Profil Tim Talon Esports Dota 2 dan Kancahnya di Turnamen Esports

1816
talon esports dota 2
Instagram: @talon_esports

Talon Esports merupakan sebuah organisasi esports asal Hong Kong yang didirikan pada tahun 2017. Namun squad Talon Esports untuk Dota 2 baru saja dibentuk baru-baru ini di November 2021.

Talon Esports memiliki beberapa kantor regional di negara-negara Asia seperti Thailand, Taiwan, Filipina, dan Korea Selatan. Talon Esports sendiri menjalankan enam tim esports profesional dalam lima market dan telah menerima penghargaan lebih dari 30 yang berasal dari kemenangan di berbagai turnamen.

Penasaran dengan rekam jejak tim esports asal Hong Kong ini? Yuk kita bahas lebih dalam tentang profil tim esports Talon!

Profil Tim Talon Esports

Perjalanan Roster Talon Esports Dota 2

Talon Esports Dota 2
Website: liquipedia.net

Setelah berhasil meraih sukses dalam genre MOBA yang dibuktikan dari berbagai kejuaraan seperti League of Legends dan Arena of Valor, Talon Esports memulai kembali kancahnya di Dota 2.

Squad Talon Esports Dota 2 yang berbasis di Manila, Filipina ini memiliki roster internasional yang diisi oleh para pro player Dota 2 kelas dunia yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Namun, pada awal Januari 2022, Talon Esports membuat sebuah pernyataan resmi yang diunggah melalui akun Twitter @Talon_esports yang menyatakan Tal “Fly” Aizik (Israel) dan Kim “Gabbi” Villafuerte (Filipina) keluar dari roster Talon Esports Dota 2 sehingga menyisakan tiga pemain saja, yakni Mikoto Rafli “Mikoto” Rahman (Indonesia), Brizio “Hyde” Budiana (Indonesia), dan Damien “kpii” Chok (Australia).

Banyak yang pada saat itu menyayangkan keputusan squad Talon Esports Dota 2 untuk mengeluarkan Gabbi dan Fly dari daftar roster Talon Esports Dota 2 karena formasi Talon Esports Dota 2 pada saat itu dianggap cukup kuat dan memiliki potensi.

Gabbi merupakan adalah ex-player TNC Predator sedangkan Fly sudah melanglang buana bersama Evil Geniuses dan OG Esports yang merupakan tim-tim besar.

Pelepasan dua mantan pemain yang tergabung dalam squad Talon Esports Dota 2 yaitu Fly dan Gabbi diduga diakibatkan oleh hasil yang kurang baik yang didapatkan oleh squad Talon Esports Dota 2 dalam lanjutan DPC SEA 2022 divisi 2 setelah Talon Esports gagal naik ke divisi 1 dan hanya bisa menempati posisi ke-5 klasemen.

Setelahnya, Talon Esports melakukan evaluasi roster Talon Esports Dota 2 dan pada bulan Februari 2022 memutuskan menambahkan dua pemain baru ke roster Talon Esports Dota 2. Kedua pemain tersebut adalah Worawit “Q” Mekchai (Thailand) dan Nuengnara “23savage” Teeramahanon (Thailand).

Selain itu, di bulan Februari 2022, Talon Esports juga merekrut Lee “Forev” Sang-don (Korea Selatan) sebagai coach dan John “johnxfire” Nathan Fernandez sebagai streamer pada Maret 2022.

Siapa saja yang tergabung di roster Dota 2 Talon Esports?

Talon Esports Dota 2
Instagram: @talon_esports

Saat ini, squad Talon Esports Dota 2 terdiri dari lima pemain, satu coach dan satu streamer. Kelima pemain yang tergabung di roster Talon Esports Dota 2 adalah:

  • Nuengnara “23savage” Teeramahanon (Thailand),
  • Mikoto Rafli “Mikoto” Rahman (Indonesia),
  • Damien “kpii” Chok (Australia),
  • Worawit “Q” Mekchai (Thailand), dan
  • Brizio “Hyde” Budiana (Indonesia).

Berikut profil singkat dari lima player roster Talon Esports Dota 2 yang perlu kalian ketahui.

Profil Pro Player Talon Esports Dota 2

#1 – Nuengnara “23savageTeeramahanon

Talon Esports Dota 2
Website: liquipedia.net

Nuengnara “23savage” Teeramahanon adalah seorang pro player Dota 2 yang berasal dari Thailand. 23savage bergabung dengan Talon Esports pada 26 Februari 2022 dan saat ini tergabung ke dalam roster Talon Esports Dota 2. Pada Juli 2020, 23savage berhasil mencapai 11.000 solo Match Making Rate (MMR) dan pada Maret 2021 dia menjadi pemain pertama yang berhasil mencapai 12.000 MMR.

#2 – Mikoto Rafli “Mikoto” Rahman

Talon Esports Dota 2
Instagram: @mikoto347

Rafli “Mikoto” Rahman merupakan seorang pro player Dota 2 asal Indonesia yang bergabung dengan Talon Esports pada November 2022 di mana dia juga termasuk ke dalam roster Talon Esports Dota 2. Mikoto juga merupakan pro player Indonesia pertama dan pro player keenam yang berhasil mencapai 10.000 MMR pada Februari 2020 dan mencapai 11.000 MMR pada Januari 2021.

