Wajib Tahu! Apa Itu Frame per Second (FPS)? 3 Cara Atasi FPS Low Terbaru

514
apa itu frame per second

Gamer maupun Video Editor sudah tidak asing lagi dengan personal computer baik itu komputer built up maupun komputer rakitan. Mereka sering berhadapan dengan istilah FPS, namun tidak banyak yang mengerti apa itu frame per second. Padahal, ada berbagai sudut pandang mengenai hal tersebut.

Seringkali juga kita menemukan pertanyaan mengenai masalah FPS yang harus dihadapi gamer saat sedang bermain, semisal “Kenapa Frame per Second low sedangkan signal yang saya miliki kuat atau penuh?”.

Nah, tahukah kamu? Nilai FPS (frame per second; bukan first person shooter) pada games tidak dipengaruhi oleh kualitas signal yang terhubung (misalnya masalah lag yang disebabkan oleh kualitas jaringan). Oleh sebab itu meskipun kamu bermain offline game, FPS yang kamu lihat bisa saja rendah.

Jangan sampai salah mengartikannya ya sobat.

Lalu, apa yang menyebabkan FPS menurun dan cara mengatasinya? Dan apa itu Frame per Second atau FPS? Lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut ini.

Apa Itu Frame per Second (FPS)?

apa itu frame per second atau fps
Source Image: blog.logicalincrements.com

Frame per Second atau biasa disingkat sebagai FPS adalah banyaknya layar/ gambar / frame yang dihasilkan dalam bentuk grafis per detiknya untuk dilihat oleh indra mata.

FPS sendiri merupakan satuan dari frame rate dalam video yaitu seberapa cepat gambar dalam bentuk grafis dihasilkan. Contoh frame rate 24 fps, artinya ditampilkannya frame sebanyak 24 dalam satu detik.

Satu frame (gambar statis) ditayangkan sebanyak 24 kali dalam satu detik. Maka yang kita lihat akan seperti video atau gambar bergerak. Semakin banyak frame rate yang dihasilkan maka semakin smooth dan lancar juga frame akan ditampilkan.

Jika FPS rendah/sedikit, tentu gambar yang ditampilkan akan terlihat patah-patah.

Frame per Second dalam Game

Pada komputer untuk bermain game, FPS yang terbaik adalah 60Hz, sedangkan pada mobile yang direkomendasikan ialah 30Hz namun tidak menutup kemungkinan 60Hz juga baik karena kebanyakan smartphone saat ini sudah mendukung untuk FPS tersebut.

Monitor pada gaming kebanyakan dibekali dengan FPS 90Hz, 144Hz, hingga yang terbesar yakni 240Hz.

Berikut ini adalah ilustrasi dari apa yang akan kamu rasakan jika menjumpai nilai-nilai FPS yang bervariasi seperti ini:

  • <15 :Tidak dapat bermain game
  • 15-30 :Tidak semua game dapat dimainkan, hanya permainan tertentu
  • 30-45 :Cukup dapat bermain game karena sebagian besar besaran minimal FPS adalah 30
  • 45-60 :Cukup nyaman digunakan untuk bermain game
  • >60 :Sangat nyaman digunakan untuk bermain game

Apa yang Menyebabkan FPS Low atau Rendah?

Seringkali tinggi rendahnya Frame per Second dihubungkan dengan seberapa kuat signal yang dimiliki. Padahal, kedua hal tersebut tidak berkaitan.

Banyak yang mengira jika game menampilkan patah-patah karena lag padahal karena FPS komputer tidak dapat mengikuti permainan dan beberapa faktor yang mengakibatkan hal tersebut terjadi.

Artinya FPS low karena kinerja gim komputer, sedangkan lag adalah masalah jaringan atau signal pada komputer.

