Review Webcam Logitech BCC950: Desain Kamera Anti Mainstream untuk Tim yang Lebih Produktif

1278
review webcam Logitech BCC950
Sumber: Youtube University of Edinburgh Business School IT

Bila kamu sedang mencari peralatan untuk kebutuhan video conference tim, maka review webcam Logitech BCC950 merupakan hal yang penting untuk disimak dengan baik. 

Sebab, seringkali webcam yang beredar di pasaran hanya ditujukan untuk video personal dengan kapasitas 1-2 orang dalam satu frame-nya. Itupun, perangkat ini biasanya hanya berbentuk persegi panjang dan dipasang pada salah satu sisi laptop untuk mendapatkan resolusi video yang lebih baik.

Namun kini kamu dapat mengucapkan selamat tinggal pada webcam dengan model tersebut karena kini sudah hadir seri Logitech BCC950 untuk memenuhi segala kebutuhan tim untuk mendukung rapat yang lebih produktif.

Ada beberapa fitur dan layanan unik yang ditawarkan oleh Logitech BCC950 yang mungkin tidak akan bisa kamu dapatkan pada jenis webcam lain di luaran sana.

Apa sajakah itu? Simak review webcam Logitech BCC950 mengenai spesifikasi dan keunggulan fiturnya secara lengkap pada artikel ini!

Spesifikasi Webcam Logitech BCC950

review webcam Logitech BCC950
Sumber: Logitech.com

Apabila kamu sedang mencari review webcam Logitech BCC950, maka penting untuk menelaah informasinya secara garis besar lewat spesifikasi yang ditawarkan. Spesifikasi ini penting diketahui agar calon pengguna bisa memiliki gambaran seperti apa keunggulan yang dimiliki oleh produk tersebut.

Terlebih, setelah melewati masa pandemi ini telah banyak kantor yang memiliki regulasi hybrid untuk para pekerjanya. Jadi ada tim yang bekerja dari rumah dan sebagian lagi berada di kantor. 

Apabila kedua tim tersebut hendak melakukan rapat secara daring tentu memiliki webcam yang mampu menyorot seluruh tim yang ada di ruangan agar memberikan visual yang efektif tentu akan menjadi pilihan yang tepat bila dibandingkan dengan menggunakan kamera individual bawaan dari PC. 

Salah satu webcam yang menawarkan kemampuan tersebut yaitu Logitech BCC950. Sebagai gambaran mengenai kehebatannya, berikut adalah review webcam Logitech BCC950 berdasarkan spesifikasinya yaitu:

Dimensi (tinggi x lebar x tebal) 154 mm x 150 mm x 104 mm
Tinggi dengan perpanjangan 345 mm
Persyaratan Sistem Windows® 7, 8.1, atau 10 dan macOS X 10.7 atau versi terbaru
Berat 568 g
Panjang Kabel 0.203m
Resolusi Kamera 3 MP Full HD
Resolusi Video 1080p (hingga 1920 x 1080 piksel), 720p HD (hingga 1280 x 720 piksel)
Kemampuan Zoom 1.2x zoom
Tipe Mikrofon Built-in Microphone
Tipe Antarmuka USB 2.0
Frame Rate 30 fps
Bidang Pandang Diagonal (dFoV) 78°
Teknologi Kamera Teknologi RightLight™ 
Speakerphone full duplex terintegrasi dengan echo dan noise cancellation
Mikrofon (TX) 2,4 m (omnidirectional ), 200Hz – 8KHz
Auto Focus  Yes
White Balance Yes
Remote Control Jangkauan IR 3 m
Kabel daya/USB plug-and-play 2,4 m

Spesifikasi webcam Logitech BCC950 inilah yang membuatnya menjadi solusi yang tepat sebagai perangkat penunjang untuk kebutuhan video conference baik di kantor, rumah maupun ruangan semi privat bersama timmu yang produktif.

Logitech BCC950 juga memiliki desain yang anti mainstream bila dibandingkan dengan webcam pada umumnya. Sebab desain yang dihadirkan memiliki konsep all-in-one  sehingga dapat dengan mudah digunakan dan menghemat ruang.

Ditambah, review webcam Logitech BCC950 juga memiliki audio dan video HD yang jernih sehingga video conference maupun rapat daring menjadi jauh lebih efektif.

Review Webcam Logitech BCC950 Berdasarkan Desain

Salah satu keunggulan dari review webcam Logitech BCC950 yaitu adalah desainnya yang unik. Tentu keunikan desain dari webcam yang anti mainstream ini dibuat dengan tujuan tertentu, terutama untuk menunjukkan keunggulan dari fitur yang ditawarkannya. 

Berikut ini adalah review webcam Logitech BCC950 dari segi desain yang dimiliki dan keunggulannya saat digunakan untuk video conference, diantaranya adalah:

review webcam Logitech BCC950
Sumber: Logitech.com

Desain All in One yang Multifungsi

review webcam Logitech BCC950
Sumber: Logitech.com

Apabila desain webcam pada umumnya berbentuk persegi panjang dan digunakan pada layar PC individual, maka hal ini berbeda dengan yang ditawarkan oleh Logitech BCC950.

Konsep desain dari webcam Logitech BCC950 berbentuk seperti lampu belajar dengan tangkai kamera (stem perpanjangan) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis desain webcam seperti ini tentu akan memuat lebih banyak anggota rapat di dalam frame-nya.

