Menghadirkan Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-13 Terbaru, Ini Dia Review Acer Predator Helios 16

923
Review Acer Predator Helios 16

Pada artikel kali ini kami akan membahas review Acer Predator Helios 16, yakni laptop gaming bertenaga super dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-13 terbaru.


Kabar terbaru sekaligus kabar gembira buat kamu para gamer! Brand komputer ternama Acer telah resmi merilis Acer Predator Helios 16 yang telah diperkuat dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-13 terbaru!

Namun sejatinya, Acer sudah mengumumkan kehadiran dua produk laptop gaming terbarunya, yakni Predator Helios 16 dan Predator Helios 18 ke Indonesia pada 18 April 2023 lalu.

Duo produk laptop gaming tersebut sebelumnya sudah diperkenalkan secara global dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2023 yang dihelat di Las Vegas, Januari lalu.

Secara umum seri Predator Helios 16 dan Predator Helios 18 memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda, sama-sama mengusung panel IPS beresolusi 2.560 x 1.600 piksel dengan dukungan refresh rate hingga 240 Hz.

Keduanya juga nampak garang lantaran pabrikan membekali dua laptop gaming ini dengan prosesor gahar, Intel Generasi 13 HX Series yang juga masih termasuk dalam keluarga Raptor Lake.

Perbedaan kentara nampak pada ukuran layar, di mana dua produk laptop gaming ini memiliki bidang tampilan gambar masing-masing 16 inch dan 18 inch sesuai penamaannya.

Nah penasaran dengan kelebihan dan keunggulan lain dari si Predator Helios 16 ini? Simak artikelnya berikut ini ya.

Review Acer Predator Helios 16

Spesifikasi Acer Predator Helios 16

CPU Type 13th Gen Intel® Core i9-13900HX processor
Model Name Predator Helios 16 (PH16-71-99ZW)
Graphics NVIDIA® GeForce® RTXTM 4070 with 8GB dedicated GDDR6 VRAM (140W) 
OS Windows 11 Home & Office Home & Student 2021
Memory 16 GB DDR5 5600MHz
Storage  1TB PCle Gen 4 NVMe SSD in RAID 0
Cooling Liquid Metal Thermal Grease, 2x 5th 3D Fans Aeroblade, Vector Heat Pipe
Audio DTS:X® Ultra
Display 16″ display with IPS technology, WQXGA 240 Hz, 500 nits, DCI-P3 100%, sRGB 100% 16 : 10, 88% screen to body ratio

Support NVIDIA Advance Optimus & NVIDIA G-SYNC

Wireless KillerTM  Wi-Fi 6E AX1675i

KillerTM Ethernet E2600

Output HDMI 2.1

Micro SD Card Reader

1 x USB 3.2 Gen 1 port

1 x USB 3.2 Gen 2 port with power-off charging 

1 x USB 3.2 Gen 2 port

2 x USB Type-C™ port (USB 3.2 Gen 2) (Thunderbolt 4)

Ethernet (RJ-45) port  

Keyboard Per Key RGB Mini LED Backlit Keyboard, Mode Key, PredatorSense key, 2x detachable thermal deco sets
Power 180w 
Battery 57.5Wh Li-ion Battery

Review Acer Predator Helios 16

Review Acer Predator Helios 16

Highligh Fitur Acer Predator Helios 16

  1. Prosesor Intel® Core™ generasi ke-13 yang 46% lebih cepat dibandingkan generasi 12 sehingga dapat mengurangi waktu rendering sampai 43% lebih singkat.
  2. Performa grafis lebih baik 31% dengan menggunakan kartu grafis NVIDIA® GeForce® RTX 40 Series dengan dukungan fitur MGP hingga 175W.
  3. Performa lebih stabil dan tahan lama dengan kipas ganda 3D Aeroblade generasi ke 5, vector heat pipe, dan penggunaan thermal liquid.
  4. Memiliki opsi layar dengan panel Mini LED yang punya refresh rate tercepat hingga 240 Hz dan sudah mendukung NVIDIA G-SYNC & NVIDIA Advance Optimus.
  5. Personalisasi per RGB Keyboard & Thermal Deco sesuai dengan kebutuhan gaming-mu.
  6. Tingkatkan performa sistem dengan sekali sentuh melalui 5 mode yang tersedia: Turbo, performance, balanced, quiet, dan eco.

