Review Webcam Xiaovv: Webcam Full HD 1080p Super Murah dari Xiaomi

137
Review Xiaomi Xiaovv Webcam

Siapa yang tidak mengenal brand Xiaomi? Tentunya kita semua tahu bahwa kalau soal harga Xiaomi adalah yang paling murah tapi dengan kualitas yang tidak kalah dengan kompetitornya.

Nah, pada artikel kali ini kita akan mengupas review webcam Xiaovv yang sangat terjangkau dari Xiaomi!

Kamu sempat penasaran gak sih kenapa Xiaomi bisa mempertahankan harga murahnya itu dan bahkan mereka terus merilis produk-produk terbaru di luar dari smartphone, seperti kipas angin, AC, kulkas dan bahkan webcam.

Namun, sebelum kita bahas ini lebih dalam. Kamu perlu mengetahui kalau webcam itu ada 2 jenis, yakni webcam internal dan eksternal.

Namun tahukah kamu apa saja keunggulan dari webcam eksternal? Yuk pelajari dulu.

Keunggulan Webcam Eksternal

Biasanya, webcam meeting yang paling sederhana adalah yang sudah disertakan dengan laptop atau PC bawaan. Namun sayangnya, tidak semua webcam laptop built-in bisa menampilkan gambar jernih secara maksimal.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebelum rapat. Misalnya, bersiap diri secara maksimal, pencahayaan yang baik, lokasi yang tenang, atau memilih background atau latar belakang yang sesuai.

Kamu juga bisa melakukannya dengan cara lain dengan menambahkan kamera eksternal atau webcam.

Keuntungan utama webcam eksternal adalah bisa mendapatkan produk dengan kualitas yang lebih premium daripada kebanyakan webcam internal bawaan pabrik. Misalnya, kamu bisa merasakan panggilan video Full HD yang jauh lebih jelas.

Dengan kamera eksternal ini, kamu dapat menampilkan video Full HD (1080p pada 30fps). Bahkan ada lensa kaca Full HD, koreksi cahaya otomatis HD, dan mikrofon ganda untuk suara stereo, untuk membantu kamu tampil terbaik dalam meeting.

Selain itu, kamera eksternal ini dapat menyorot Anda dan ruangan dengan lebih jelas dan rapi. Kemudian yang paling penting, kamera ini dapat melakukan auto fokus secara akurat untuk kelancaran video.

Nah yang akan kita review kali ini adalah produk webcam terjangkau dari Xiaomi nih, yaitu Xiaomi Xiaovv Webcam. Penasaran seperti apa sih keunggulan dari webcam ini? Simak sampai habis ya.

Spesifikasi Webcam Xiaovv

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai visual dan fitur-fitur yang disematkan pada webcam ini, kamu bisa cek dulu nih spesifikasi lengkapnya di bawah ini sebagai pertimbanganmu dalam membeli.

  • Recording Resolution: 1920 × 1080 HD
  • Megapixel: 2.0
  • Microphone: Built-in Microphone
  • Media Format: H.264/ H.265/ MJPG/ NV12/YUY 12
  • Operating System Compatibility: Windows 7/8/10, Linus2.4.6 and above
  • Connection: USB 2.0
  • Dimension 100 x 25 x 50 mm
  • Line length: 150cm
  • Power Input: 5V
  • Viewing Angle: 150 Degree

Review Webcam Xiaovv

Penulis sendiri masih merasa asing dengan brand Xiaovv ini. Namun ternyata setelah ditelusuri lebih lanjut, Xiaovv ini masih satu kesatuan dengan brand Xiaomi yang kita kenal lebih dulu. Lebih mengejutkannya lagi ternyata brand Xiaovv ini sudah ada sejak tahun 2001 lho.

Ternyata Xiaovv ini lebih mengutamakan produk dari industri produk pengawasan keamanan profesional, seperti produk dalam pembuatan kamera IP, kamera PTZ, kit NVR, bel pintu video wifi baterai dan kamera panorama 360 derajat. Maka dari itu webcam dari Xiaovv ini lahir.

Xiaomi Xiaovv Webcam ini keseluruhan terbuat dari body plastik polikarbonat dengan desain terkesan clean dari boksnya.

Fitur utama dari webcam ini sebenarnya basic ya, kualitas kameranya Full HD 1920×1080 dan memiliki 2 megapixel kamera.

Webcam ini juga sudah mempunyai mic bawaan sehingga kamu tidak usah repot-repot lagi membeli mic internal. Namun jika kamu merasa mic bawaan dari webcam-nya kurang bagus, kamu bisa menggunakan mic eksternal yang bisa kamu beli sendiri.

Untuk soal instalasinya terbilang sangat mudah, istilahnya plug-and-play ya. Kamu tinggal hanya mencolokkan USB-A nya ke port laptop atau PC kamu. Kamu bisa langsung mengetes kualitas kameranya dengan menggunakan aplikasi Zoom atau aplikasi kamera bawaan PC atau laptop.

Untuk soal fleksibilitas, webcam ini bisa diputar 360 derajat sehingga memudahkan kamu untuk mengatur kemiringan dari webcam-nya.

Harga

Untuk harga dari Xiaomi Xiaovv Webcam ini dibanderol mulai dari Rp 220.000 saja. Kamu sudah mendapatkan 1 unit webcam, kabel USB serta buku manualnya ya.

Kamu bisa pelajari selengkapnya melalui tautan ini.