Yuk Kenalan dengan Shahzam Valorant, Mantan Leader Sentinels yang Penuh Pesona

1239
Shahzam Valorant
Sumber: Instagram (@shahzamk)

Pengunduran diri Shahzam Valorant dari Sentinels pada 20 Oktober 2022 lalu tentu mengejutkan banyak orang. Sebab, Shahzam merupakan seorang in-game leader yang selalu memimpin tim Sentinels Valorant sejak awal terbentuk hingga berhasil mendapatkan berbagai prestasi hingga hari ini.

Tidak hanya itu saja, setelah pertandingan Sentinels yang terakhir pada turnamen VALORANT Champions 2021 ini ia juga banyak diperbincangkan karena memilih untuk menjadi pemain inactive.

Walaupun begitu, tentu pengalaman, kemampuan dan jasa Shahzam Valorant bagi tim Sentinels tidak akan tergantikan.

Namun, siapa sebenarnya Shahzam Valorant? Kenapa ia terpilih menjadi In-game leader selama bersama dengan Sentinels?

Apa prestasinya yang membuatnya menjadi salah satu pro player yang penuh pesona sekaligus mampu membawa timnya untuk memiliki banyak prestasi?

Simak ulasannya pada artikel ini!

Profil Shahzam Valorant

Shahzam Valorant merupakan seorang pria asal Amerika Serikat dan memiliki nama asli Shahzeb Khan. Namanya menjadi sangat terkenal karena menjadi in-game leader untuk Sentinels Valorant secara profesional sejak awal tahun 2020. 

Uniknya, sebelum bergabung ke dalam tim Sentinels Valorant, Shahzam sudah memulai karirnya sebagai seorang pro player sejak tahun 2014 namun untuk game CSGO

Tidak heran jika ia sudah pernah memiliki banyak pengalaman di berbagai tim besar mulai dari Cloud9, OpTic Gaming, Echo Fox, Team SoloMid, Misfits Gaming hingga compLexity Gaming. Semua pengalaman inilah yang membuatnya dipercaya untuk menjadi in-game leader Sentinels Valorant agar dapat membawa tim tersebut berprestasi lebih tinggi lagi.

Usia dan Biodata Shahzam Valorant

Walaupun berasal dari Amerika Serikat, Shahzam sebenarnya juga memiliki darah Pakistan sehingga memiliki wajah khas daerah Timur Tengah. Selain itu, pria ini lahir pada tanggal 8 Oktober 1993 sehingga usianya pada tahun 2022 ini telah menginjak 29 tahun.

Ia juga memulai karirnya sebagai seorang pro player sejak berusia 21 tahun atau sekitar 8 tahun yang lalu dan berjuang untuk tim Cloud9 yang saat itu sangat terkenal di kawasan Amerika Serikat.

Perjalanan Karir Shahzam Valorant

Perjalanan karir Shahzam sejak kemunculan perdananya sebagai seorang pro player di tahun 2014 tentu penuh dengan lika-liku. Sebab ia sempat berpindah ke berbagai tim yang berbeda-beda untuk game Counter-Strike: Global Offensive.

Awalnya, ia bergabung untuk tim Denial eSports pada tahun 2014 sebelum akhirnya bergabung ke salah satu tim besar di Amerika Serikat yaitu Cloud9 pada akhir tahun 2014. Cloud9 ini bahkan menjadi tim yang juga turut membesarkan namanya hingga hari ini.

Pada masa ini, Shahzam memiliki peran besar untuk mengungkap skandal adanya kecurangan dalam pengaturan pertandingan iBuyPower dan NetcodeGuides hingga akhirnya dibatalkan. 

Barulah sepanjang tahun 2015 hingga 2016, ia mencoba mencari tim yang cocok untuk dirinya. Bahkan ia berpindah-pindah ke berbagai jenis tim yang berbeda mulai dari Tempo Storm, Sponsorless, Conquest, OpTic Gaming, hingga Echo Fox.

Pada bulan Mei 2016 lalu, Shahzam ditawari untuk menjadi bagian dari roster Echo Fox menggantikan Mohamad “m0E” Assad yang dipromosikan menjadi manajer umum saat itu. 

Namun sayangnya hal tersebut tidak berlangsung lama, karena pada akhir tahun 2016, ia dan rekannya Sgares memutuskan untuk bergabung dengan Team SoloMid yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat. 

Tepat satu bulan kemudian, tepatnya pada 17 Januari 2017, ShahZaM dan anggota Team SoloMid lainnya diakuisisi oleh tim Misfits Gaming. 

Shahzam Valorant sempat bermain untuk Misfits Gaming untuk waktu yang cukup lama yaitu hampir lebih dari setahun sebelum memutuskan untuk kembali bergabung dengan OpTic Gaming pada 7 Februari 2018.

