Review Monitor MSI Optix MAG274QRF-QD, Super Monitor Khusus Para Gamer dan Esports!

917
Review monitor MSI Optix MAG274QRF-QD
Sumber: RTINGS.COM

Pada artikel kali ini, kita akan mengupas review monitor MSI Optix MAG274QRF-QD, yaitu monitor yang dikhususkan untuk para pemain esports.

Kecepatan dan responsif daya tanggap tentu saja merupakan faktor terpenting dalam performa layar gaming, tetapi ketepatan gambar sama pentingnya saat mencari monitor gaming terbaik.

Tidaklah cukup bagi monitor untuk hanya memiliki kontras yang dalam atau gamut warna yang besar. Keseimbangan antara elemen-elemen ini juga turut berperan. Ketika tampilan layar mendapatkan segalanya dengan benar, itu akan menjadi hal yang sangat bagus.

Nah kali ini penulis punya rekomendasi layar monitor khusus untuk kamu para gamer. Karena semua kelebihan sudah tertanam pada layar monitor yang satu ini.

Perkenalkan ini adalah MSI Optix MAG274RQF-QD.

Penasaran seperti apa aspek visual dan fitur yang tertanam pada layar monitor ini? Simak artikel ini sampai habis ya.

Spesifikasi Monitor MSI Optix MAG274QRF-QD

Sebelum kita lanjut membahas fitur dan performa dari layar monitor ini, kamu bisa simak spesifikasi lengkapnya di bawah ini sebagai bahan pertimbanganmu dalam memilih ya.

Panel Type / Backlight IPS / W-LED, edge array
Screen Size / Aspect Ratio 27 inches / 16:9
Max Resolution & Refresh Rate 2560×1440 @ 165 Hz
Row 3 – Cell 0 G-Sync Compatible: 48-165Hz
Native Color Depth & Gamut 10-bit (8-bit+FRC) / DCI-P3
Response Time (GTG) 1ms
Brightness 300 nits
Contrast 1,000:1
Speakers None
Video Inputs 1x DisplayPort 1.2
Row 10 – Cell 0 2x HDMI 2.0
Row 11 – Cell 0 1x USB-C
Audio 3.5mm headphone output
USB 2.0 1x up, 2x down
Power Consumption 29w, brightness @ 200 nits
Panel Dimensions (WxHxD w/base) 24.2 x 17.2-21 x 8.1 inches (615 x 437-533 x 206mm)
Panel Thickness 1.9 inches (48mm)
Bezel Width Top/sides: 0.3 inch (8mm)
Row 18 – Cell 0 Bottom: 0.9 inch (24mm)
Weight 13.3 pounds (6.1kg)
Warranty 3 years

Review Monitor MSI Optix MAG274QRF-QD

Review MSI Optix MAG274QRF-QD
Sumber: PCMag

Optix MAG274QRF-QD dari MSI ini adalah monitor gaming dengan tipe standout. Layar monitor ini sudah menghadirkan kecepatan frame rate hingga 165 Hz, Kompatibilitas G-Sync dan fitur blur reduction.

Dan fitur tersebut juga memberikan kualitas gambar yang luar biasa dengan gamut warna besar yang tidak hanya memenuhi tetapi sedikit melebihi spesifikasi DCI-P3.

Selain itu, produk ini juga memiliki konektivitas USB-C dan menerima sinyal HDR pada resolusi 1440p dengan kedalaman warna 10-bit.

Layar MSI Optix MAG274QRF-QD ini adalah bagian dari subkategori baru panel IPS yang disebut Rapid IPS.

Layar Rapid IPS ini dapat memberi waktu respons GTG ultra cepat 1 ms, yang secara signifikan akan mengurangi keburaman monitor.

Gambar yang jernih pasti akan memberikan keunggulan kompetitif untuk keputusan yang tepat dalam permainan yang bergerak cepat.

Penulis lebih suka kontras monitor VA yang lebih tinggi, tetapi saat ini, tampaknya jika kamu menginginkan jumlah pilihan produk terbesar dan gamut warna terbesar, IPS adalah pilihan yang tepat.

