Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah IESF Esports World Championship Ke-14 2022

0
37
Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah IESF Esports World Championship Ke-14 2022

19 November 2021 adalah sebuah hari bersejarah di mana PB Esports Indonesia (PBESI) bersama dengan International Esports Federation (IESF) dan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) secara resmi mengumumkan bahwa Indonesia adalah tuan rumah untuk ajang IESF Esports World Championship Ke-14 2022 mendatang.

Ajang akbar bertaraf internasional ini direncanakan untuk digelar di Nusa Dua, Bali, Indonesia pada 20-27 November 2022 dan diprediksi akan diikuti oleh lebih dari satu juta atlet esports dari seluruh dunia.

Tidak main-main, semua peserta akan mengikuti proses kualifikasi yang berlangsung selama 3 bulan. Secara total, lebih dari 100 negara anggota IESF akan mengirimkan perwakilannya ke acara ini.

Presiden IESF Vlad Marinescu mengatakan, “Bali sangat ideal untuk menjadi tuan rumah IESF Esports World Championship Ke-14 2022 sebab Indonesia memiliki tim esports yang luar biasa dan telah berkembang sejak lama. Kami sangat gembira bisa membawa acara ini ke Bali.”

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah IESF Esports World Championship Ke-14 2022 merupakan buah diplomasi olahraga NOC Indonesia dan PB Esports Indonesia. Delegasi NOC Indonesia Desra Firza Ghafzan dan Dewan Pembina PB Esports Indonesia Ibnu Riza sebelumnya telah menghadiri IESF Ordinary General Meeting di Eliat pada 19 November 2021.

Raja Sapta Oktohari, Presiden NOC Indonesia, menyambut antusias keputusan IESF untuk menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah IESF Esports World Championship Ke-14 2022.

“NOC Indonesia sangat mendukung terselenggaranya acara ini. Bersama seluruh stakeholder, kita bergerak meningkatkan prestasi olahraga dan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia,” ungkap Okto.

Kegembiraan serupa juga datang dari Ketua Harian PB Esports Indonesia Komjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. Menurutnya, sinergi yang telah dibangun ini akan menjadi awal dari rangkaian kerjasama positif untuk menaikkan kejayaan esports Indonesia hingga kancah dunia.

“Dengan melibatkan seluruh stakeholder, PB Esports Indonesia bertekad untuk  menjadikan IESF Esports World Championship Ke-14 2022 sebagai golden standard bagi penyelenggaraan kompetisi esports tingkat dunia di masa yang akan datang,” ungkap Bambang.

Gelaran IESF Esports World Championship Ke-14 2022 ini juga memiliki orientasi yang sama dengan program desain besar PB Esports Indonesia yang mencakup pembinaan atlet usia dini dan pelaksanaan kompetisi berjenjang bagi atlet amatir dan profesional esports Indonesia.

Penyelenggaran IESF Esports World Championship Ke-14 2022 ini juga adalah bentuk dukungan PB Esports Indonesia terhadap program pemerintah dalam misi meningkatkan cadangan devisa negara melalui sports tourism.

Acara ini diyakini dapat menjadi momen emas untuk memperkenalkan potensi Indonesia sebagai destinasi pilihan bagi penyelenggaraan event kelas dunia sekaligus membangkitkan kembali industri pariwisata dan ekonomi Indonesia pascapandemi.