IEL University Series 2019: Turnamen Esports Berhadiah 1 Milyar Rupiah!

0
534
IEL University Series 2019: Turnamen Pertama di Indonesia yang Berhadiah 1 Milyar Rupiah!
via Medcom.id

Siapa sangka, munculnya eksibisi olahraga elektronik, atau yang dikenal sebagai esports di ajang Asean Games 2018 kini berkembang dengan pesat. Tidak hanya berhenti pada Agustus 2018 lalu, MIX 360 eSPORTS sebagai salah satu entitas bisnis dengan komitmen mengembangkan industri esports di Indonesia tengah menggarap berbagai inisiasi untuk mengembangkan ekosistem esports di tanah air.

Salah satu langkahnya adalah dengan meluncurkan agenda turnamen olahraga terbaru, yaitu Indonesia E-sports League (IEL) University Series 2019 yang sudah resmi dikabarkan kepada publik sejak 30 Januari 2019, di LigaGame Arena, Jakarta Barat.

Inisiatif baik yang diusulkan oleh MIX 360 eSPORTS ini telah berhasil mendapatkan sambutan dan dukungan baik dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpide Indonesia (KOI), Federasi olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia Esports Asssociation (IESPA).

Mobile Legends mungkin tertinggal ketika dikaitkan dengan jumlah audiens Twitch. Akan tetapi, Moonton, sang developer, berhasil mendahului banyak pesaingnya dalam hal pendapatan. Meskipun mengalami kerugian berupa gugatan dari pelanggaran hak cipta, Moonton telah menghasilkan lebih dari $200 juta sejak peluncurannya 2 tahun lalu.
Mobile Legends via Moonton

Menurut Chief Operational Officer MIX 360 eSPORTS, Harry Kartono, tujuan utama diadakannnya IEL 2019 Series yang pertama ini adalah untuk mempersiapkan cikal bakal atlet esports Indonesia yang nantinya tentu akan berada di bawah naungan pemerintah untuk siap bertanding membawa nama Indonesia pada SEA Games 2019 mendatang di Manila, Filipina.

Namun, tidak dipungkiri, Harry mengatakan bahwa langkah awal yang cukup menjadi tantangan bagi dirinya adalah mengubah paradigma tradisional para orangtua serta beberapa institusi pendidikan terhadap dunia esports agar kiranya mereka dapat turut serta mendukung anak muda yang berbakat di esports.

Pertandingan antar universitas yang pertama kali di gelar di  Indonesia ini tidak hanya melibatkan kota Jakarta dan sekitarnya, namun hampir seluruh bagian dari kota besar yang berada di Indonesia.

Adapun nama 12 Universitas yang beruntung dalam pengiikutsertaaan liga tahun ini adalah: Univesitas Bina Nusantara (Jakarta), Universitas Tarumanegara (Jakarta), Universitas Trisakti (Jakarta), Universitas Indonesia (Depok), Universitas bunda Mulia (Jakarta), Universitas Multimedia Nusantara (Jakarta), Universitas Kristen Maranatha (Bandung), Universitas Kristen Petra (Surabaya), Universitas Dian Nuswantoro (Semarang), UPN Veteran (Surabaya), Universitas Ciputra (Surabaya), dan Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta).

Dota 2 gameplay
Dota 2 via Valve

Dari sekian banyak cabang permainan dalam esports, yang akan dipertandingkan dalam liga ini hanyalah cabang game Dota 2, dan Mobile Legends. Perjalanan liga series 2019 dari 12 Universitas tersebut akan dibagi menjadi dua grup yang melakoni babak penyisihan online dari bulan Januari hingga Maret 2019.

Baca juga:  Mengamati Jenis-jenis Asosiasi Esports

Kemudian, 4 tim terbaik dari masing-masing grup akan bertanding di babak semifinal dan grandfinal pada akhir April 2019. Tempat pelaksanaan Final IEL 2019 University series ini akan berlangsung di LigaGame Arena.

Tidak tanggung-tanggung, total hadiah yang akan diperebutkan oleh para pemain pun berjumlah 1 Milyar Rupiah! Jangan lupa ikuti terus perkembangan esports Indonesia.

(Disunting oleh Satya Kevino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here