BEKRAF Game Prime 2019: Dari Bazar Game Hingga Turnamen Esports

0
141
BEKRAF Game Prime 2019: Dari Bazar Game Hingga Turnamen Esports

Event khusus industri game terbesar di Indonesia, BEKRAF Game Prime akan kembali hadir untuk penyelenggaraan keempatnya. Tahun lalu, BEKRAF Game Prime 2018 berhasil mengukir sejarah baru di industri gim Indonesia dengan menyedot animo lebih dari 16.000 pengunjung dalam 3 hari penyelenggaraannya.

Tahun ini, kolaborasi antara Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dengan GGWP.ID dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) siap untuk kembali mencatat rekor baru melalui konsep eksibisi BEKRAF Game Prime 2019. BEKRAF Game Prime 2019 akan digelar selama 2 hari (13 dan 14 Juli 2019), dan berlokasi di Balai Kartini Jakarta.

“Aplikasi dan Gaming merupakan salah satu sub sektor di BEKRAF. Penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai angka 56% sehingga market game juga semakin besar,” ungkap Hari Santosa Sungkari selaku Deputi Infrastruktur BEKRAF.

BEKRAF Game Prime 2019

“Bicara soal industri, game sudah menghadirkan karir baru, contohnya dengan adanya esports, atlet, dan profesi lain seperti shoutcaster, dan profesi lain serta industri lain di belakang itu. Bahkan kini game bukan hanya sebagai entertainment,” ungkap Hari Santosa Sungkari.

Sebagai salah satu bagian di industri Game Indonesia, Narenda Wicaksono, selaku presiden AGI, juga turut hadir serta berbicara mengenai perkembangan developer game di Indonesia serta manfaat dari BEKRAF Game Prime 2019 ini.

Event tahunan dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia ini siap memanjakan para gamer Indonesia dengan berbagai konten hiburan selama 2 hari penuh!

“Banyak karya lokal dan mendunia dari Indonesia. Ada game karya developer Indonesia yang mencapai 100 juta download. Yang terkenal pun ada, contoh Dreadout yang mencapai 50 juta pengguna aktif serta dibuat menjadi film,” kata Narenda Wicaksono.

“Di BEKRAF Game Prime, semua developer terbaik bisa berkumpul dan berkolaborasi untuk berkarya. Dan untukyang hadir semoga semakin semangat untuk bikin game,” lanjutnya.

Mewakili penyelenggara BEKRAF Game Prime 2019, Ricky Setiawan, CEO GGWP.ID, juga turut hadir dan menyampaikan beberapa hal. “BEKRAF Game Prime adalah hari lebaran untuk game developer Indonesia.” Ungkap Ricky Setiawan.

“Yang membedakan BEKRAF Game Prime dengan event sejenis lainnya adalah dimana developer yang menjadi spotlight adalah game developer dan game studio Indonesia,” lanjutnya.

“Tahun lalu, BEKRAF Game Prime dihadiri oleh 16 ribu pengunjung. Tahun ini, dari pendaftar online, sudah mencapai angka 19 ribu pertanggal 5 Juli 2019. Angka tersebut kemungkinan akan bertambah mencapai 25-30 ribu mengingat pengunjung juga bisa mendaftar on the spot pada 13-14 Juli 2019 besok,” jelas Ricky Setiawan.

Baca juga:  Siapkan Diri Kamu di Turnamen Baru Mobile Legends Intercity Championships

Bermain Game 2 Hari Gratis!

BEKRAF Game Prime 2019 akan mengusung konsep eksibisi, dimana ribuan pengunjung akan diajak untuk bermain game dan menikmati berbagai macam konten hiburan di ratusan booth yang tersedia selama 2 hari penuh.

Para pelaku industri game lokal dapat memamerkan hasil karyanya yang kemudian akan dinikmati oleh masyarakat yang hadir. Bukan hanya itu, akan ada juga beberapa hiburan lain yang akan memanjakan pengunjung. Berikut rinciannya:

Game-game Terbaru dan Terbaik Indonesia untuk Dimainkan!

