RRQ Hoshi, Perjalanan dari Tim Kecil hingga Cetak Sejarah Baru

0
104
RRQ Hoshi
RRQ Hoshi mencetak sejarah esports Mobile Legends Indonesia sebagai tim terkuat yang pernah ada.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

RRQ Esports memiliki tim Mobile Legends: Bang Bang terbaik di Indonesia. Belum ada tim esports yang mampu meraih back-to-back championship dengan tiga gelar juara selama kompetisi Mobile Legends Professional League (MPL) diadakan seperti yang diraih oleh RRQ Hoshi. Perjalanan RRQ Hoshi untuk sampai menuju puncak tidak serta merta instan, perlu proses bertahun-tahun.

Meski terlihat berada di atas angin, kerja keras mereka perlu pengorbanan besar. Suka dan duka harus dijalani hingga menjadi tim Mobile Legends terbaik di Indonesia. Nama RRQ Hoshi merupakan nama baru, sebelumnya tim ini bernama Oxygen, sebuah tim kecil yang akhirnya diakuisisi oleh RRQ.

RRQ menjamah turnamen minor seperti Mobile Legends Dominance Turnamen. Di ajang tersebut, RRQ O2, nama tim setelah diakuisisi, mendominasi turnamen minor. Nama mereka akhirnya akrab oleh penggemar Mobile Legends hingga akhirnya mereka berhasil masuk pada Mobile Legends Professional League Season  (MPL) Season 1.

Turnamen resmi Moonton itu diikuti berbagai tim tersohor seperti Saints Indo, NXL, EVOS Esports, dan Rev Indo. RRQ O2 saat itu menjadi tim pendatang baru yang menjadi tim favorit. RRQ O2 disebut-sebut akan menjadi juara MPL ID Season 1 dengan roster RRQ Marsha, RRQ Lemon, RRQ Tuturu, RRQ Barier, dan RRQ Instinct.

Sayangnya, mereka gugur melawan NXL di lower bracket. Mereka harus puas membawa pulang juara ketiga. Tetapi kekalahan itu menjadi titik balik perjuangan RRQ untuk menjadi tim yang lebih baik di skena kompetitif MLBB Indonesia.

Profil RRQ Hoshi #1: Tim yang Tidak Sengaja Dibentuk

RRQ O2
O2 dan Oxygen menjadi skuad individu yang berhasil menjarai berbagai turnamen minor.

Tim yang dahulunya bernama RRQ O2 ini ternyata terbentuk secara tidak sengaja sebelum esports booming seperti yang sekarang kita lihat. Calvien “Instinct” Liem mengakui bahwa ia terjun ke esports karena iseng bermain dengan Diky “Tuturu”. Mereka kenal satu sama lain karena berada di kota yang sama.

Kisah serupa juga dijelaskan oleh Steven “Marsha” Kurniawan. Ia membentuk tim bernama O2 karena tidak sengaja bertemu dengan Instinct sampai mereka memutuskan untuk membentuk skuad. Mereka mengikuti berbagai turnamen minor bersama anggota lain. Setelah beberapa lama bermain, Marsha dan Instinct akhirnya membentuk tim bernama Oxygen.

Marsha mengajak Tuturu untuk bergabung dengan skuad barunya. Menurut Marsha, Tuturu merupakan pemain yang disegani. Ia juga mengajak Lemon untuk gabung dan terbentuklah tim Oxygen bersama Barrier JR dan Jordy “Banshee” Dave.

RRQ O2
Setelah diakuisisi berganti nama menjadi RRQ O2.

Berbagai turnamen diikuti oleh tim Oxygen dan mereka selalu menang. Tim tersebut dilirik oleh RRQ Esports dan akhirnya mengakuisisi tim tersebut menjadi RRQ O2. Perjalanan besar dan panjang harus dilalui oleh RRQ O2 setelah berhasil bergabung dengan tim esports besar.

Berkat pengalaman MPL ID Season 1, RRQ O2 menjadi matang untuk bersaing dengan tim besar Indonesia. Kekuatan mereka semakin kuat setelah Tuturu dan AyamJago bergabung, mereka berdua dikenal sebagai carry yang ditakuti. Perjalanan mereka mulus di MPL ID musim kedua dan belum ada yang bisa menyamakan dominasi RRQ O2.

Tiap individu memiliki kemampuan yang unik dan mumpuni. Misalnya Lemon yang berjaya menjadi Top Global dengan Kagura. RRQ O2 meraih gelar juara pertama di MPL ID Season 2. Popularitas mereka semakin melambung berkat gelar tersebut, hingga nama mereka semakin dikenal dan diperhitungkan di kancah profesional MLBB.

