Apa Itu PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia)?

0
198
Organisasi Esports Indonesia

Kamu ingin terjun ke esports? Sudah tahu belum apa itu PBESI? PBESI atau Pengurus Besar Esports Indonesia adalah sebuah organisasi yang memiliki peranan penting dalam perkembangan esports di Indonesia loh!

Dalam PBESI, ada banyak individu yang memiliki tekad kuat untuk memajukan industri esports setelah melihat peluang yang begitu besar. Di Indonesia sendiri memang banyak tim esports yang memiliki banyak divisi.

Namun, industri ini jelas bukan tanpa masalah. Ada banya hal yang masih perlu diregulasi dari industri hijau ini. Untuk menjawab tantangan tersebut, PBESI adalah organisasi yang akan mendobrak dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada, supaya kamu bisa berkarir di dunia esports dengan lebih nyaman!

Sama halnya dengan olahraga lain yang juga memiliki organisasi atau federasi. Dengan adanya badan besar seperti PBESI, esports akan semakin berkembang dengan diperkenalkannya esports sampai ke daerah-daerah.

Selama ini, esports hanya dikenal oleh orang-orang yang berada di perkotaan. Sangat jarang ada event esports yang berlangsung di daerah-daerah di Indonesia.

Apa Itu PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) ?

Pengurus Besar Esports Indonesia

PBESI merupakan salah satu organisasi esports di Indonesia yang diresmikan pada 18 Januari 2020. Ini menjadi momen yang bersejarah bagi esports Indonesia. Dengan adanya organisasi ini, seluruh elemen dalam ekosistem esports akan mendapat perhatian dan bisa menjadi lebih maju. Untuk periode 2020-2024, PBESI diketuai oleh Jenderal Pol. (P.) Prof. Dr. Budi Gunawan S.H., M.Si.

Organisasi PBESI akan menjadi wadah bagi tim-tim esports, pemain hingga publisher gim untuk menjadikan olahraga esports lebih dikenal di Indonesia. Dalam pelaksanaannya, organisasi ini akan membantu perkembangan esports mulai dari tingkat daerah. Target yang tinggi untuk bisa berprestasi di tingkat internasional tentu membutuhkan persiapan yang matang.

Pihak PBESI ke depannya bisa meregulasi industri esports agar lebih teratur untuk bisa lebih berprestasi. Regulasi yang baik juga akan dibuat agar semua pihak bisa merasakan manfaatnya.

Kabarnya, PBESI akan membangun Esports Training Center di kawasan Sentul. Ini menjadi terobosan yang bagus untuk esports Indonesia kedepannya. Uluran tangan dari organisasi ini akan membangkitkan semangat semua pihak.

Mengemban Visi dan Misi yang Besar

Visi Misi PBESI

PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) memiliki visi dan misi yang besar dalam memajukan olahraga esports. Salah satunya adalah melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang secara resmi mengakui esports sebagai sebuah cabang olahraga prestasi.

PBESI memiliki visi yang kuat untuk mengembangkan serta mempromosikan esports agar bisa dikenal luas. Ke depannya juga berharap agar talenta esports Indonesia mampu menjadi yang terbaik, khususnya di kawasan Asia. Visi yang kuat tentu akan menjadi penyemangat bagi siapapun yang terlibat dalam perkembangan olahraga gim ini.

Visi tersebut harus didampingi dengan misi yang besar, yaitu dengan mendorong industri esports di Indonesia untuk bisa tumbuh lebih cepat hingga menjadi pusatnya di Asia.

Prestasi tim-tim yang ada di Indonesia sendiri memang sudah cukup baik. Bukan hanya di tingkat Asia saja, bahkan sudah ada yang berhasil menjadi juara dunia. Prestasi yang berhasil diperoleh masih bisa lebih baik dengan dorongan dari organisasi, khususnya yang memiliki dukungan langsung dari pemerintah.

Beranggotakan Pemimpin Tim Esports Hingga Publisher Gim

Anggota PBESI

Banyak tim-tim esports Indonesia dan juga publisher gim bernaung dalam oranisasi PBESI. Sudah ada beberapa tim yang logonya terpampang pada website resmi PBESI. Namun masih ada banyak tim lain yang belum ada, khususnya tim-tim dari daerah.

