5 Tips Pemasaran Esports Zaman Now

1504
tips pemasaran esports
Photo by Melanie Deziel on Unsplash

Aktivitas pemasaran adalah salah satu hal yang sangat penting dalam industri esports untuk dipelajari dan dikuasai oleh suatu tim atau organisasi esports, tetapi apa saja hal-hal yang harus diperhatikan sebelum terjun ke pemasaran esports?

Merangkum diskusi dari British Esports, berikut adalah tips-tips seputar pemasaran esports.

Tips Pemasaran Esports #1: Konten adalah raja 

Jika kamu tergabung ke dalam suatu tim esports, kamu akan segera menyadari bahwa konten merupakan sebuah bagian yang besar dalam industri esports. Sering sekali, tim-tim esports membuat konten tentang apapun kegiatan mereka.

Hal ini sangat membantu para penonton untuk memahami kehidupan/kepribadian dari para pemain-pemain idola mereka, dan juga membuat penonton merasa dekat dengan tim mereka.

Konten mereka bisa berupa apa saja. Mulai dari video, teks, hingga audio, dan pada akhirnya konten tersebut akan tersajikan di saluran media sosial mereka. Hal ini juga disampaikan oleh Nathan Edmonds, dari Excel, bahwa sebuah tim esports tidak bisa eksis tanpa sosial media.

Esports adalah sebuah industri yang menjanjikan dan konten membantu tim-tim esports untuk tetap berada di puncak ketenaran. Satu hal penting yaitu mereka harus bisa peduli atas apa yang penonton inginkan seperti membuat konten behind the scene, video komentator, dan serial tentang perjalanan tim mereka.

Pokoknya, jangan takut untuk memiliki ide-ide baru dalam membuat konten.

Tips Pemasaran Esports #2: Inovasi Itu penting

Pemikiran yang inovatif adalah sebuah aset besar bagi tim-tim esports. Mereka terus mencoba berbagai cara yang tepat agar menjadi berbeda dari tim-tim lain dalam persaingan esports. Hal ini sangat terasa untuk tim-tim yang tidak memiliki anggaran dana pemasaran yang besar.

Ada banyak platform media sosial yang kini digunakan oleh para organisasi esports, mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, Tiktok, Twitch, dan banyak lainnya. Setiap platform tersebut tentunya memiliki potensinya masing-masing berdasarkan karakteristik penggunanya.

Oleh sebab itu, investasi pada divisi pemasaran di dalam dunia esports itu haruslah strategis. Akan sangat sulit jika setiap kali menggaungkan suatu konten baru, kita harus menginvestasikan dana di semua platform tersebut.

Pastikan kamu sudah mengenali platform mana yang paling bisa memberikan keuntungan terbanyak sebelum mengucurkan dana pemasaran esports.

Tips Pemasaran Esports #3: Ketahuilah Penontonmu 

Penting sekali untuk menganalisis setiap data yang ada dari berbagai platform yang ada. Ini berguna dalam menganalisis demografi penonton yang ada dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Leonora Tomlinson berkata bahwa ketika kita mengetahui penonton kita, itu bagaikan roti dan selai karena penonton bisa suka dan tidak pada hal itu dan informasi tersebut sangatlah penting dalam menentukan apa konten selanjutnya yang akan dibuat.

Tips Pemasaran Esports #4: Media Sosial Berbayar 

Penggunaan fitur media sosial berbayar terkadang terlihat berlebihan, tetapi tak dapat disangkal kalau hal ini menjadi sangat penting dalam mempromosikan konten esports agar bisa menarik banyak penonton.

Penggunaan layanan berbayar (alias iklan) ini akan mengubah algoritma yang ada dan membuat konten tim-tim esports semakin mudah untuk dilihat penonton dan tentunya membuat mereka terus tertarik melihatnya.

Proses menuju keberhasilan dari beriklan di media sosial ini membutuhkan proses yang sangat panjang (trial and error), tetapi langkah ini adalah yang paling efektif untuk bertumbuh dan menemukan banyak penggemar baru ke depannya.

Tips Pemasaran Esports #5: Pentingnya Peran Influencer

Menggunakan influencer dalam promosi esports adalah hal yang sangat tepat agar bisa dilihat dan diraih lebih banyak penonton. Hal inilah yang dilakukan oleh 100 Thieves. Sekarang mereka sudah disaksikan oleh jutaan penonton.

Kalau kita melihat kesuksesan 100 Thieves, bukan berarti kita harus mengeluarkan uang yang sama banyaknya agar bisa disaksikan oleh jutaan penonton dan menjadi viral.

Kita bisa memulai dengan influencer kecil terlebih dahulu kemudian semakin berkembangnya brand esports atau tim esports kita, maka semakin banyak juga nanti penonton kita.

Kita juga harus bisa menjadi relevan dengan keadaan yang ada agar tujuan yang ingin dicapai bisa lebih cepat direalisasikan. Percuma saja jika kita bekerja sama dengan influencer atau brand ambassador dengan follower sebanyak satu juta orang bahkan lebih, tetapi konten kita biasa saja, maka kita juga tidak akan dilirik oleh penonton.

Oleh sebab itu, tetaplah berpegang teguh (konsisten) pada apa yang kita suka agar demografi penonton kita terus meningkat jumlahnya dari hari ke hari.

banner iklan esportsnesia