Review Webcam Hikvision DS-U02, Webcam Super Keren dengan CMOS Sensor!

878
Review Webcam Hikvision DS-U02
Sumber: hikvision.com

Pada artikel kali ini kita akan mengupas review webcam Hikvision DS-U02, yakni sebuah webcam terbaru dari Hikvision dengan CMOS Sensor!


Berbicara mengenai webcam seperti tidak ada habisnya ya, selalu saja ada fitur terbaru dan canggih dari setiap brand dan produsen yang membuatnya.

Nah kali ini kita kedatangan webcam dari Hikvision DS-U02 dengan fitur unggulannya yaitu CMOS Sensor! Wah sudah seperti kamera DSLR ataupun mirrorless ya.

Selain CMOS Sensor kira-kira keunggulan apalagi ya yang ditawarkan oleh produk ini? Simak terus artikel ini sampai habis ya.

Spesifikasi Webcam Hikvision DS-U02

Sebelum kita lanjut ke pembahasan fitur pada produk ini, kamu bisa baca dan simak terlebih dahulu spesifikasi lengkapnya di sini sebagai bahan pertimbanganmu dalam membeli dan memilih ya.

Keunggulan CMOS Sensor pada Kamera Digital Maupun Webcam

Kamera digital saat ini telah menjadi barang populer setelah penurunan harga terus terjadi disetiap masanya.

Pengenalan sensor CMOS adalah salah satu kekuatan pendorong di balik penurunan harga tersebut. Alasannya karena Sensor CMOS jauh lebih murah daripada sensor CCD.

Sensor CCD (Charge-coupled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) bekerja dengan cara yang sama yaitu mengubah cahaya menjadi elektron. Untuk mengetahui cara kerja kolektor, kita perlu mengetahui cara kerja sel surya.

Hebatnya, sensor yang digunakan dalam kamera digital memiliki ribuan, bahkan jutaan sel surya kecil dalam susunan dua dimensi.

Setiap sel mengubah cahaya dari sebagian kecil gambar yang ditangkap menjadi elektron. Kedua sensor menyelesaikan pekerjaan dengan banyak teknologi yang ada.

CMOS Sensor memiliki beberapa kelebihan seperti:

  • Praktis, keping sensor sudah termasuk rangkaian ADC (camera on a chip).
  • Hemat daya berkat integrasi sistem.
  • Kecepatan proses responsif (berkat parralel readout structure).
  • Tiap piksel punya transistor sendiri sehingga terhindar dari masalah smearing atau blooming.

Sensor CCD dan CMOS sangat berbeda dalam teknologi dan desain. CCD memiliki keunggulan sensitivitas meskipun cenderung sangat sensitif saat terkena cahaya terang.

CMOS unggul dalam kecepatan, sehingga lebih cocok digunakan pada kamera fps (burst) tinggi. Namun keduanya dirancang untuk dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Nah tak terkecuali untuk CMOS Sensor yang terpasang pada sebuah webcam, ini akan menjadi poin plus bagi si webcam itu sendiri dalam menangkap gambar.

Review Webcam Hikvision DS-U02

Highlight Fitur Webcam Hikvision DS-U02

  • Resolusi kamera 2 MP dengan sensor CMOS
  • Ukuran resolusi gambar Full HD 1920 × 1080
  • Min. illumination: 0.1 Lux @ (F1.2, AGC ON)
  • AGC for self-adaptive brightness
  • Built-in microphone with clear sound
  • Type A interface, supporting USB 2.0 protocol. Plug-and-play, no need to install driver software

Untuk visual dari boksnya ini sangat mini dan ringkas. Terdapat logo Hikvision dan visual dari webcamnya dengan penjelasan singkat fitur utamanya seperti 1080p, Built-in-Mic, 360 horizontal rotation dan plug-and-play feature.

Didalam boks terdapat buku panduan dengan beragam bahasa serta 1 unit Hikvision DS-U02 yang sudah disertai dengan kabel USB-A. Ya hanya ada 2 item saja didalam boks ini.

Untuk panjang kabelnya yakni 1,5 meter yang mana terbilang cukup panjang untuk kebutuhan aksesibilitas.

Fitur utama yang ditonjolkan pada Webcam Hikvision DS-U02 ini adalah sensor kamera yang digunakan yaitu CMOS Sensor yang ditemani dengan 2 Megapixel camera. Pastinya gambar yang dihasilkan sudah sangat jernih ya.

Ohya selain CMOS, Webcam Hikvision DS-U02 ini juga mampu menghasilkan pergerakan gambar yang cukup halus yaitu 30FPS, fitur tersebut dapat kamu bandingnkan dengan webcam bawaan laptop atau komputer milikmu, pasti hasilnya berbeda.

Kamu juga tidak usah khawatir lagi ketika menggunakan webcam ini dalam ruangan dengan cahaya yang redup atau remang-remang, karena Webcam Hikvision DS-U02 ini sudah memiliki AGC Self-Adaptive Brightness yang bisa menyesuaikan dan menstabilkan cahaya sekitar agar tetap terang dan enak dilihat.

Sepertinya memang Webcam Hikvision DS-U02 ini mengutamakan kepraktisan bagi para penggunanya, karena webcam ini sudah plug-and-play alias bisa langsung digunakan tanpa harus men-download dan meng-install aplikasi tambahan lagi. Kamu cukup colokkan webcam ini ke USB Slot pada laptop atau komputer kamu.

Harga Webcam Hikvision DS-U02

Bagi kamu yang sedang mencari webcam dengan kualitas Full HD dengan grafis halus, webcam Hikvision DS-U02 ini bisa kamu jadikan wishlist lho.

Pasalnya harga yang tertera tidaklah mahal dan cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 290 ribuan saja di e-commerce kesayangan kamu.

banner iklan esportsnesia