Menyambut Bulan Ramadhan, Pengurus Provinsi Esports Indonesia Sumut Menggelar ESI Ramadhan Online Tournament

2362
ESI Ramadhan Online Tournament

Mengusung tema play from home sekaligus menyikapi pandemi Covid-19 dengan produktif, Pengurus Provinsi Esports Indonesia Sumatera Utara menunjukkan kepeduliannya terhadap pertumbuhan ekosistem esports tanah air, khususnya pada kawula muda.

Kepengurusan provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang merupakan bagian dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) ini menggelar sebuah inisiatif turnamen daring yang bertajuk ESI Sumut Ramadhan Online Tournament.

Menghadirkan 2 judul esports populer, yaitu Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dan Free Fire (FF), ESI Sumut Ramadhan Online Tournament telah mempersiapkan hadiah tunai sebesar 100 juta Rupiah untuk 2 cabang yang dipertandingkan ini.

ESI Sumut Ramadhan Online Tournament digelar mulai dari 24 April hingga 24 Mei 2020 dengan mempertandingkan sebanyak 288 tim untuk cabang Mobile Legends: Bang Bang, dan 864 tim untuk cabang Free Fire.

Secara nasional, kedua cabang pertandingan tersebut masing-masing akan melewati 4 minggu pertandingan yang terbagi menjadi 3 minggu babak penyisihan dan 1 minggu babak final.

Pertandingan babak penyisihan akan diikuti sebanyak 96 tim peserta MLBB yang dibagi menjadi 3 grup, dan 288 tim FF yang dibagi menjadi 8 grup. Babak penyisihan akan berlangsung selama 3 hari setiap minggunya.

Pada babak final di minggu ke-4, pertandingan akan dibuka dengan babak Quarter Final yang menggunakan format best of 1 (BO1) untuk MLBB, dan best of 2 (BO2) untuk Free Fire.

Selanjutnya, 4 tim dari babak Quarter Final akan bertanding di Semi Final menggunakan format eliminasi best of 3 (BO3) untuk cabang MLBB dan FF.

Memasuki babak Grand Final, 2 tim terbaik akan bertarung dengan format BO3 untuk MLBB, dan format BO5 untuk FF. Selain memperebutkan juara 1 dan 2, ESI Ramadhan Online Tournament juga menyediakan hadiah untuk juara 3 hingga 8.

Berkolaborasi dengan Ninety Nine Gaming organizer dan media Esportsnesia selaku dua entitas esports asal provinsi Sumatera Utara, turnamen berskala nasional ini juga turut didukung oleh komunitas lokal asal kota Medan, seperti Medan Fakka.

“Harapannya, terkait pandemik Covid-19 ESI Sumut ingin mendukung program pemerintah dan juga mendukung penyaluran bakat pegiat esports yang dikemas dalam turnamen online dengan hadiah yg besar dan ajakan untuk bermain di rumah dengan tema play from home, dan juga untuk mengisi waktu dan menghibur di bulan suci Ramadhan tahun ini,” ujar Max Wilander selaku Ketua Harian ESI Sumut.

Tentang ESI Sumut

ESI Sumut merupakan bagian dari Pengurus Besar Esports Indonesia yang menaungi wilayah provinsi Sumatera Utara (Sumut). Bertujuan untuk mendukung perkembangan esports tanah air, khususnya di provinsi Sumut, ESI Sumut berinisiatif untuk menggelar turnamen online menyambut bulan suci Ramadhan, serta mengusung tema Play From Home. ESI Sumut saat ini dipimpin oleh Ruruh A.S selaku Ketua Umum.

Tentang Ninety Nine Gaming

99 Gaming adalah wadah bagi anak-anak muda yg memiliki bakat di bidang gaming dan IT yg berasal dari Sumatera Utara, khususnya kota Medan. Berdiri sejak 9 September 2019, 99 Gaming memiliki visi dan misi untuk mengembangkan industri esports di daerah dan juga dalam perkembangan ilmu teknologi di bidang IT serta mendukung komunitas esports di daerah.

Tentang Esportsnesia

Esportsnesia adalah sebuah media informasi seputar perkembangan ekosistem esports di Indonesia yang memiliki visi untuk meningkatkan penerimaan esports dari masyarakat melalui pembuatan konten-konten edukatif, informatif, dan orisinil dilengkapi dengan sudut pandang yang kritis.

banner iklan esportsnesia