Efek Playthrough dan Livestream Terhadap Penjualan Game

0
36
efek playthrough game
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Sekarang ini konsep Let’s Play atau Playthrough tentu bukanlah hal yang asing lagi di telinga kita. Akan tetapi, tahukah kamu kalau tidak semua developer memperbolehkan tayangan dari gim mereka untuk ditayangkan secara online dan mengapa mereka mengambil kebijakan demikian? Mari kita bahas.

Sebelumnya, tentu seperti yang sudah kita ketahui, video dari gim yang diunggah atau di-livestream oleh orang-orang akan memberikan bantuan eksposur dan promosi terhadap gim tersebut.

Hal tersebut akan membantu gim tersebut semakin terkenal dan kemungkinan meningkatkan penjualan dari gim tersebut.

Akan tetapi, apa saja faktor-faktor dalam sebuah tayangan streaming yang memberikan pengaruh terhadap konsumen sebuah video gim? Check this out!

Efek Playthrough & Livestream #1: Kesan Pertama/First Impression

Ketika kita mengalami segala sesuatu, tentu kita memiliki sesuatu yang namanya kesan pertama, terlepas dari apapun hal tersebut.

Pada kasus video gim, hal-hal yang pertama kali kita lihat dalam gim ini akan memberikan kesan tersendiri tergantung bagaimana kita pada saat menghadapinya.

Sewaktu kita menonton seorang streamer sedang memainkan gim, semua yang rasakan akan menjadi ingatan yang terjadi langsung dan tidak akan terasa sama ketika kita mengulanginya lagi sendiri.

Hal-hal yang besar dari bentuk first impression ini dapat berbentuk seperti jumpscare pada gim horror atau plot twist pada cerita suatu gim, dimana kita tidak akan merasakan sesuatu yang sama untuk kedua kalinya.

Dengan terjadinya fenomena ini, para calon pemainnya yang belum pernah mengalami permainannya secara langsung akan kehilangan feeling dari kejadian-kejadian yang ada pada gim tersebut dan mengurangi pengalaman bermain secara langsung.

Ini secara tidak langsung akan mempengaruhi penjualan bagi para penonton yang berniat untuk memainkan gim tersebut secara langsung karena mereka sudah mendapatkan “bocoran” mengenai gim tersebut.

Selain pengalaman bermain, ini bisa jadi mempengaruhi rating pemain tersebut terhadap gim yang dimainkannya.

Jadi, poin ini adalah alasan kenapa banyak orang yang berencana memainkan suatu gim menghindari internet karena banyaknya spoiler mengenai gim yang beredar dengan sangat cepat.

Efek Playthrough & Livestream #2: Sudut Pandang

Ketika kita menonton video dari suatu gim, kita akan melihat gim tersebut dari kacamata pemainnya.

Dengan menyadari hal ini, kita secara tidak sadar akan mengikuti apapun yang disampaikan oleh sang pemain terhadap gim yang sedang dimainkannya.

Hal ini bisa berarti baik dan buruk dikarenakan tidak semua pemain dapat memainkan gim yang sama sebagaimana dimaksud oleh para pembuat gimnya.

Ketika seorang streamer memberitahu sesuatu kepada fans/fanbase-nya, kemungkinan besar, mereka akan setuju dan percaya akan hal tersebut yang dapat mempengaruhi sudut pandang para penontonnya.

Penilaian tersebut dapat jadi ditujukan kepada gim maupun sang developer dari gim tersebut mulai dari penilaian terhadap mereka, hingga membandingkan kedua hal tersebut dengan hal lainnya.

Selain itu, seringkali para streamer ini mempunyai cara yang berbeda bagi mereka untuk menyampaikan suatu gim terhadap para penontonnya. baik mereka berusaha untuk memainkan secara serius atau bercanda dan memainkan gimnya tanpa mengerti bagaimana gim tersebut berjalan.

Berhubungan dengan poin sebelumnya, ini akan mempengaruhi kemampuan penilaian seorang pemain terhadap suatu gim dan dapat berakhir biased tergantung dari penyampaian sang streamer itu sendiri.

Efek Playthrough & Livestream #3: Interaksi / Reaksi

Ini merupakan salah satu hal yang banyak dikejar oleh para gim developer terhadap gim mereka. Mereka akan butuh data mengenai bagaimana gim mereka dimainkan secara bersama.