Ada beberapa tim yang sudah ada seperti AeroWolf, AlterEGO, AURA, Bigetron, BOOM Esports, Dranix, EVOS Esports, Flash Wolves, Geek FAM, Onic Esports, The Pillars, Victim Esports, RRQ dan masih banyak lagi. Tim esports ini kini memiliki wadah untuk saling mendukung, meskipun dalam turnamen akan menjadi lawan.

Publisher gim yang gim-gimnya banyak dipertandingkan dalam turnamen di Indonesia juga menjadi bagian dari PBESI. Sebut saja Moonton yang memiliki gim Mobile Legends, kemudian ada Tencent dengan gim PUBG Mobile, Garena dengan Free Free serta Arena of Valor dan Lyto yang sudah familiar dengan industri gim sejak lama.

Dengan adanya hubungan antara PBESI dan publisher gim, ke depannya juga akan lebih memudahkan ketika mengadakan sebuah turnamen. Salah satu cara untuk mengembangkan industri esports adalah melalui turnamen-turnamen yang menjadi ajang pengembangan dan juga pengakuan dari kemampuan yang dimiliki individu.

Selain tim esports dan publisher gim, ada juga beberapa media pendukung yang nantinya akan sigap dalam menginformasikan perkembangan esports di tanah air.

Memiliki Pasukan yang Tersebar di Daerah

Pengurus Daerah PBESI

Organisasi PBESI secara resmi mendapatkan dukungan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Kemkominfo hingga Kementrian Pemuda Dan Olahrgaa Republik Indonesia.

Dengan begitu akan lebih mudah nantinya dalam menyusun kepengurusan tingkat daerah. Seperti olahraga lain, esports juga membutuhkan fondasi kepengurusan yang kuat dari tingkat bawah. Agar tim-tim esports maupun pemain di daerah memiliki pengurus yang akan membantu untuk berkembang.

Saat ini, sudah ada 34 provinsi yang sudah resmi memiliki kepengurusan. Dengan adanya pengurus tingkat daerah, maka kinerja akan lebih efektif dalam pengembangan atlet esports muda.

Banyaknya penggemar gim di Indonesia menjadi alasan industri esports harus terus didorong untuk berkembang. Adanya dukungan dari pihak pemerintah juga akan memudahkan pengembangan esports dari tingkat daerah.

Kepengurusan daerah ini juga akan membantu untuk mengadakan turnamen untuk tingkat daerah. Sebut saja contohnya, ESI Sumut Ramadhan Online Tournament yang berkolaborasi dengan penggiat esports dari kota Medan, yaitu Ninety Nine Gaming dan Esportsnesia.

Dengan demikian tim-tim esports di daerah juga memiliki wadah lokal untuk menaungi kebutuhan para penggemar esports untuk meraih prestasi. Prinsip inklusivitas ini akan membuat ekosistem esports tidak hanya berporos di Jawa.

Industri esports sendiri sudah membuka jalan bagi banyak anak muda untuk bisa meraih kesuksesan. Sudah banyak pemain esports yang sukses berawal dari keikutsertaannya dalam tim esports, sebut saja Jess No Limit.

Turnamen Esports

Setelah adanya kepengurusan tingkat daerah, PBESI akan lebih mudah dalam mengadakan turnamen. Beberapa daerah juga sudah mengadakan turnamen, meskipun kepengurusannya belum lama dibentuk.

Selain Sumut, PBESI cabang Lampung juga akan mengadakan turnamen “Esports Lampung Championship” yang kemudian turut disusul oleh Bangka Belitung yang mengadakan turnamen PUBG Mobile dengan hadiah yang cukup besar.

Kemudian ada PBESI Sulawesi Utara yang mengadakan turnamen Free Free hingga memecahkan rekor MURI sebagai turnamen esports dengan peserta terbanyak. Tren ini turut disambut oleh daerah-daerah lain yang juga tidak kalah mengadakan turnamen lokal dengan sangat meriah.

Adanya turnamen lokal ini akan memudahkan dalam pencarian bibit-bibit atlet esports untuk masa depan. Karena tujuan PBESI Pusat adalah untuk memajukan esports Indonesia agar bisa berprestasi di tingkat internasional, sehingga dibutuhkan persiapan sedini mungkin agar nantinya proses yang harus ditempuh bisa lebih terarah.

PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) akan menjadi wadah yang tepat bagi pelaku industri esports tanah air. Jajaran kepengurusannya merupakan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam hal kepemimpinan agar bisa mengayomi berbagai pihak mulai dari tim esports, pemain, hingga publisher gim untuk bersama-sama memajukan esports di Indonesia ke arah yang lebih baik.