Review Webcam Nemesis A96: Resolusi Tinggi dengan Harga Terjangkau Di Kelasnya!

1325
review webcam nemesis a96
Sumber: Youtube DK ID

Jika kamu sedang membutuhkan kemampuan kamera pada laptop atau komputermu, maka review webcam Nemesis A96 adalah hal yang perlu diperhatikan.

Terlebih dengan adanya pandemi membuat banyak kegiatan banyak dilakukan secara online hingga hari ini mulai dari belajar mengajar, seminar, rapat, lomba hingga live streaming menggunakan laptop atau komputer.

Namun sayangnya, kamera bawaan dari PC seringkali memiliki resolusi dan frame rate yang sangat rendah. Hal ini tentu akan secara otomatis membuat hasil video yang dihasilkan terlihat kurang detail dan patah-patah halus saat melakukan gerakan.

Tentu rendahnya resolusi ini akan membuatmu merasa terganggu dan seringkali menghambat kegiatan yang sedang berlangsung. Oleh sebab itulah dibutuhkan kamera tambahan dengan menggunakan webcam.

Salah satu merek webcam yang dapat kamu pertimbangkan karena kualitas resolusinya yang tinggi yaitu adalah Nemesis A96. Penasaran seperti apa performa yang diberikan? Simak review webcam Nemesis A96 pada artikel berikut!

Spesifikasi Webcam Nemesis A96

Sebelum mencari tahu review webcam Nemesis A96 secara menyeluruh dan memberikan penilaian, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mempertimbangkan spesifikasi yang dimiliki.

Dengan mengetahui spesifikasinya, kamu sudah bisa memiliki gambaran atas performa yang ditawarkan oleh webcam Nemesis A96 ini.

Berikut adalah review webcam Nemesis A96 berdasarkan dari spesifikasinya yaitu:

Interface Type USB Gold Plated (1.9m Length]
Resolution 2592 x 1944 px
Camera 5MP
Frame Rate 2K / 60 FPS
Focus Auto Focus
Lens Full HD Glass
Field Standard 65 – 70
Microphone Built-in Digital Microphone

Banyak review webcam Nemesis A96 yang menyebutkan jika jenis hardware penunjang ini masuk ke dalam kategori entry level. Namun nyatanya apa yang ditawarkan oleh brand ini jauh di atas ekspektasi dan rata-rata penggunanya.

Bagaimana tidak? seri Nemesis A96 bahkan menawarkan lensa yang sudah Full HD serta resolusi yang cukup tinggi 2592 x 1944 px dan frame rate yang mencapai 2K / 60 FPS, lebih dari 2 kali lipat di atas kamera bawaan laptop pada umumnya.

Bahkan, webcam Nemesis A96 ini juga hanya sudah siap untuk langsung digunakan oleh pengguna begitu dibeli (plug and play). 

Jadi, para pengguna tidak perlu melakukan setting apapun lagi sehingga sangat ramah digunakan oleh para pemula seperti guru yang hendak mengajar, murid yang menghadiri kelas, maupun orang yang membutuhkan webcam untuk mengikuti rapat online.

Review Webcam Nemesis A96: Dari Segi Desain

Secara fisik dan desain yang ditawarkan, webcam Nemesis A96 menawarkan fitur-fitur yang memfokuskan diri untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna.

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa review webcam Nemesis A96 dari segi desain yang dapat kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya, diantaranya adalah:

Tampilan Desain yang Bersih

review webcam nemesis a96
Sumber: nyk.co.id

Review webcam Nemesis A96 pertama dari segi desain mudah terlihat dari tampilannya ini adalah bentuknya yang persegi panjang dengan warna hitam legam dengan kamera pada bagian tengahnya. 

Desain webcam ini sangat clean dengan tulisan merek Nemesis yang justru terletak pada bagian klipnya. Jadi, hal ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang suka dengan hardware yang terlihat bersih, luas, minimalis, namun tetap elegan.

Dapat Diputar 360 Derajat

review webcam nemesis a96
Sumber: nyk.co.id

Keunggulan lainnya dari review webcam Nemesis A96 adalah bodi-nya yang mampu diputar 100 persen dari posisi semua atau 360 derajat. Cara kerjanya mirip dengan walk head tripod pada kamera, hal ini tentu membuat Nemesis A96 menjadi pilihan webcam yang sangat fleksibel dan mudah untuk disesuaikan (adjustable) dalam keadaan apapun.

Jadi, para pengguna tentunya memungkinan untuk melakukan panggilan video, dimanapun dan kapanpun saat dibutuhkan. Bahkan kamera ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat tidak hanya untuk pemula namun masih sangat cocok digunakan untuk para gamers yang sering melakukan live streaming sekalipun.