Profil RRQ Esports #2: Rollercoaster RRQ Hoshi dalam MPL ID

RRQ Hoshi di MPL ID S6
RRQ Hoshi berlaga dalam MPL ID Season 6.

Nama RRQ O2 kembali diganti menjadi PSG.RRQ. Namun, selama MPL Season 3, performa mereka menurun dan digantikan oleh ONIC Esports yang merebut perhatian dengan permainan apiknya. Tim landak kuning dapat dibilang mendominasi turnamen dengan ambisius, hingga gelar juara berhasil direbut oleh tim berisi roster Udil cs tersebut.

Meski kalah di MPL ID Season 3, tidak membuat PSG.RRQ patah semangat. Tim akhirnya mencari jalan untuk sampai ke puncak dengan perombakan besar. Hingga akhirnya mereka dengan perlahan merangkak naik pada MPL ID Season 4 dengan nama baru RRQ Hoshi.

Mereka berhasil mensejajarkan diri dengan tim-tim lawan seperti EVOS Legends. Laga el clasico EVOS Legends dan RRQ Hoshi tidak terhindarkan. Sayangnya, EVOS Legends saat itu berada di puncak performa mereka, RRQ Hoshi pun harus menelan pil kekalahan dengan skor 3-1.

Meski pada musim keempat belum mendapatkan gelar juara, tetapi itu menjadi titik balik mereka di musim-musim selanjutnya. Dengan pengalaman selama bertahun-tahun mereka akhirnya menjadi kuat di MPL ID Season 5 dan 6. Dalam waktu yang singkat, mereka kembali merebut gelar juara.

Profil RRQ Hoshi #3: Cetak Sejarah dengan Dominasi Permainan

RRQ Hoshi Winner MPL ID S6
RRQ Hoshi berhasil menjadi juara kembali pada MPL ID Season 6.

RRQ Hoshi berhasil mencetak rekor sejarah yang belum dapat diraih tim Mobile Legends manapun. Dalam MPL ID Season 5 mereka berhasil melakukan balas dendam pada EVOS Legends di babak final. Permainan mereka yang kuat dan dominan, mereka berhasil merebut gelar juara.

Puncak performa mereka masih berlangsung di musim selanjutnya. Seperti haus akan juara di turnamen selanjutnya, mereka berhasil menjuarai MPL Invitational, yakni turnamen resmi Mobile Legends: Bang Bang tingkat internasional. Tim-tim lawan mengakui bahwa RRQ Hoshi merupakan tim terkuat yang mereka hadapi.

Sejak turnamen dimulai, pada MPL Invitational tersebut, tim sang raja tidak pernah mengalami kekalahan dan melaju mudah ke babak final. Kualitas pemain dan kekompakan tim menjadi kekuatan yang mengantarkan mereka mendapatkan podium tersebut.

Dominasi RRQ Hoshi tidak berhenti di MPL Invitational, kemenangan berlanjut pada MPL ID Season 6. Tim semakin kuat ditambah adanya XINN dan Albert yang menjadi duo maut sebagai senjata yang dimiliki RRQ Hoshi. Gelar juara kembali berhasil didapatkan.

RRQ Hoshi mendapatkan prestasi back-to-back championship. Mereka kembali berlaga di MPL Invitational Season 2, sayangnya mereka harus turun ke posisi kedua setelah gugur melawan BREN Esports. Saat itu tim asal Thailand tersebut memang merupakan tim yang cukup kuat.

Line up RRQ Hoshi MPL ID S7
Line Up RRQ Hoshi MPL ID Season 7.

Namun, yang disebut dengan kompetisi pasti memiliki proses menang dan kalah. Performa yang semakin menurun terlihat pada MPL ID Season 7 yang diadakan pada awal hingga pertengahan 2021 lalu.

RRQ Hoshi kurang menunjukkan cahayanya pada turnamen MPL ID Season 7 setelah berganti roster dan kehilangan beberapa pemain legendanya, yakni RRQ Lemon dan RRQ Xinn.

Turnamen MPL ID Season 7 menjadi laga terberat yang dihadapi RRQ Hoshi, pasalnya pada babak playoff hari pertama mereka harus pulang. Dengan beban back-to-back championship tersebut, mereka harus mengubur mimpi untuk mendapatkan piala MPL. RRQ Hoshi harus pulang usia dikalahkan Genflix Aerowolf.

Saat ini, tim tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi turnamen selanjutnya. Dengan nama yang sama tetapi roster yang berbeda, perjalanan panjang RRQ Hoshi masih terus berlanjut.

Kekalahan dan kemenangan mereka harus hadapi untuk mencetak sejarah terbaik sebagai tim mendapatkan rekor back-to-back championship dari turnamen Mobile Legends.

Media Partnership