Hal ini semakin menarik ketika gim tersebut dimainkan oleh seorang persona online bersama dengan para penonton livestream-nya.

Ketika para persona ini mengajak para penontonnya untuk bermain, hal ini secara langsung meningkatkan penjualan dari gim tersebut karena para penontonnya harus membeli gim tersebut untuk mendapatkan kesempatan bermain bersama jikalau gimnya berbayar.

Meskipun gim tersebut tidak berbayar, gim tersebut tetap mendapat kesempatan untuk memiliki momentum dimana mereka mendapat peningkatan pemain dalam satu waktu yang dapat membantu perkembangan dari gim tersebut.

Para pemain yang memainkan gim tersebut mungkin tidak semua akan memainkan gim tersebut lagi setelah momen tersebut, akan tetapi tidak menutup kemungkinan kalau ada pemain yang tetap memainkan gim tersebut di kemudian hari.

Efek Playthrough & Livestream #4: Pengaruh terhadap penjualan

Setelah membahas beberapa faktornya, kita akan telusuri lebih dalam mengenai pengaruh hal-hal tersebut dari sudut pandang konsumen gim.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi penjualan gim dari adanya para streamer gim ini. Di atas sudah kita bahas beberapa dan kini kita akan bahas sedikit lebih dalam lagi.

Ketika seorang penonton kesal dengan cara bermain orang yang ditontonnya, ada kemungkinan penjualan akan meningkat karena penonton tersebut kini punya alasan untuk membeli gim tersebut yaitu untuk membuktikan kalau gimnya bisa terlihat lebih baik dan ia bisa memainkan gim tersebut jauh lebih baik daripada sang streamer.

Berlaku pula sebaliknya, ketika sang penonton puas dengan konten yang ditontonnya, ia akan merasa cukup dengan gim tersebut dan move on. Dengan ini, penjualan gim tidak akan meningkat.

Ada juga alasan lain untuk para penontonnya untuk membeli gim tersebut, seperti rasa penasaran akan hal-hal yang tidak di dapatkannya hanya dengan menonton permainan dari video.

Sebuah gim seringkali tidak hanya sekedar mengejar end-game saja, akan tetapi juga memiliki banyak side-content yang bisa dikerjakan. Biasanya para completionist akan tetap membeli sebuah gim untuk melihat apa saja yang bisa didapatkannya dengan menyelesaikan sebuah gim secara keseluruhan.

Ada lagi kemungkinan kalau yang menonton video tersebut kurang puas dengan bagaimana gimnya berjalan dan ingin penasaran untuk mencoba memainkan gim tersebut dengan “caranya” sendiri.

Misalnya, dari video tersebut ia melihat build karakter tank dimana ia tahu ada kemungkinan untuk membuat build assassin-tank dan ia tidak mendapatkan hal tersebut dan tidak ada orang lain yang melakukannya. Kemungkinan ia akan mencari cara untuk mencobanya yaitu dengan membeli gim tersebut.

Atau mungkin mencoba menamatkan gim tersebut dengan cara berbeda dan unik, misalnya menggunakan lineup karakter yang berbeda, menggunakan urutan cerita berbeda, dan lain sebagainya.

Lalu ada lagi salah satu faktor penyebab tren streaming gim Let’s Play / Playthrough tetap tinggi, yaitu kebutuhan bagi mereka yang ingin mengetahui suatu gim tapi tidak dapat memainkannya untuk berbagai alasan.

Misalnya, tidak memiliki konsol tertentu, atau rig nya tidak sanggup untuk memainkan game tersebut atau memang sang penonton tersebut hanya tidak punya waktu lagi untuk memainkan gimnya.

Untuk itu, pasar dari streamer pasti tetap akan ada karena tetap adanya permintaan kebutuhan dari beberapa orang dan orang – orang ini tidak dapat meningkatkan penjualan dari gim tersebut dalam waktu dekat.

Efek Playthrough & LivestreamContoh Kasus

Dari cerita sebelumnya, kita mendapatkan contoh-contoh pengaruh umum dari para streamer gim terhadap gim dan developernya, akan tetapi ada kasus dimana developer gim itu sendiri merasa gim mereka tidak pantas bagi para streamer tersebut. Berikut ini beberapa kisahnya.

firewatch splashscreen

Developer gim Firewatch bernama Campo Santo pernah melakukan takedown terhadap video dari game mereka yang dimainkan oleh youtuber dengan subscriber terbesar di dunia, Felix Kjellberg atau yang lebih dikenal dengan Pewdiepie.

