Apa Itu VTube Studio? Aplikasi VTuber Nomor 1?

0
231
apa itu vtube studio
VTube Studio

Apa itu VTube Studio? VTube Studio adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini tersedia untuk smartphone maupun PC. Untuk menggunakan aplikasi VTube Studio di smartphone, kamu harus memastikan bahwa smartphone kamu sudah support teknologi face tracking.


Setelah kita membahas tentang apa itu VTuber, sekarang saatnya kita membahas mengenai apa itu VTube Studio. Seiring dengan semakin tenarnya fenomena VTuber di YouTube, informasi mengenai apa itu VTube Studio kemudian menjadi banyak dicari.

Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang ingin mencoba peruntungan menjadi VTuber karena rupanya youtuber dengan karakter animasi terbukti memiliki niche sendiri dan mampu menyedot perhatian penonton.

Kalau kamu juga tertarik untuk menjadi seorang VTuber, sekarang kamu sudah bisa melakukannya dengan mudah. Sekarang sudah banyak aplikasi smartphone maupun PC yang bisa kamu gunakan untuk membuat karakter VTuber kamu sendiri.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan di antaranya adalah VUP-VTuber, VRoid Mobile, Wakaru, V-Katsu, VTube Studio, dan banyak lagi. Pada artikel kali ini, kita akan fokus membahas mengenai apa itu VTube Studio.

Apa itu VTube Studio?

Sebelumnya, kami jelaskan dulu secara singkat mengenai cara kerja VTuber. VTuber biasanya berupa avatar 2D atau 3D yang bisa bergerak dan berinteraksi seperti manusia. Avatar-avatar ini kemudian ‘dihidupkan’ dengan bantuan aplikasi atau software VTuber.

Aplikasi-aplikasi ini bekerja dengan menggunakan teknologi face tracking yang memungkinkan model karakter 2D kamu meniru manusia termasuk gerakan dan ekspresi wajah. Hal ini memungkinkan avatar untuk melakukan streaming dan berinteraksi secara real-time.

VTube Studio adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini tersedia untuk smartphone maupun PC. Untuk menggunakan aplikasi VTube Studio di smartphone, kamu harus memastikan bahwa smartphone kamu sudah support teknologi face tracking.

Kamu bisa mengecek apakah smartphone kamu support untuk meng-install aplikasi ini dengan cara mengeceknya secara langsung. Ketika aplikasi VTube Studio muncul di Google Play Store dan kamu bisa mengunduhnya, berarti smartphone kamu sudah support. Sementara kalau belum, maka akan muncul notifikasi seperti ini.

apa itu vtube studio
Perangkat tidak kompatibel.

Aplikasi VTube Studio dikembangkan oleh developer Denchisoft. Kalian bisa mempelajari lebih banyak tentang aplikasi ini dengan mengunjungi website resmi mereka yaitu denchisoft.com

VTube studio merupakan aplikasi VTuber yang disebut-sebut terbaik saat ini. Hal ini dikarenakan VTube studio menyediakan berbagai macam fitur yang lebih lengkap dibanding para kompetitornya.

Fitur-fitur VTube Studio

Berikut ini beberapa fitur utama dari VTube Studio:

  1. Movement Tracking

VTube studio menyediakan fitur movement tracking sehingga avatar kamu bisa langsung mengikuti gerakan yang kamu lakukan seperti menggerakkan kepala, tangan, dan ekspresi wajah. Teknologi movement tracking yang digunakan memungkinkan avatar mengikuti gerakan secara real-time sehingga tidak ada jeda yang terlalu lama. Hal ini akan memudahkanmu mengontrol gerakan avatarmu.

2. Audio-based Lipsync

Kamu bisa mengontrol gerakan mulut avatar kamu dengan menggunakan suara. Melalui fitur ini, kamu bisa membuka dan menutup mulut avatar, dan juga mengubah bentuk mulut avatar.

Cara kerjanya, VTube Studio akan menganalisis suara kamu dan memperhatikan saat kamu mengucapkan vokal (a,i,u,e,o) untuk disesuaikan dengan gerakan dan bentuk mulut avatar.

3. Item System

Terdapat banyak pilihan item yang bisa kamu gunakan pada avatarmu. Misalnya, kamu bisa membuat avatarmu mengenakan kaca mata atau aksesoris lain. Selain itu juga tersedia berbagai file animasi dan png yang bisa kamu gunakan.

Meski demikian, terdapat beberapa perbedaan fitur VTube Studio pada masing-masing perangkat. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa perhatikan tabel berikut ini:

apa itu vtube studio
Perbedaan fitur pada masing-masing perangkat.

Pada dasarnya, perbedaan fitur ini disebabkan oleh teknologi face tracking yang digunakan oleh masing-masing perangkat. Untuk perangkat Android, teknologi face tracking disediakan oleh ARCore, sementara untuk produk Apple disediakan oleh Apple ARKit.

ARKit disupport oleh teknologi Apple lain seperti TrueDepth Camera memungkinkan penggunaan aplikasi ini di iOS menjadi lebih baik. Karena teknologi ARKit lebih responsif, maka hasil tracking juga jadi lebih cepat dan akurat, menghasilkan hasil akhir yang lebih halus dan natural.