Berikut ini hal-hal yang menyebabkan FPS rendah:

  • Game tersebut telah menutup atau membatasi limit FPS tinggi
  • Spesifikasi komponen GPU lambat, CPU dan RAM rendah
  • Driver versi lama
  • Terlalu banyak program yang berjalan
  • Resolusi terlalu tinggi berjalan di spesifikasi yang sedang
  • HDD tidak rapi

Cara Mengatasi Frame per Second Low: Basic

Berikut ini adalah dasar-dasar yang dapat meningkatkan FPS secara fundamental:

Meng-update Driver

Driver merupakan perangkat lunak yang dapat menghandle interface antara komputer dan perangkat keras yang terhubung. Kebanyakan pengguna komputer tidak mempedulikan untuk meng-upgrade driver karena kebutuhan digital mereka sudah tercukupi.

Berbeda halnya dengan gamer, driver harus versi terbaru atau update untuk menunjang kelancaran bermain game terutama pada graphic driver. Sayangnya, kebanyakan mereka mengabaikan hal tersebut. Misalnya, driver AMD Radeon Software atau Driver NVIDIA GeForce yang sering melakukan perbaharuan untuk meningkatkan performa game.

Sehingga penting untuk melakukan update driver. Berikut ini keuntungan ketika memperbarui driver:

  • Mendapatkan fitur terbaru
  • Mendapatkan dukungan permainan terbaru
  • Mendapatkan stabilitas dan pembaharuan

Menutup Program yang Sedang Berjalan dan tidak Digunakan

Apapun yang berhubungan dengan GPU, CPU dan memori dapat mempengaruhi kinerja dalam game. Jadi, pastikan untuk menutup seluruh program yang tidak digunakan agar komputer bekerja maksimal pada game.

Untuk mengetahui yang menghabiskan sumber daya komputer, kamu dapat melakukan langkah berikut:

  1. Klik Kanan pada Windows dipojok bawah kiri kemudian pilih menu Task Manager atau gunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan untuk menuju ke Task Manager dengan cepat.
  2. Lalu, akan muncul aplikasi-aplikasi apa saja yang berjalan pada komputer. Kamu dapat mengatur penggunaan RAM untuk mengoptimalkan kinerja komputer.
  3. Disable aplikasi-aplikasi yang sering berjalan otomatis ketika komputer dihidupkan dan yang tidak digunakan.

Defragment HDD

Jika kamu masih menggunakan HDD, maka pastikan drive telah defragmented. Namun, kebanyakan gamer telah meng-upgrade ke SSD (Solite State Drive) sehingga tidak perlu melakukan hal tersebut.

Dengan melakukan defragment pada HDD akan meningkatkan kinerja Harddisk sebab susunan atau struktur dalam file yang terdapat didalamnya rapi dan tidak berantakan.

Cara Mengatasi Frame per Second Low: Windows Tweaks

Atur beberapa pengaturan pada Windows yang dapat meningkatkan FPS game. Berikut ini langkah yang dapat kamu lakukan:

Mengatur Power Option

Mengelola management daya dapat meningkatkan kinerja pada laptop dan menghemat konsumsi daya listrik. Terdapat 3 power plan pada power option yakni untuk mengelola High Performance, Balanced dan Power Saved.

Untuk memaksimalkan pengolah grafis untuk game, gunakan power plan untuk high performance untuk meningkatkan kinerja komputer.

Berikut ini langkah yang dapat kamu lakukan:

  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Power Option
  3. Pilih High Performance dan atur pengaturan pada power plan tersebut

Jika komputer telah digunakan ganti power plan dengan mode power saved untuk menghemat daya baterai.

Menonaktifkan Visual Effects pada Windows

Secara default, Windows 10 dibekali visual effect yang otomatis diaktifkan. Seperti bayangan kursor, animasi taskbar, dll. Hal ini dapat mengakibatkan komputer sedikit lemot terutama yang hanya memiliki RAM sedikit.