#3 – Damien “kpii” Chok

Talon Esports Dota 2
Twitter: @kpiidota

Damien “kpii” Chok merupakan seorang pro player Dota 2 asal Australia yang resmi bergabung ke dalam squad Talon Esports Dota 2 pada 16 November 2021. Prestasi yang berhasil ditorehkan olehnya antara lain pada The International 2015, kpii berhasil lolos melalui babak Wild Card dan pada The International 2017 dirinya memecahkan rekornya sendiri serta berhasil menempati posisi runner-up bersama Team Liquid.

#4 – Worawit “Q” Mekchai

Talon Esports Dota 2
Facebook Page: QDota

Worawit “Q” Mekchai merupakan seorang pro player Dota 2 dari Thailand berusia 24 tahun yang bergabung ke dalam Talon Esports Dota 2 pada 25 Februari 2022. Pada turnamen PGL Arlington Major, Q yang sejatinya merupakan pemain soft support bagi squad Talon Esports Dota 2 terpaksa tidak bisa mengikuti turnamen tersebut karena terkendala permasalahan visa.

#5 – Brizio “Hyde” Budiana

Talon Esports Dota 2
Twitte: @hydedota2

Brizio “Hyde” Budiana adalah seorang pro player Dota 2 asal Indonesia yang tergabung ke dalam squad Talon Esports Dota 2 sejak November 2021. Hyde merupakan pemain support bagi Talon Esports. Pada 11 September 2021, Hyde berhasil mencapai 10.000 MMR. Selain itu, dirinya juga akan ikut serta dalam turnamen GAMERS GALAXY: Invitational Series Thailand 2022 mendatang bersama Talon Esports.

Rekam Jejak Talon Esports di Kancah Turnamen Dota 2 Tahun 2022

Talon Esports Dota 2
Website: www.talon.gg

#1 GAMERS GALAXY DotA 2 Invitational 2022

Mengutip informasi dari Instagram resmi Talon Esports dengan akun @talon_esports tim Talon Esports Dota 2 resmi masuk ke dalam tim invited pada GAMERS GALAXY DotA 2 Invitational 2022 yang akan diselenggarakan pada 18 hingga 20 Agustus 2022.

Dalam turnamen tersebut, squad Talon Esports Dota 2 rencananya akan bertanding melawan tujuh tim lainnya, yaitu Army Geniuses, BOOM Esports, Execration, Fnatic, Polaris Esports, RSG, dan Team SMG.

#2 PGL Arlington Major 2022

Pada turnamen PGL Arlington Major 2022, squad Talon Esports Dota 2 harus mengalami kekalahan setelah bertanding melawan OG Esports dengan skor akhir 0-2.

Pertandingan yang berlangsung pada 8 Agustus 2022 antara Talon Esports dan OG Esports merupakan turnamen perebutan posisi ke babak selanjutnya di PGL Arlington Major 2022.

Bermain di grup “neraka” PGL Arlington Major Dota 2, squad Talon Esports Dota 2 hanya mampu menempati posisi ketujuh dengan total satu kali menang, tiga kali imbang, dan empat kali kalah.

#3 ESL One Malaysia 2022 Southeast Asia: Closed Qualifier

ESL One Malaysia 2022 Southeast Asia: Closed Qualifier diikuti oleh delapan tim yang terdiri dari lima tim invited, dua tim babak open qualifier pertama, dan satu tim dari babak open qualifier kedua.

Pada turnamen ini, squad Talon Esports Dota 2 bertanding dengan tujuh tim lainnya yang terdiri dari BOOM Esports, T1, RSG, Team SMG, Polaris Esports, TNC Predator, dan Summit Gaming.

Hasil akhir dari turnamen ESL One Malaysia 2022 Southeast Asia: Closed Qualifier menyatakan Boom Esports dan Talon Esports keluar sebagai pemenang. Namun, Talon Esports yang sebelumnya sempat menang di lower bracket harus puas berada di posisi kedua setelah kalah dari Boom Esports dengan skor akhir 2-1.

#4 DPC SEA 2021/2022

DPC SEA 2021/2022 menjadi turnamen pertama bagi squad Talon Esports Dota 2. Namun sayangnya pada debut pertama di DPC, quad Talon Esports Dota 2 hanya bisa meraih peringkat 3 divisi 2.

Dalam hal ini, Talon Esports membenahi roster mereka dengan membawa 23savage, Q, dan Forev ke dalam squad Talon Esports Dota 2. Hal ini terbukti ampuh karena pada akhirnya roster baru ini berhasil membawa Talon Esports ke divisi 1 dan mengamankan posisi untuk melaju ke PGL Arlingoton Major.

Previous article9 Rekomendasi Game Mirip GTA Terbaik
Next articleJujurly, Ini Review Game Fractured Core Versi Demo
Seorang digital marketer lulusan pendidikan bahasa Inggris yang hobi menulis di buku diary saat SD. Meskipun pekerjaan, hobi, dan pendidikan tidak selaras, impiannya untuk bisa membagikan pengetahuan kepada orang lain bisa disalurkan melalui tulisan. Beragam topik tulisan yang harus dibuat mulai dari IT, Pendidikan, hingga akhirnya E-sports menjadi tantangan tersendiri yang membuat hidupnya tidak "flat", mesikpun sebenarnya "life is never flat." - Qisthi