Namun, selain beberapa perbedaan minor di atas, hasil tracking di Android juga sudah termasuk halus.

Cara Menggunakan VTube Studio

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memulai karir VTubermu dengan menggunakan VTube Studio:

  1. Masuk ke Aplikasi VTube Studio

    apa itu vtube studio
    Antarmuka VTube Studio

Setelah masuk ke VTube Studio kamu akan menemukan antar muka seperti ini. Setelah proses loading selesai, kamu akan menemukan pilihan menu yang bisa kamu akses. Tombol paling atas adalah tombol kamera. Di sebelahnya terdapat tombol kalibrasi. Klik tombol itu untuk mengkalibrasikan kamera kamu.

  1. Pilih Model atau Masukkan Model

    apa itu vtube studio
    Memilih model

Kalau kamu mengetuk tombol kedua, kamu akan bisa memilih berbagai pilihan model yang tersedia di dalam aplikasi. Kamu bisa memulai mencobanya. Ketika proses konfigurasi sudah selesai, avatar akan bisa langsung meniru gerakan dan ekspresi kamu. Sementara di pojok atas terdapat camera preview yang menunjukkan tampilanmu di kamera. Kamu bisa menutup preview ini kapan saja.

Kalau kamu sudah punya desain model Live2D sendiri, kamu juga bisa memasukkannya dengan cara mengcopy semua file model dari Live2D ke folder “Live2DModels” di VTube Studio. Lokasi folder ini berbeda-beda di masing-masing perangkat.

Pada perangkat Android, kamu bsia membukanya di <Your Phone>/Android/data/com.denchi.vtubestudio/files/Live2Dmodels.

Di iOS, kamu bisa membukanya di VTube Studio app data folder.

Untuk PC, bagi kamu yang menggunakan Windows bisa mengaksesnya di <Steam-VTubeStudio.exe-Path>/Vtube Studio_Data/StreamingAssets/Live2Dmodels.

Sementara pengguna MacOS bisa mengaksesnya di <Steam-VtubeStudio.app-Path>/Contents/Resources/Data/StreamingAssets/Live2Dmodels.

Setelah itu, restart aplikasi VTube dan avatar desain kamu sendiri sudah akan tersedia di pilihan model.

  1. Mengganti Background

Setelah itu, kamu bsia mengganti background dengan background yang sudah disediakan. Terdapat pilihan background statis dan animasi. Beberapa elemen dari background juga bisa kamu tambah atau kamu hilangkan.

Kamu juga bisa memasukkan desain background kamu sendiri dengan cara yang sama seperti saat memasukkan model, hanya saja kamu perlu mengcopy filenya ke folder “Backgrounds”.

Format yang didukung untuk background statis adalah .jpg dan .png sedangkan untuk video atau animasi adalah .mp4 dan .webm (mungkin tidak support di semua perangkat).

Nah, sekarang kamu sudah bisa langsung berkreasi dengan karakter VTuber kamu yang baru. Kamu bisa membuat video untuk diupload atau melakukan live streaming.

Saat melakukan live streaming, kamu perlu menggunakan smartphone untuk face tracking dan merendernya di PC. Tapi versi PC dari Steam sudah mendukung tracking webcam jadi kamu tidak perlu menggunakan smartphone kamu.

Sementara itu, kalau kamu mau merekam video, kamu perlu mengupgrade aplikasi ke versi PRO. Karena versi gratis hanya membolehkanmu merekan dalam durasi sangat terbatas. Kalau kamu merasa keberatan membeli versi PRO, kamu masih tetap bsia merekam video dengan menggunakan aplikasi screen recorder.

Kelebihan Aplikasi VTube Studio

Dilansir dari situs resmi Denchisoft, aplikasi VTube Studio memiliki berbagai keunggulan sebagai berikut:

  1. Akurat

Aplikasi VTube studio dilengkapi dengan teknologi face tracking yang akurat. Selama perangkat kamu support teknologi face tracking, maka kamu akan mampu membuat avatarmu meniru berbagai gerakan dan ekspresi.

Ekspresi yang bisa ditiru oleh model 2D kamu termasuk pergerakan bola mata dan kedipan mata. Hal ini akan membuat avatarmu terlihat lebih natural.

  1. Fun

Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga menyenangkan. Hal ini karena tersedianya begitu banyak fitur yang bisa kamu gunakan termasuk audio lipsync, movement tracking, animasi, dan aksesoris yang bisa kamu kenakan untuk avatarmu.

  1. Dukungan Komunitas

Sebagai pengguna baru, mungkin kamu memiliki banyak pertanyaan dan membutuhkan banyak dukungan untuk menggunakan aplikasi ini. Dengan adanya komunitas, kamu bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kamu.

Kamu juga bisa membagikan hasil kreasimu dan bahkan merequest fitur tertentu yang menurutmu perlu. Semua dukungan komunitas ini bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Community Discord mereka. Kamu juga bisa mengikuti akun resmi mereka di Twitter atau mengirim email ke denchi@denchisoft.com.


Nah, sekian dulu penjelasan mengenai apa itu VTube Studio. Aplikasi ini sudah banyak digunakan baik oleh VTuber indie maupun agency VTuber lohh. Kalau kamu tertarik mencoba, kamu bisa men-download-nya di Google Play Store, Apple App Store, dan Steam untuk versi PC.