Review ACER Nitro 5: Laptop Gaming yang Keren dan Ngebut dengan Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series

1181
Review ACER Nitro 5

Laptop gaming seperti sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia khususnya generasi milenial dan Z yang semakin kreatif berinovasi dan berkreasi. Maka tak heran banyak produsen terus memproduksi laptop gaming dengan kualitas baik dan mumpuni untuk digunakan baik kegiatan sehari-hari maupun untuk bermain gim.

Saat membeli laptop gaming, terkadang kehadiran prosesor tidak begitu penting. Tentu saja, kamu hanya perlu mengingat bahwa prosesor saat ini memainkan peran penting dalam mendukung game.

Mengapa? Pasalnya, prosesor tersebut kini memiliki kartu grafis yang sudah terintegrasi tersendiri. Misalnya, Ryzen APU untuk laptop yang dikembangkan oleh AMD.

Prosesor dengan grafis terintegrasi tentu saja dapat bekerja secara bergantian dengan kartu grafis laptop.

Misalnya, untuk bermain game, kartu grafis akan berfungsi, tetapi untuk pemrosesan input, GPU CPU juga akan berfungsi. Sistem ini pasti akan membuat laptop menjadi lebih efisien dan produktif.

Review ACER Nitro 5

Oleh karena itu, pilihlah prosesor dengan performa yang baik dan tentunya prosesor tersebut adalah generasi terbaru. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah sebaiknya jangan memilih laptop untuk gaming dengan prosesor tipe ULV atau prosesor hemat energi karena tentunya tidak akan maksimal.

Apakah ada contohnya? Nah di artikel review kali ini penulis akan membahas sebuah laptop dari brand komputer ternama yaitu ACER dengan tipe Nitro 5 terbaru (AN515-46-R0CR). Laptop ini hadir dengan keunggulan serba baru, dimulai dari design, chip, prosesor dan display yang digunakan. Penasaran? Yuk simak artikelnya berikut ini

Spesifikasi ACER Nitro 5 (AN515-46-R0CR)

Review ACER Nitro 5

ACER Nitro 5 (AN515-46-R0CR) ini sudah menghadirkan prosesor yang sangat mumpuni dikelasnya yakni AMD Ryzen™ 6000 Series. Laptop gaming ini memiliki display layar sebesar 15,6 inci dan juga sudah mendukung refresh rate hingga 165Hz yang memang ditujukan untuk casual gim atau untuk kamu yang ingin terus meningkatkan ranking dalam setiap permainan.

Sebelum kita menyimak aspek fitur dan visual dari laptop ini, kamu bisa simak terlebih dahulu spesifikasi berikut ini sebagai bahan pertimbangan kamu dalam membeli:

CPU Type
  • AMD Ryzen™ 6000 Series
  • R7-6800H
  • R5-6600H
Model Name Nitro 5
Graphics
  • NVIDIA® GeForce® RTXTM 3060 with 6 GB GDDR6 Dedicated VRAM (140W)
  • NVIDIA® GeForce® RTXTM 3050 with 4 GB GDDR6 Dedicated VRAM (95W)
OS Windows 11 Home & Office Home & Student 2021
Memory 16GB/8GB, Up to 32 GB DDR5 4800MHz
Storage  512 GB SSD, PCIe NVMe Gen 4
Cooling Dual-Fan Cooling system & quad exhaust. Upper Air Intake
Audio DTS:X® Ultra
Display
  • 15.6″ display with IPS (In-Plane Switching) technology, FHD
  • Refresh rate up to 165Hz, Response time 3ms, Slim Bezel
Wireless
  • Intel® Killer E2600 Ethernet Controller
  • Intel® WiFi 6E
Input / Output
  • HDMI 2.1 Port with HDCP support
  • 1 x USB 3.2 Gen 1 port
  • 2 x USB 3.2 Gen 2 port with One power-off charging 
  • 1 x USB Type-C™ port
  • Ethernet (RJ-45) port  
Keyboard 4 zone RGB Keyboard.
Power 100-240V, 50/60Hz 
Battery 57.5Wh Li-ion Battery
Price

Review ACER Nitro 5

Review ACER Nitro 5 (AN515-46-R0CR)

Nah kali ini penulis ingin mengupas keseluruhan aspek visual dan performa dari sebuah laptop gaming ACER Nitro 5 ini. Penulis juga sudah tertarik dengan tampilan visual dan pengalaman ketika menggunakan laptop ini.

Penasaran? Kita mulai dari aspek visualnya terlebih dahulu ya.