Dan berbicara tentang gamut warna, MAG274QRF-QD ini mencapai jumlah warna yang ekstrem, berkat lampu latar LED Quantum Dot.

Teknologi Quantum Dot ini memungkinkan kamu untuk bisa melihat gambar memukau yang luar biasa dengan rentang lebih dari satu miliar warna yang memukau.

Layar monitor ini juga sudah dilengkapi dengan Gaming OSD App 2.0. Dengan aplikasi Gaming OSD ini, kamu akan sangat mudah untuk mengatur monitor gaming milikmu.

Cukup gunakan keyboard dan mouse untuk melakukan konfigurasi monitor. Aplikasi ini bahkan memberi kamu opsi hotkey sehingga kamu dapat mengubah pengaturan di antara game yang berbeda dengan mudah.

Tak lengkap rasanya jika layar monitor yang berkualitas tidak dilengkapi dengan USB Hub. Untuk mengaktifkan port USB tambahan dan memungkinkan mouse tersedia untuk digunakan pada GAMING OSD APP, jangan lupa untuk menyambungkan monitor dan PC milikmu dengan kabel USB yang dapat kamu temukan di kotak aksesori produk.

Hal keren berikutnya dari monitor ini adalah sudah dilengkapi dengan Mystic Light.

Dengan MSI Mystic Light, lampu monitor gaming seri Optix MAG memberikan cahaya ambient lembut yang dapat dengan mudah disinkronkan dengan produk gaming lain yang mendukung Mystic Light.

Caranya kamu tinggal pilih salah satu warna dari palet menggunakan smartphone di aplikasi Mystic Light untuk menyesuaikan gaya sistem dengan seleramu. Atau cukup aktifkan gema game, biarkan lampu latar monitor menyala mengikuti musik yang kamu putar di komputer. Keren ya!

Karena ini monitor khusus gaming jadi pastinya monitor gaming seri MSI Optix ini menawarkan beberapa game mode untuk dipilih.

Gamer dapat memilih mode berdasarkan jenis game yang dimainkan untuk merasakan efek visual terbaik seperti FPS, Racing, RTS, RPG, Reader, Cinema dan Designer.

Dengan memiliki sudut pandang 178 derajat yang besar, monitor gaming MSI memiliki lebih banyak kelonggaran untuk menempatkan monitor dalam pengaturan tanpa mengorbankan pengalaman menonton yang optimal.

Warna dan detail akan tetap tajam pada lebih banyak sudut dibandingkan dengan monitor lain dengan sudut pandang yang lebih sedikit.

Dan untuk menjaga kesehatan mata kamu, Monitor Optix ini sudah menyediakan fitur Blue Light Reduction yang dioptimalkan untuk menghasilkan lebih sedikit cahaya biru yang ditampilkan oleh monitor, sehingga kamu dapat bermain game dalam waktu yang lebih lama tanpa merasa kelelahan mata.

Kesimpulan

Sejatinya tidak ada layar monitor yang sempurna, tetapi beberapa mendapatkan lebih banyak hal daripada yang lain.

Menemukan keseimbangan yang tepat antara performa pemrosesan video, kontras, saturasi warna, akurasi warna, dan resolusi tidak selalu mudah.

Tidak sulit menemukan keseimbangan ini di akhir skala harga premium, tetapi menemukannya di kelas menengah agak jarang seperti ini.

Ada banyak monitor game 27 inci yang cepat di luar sana, dan kelas 1440p sangat terwakili dengan baik.

Tapi tidak satupun dari mereka menawarkan gamut warna masif yang diberikan MAG274QRF-QD. Dengan cakupan DCI-P3 112%, ini adalah monitor paling berwarna yang pernah kami uji.

Satu-satunya kelemahan pada monitor ini adalah kurangnya mode sRGB. Setiap tampilan warna yang diperluas harus memiliki opsi untuk sRGB agar lebih cocok dengan konten yang dikuasai dengan spesifikasi tersebut.

Menurut penulis MAG274QRF-QD ini tepat sasaran sekaligus mencapai titik yang tepat untuk kinerja sebuah game.

banner iklan esportsnesia