Alasannya ialah karena youtuber yang satu ini melakukan suatu tindakan yang tidak pantas pada saat ia sedang melakukan livestream yang banyak mengatakan merupakan salah satu penyebab terjadinya “adpocalypse” di YouTube pada masanya.

Dengan alasan tersebut, mereka tidak ingin game mereka memiliki hubungan dengan seorang yang memiliki pengaruh buruk dan berusaha menarik footage game mereka dari kanal YouTube Pewdiepie.

Setelah melihat berita tentang hal tersebut Campo Santo melakukan strike pada video yang memuat game mereka karena mereka menganggap Pewdiepie dapat membuat image dari gim mereka jadi buruk karena seorang yang rasis sedang memainkan gim mereka.

Setelah hal ini terjadi, halaman Steam dari gim Firewatch mendapatkan review bomb dari para pengguna steam yang menyebabkan rating dari gim mereka anjlok. Akan tetapi Valve selaku pemilik platform tersebut sudah mengurus hal ini dan telah menghapus rating buruk dari kejadian review bomb ini.

Review Bomb Firewatch
Review bomb yang terjadi pada saat Firewatch meminta video mereka di takedown

Terjadi drama pro dan kontra pada saat ini terjadi, akan tetapi kedua pihak berakhir dengan membuat permintaan maaf terhadap satu sama lain.

Satu kasus lainnya membuat sebuah developer gim membubarkan diri mereka dan menghentikan pengembangan gim yang sedang mereka kembangkan, inilah akhir dari kisah gim Bear Simulator.

Sebuah gim yang bertujuan untuk membuat sebuah pengalaman simulasi menjadi seekor beruang di alam bebas yang dimana masih merupakan daerah yang sering digunakan manusia di beberapa titik di dalamnya, berusaha membuat sebuah gim unik.

Akan tetapi, kembali, ketika sang youtuber terbesar memainkan game tersebut, ia memberikan poin-poin buruk mengenai game tersebut dan mengatakan kalau game tersebut payah dan “ga niat”.

Setelah memainkan gimnya dan secara sembrono mondar-mandir di dalam gim tersebut, Felix menutup videonya dengan menayangkan kalau ia meng-uninstall gim yang baru dimainkannya itu pada video tersebut dan bahkan mencoba mengajukan refund.

Mungkin tidak kedengaran buruk, akan tetapi sang developer dari game tersebut membuat sebuah pengumuman besar pada halaman gim mereka dimana mereka memutuskan kalau mereka akan menghentikan seluruh pengembangan dari game Bear Simulator.

Perlu diketahui, pada saat yang hampir bersamaan, youtuber besar lainnya yaitu Markiplier memainkan game tersebut dan ternyata ia berhasil membuat game tersebut terlihat layak dan memainkan game tersebut sebagaimana dimaksud.

Dari kedua sudut pandang ini, kita bisa melihat bahwa para persona ini dapat memberikan pengaruh besar terhadap bagaimana para penontonnya akan memberikan penilaian terhadap suatu gim.

Kembali ke drama ini, Felix juga menemukan bahwa developer dari Bear Simulator ternyata diduga mencoba melarikan dana dari Kickstarter yang telah dikumpulkan dan diketahui sudah tertinggal dari jadwal yang sudah dijanjikan pada halaman fundraising mereka yang mencapai 100.000 USD tersebut.

Plot Twist dari drama ini membuat semua orang berspekulasi bahwa developer gim tersebut tidak betul-betul acuh terhadap apa yang dilakukan Felix dan sebenarnya menjadikan momentum ini menjadi kambing hitam sekaligus kesempatan bagi mereka untuk melarikan diri dari kewajiban mereka.

Nah, bagaimana? Apakah kamu seorang developer gim, atau seorang streamer gim, atau seorang pemirsa streaming? Bagaimana menurut kamu mengenai fenomena ini? Apakah ada yang kami lewatkan?

Sekian untuk artikel ini, gxg signing out!

Media Partnership