Aspek Desain

Kita mulai dari penilaian desain visualnya terlebih dahulu. Desainnya pun sangat keren, fresh dan stylish tapi tetap terlihat gahar.

Bisa dilihat kalau logo predator yang ada di bagian tengah kini hadir dengan size yang makin compact, dan yang paling menarik perhatian adalah aksen RGB yang ada di atas exhaustnya, yang dinamakan “Light Bar”.

Untuk bodinya khas laptop predator, kokoh, berisi, dan terasa solid. Dengan dimensi di 39 x 29 cm dan beratnya hanya sekitar 2.7Kg.

Oh ya! Poin upgrade lain di laptop ini adalah layarnya yang kini bawa dimensi 16 inch, dengan aspect ratio 16:10, beresolusi WQXGA 2560 X 1600.

Untuk kualitas panelnya sudah IPS, coverage color gamut-nya sudah 100% sRGB & DCI P3, Refresh rate-nya pun tinggi 240Hz, yang sudah mendukung Nvidia G Synch.

Kalau untuk kebutuhan editing wah sudah sangat mumpuni! Karakter warna yang dihasilkan sangat detail, cukup vivid, dan terasa nyaman di mata.

Meskipun membawa nama gaming, laptop ini sudah capable digunakan sebagai daily driver utama laptopnya content creator dan desain grafis.

Lanjut, ke bagian keyboard, yang punya ukuran full size lengkap dengan numpad. Dan keyboard-nya juga sudah dilengkapi dengan mini LED backlit per key, membuat tampilan laptop ini semakin keren.

Untuk pengaturan backlit nya bisa kalian kustomisasi via PredatorSense. Caranya, buka PredatorSense, lanjut ke scenario, lalu ke pulsar lighting, di bagian ini tinggal pilih kustomisasi yang kamu inginkan.

Lanjut soal PredatorSense yang kini tampilannya semakin user friendly. PredatorSense sendiri adalah All in One software dari Acer yang banyak fungsinya.

Mulai dari monitoring temperature, system usage, skenario penggunaan, hingga mengubah lampu LED di keyboard!

Aspek Konektivitas & I/O Port

Nah laptop ini memiliki I/O port yang beragam, mulai dari Thunderbolt 4 yang sudah support 100W power delivery, HDMI 2.1,  sampe port standar USB Type A 3.2.

Untuk konektivitasnya, layaknya laptop Predator kelas atas lain, laptop ini sudah menggunakan Wi-Fi 6e AX1675i & Ethernet E2600 yang sudah mendukung Killer DoubleShot Pro.

Aspek Storage & RAM

Untuk storagenya sudah memakai SSD NVMe gen 4 dari Micron, yang speed-nya, sudah kencang di 6500an MBps untuk read dan 4800an MBps untuk write. Kapasitasnya pun lega, 1TB yang masih bisa di-upgrade. RAM nya 16GB berfrekuensi 5600MHz.

Cooling System

Untuk cooling system laptop ini sudah menggunakan 2 AeroBlade 3D fan generasi ke 5 yang dirancang dengan 2 fan, 5 heat pipe, yang sudah didukung vector heat pipe terbaru dari predator, plus liquid metal untuk efisiensi pembuangan panasnya.

Dan untuk kecepatan fan, hal ini bisa kalian kustomisasi menggunakan PredatorSense. Jika sedang berada di mode max, suara dari fan memang cukup berisik, tapi memang ini sepadan dengan potensi performa yang keluar dari laptop ini.

Harga dan Ketersediaan Acer Predator Helios 16

Dengan segala upgrade yang patut kita apresiasi, laptop ini akan sangat cocok untuk para hardcore/pro gamers yang mengidamkan laptop gaming serba baru, dengan teknologi paling up-to-date.

Tak peduli soal harga, maupun eksterior yang terlihat dan tebal & bulky. Experience performa CPU Intel 13th gen plus GPU RTX 4070 yang kencang dan stabil akan menjadi deal breaker di laptop ini.

Nah kamu bisa langsung mendapatkan laptop Acer Predator Helios 16 ini di situs resmi Acer maupun toko elektronik terdekat secara offline maupun online dengan harga sekitar 38 Juta Rupiah.

Harga yang ditawarkan ini sudah sangat sepadan dengan apa yang akan kamu dapatkan di laptop ini.