Mengenal Hubungan DPI Mouse untuk Game FPS dan Setelan Idealnya!

1199
DPI Mouse untuk Game FPS
Sumber: rog.asus.com

Hubungan antara DPI mouse untuk game FPS nyatanya sangat erat karena keduanya saling berkorelasi untuk membuat permainan menjadi lebih memuaskan. Hal ini tentu tidak bisa dipisahkan dari fakta jika game First Shoot Person memiliki karakteristik permainan yang ditentukan oleh sensitivitas pergerakan mouse sekaligus pengaturan DPI-nya.

Oleh karena itu, pengaturan DPI dan pemilihan mouse tidak boleh dianggap sepele, terlebih hal ini akan sangat terasa saat memainkan game khusus dengan genre FPS yang menggunakan mouse untuk intensitas yang sangat tinggi dalam waktu yang cepat.

Namun, ada pengaturan DPI mouse untuk game FPS yang sangat direkomendasikan untuk memberikan komposisi permainan yang tepat. Yuk simak apa maksud DPI dan hubungan antara DPI mouse untuk game FPS secara lengkap pada artikel di bawah ini!

Apa Itu DPI?

DPI (Dots Per Inch) adalah sebuah istilah untuk jumlah titik yang berada pada permukaan mouse yang mampu dipetakan oleh sensornya dalam satu inchi. Jadi, semakin banyak piksel yang dapat dipetakan akan semakin tinggi DPI-nya dan mouse akan mampu pula untuk bergerak dengan gesit.

Jadi, DPI mouse ini akan berperan sebagai pengatur sensitivitas pada mouse yang digunakan. Umumnya, tombol DPI ini berada pada bagian belakang scroll wheel mouse gaming sehingga pengaturannya dapat dilakukan pada bagian tersebut.

Hal inilah yang membuat pemilihan DPI mouse untuk game FPS menjadi hal yang perlu diperhatikan. Oleh sebab itulah, DPI mouse untuk game FPS terbaik hanya dimiliki oleh mouse gaming khusus yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda dengan mouse biasa.

Hubungan DPI Mouse untuk Game FPS

DPI Mouse untuk Game FPS
Sumber: whatifgaming.com

DPI mouse untuk game FPS tentu akan memiliki hubungan yang sangat erat terutama saat melakukan bidikan tembakan. Dimana berbagai game FPS mulai dari Counter Strike: Global Offensive, Call of Duty, Point Blank, Apex Legends hingga Valorant tentu akan menyerang dengan cara ini di dalam permainan.

Seperti yang sudah diketahui jika game FPS merupakan salah satu permainan yang membutuhkan kecepatan dan keakuratan yang tinggi dari mouse gaming yang digunakan. Dimana, DPI mouse untuk game FPS ini memiliki fungsi untuk dapat membidik dan menembak target.

Jadi, mouse tidak boleh terlalu sensitif dan juga terlalu lambat karena akan menjadi tidak terkendali atau bahkan kehilangan target sehingga bidikan yang dilakukan akan semakin tidak tepat sasaran.

Oleh sebab itulah, banyak games yang mencari mouse dengan DPI tinggi untuk membuat permainan menjadi lebih lancar. Ditambah, DPI mouse untuk game FPS juga mempengaruhi pergerakan kamera saat kamu menggerakkannya.

Pengaturan Ideal DPI Mouse untuk Game FPS

DPI Mouse untuk Game FPS
Sumber: technewstoday.com

Pengaturan DPI juga dinilai bersifat personal karena didasarkan pada karakteristik mouse yang digunakan, jenis game yang dimainkan, serta bagaimana cara kamu menggunakan mouse selama permainan. Jadi, setiap pemain akan memiliki pengaturan yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Pada jenis game FPS, pengaturan mouse gaming paling ideal adalah sekitar 400 – 800 DPI. Kisaran rentang DPI ini akan membantu pada pengguna untuk dengan mudah menyesuaikan bidikan tembakan serta kamera dengan lebih baik walaupun dengan resolusi komputer yang standar.

Namun tentu pengaturan DPI mouse untuk game FPS akan berbeda dengan yang lainnya sehingga harus disesuaikan dengan jenis dan tipe karakteristik game yang hendak dimainkan. 