Namun ada sedikit kekurangan dari Nemesis A96. Walaupun menawarkan flexible mounting options akan tetapi seringkali membuat kamera kurang terasa solid saat dipasangkan.Akan tetapi hal tersebut termaafkan dengan harganya yang cukup terjangkau di kelasnya dan tetap tidak mengganggu performa yang ditawarkan.

Desain yang Fungsional

Selain itu, webcam Nemesis A96 juga memiliki desain fold and go yang unik. Hal ini tentu membuatnya mudah dilepas pasang dan disesuaikan dengan berbagai kondisi PC.

Tidak hanya itu saja, desain webcam Nemesis A96 juga kompatibel untuk segala jenis perangkat yang dibutuhkan baik laptop maupun komputer.

Sebab, pada webcam ini, kamu cukup melepas klipnya dengan perlahan dan kamu sudah dapat langsung memindahkan kamera tersebut ke PC lainnya jika dibutuhkan.

Review Webcam Nemesis A96: Dari Segi Performa

review webcam nemesis a96
Sumber: nyk.co.id

Setelah melihat review webcam Nemesis A96 dari segi desain, maka kini kamu dapat mengetahui berbagai perfoma yang ditawarkan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Dari segi performa, ada banyak fitur dan kemampuan menarik yang akan membantu kegiatan pengguna menjadi lebih efektif khususnya saat melakukan rapat ataupun panggilan video. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh webcam Nemesis A96 antara lain adalah:

Fitur Kabel yang Mengesankan

Review webcam Nemesis A96 pertama datang dari kabel yang dimilikinya. Seri A96 ini menawarkan kabel konektor yang cukup panjang yaitu 1,9 meter.

Hal ini tentu membuatnya mudah digunakan untuk berbagai kondisi seperti PC yang sambungan konektornya berada di bawah meja ataupun yang lebih jauh dari itu.

Selain itu, pada bagian bawah kamera terdapat mouthing untuk tripod sehingga dapat kamu gunakan untuk setting panggilan video yang lebih advance

Tidak hanya itu saja, Nemesis A96 juga memiliki kabel dengan Gold Plated USB Interface sehingga transmisi datanya menjadi lebih kencang (sekitar 17 GB/s) bila dibandingkan dengan webcam pada umumnya yang memiliki transfer rate hanya sekitar 10 GB/s.

Hal ini tentu tidak terlepas dari kemampuan Gold Plated USB yang memiliki konduktor yang lebih besar dan lebih awet juga.

Jadi webcam ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk pengguna yang sering melakukan cabut-pasang kabel untuk pindah PC sehingga webcam tetap dapat lebih awet untuk waktu yang lama.

Resolusi Tinggi Pada Kamera yang Dihadirkan

Salah satu keunggulan utama dari Nemesis A96 adalah fitur kameranya yaitu resolusinya yang mencapai 2592 x 1944 px sekaligus frame rate 60 FPS. 

Jadi selain gambar pada layar yang akan menjadi lebih detail, gerakan pada objek di depan kamera juga akan menjadi sangat smooth dan tidak patah-patah. Hal ini tentu akan membantu pengguna maupun audiens yang melihat video tersebut akan merasa jauh lebih nyaman.

Auto Fokus yang Sangat Adaptif

Review webcam Nemesis A96 lainnya yang dapat dibanggakan yaitu adalah kemampuan auto fokusnya yang sangat adaptif.

Jadi, saat sebuah objek melakukan banyak gerakan di depan kamera, webcam ini akan bekerja cepat untuk segera memfokuskan kembali objek tersebut sehingga tetap nyaman untuk dilihat.

Harga yang Terjangkau

Terakhir, harga yang ditawarkan oleh webcam Nemesis A96 juga sangat terjangkau di kelasnya. Saat ini, kamu sudah bisa mendapatkan  webcam Nemesis A96 dengan beragam fitur yang mengesankan ini hanya mulai dari Rp. 445 ribuan saja.

Bahkan, harga ini jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan webcam fitur serupa seperti Logitech yang seringkali harganya sekitar Rp. 1 jutaan atau 3 kali lipat di atasnya. 

Itulah review webcam Nemesis A96 yang memiliki fitur berkualitas namun dengan harga yang cukup terjangkau di kelasnya.

Hal ini tentu membuatnya menjadi pilihan bagi semua kalangan baik pemula maupun profesional. Jadi, apakah kamu jadi semakin tertarik untuk memilikinya?