Skandal Shahzam Saat Berada di CompLexity Gaming

Shahzam Valorant
Sumber: Instagram (@shahzamk)

Setelah sempat bertanding untuk OpTic Gaming sebentar, Shahzam Valorant memutuskan untuk bergabung dengan compLexity Gaming sebagai AWPer.

Akan tetapi setelah lebih dari 1 tahun membela tim tersebut, pada 28 Oktober 2019, Shahzam secara resmi telah dihapus dari daftar pemain aktif CompLexity Gaming.

Sebagian besar orang beranggapan jika keputusan ini dibuat atas dasar kinerjanya yang dinilai buruk selama pertandingan pada bulan-bulan sebelumnya termasuk babak eliminasi awal di laga StarSeries Berlin Major

Namun, ia segera memberikan klarifikasi pada akun Twitch-nya dengan menyebutkan jika semua anggota tim telah berjuang dan memberikan yang terbaik.

Namun bagi dirinya, kesalahan yang terjadi sebagian besar karena kurangnya pengalaman dari banyak anggota tim termasuk Owen “oBo” Schlatter yang saat itu berusia 16 tahun.

Hal ini membuatnya sering merasa frustasi dan tidak dapat fokus dengan perannya sebagai seorang AWPer karena terus-menerus harus melakukan cover untuk banyak hal selama bertanding.

Awal Mula yang Baru Bersama Sentinels Valorant

Shahzam Valorant
Sumber: Instagram (@shahzamk)

Setelah resmi meninggalkan CompLexity Gaming pada 26 November 2019 dan terbuka untuk kesempatan baru, tidak berselang lama Shahzam menandatangani kontrak dengan Sentinels, secara resmi beralih untuk berjuang di game Valorant.

Sentinels Valorant yang awalnya baru terbentuk itu, menghadirkan roster yang cukup potensial dengan menggabungkan para mantan pro player berbakat dari game Counter-Strike: Global Offensive. 

Kemudian ia mulai menyesuaikan diri dengan atmosfer Valorant sebagai seorang profesional pada game yang baru naik daun saat itu dan langsung mendapatkan juara 1 di PAX Arena Invitational sebagai laga perdana mereka.

Kemenangan dan Prestasi Bersama Sentinels Valorant

Shahzam Valorant
Sumber: Instagram (@shahzamk)

Selama berada di Sentinels, Shahzam Valorant berhasil memberikan kemampuan terbaiknya dengan menjadi juara 1 sepanjang pertandingan di tahun 2020 hingga 2021. Tidak heran jika Sentinels disebut-sebut menjadi tim yang paling disegani di seluruh wilayah Amerika Utara saat itu.

Sesuai dengan data Liquipedia, terhitung sejak pertandingan perdananya di bulan Juli 2020 hingga Agustus 2021, Shahzam beserta dengan anggota Sentinels yang lainnya hanya pernah sekali saja mendapatkan juara dua yaitu pada turnamen VCT 2021: North America Stage 1 Challengers 2. 

Selebihnya, mereka mendapatkan juara satu secara terus menerus dan menjadi sangat terkenal setelah kemenangannya dalam ajang VCT 2021: Stage 2 Masters – Reykjavík terutama bagi Shahzam selaku In-game leader.

Pengunduran Diri Shahzam Valorant Secara Resmi

Setelah membersamai Sentinels selama kurang lebih dari 2 tahun, Shahzam Valorant memutuskan untuk menjadi pemain inactive pada tanggal 6 Oktober 2022 sebelum akhirnya mundur secara resmi tepat dua minggu setelahnya. Pengunduran diri ini bersamaan dengan selesainya kontrak dengan Sentinels.

Namun, pada saat masa inactive-nya Shahzam sudah mengabarkan dalam channel Twitch-nya bahwa dirinya tidak akan ditawari kontrak baru dengan Sentinels ketika kontraknya saat ini berakhir pada akhir tahun.

Informasi inilah yang membuat banyak orang beranggapan jika keputusan ini terjadi karena kekalahan Sentinels dalam dua pertandingan terakhir secara telak baik itu di VCT 2021: Stage 3 Masters – Berlin dan juga VALORANT Champions 2021.


Itulah profil lengkap berikut perjalanan karir dari Shahzam Valorant yang membuatnya dikenal banyak orang hingga hari ini. 

Saat ini, Shahzam aktif menjadi seorang content creator untuk akun YouTube-nya dan telah memiliki lebih dari 300 ribu followers serta sering membagikan tips-tipsnya mengenai game yang sedang dimainkan. Yuk dukung terus Shahzam Valorant untuk terus berkarya!

web banner codashop valorant impact.com