Berikut ini langkahnya:

  1. Ketikkan Sysdm.cpl pada taskbar
  2. Pada tab Advanced bagian Performance, klik Settings. Kemudian akan muncul kotak dialog Performance options
  3. Pilih Adjust for Best Performance. Kemudian klik Apply. Maka visual effect akan dinonaktifkan dan dipilihkan performa sistem yang terbaik

Menonaktifkan Xbox Game Bar dan Background Recording

Pada Windows 10, game bar secara otomatis diaktifkan. Fungsinya untuk merekam, mengunci game agar tidak berubah pada game ketika di klik, dll.

Kamu dapat menonaktifkan fitur ini untuk memperbaiki FPS low.

  1. Klik kanan Start Button
  2. Pilih Settings> Gaming> Captures
  3. Klik Switch dibawah Record in the background while I’m playing a game
  4. Game bar telah dinonaktifkan

Mengaktifkan Mode Game di Windows 10

Mode game yang dikhususkan untuk gamer rilis pada tahun 2017 oleh Microsoft, berfungsi untuk memaksimalkan/ mengoptimalkan GPU dan CPU guna pengalaman bermain game.

Berikut ini cara mengaktifkan mode game:

  1. Buka permainan terlebih dahulu, kemudian tekan tombol Windows+G
  2. Setelah itu akan muncul kotak dialog Do you wan to open game bar?
  3. Klik Yes
  4. Pilih Setting /Icon Gear
  5. Pada menu General, pilih Use game mode for this game, fitur tersebut telah aktif

Cara Mengatasi Frame per Second Low: In-Game Options

Memperbaiki FPS dapat dilakukan dengan mengatur In-Game Option, dengan melakukan langkah berikut ini:

Merubah Pengaturan Grafis Permainan

Banyak pengaturan untuk mengatur opsi grafis agar dapat menyeimbangkan kinerja dari kualitas grafis. Pasalnya, semakin tinggi kualitas grafis dapat mempengaruhi frame rate rendah. Sehingga, kamu dapat menurunkan kualitas tersebut. Mengubah Ultra ke High.

Untuk membuat permainan menjadi smooth, kamu dapat menurunkan resolusi dari 1080p ke 720p. Hal tersebut akan membuat frame rate lebih baik.

Menggunakan Mode Fullscreen

Beberapa game dapat digunakan mode fullscreen atau windowed, agar frame rate game optimal, kamu harus mengaktifkan ke mode fullscreen guna komputer memaksimalkan kinerja program yang dibuka.

Memperbaiki atau Menginstall ulang Permainan

Jika kamu memiliki banyak permainan namun hanya satu game yang memiliki FPS rendah, maka dapat dipastikan terdapat kesalahan penginstalan pada game tersebut.

Solusinya, install ulang atau repair dengan cara sebagai berikut:

  1. Pada steam, klik kanan kemudian pilih Properties> Local Files> Verify Integrity of Game Files
  2. Kemudian uninstall dan install ulang permainan untuk meningkatkan kinerja

Cara Mengatasi Frame per Second Low: Memperbaiki Perangkat Keras

Jika kamu telah melakukan cara perbaikan diatas, namun hal tersebut tetap menjadikan FPS rendah, kemungkinan terjadi karena perangkat keras tidak mendukung FPS tinggi atau sudah lama dan perlu diganti. Solusinya, kamu dapat meng-upgrade ke GPU yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Sudah paham mengenai apa itu Frame per Second? Frame per Second adalah banyaknya frame yang ditampilkan setiap detik.

Frame per Second low tidak dipengaruhi oleh seberapa kuat signal jaringan. Namun, beberapa software atau komponen dari komputer sendiri seperti GPU dan CPU.

Jika FPS pada game rendah, kamu dapat mengatasi sesuai dengan cara terbaik yang telah dijabarkan, mulai dari mengatasi secara basic, dengan Windows Tweaks, dengan In Game option, jika semua tidak berpengaruh, maka kamu perlu mengecek kondisi dan spesifikasi hardware.