Aspek Visual

Review ACER Nitro 5

Penulis sudah disambut dengan kehadiran keyboard baklight warna-warni yang sudah tertanam dalam laptop ini. Seperti yang kita ketahui kalau ciri khas dari laptop gaming itu salah satunya adalah mempunyai 4 zone RGB backlight keyboard yang menarik perhatian.

Warna pada keyboard laptop ini terdiri dari warna ungu, biru, hijau dan kuning. Kamu juga bisa mematikan backlight keyboard ini pada setting laptop.

Lalu berikutnya untuk keseluruhan body dari laptop ini menggunakan body plastik polikarbonat berwarna hitam yang tampak solid dan kuat ketika digunakan.

Di bawah keyboard sudah pasti ada trackpad yang menurut penulis sudah cukup luas dan smooth untuk mengarahkan kursor pada layar.

Dibagian sisi kiri terdapat lima ventilasi udara, 1 port kunci pengaman, 1 port Ethernet (RJ-45), 1 port USB 3.2 Gen 2  dan 1 port audio jack. Di sisi sebelah kanan terdapat 5 ventilasi udara, 1 port USB 3.2 Gen 2, 1 port USB Ethernet dan lampu indikator proses mesin berjalan.

Berikutnya di bagian belakang terdapat 1 port power, 1 port HDMI 2.1 Port with HDCP support dan 1 port USB Type C. Jadi total lubang ventilasinya ada 10 di sisi kiri dan kanan.

Secara keseluruhan visualnya, laptop ini terlihat kuat dan kokoh meskipun bagi penulis bobot laptop ini cukup berat mengingat material dan sejatinya ciri khas laptop gaming yang bongsor dan gahar namun sudah sangat sepadan dengan performa yang diberikan.

Aspek Fitur

Review ACER Nitro 5

ACER Nitro 5 ini memiliki banyak fitur yang disematkan dan fitur tersebut sangat bermanfaat untuk menjalankan gim berat maupun mengedit foto maupun video.

Dilengkapi Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series

ACER Nitro 5 ini sudah ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series yang dibangun dengan terobosan teknologi fabrikasi 6nm terbaru. Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series adalah prosesor laptop tercanggih dan tercepat saat ini.

Berkat prosesornya yang kencang, kipas CPU menjadi tidak bising dan tidak mudah panas. AMD Ryzen™ 6000 Series ini memiliki total hingga 8 cores dan 16 threads. Prosesor besutan AMD ini hadir dengan clock tertingginya yang bisa menembus hingga 5.0 GHz. Jadi sudah tidak diragukan lagi kecepatannya ya.

Dilengkapi Kartu Grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 30 Series Terbaru

Laptop ACER Nitro 5 ini juga sudah dilengkapi kartu grafik terbaru dari arsitektur 2nd Gen RTX Ampere NVIDIA untuk memberi pengalaman grafik ray-tracing paling realistis dan fitur AI mutakhir seperti NVIDIA DLSS.

Review ACER Nitro 5

Fitur DTS:X Ultra

Speaker dan output dari ACER Nitro 5 ini juga sudah dilengkapi dengan fitur DTS:X Ultra 3D Spatial Soundspace. Fitur ini akan sangat terasa ketika digunakan untuk bermain gim dan menonton film. Apalagi kalau kamu menggunakan headphone, sound yang dihasilkan akan semakin mantap.

Konektivitas Tinggi

Dengan konektivitas Intel® Killer E2600 Ethernet Controller dan WiFi 6E, kamu sudah memiliki semua tools yang dibutuhkan untuk menghilangkan masalah koneksi saat bermain gim secara online. Kamu bisa menikmati latensi rendah dan koneksi andal yang hanya dapat disediakan oleh jaringan Killer.

Intel® Killer™ E2600 ini dapat secara otomatis mendeteksi, mengklasifikasikan, dan memprioritaskan lalu lintas jaringan dan memastikan data yang paling penting dikirimkan dengan cepat dengan throughput sekencang 1Gbps.

Sementara WiFi 6E memungkinkan kecepatan hingga 6x lebih tinggi dibandingkan Intel® Wi-Fi 5 dan hampir 3x lebih cepat dibandingkan WiFi 5 untuk pengguna rumahan. Latensi yang dihasilkan 75 persen lebih rendah dibandingkan WiFi 5. Jadi kalau untuk permasalahan konektivitas sudah bukan masalah lagi.

Fitur NitroSense

ACER Nitro 5 ini juga sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan yaitu NitroSense. Aplikasi ini dapat memberikan kontrol ekstra dan kendalikan kecepatan kipas, pencahayaan, dan lain sebagainya untuk sistem pendinginan hingga 25% airflow yang lebih baik. Jadi suhu laptop pun terjaga.

banner iklan esportsnesia