Sebab, ada game yang membutuhkan gerakan cepat dan intens terutama pada bagian mouse dan ada pula yang lebih santai asalkan akurat. Jadi, pastikan untuk memilih DPI mouse untuk game FPS yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Pada mouse gaming, DPI dapat diatur dengan menekan tombol DPI sehingga mouse akan secara otomatis berubah sesuai dengan urutan standar sensitivitas yaitu 400-800-1600-3200.

Selain itu, kamu juga dapat mengaturnya secara manual dengan menggunakan aplikasi DPI yang umumnya telah disediakan oleh brand dari mouse gaming yang kamu miliki.

Namun terlepas dari itu semua, DPI mouse ini juga hanya akan berfungsi dengan maksimal apabila kamu juga melengkapinya dengan menggunakan VGA card dan monitor penunjang yang berkualitas.

Apakah Semua Mouse dengan DPI Tinggi adalah Pilihan Terbaik?

Sekilas, DPI mouse untuk game FPS dengan angka yang tinggi seringkali dijadikan iming-iming marketing agar pengguna berpikir sebagai satu-satunya pilihan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan saat bermain game

Padahal faktanya, DPI mouse yang terlalu tinggi akan menyebabkan perangkat tersebut menjadi sangat sensitif sehingga sangat cocok untuk melakukan gerakan lincah di dalam game.

Namun dalam konteks DPI mouse untuk game FPS, dibutuhkan keakuratan dalam menembak sehingga DPI yang tinggi akan membuatmu menjadi semakin sulit untuk membidik lawan.

Terlebih jika kamu juga perlu menjadi sangat hati-hati saat menggunakan senjata khususnya sniper. Sebab, apabila mouse milikmu tergeser, maka bidikan kepada lawan akan menjadi tidak stabil sehingga tentu mengurangi tingkat keakuratan dalam menembak.

Bahkan tidak hanya untuk game FPS saja, mouse dengan DPI tinggi juga akan mempersulit pekerjaanmu bila memiliki profesi yang membutuhkan presisi dan ketelitian yang tinggi seperti graphic designer.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pemilihan DPI mouse untuk game FPS yang tepat dapat menjadi salah satu penentu kelancaran dan keakuratan di dalam permainan. 

Saat ini, telah hadir berbagai pilihan mouse dengan satuan DPI 400, 800, 1600 hingga 3200. Namun para pro player umumnya hanya menggunakan mouse yang berada pada kisaran 400 DPI – 800 DPI saja karena lebih mementingkan akurasi dibandingkan dengan kecepatan.

Setelan DPI Mouse untuk Game FPS sesuai dengan Karakteristik Pribadi

DPI Mouse untuk Game FPS
Sumber: gamerant.com

Memang telah disebutkan oleh banyak sumber jika pengaturan DPI mouse untuk game FPS yang dianjurkan adalah 400-800 DPI. Namun tentu itu bukan merupakan hal yang wajib mengingat semua orang akan bermain game dengan cara dan karakteristiknya masing-masing sehingga tidak dapat dipukul rata.

Tentu setelan DPI mouse ini akan berbeda antara dua tipe pemain yang biasa menggerakkan mouse dengan keras ataupun yang lebih lembut dan pelan. Kedua pemain ini jelas membutuhkan setelan DPI yang berbeda untuk meningkatkan rasa nyaman saat bermain.

Cara mengatur DPI mouse untuk game FPS yang tepat sesuai dengan karakteristik pribadi ini cukup mudah. Kamu dapat mengatur mouse dari angka DPI paling rendah lalu dinaikkan secara perlahan untuk menentukan pada level maka mouse terasa semakin nyaman saat digunakan.

Selanjutnya, jika sudah menemukan angka DPI yang dirasa paling nyaman, maka cobalah untuk konsisten dengan menggunakan level tersebut. Hal ini akan membantu tubuh untuk lebih reflek dan terlatih menyesuaikan diri dengan alat tersebut.

Itulah berbagai informasi lengkap mengenai hubungan DPI mouse untuk game FPS, beserta pengaturan idealnya agar membantu permainan yang dilakukan menjadi jauh lebih nyaman. 

Namun, tetap pastikan untuk menyesuaikan setelan DPI pada mouse sesuai dengan karakteristik pribadi saat bermain game agar meningkatkan keakuratan dan presisi saat berhadapan dengan musuh.

banner iklan esportsnesia