Ini saatnya mengenal lebih banyak game-game buatan developer tanah air. BEKRAF Game Prime 2019 akan menghadirkan lebih dari 100 game lokal keren yang bisa dimainkan. Bukan hanya itu, bagi yang tertarik untuk terjun di industri game, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk belajar dari developer game-nya langsung!

Para developer ini punya berbagai merchandise menarik bagi kamu yang mampir dan memainkan game mereka. Untuk daftar game-nya bisa disimak di https://event.gameprime.org/b2c/exhibitor.

Bermain Board Game Seharian GRATIS

Menilik kesuksesan tahun-tahun sebelumnya, BEKRAF Game Prime 2019 akan kembali menghadirkan area khusus untuk bermain board game! Judul-judul board game yang dihadirkan pun beragam dan mayoritas merupakan hasil karya anak-anak bangsa.

Tertarik untuk membawa salah satu board game ini pulang? Pengunjung juga bisa langsung membelinya dari kreatornya di sini!

Cicipi Simulator Balap Para Profesional

Sebelum terjun bertanding di sirkuit aslinya, para pembalap biasanya menggunakan simulator untuk mengasah kemampuannya. BEKRAF Game Prime 2019 akan menghadirkan GT-SIM ID, salah satu penyedia simulator balap yang karyanya sudah digunakan banyak pembalap nasional untuk berlatih.

GT Sim ID
via Instagram (gtsim.id)

GT-SIM ID juga menghadirkan replika sirkuit kebanggan Indonesia, Sentul untuk dimainkan di BEKRAF Game Prime 2019!

Nostalgia Bermain Ding Dong Era 90-an

Pengunjung bisa menemukan arcade center versi mini di BEKRAF Game Prime 2019 yang akan menjadi “mesin waktu” kembali ke masa kecil. Ada banyak mesin arcade retro yang bisa kamu temukan dan kamu juga bisa bertemu bersama komunitas kolektornya.

dingdong
via DuniaGames
Bertemu Idola di Artist & Comic Alley

Bagi para artist, entah itu komikus, ilustrator ataupun artist game, BEKRAF Game Prime 2019 menghadirkan satu area khusus yang menghadirkan banyak artist bertalenta di Indonesia. Kamu bisa langsung bertatap muka dan belajar banyak hal dari mereka, atau mungkin juga mendapatkan karya-karya eksklusif mereka.

Baca juga:  Mobile Legends: Bang Bang “515 United We Win”
Belanja Mainan di Toys Alley

Mulai dari Gunpla, LEGO, Action Figure, hingga mainan buatan lokal bisa kamu beli di sini. Pengunjung juga bisa bertemu dengan beberapa komunitas, seperti Gunpla Freedom Club Indonesia dan Komunitas LEGO Indonesia. Komunitas ini juga akan menghadirkan berbagai macam aktivitas dan workshop gratis yang bisa diikuti oleh pengunjung.

Uji Skill di Kompetisi Esports
Mobile Legends: Bang Bang via Moonton
Mobile Legends: Bang Bang via Moonton

Selama dua hari kamu bisa menemukan turnamen esports di area BEKRAF Game Prime 2019. Menu utama adalah pertandingan Mobile Legends Clash of Titans yang akan menampilkan delapan tim Mobile Legends top Indonesia. Beberapa tim Mobile Legends yang siap bertanding memperebutkan gelar di turnamen ini antara lain:

  • RRQ
  • LOUVRE
  • GGWP.ID
  • Saints Indo
  • The Prime
  • Island of God
  • Genflix Aerowolf
  • Bigetron
Belajar Merakit Gunpla dengan Rapi dan Benar

Salah satu komunitas Gunpla terbesar di Indonesia, Gunpla Freedom Club Indonesia akan hadir untuk memeriahkan dua hari penuh BEKRAF Game Prime 2019! Selain gathering nasional, mereka juga akan menggelar beberapa workshop singkat bagaimana merakit Gunpla dengan benar dan hasilnya rapi.

