepas MDL Indonesia Season 2. Lalu beberapa waktu lalu, RRQ XoXo juga tidak lagi bermain untuk RRQ. Mantan kapten RRQ Sena itu diketahui menjadi manajer tim RRQ Mika, divisi Mobile Legends RRQ khusus ladies.

Beberapa pemain di antaranya mendapatkan promosi ke RRQ Hoshi. Salah satunya adalah RRQ Skylar yang bermain untuk RRQ Hoshi setelah bermain dari RRQ Sena. Skylar dikenal sebagai pemain yang mendapatkan MVP Regular Season pada MDL Season 2 lalu.


Itulah profil singkat RRQ Sena, tim divisi Mobile Legends RRQ Esports tier kedua yang mencetak berbagai prestasi meski baru seumur jagung. Saat ini RRQ Sena sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai turnamen selanjutnya.

Mereka akan terus memperbaiki diri dan mengembangkan skill untuk memberikan yang terbaik kepada penggemar RRQ.

Media Partnership