Review Logitech BRIO 4K, Webcam Super Jernih No. 1 di Kelasnya!

161
Review Logitech BRIO 4K, Webcam Super Jernih No. 1 di Kelasnya!

Pada artikel ulasan kali ini kita akan membahas tentang review Logitech BRIO 4K yang memiliki kualitas gambar hingga 4K!

Sejatinya, webcam sudah mulai dikenal di kalangan masyrakat sejak awal tahun 2000an. Namun saat pandemi COVID-19 mulai merebak, fungsi webcam semakin populer dan menjadi primadona bagi masyrakat.

Memang hampir semua kegiatan sudah berpindah ke bentuk online, seperti rapat, konferensi, dan belajar. Dari situ, muncul kebutuhan dalam wadah virtual sebanyak mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bantuan webcam.

Webcam atau kamera web adalah perangkat keras yang berbentuk kamera digital dan terhubung dengan komputer atau laptop.

Tidak hanya dapat mengambil foto atau merekam video, webcam juga dapat melakukan lebih dari kamera digital konvensional.

Beberapa Manfaat Webcam

Saat ini, telekonferensi juga menjadi tren karena situasi pandemi. Dimana, memungkinkan perusahaan atau organisasi tertentu menggunakan webcam untuk melakukan video conference.

Hal ini juga dapat mempermudah karena pihak-pihak yang terlibat tidak harus berada di tempat yang sama. Dengan begitu, kegiatan konferensi dapat memenuhi protokol kesehatan yang masih diatur akibat pandemi.

Fungsi berikutnya dari webcam adalah juga dapat digunakan untuk rapat online. Tidak jauh berbeda dengan remote conferencing, penggunaan webcam dapat membuat operasional meeting berjalan dengan lancar.

Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pertemuan dapat berkomunikasi dari berbagai lokasi tetap dengan layar video dan audio berkualitas.

Dengan cara ini, bisnis atau sejenisnya dapat ditransmisikan dengan tepat karena mereka selalu terhubung bahkan dalam jarak jauh.

Nah pada artikel review kali ini kita akan membahas salah satu webcam yang memiliki kualitas yang sangat jernih hingga 4K! Webcam ini datang dari Logitech BRIO 4K.

Spesifikasi Logitech BRIO 4K

Sebelum kita lanjut membahas apa saja sih keunggulan dari webcam Logitech ini, alangkah baiknya kamu bisa cek terlebih dahulu spesifikasi lengkapnya berikut ini sebagai pertimbangan kamu dalam memilih.

Video Resolution
  • 4K Ultra HD (4096 x 2160 pixels @ 30, 25 or 24 fps)
  • 2K WQHD (2560 x 1440 pixels @ 30, 25 or 24 fps)
  • 1080p Full HD (1920 x 1080 pixels @ 60, 50, 30, 25 or 24 fps)
  • 720p HD (1280 x 720 pixels @ 90, 60, 50, 30, 25 or 24 fps)
Focus type Auto Focus
Lens type Glass lens
Internal Microphone Stereo, Dual Omni-Directional
Diagonal Point Of View 90°/78°/65°
Zoom Digital 5x
Dimension
  • Width: 102 mm
  • Height: 27 mm
  • Depth: 27 mm
  • Weight: 63 g
System Requirement
  • Windows® 8 or newest version (Windows 8.1 or higher is needed for resolution greater than 1080p)
  • MacOS 10.10 or newest version

Review Logitech BRIO 4K

Kalau kamu adalah seorang streamer atau pengguna biasa yang sedang mencari webcam berkualitas tinggi maka ini bisa menjadi pilihan yang tepat! karena webcam ini sudah mendukung perekaman hingga 4K 30 FPS dan 1080p 60 FPS, webcam ini juga sudah memiliki mikrofon internal.

Dilansir dari kanal YouTube Jagat Review, kamera webcam ini juga mampu merekam video Wide Dynamic Range dengan sangat baik, sehingga ketika kamu ingin menggunakannya untuk streaming dalam ruangan atau video call di lokasi yang remang-remang, webcam ini tetap tersedia dan dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik.

Semua lokasi socket port-nya terletak di belakang dan tentuya sudah memakai Type-C. Di depan terdapat mikrofon omni directional yang dilengkapi dengan peredam bising, kamera 13 MP dan sensor optic infrared. Di bagian bawah terdapat bracket yang sudah terpasang dari paket penjualan.

Fitur lainnya dari webcam Logitech ini adalah pengoptimalan khusus untuk streaming. Logitech BRIO 4K ini dirancang untuk streaming pada frame rate tinggi untuk mengurangi lag saat bermain game atau streaming.

Resolusi 4K Ultra HD HDR yang diberikan ini membuat gambar lebih detail atau bisa juga digunakan untuk keperluan cropping saat membuat konten di Full HD, agar gambar selalu indah dan tajam. Sedangkan HDR ada untuk membuat gambar menjadi jernih meski dalam situasi yang kompleks seperti backlit, sehingga wajah kita bisa terekspos lebih baik.

Frame rate-nya 1080p 60fps, selain membuat video lebih mulus, 60fps juga bisa digunakan untuk slow motion yang lebih halus.

Kamera webcam ini juga langsung dioptimalkan dengan integrasi XSplit dan dilengkapi dengan lisensi XSplit premium gratis selama 12 bulan.

AI Background neutralizer juga membuat pemisahan latar belakang lebih rapi saat menggunakan software XSplit. Kita dapat memilih dari tiga mode latar belakang yakni mengaburkan, menghapus, dan mengganti.

Kesimpulan

Ketika kualitas gambar webcam itu penting, webcam yang bagus itu juga sama penting. Misalnya, jika kamu benar-benar bekerja sebagai streamer yang serius. Bahkan pekerja dan pengusaha harus mempertimbangkan webcam milik mereka.

Meskipun dimungkinkan untuk mengadakan pertemuan fisik, ada banyak kondisi di mana pertemuan virtual masih menjadi pilihan.

Ini bisa terjadi karena efisiensi waktu atau lokasi yang jauh. Tentu saja, webcam kelas atas akan menjadi senjata yang bagus untuk tampil hampir di depan kolega, mitra bisnis, atau orang terdekat. Jadi lebih profesional kan?

Harga Logitech BRIO Webcam Pro Ultra HD ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2.5 jutaan. Untuk harga tersebut kamu sudah mendapatkan:

  • 1 unit webcam.
  • Kabel Type A to C 3.0, kualitas kabelnya cukup berkualitas dan cukup panjang, sekitar 2 meter.
  • Dudukan webcam yang sudah terpasang.
  • Ada klip hitam kecil yang dirancang sebagai rana privasi, untuk menutup kamera saat tidak digunakan.
  • Dokumentasi tetapi tidak ada manual guide.

Melihat harganya yang semakin terjangkau, kami pikir pembuat konten pun mungkin akan mempertimbangkan untuk menggunakannya daripada berinvestasi lebih banyak pada kamera di awal karier mereka.

Logitech BRIO Webcam Pro Ultra HD ini bisa menjadi pilihan bagi siapa saja yang membutuhkan webcam dengan kualitas terbaik di kelasnya.