Ditambah, sistem pada webcam Logitech BCC950 yaitu adalah konferensi video all-in-one karena memiliki speakerphone dan webcam high-definition yang dapat diandalkan dimanapun dan kapanpun saat dibutuhkan.

Tidak hanya itu saja, webcam ini juga telah  dilengkapi fitur plug-and-play yang mudah dipasang baik di atas meja kantor maupun konferensi sehingga anggota rapat di dalamnya dapat terlihat.

Sebab, webcam ini memiliki sudut pandang yang jauh lebih luas dari jenis biasa.

Mampu Berputar 180 Derajat

Selain kameranya yang memiliki sudut pandang yang lebih luas sehingga muat untuk menampilkan 1-4 orang anggota tim di dalam rapat dalam frame yang sama, webcam Logitech BCC950 juga mampu berputar 180 derajat dari posisi semula.

Kamu dapat mengatur sudut pandang kamera ini dengan menggunakan remote control yang tersedia sehingga bisa dikendalikan dari jarak jauh tanpa mengganggu jalannya konferensi yang sedang dilakukan. Gerakan putar ini dapat dilakukan ke segala arah baik ke kanan, kiri, atas dan juga ke bawah sesuai dengan kebutuhan.

Tidak hanya itu saja, apabila terdapat anggota rapat lain yang tidak terlihat oleh kamera, kamu dapat memutarkan bagian kamera pada webcam tersebut pada titik-titik dan arah yang diinginkan.

Review Webcam Logitech BCC950 Berdasarkan Performanya

Review webcam Logitech BCC950 dapat terlihat juga pada performa yang ditawarkan. Penting untuk diketahui jika webcam ini memiliki sambungan kabel yang cukup panjang yaitu 2,4 m sehingga mampu untuk menjangkau sumber listrik yang agak jauh saat ingin menghidupkannya.

Selain itu, ada beberapa fitur lainnya yang dimiliki webcam Logitech BCC950 sehingga mampu menawarkan performa yang menggembirakan, di antaranya adalah:

Resolusi dan Auto Fokus yang Dapat Diandalkan

review webcam Logitech BCC950
Sumber: Logitech.com

Performa unggulan dari webcam Logitech BCC950 selain desain all in one yang ditawarkan, tentu adalah resolusi, fitur optik serta kemampuan auto fokusnya yang berkualitas.

Resolusi pada webcam Logitech BCC950 ini dapat mencapai 1080p Full HD (hingga 1920 x 1080 piksel) sehingga mampu memberikan detail yang jelas dan kualitas gambar yang jernih serta tajam untuk seluruh anggota konferensi di dalam frame.

Selain itu, Kemampuan pandangan webcam ini adalah 78 derajat dengan auto fokus yang bagus sehingga untuk penggunaan tim dapat lebih adaptif saat terjadi banyak gerakan di dalam video.

Ditambah, webcam Logitech BCC950 juga dilengkapi dengan kemampuan optik yang dapat diandalkan sehingga penyajian warna menjadi lebih akurat.

Bahkan, kamu dapat melakukan zoom in gambar atau video hingga 1.2x dalam HD atau 4x dalam SD sehingga frame dapat menjadi lebih fokus pada objek yang kecil.

Mudah Dioperasikan

Review webcam Logitech BCC950 lainnya adalah kemudahan dalam penggunaanya. Sebab, webcam ini telah dilengkapi dengan remote control genggam yang mampu mengatur berbagai aspek perangkat mulai dari kamera, audio hingga mute selama tetap berada di dalam jangkauan.

Selain itu, webcam ini memiliki fitur USB plug and play sehingga tidak membutuhkan software khusus jika hendak menggunakannya.

Jadi kamu tidak perlu melakukan konfigurasi dan penginstalan sistem, cukup koneksikan kabel dengan sumber listrik dan PC milikmu untuk dapat bergabung langsung ke dalam konferensi.

Adaptif dengan Berbagai Kondisi Cahaya

Uniknya, webcam Logitech BCC950 juga adaptif dengan berbagai kondisi cahaya saat digunakan. Jadi, walaupun dalam kondisi ruangan yang agak gelap, backlight (membelakangi cahaya) serta cahaya yang terlalu terang, webcam ini akan menyelesaikannya dengan baik. 

Hal ini tentu akan membantu seluruh anggota rapat tetap dapat terlihat jernih dan jelas seperti dalam keadaan cahaya yang normal.

Audio yang Jernih dan Jelas

Kemampuan speaker dan audio yang ditawarkan oleh webcam Logitech BCC950 sudah didukung dengan teknologi noise canceling dan acoustic echo cancellation

Adanya teknologi ini tentu akan sangat membantu suara dapat terdengar lebih jelas dan jenis karena noise dari latar belakang yang seringkali mengganggu dapat dihilangkan.

Sekian review webcam Logitech BCC950 dari segi desain dan performa. Apabila kamu tertarik untuk memiliki webcam ini agar rapat tim dan konferensi video menjadi lebih maksimal, kamu sudah bisa mendapatkan perangkat ini mulai Rp. 2,7 Jutaan

Harga ini tentunya dinilai telah sesuai dengan segala fitur dan keunggulan yang ditawarkan oleh webcam Logitech BCC950. Hebat sekali bukan?