Doorprize: PS4 Pro dan Nintendo Switch!

BEKRAF Game Prime 2019 juga bakal menghadirkan doorprize di akhir acara. Hadiahnya tidak main-main, mulai dari berbagai gaming gear keren seperti PS4 Pro, hingga Nintendo Switch!

Selama pameran, kamu akan mendapatkan quest card yang bisa kamu tunjukkan ke booth yang kamu kunjungi. Setelah kamu menyelesaikan aktivitas di satu booth, kamu akan mendapatkan stamp. Kumpulkan stamp tersebut untuk ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik dan juga kupon undian berhadiah PS4 dan Nintendo Switch ini!

Selain itu, BEKRAF Game Prime 2019 juga akan menganugerahkan penghargaan kepada para developer berprestasi dalam berbagai kategori yang telah masuk tahap seleksi sebagai bentuk apresiasi atas usahanya memajukan industri game Indonesia.

Game Developer Award, penghargaan untuk kreator terbaik dalam negeri

BEKRAF Game Prime 2019 juga akan memberikan apresiasi kepada para developer gim Indonesia yang berprestasi selama satu tahun terakhir. Bahkan beberapa gim dan developer paling berprestasi di Indonesia bisa mendapatkan kesempatan untuk memamerkan karyanya di luar negeri lho!

Baca juga:  Bersama dengan IESPA, Tokopedia Memanggil Putra Putri Terbaik Indonesia

Mengusung tema Game is the Future of Sport, Entertainment and Business, diharapkan BEKRAF Game Prime 2019 ini dapat mengakomodasi dan memberikan informasi kepada para pelaku industri maupun masyarakat umum mengenai masa depan industri game yang terus bergerak cepat mengikuti tren.

Asian Games Esports Indonesia
Credit: Asian Electronic Sports Federation (AESF)

Survei esports dari Newzoo menyatakan bahwa Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Mixed Reality (MR), esports dan serious games adalah masa depan industri gim yang bisnisnya tumbuh dengan cepat dan terus membesar dari tahun ke tahun.

BEKRAF Game Prime 2019 ingin bisa menjadi tolak ukur bagi industri gim Indonesia dan Asia Tenggara, dan membantu para pelakunya untuk berkompetisi di pasar global.

“Saat ini gim sudah bukan hanya menjadi sarana hiburan,” ungkap Monica Kansy, Chief Event and Community Officer dari GGWP.ID. “Dari tahun ke tahun, penggunaan gim sudah melekat hampir di berbagai aspek kehidupan, mulai dari edukasi, bisnis hingga olah raga sekalipun,” tambahnya.

“Melalui BEKRAF Game Prime 2019 ini kami ingin menunjukkan seperti apa tren industri gim saat ini dan masa depan. Harapannya, para pelaku industri gim Indonesia bisa mempersiapkan diri dengan baik agar bisa menjadi pemain kunci di pasar dalam negeri.

Selain itu, kami juga ingin menunjukkan potensi gim yang sebenarnya dan mengubah persepsi masyarakat awam yang menganggap bahwa bermain gim adalah aktivitas yang dipandang sebelah mata,” lanjutnya.

Tiket BEKRAF Game Prime 2019 bisa didapatkan secara gratis dengan mengunjungi link https://bit.ly/bgp2019public. Informasi lebih lanjut mengenai BEKRAF Game Prime 2019 ini bisa dilihat di https://event.gameprime.org  atau menghubungi contact@gameprime.org.


Tentang Badan Ekonomi Kreatif Indonesia

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertanggungjawab di bidang ekonomi kreatif dengan enam belas subsektor. Bekraf mempunyai visi membangun Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dalam ekonomi kreatif pada 2030 nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here