7 Cara Agar Jaringan Stabil saat Bermain Mobile Legends, Gamers Wajib Tahu!

1096
Cara Agar Jaringan Stabil saat Bermain Mobile Legend
Sumber: Youtube Hafidz Alfirdaus

Cara agar jaringan stabil saat bermain Mobile Legends merupakan salah satu strategi yang harus diketahui oleh pecinta game tersebut. Sebab, game online yang super populer di Indonesia ini memang sangat dipengaruhi kelancarannya oleh kondisi jaringan yang digunakan.

Kondisi jaringan ini menjadi salah satu faktor utama dalam menikmati permainan ML dengan baik bagi para pemainnya. Oleh karena itulah koneksi internet sekaligus jaringan yang stabil dan cepat menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Hal ini sangat terlihat saat jaringan terganggu, permainan ini akan menunjukkan banyak gejala yang tidak menyenangkan seperti lag dan visual yang patah-patah. 

Oleh sebab itulah, mengetahui cara agar jaringan stabil saat bermain Mobile Legends ini dapat meminimalisir kehilangan kesempatan dalam pertarungan atau bahkan membuatmu kalah dalam permainan. Yuk simak rekomendasi lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Berbagai Cara Agar Jaringan Stabil saat Bermain Mobile Legends

Saat bermain Mobile Legends, gangguan seperti lag atau putus-putus saat bermain tentu dapat mempengaruhi konsentrasi dan mood. Tentu jika hal seperti ini sudah terjadi, maka permainan pun jadi tidak menyenangkan dan bahkan membuat kamu frustasi.

Oleh sebab itulah, penting untuk memastikan jaringan internet yang digunakan selalu dalam keadaan yang stabil dan lancar supaya kamu bisa terus merajai pertandingan!

Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini Esportsnesia akan memberikan 5 cara agar jaringan stabil saat bermain Mobile Legends yang dapat diaplikasikan dengan mudah. Yuk simak tipsnya sampai tuntas!

Cara #1. Menggunakan Jaringan Wi-Fi yang Stabil

Dibandingkan dengan menggunakan koneksi data seluler yang kondisi sinyalnya dapat berubah sesuai dengan tempat yang kamu datangi, menggunakan Wi-Fi dapat menjadi hal yang perlu dipertimbangkan.

Sebelum bermain Mobile Legends, pastikan kamu sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil dan memiliki koneksi internet yang cukup cepat. Trik menggunakan jaringan Wi-Fi yang cepat dan stabil merupakan salah satu cara agar jaringan stabil saat bermain Mobile Legends.

Supaya kamu yakin dengan kecepatan dan kualitas koneksi internet yang digunakan, salah satu cara yang dapat dicoba adalah dengan mengunjungi situs web atau aplikasi Speedtest.

Speedtest dapat kamu gunakan untuk mengetahui kecepatan koneksi internetmu dan memastikan bahwa jaringan yang digunakan sudah cukup cepat dan stabil untuk bermain Mobile Legends. 

Cara #2. Matikan Aplikasi Lain di Belakang Layar

Selain melakukan Speedtest, langkah yang harus kamu lakukan sebelum memulai permainan Mobile Legends adalah menutup aplikasi yang tidak digunakan pada latar belakang.

Hal ini penting untuk dilakukan terutama bagi aplikasi yang terhubung langsung dengan koneksi internet seperti sosial media maupun aplikasi hiburan lainnya.

Sebab, aplikasi yang berjalan di latar belakang akan memakan memori dari perangkat yang sedang kamu gunakan.

Oleh karena itu, menutup aplikasi akan membantu membebaskan memori dan membuat perangkat fokus pada game ML.

Selain itu, koneksi internet yang digunakan akan berfokus seutuhnya pada aplikasi Mobile Legends saja sehingga jaringan tetap stabil. Bahkan kamu juga dapat mematikan notifikasi dari berbagai aplikasi yang dimiliki.

Masuknya notifikasi biasanya akan mengaburkan koneksi jaringan walaupun dalam waktu yang sebentar.

Tidak heran jika banyak gamers yang tidak hanya mematikan aplikasi di belakang layar namun juga menggunakan mode pesawat (pengguna Wi-Fi) untuk mencegah adanya gangguan pada koneksi jaringan tersebut.

Cara #3. Aktifkan Speed Mode Pada Game

Cara Agar Jaringan Stabil saat Bermain Mobile Legend
Sumber: Youtube Idar Sukasuka

Gangguan seperti jaringan yang tidak stabil ini sebenarnya sudah diantisipasi oleh pengembang game Mobile Legends itu sendiri.

Atas latar belakang inilah, Mobile Legends juga menghadirkan fitur Speed Mode untuk membantu jaringan dapat kembali dengan stabil saat bermain game tersebut.

Tapi perlu diingat jika fitur Speed Mode ini tentu memodifikasi beberapa sistem dalam permainan sehingga membuat smartphone-mu harus bekerja lebih keras. Hal ini jelas menyebabkan konsumsi baterai dan kuota yang jauh lebih besar.

Cara agar jaringan stabil saat bermain Mobile Legends menggunakan mode ini juga mudah untuk dilakukan, yaitu:

  • Buka aplikasi Mobile Legends yang kamu miliki.
  • Masuk ke menu pengaturan (logo gerigi) yang ada pada bagian kanan atas layar.
  • Pilihlah menu basic.
  • Pada menu tersebut, pilihlah pengaturan jaringan dan klik ON pada bagian Speed Mode.

Supaya fitur Speed Mode ini dapat diaktifkan, kamu harus mengaktifkan Wi-Fi dan paket data secara bersamaan. Barulah jika semua tahapan telah selesai dilakukan, maka kamu dapat mencoba memainkan game tersebut untuk mengetahui efeknya.

Cara #4. Nonaktifkan Voice Chat 

Cara Agar Jaringan Stabil saat Bermain Mobile Legend
Sumber: techy.how

Cara agar jaringan stabil saat bermain Mobile Legends selanjutnya juga dapat dilakukan dengan mengatur voice chat. Pengaturan ini sudah disediakan oleh game tersebut sehingga dapat menjadi alternatif bagi para pemain untuk semakin lancar saat bertanding.

Jadi, apabila kamu memiliki ping Mobile Legends sekitar 120ms dan hendak menekannya menjadi minimal 20 ms, maka menonaktifkan voice chat menjadi cara yang efektif.

Fitur ini dapat kamu matikan saat kondisi jaringan terasa tidak stabil karena voice chat ternyata menggunakan koneksi internet sangat banyak.

Cara #5. Atur Kualitas Grafis Game

Cara Agar Jaringan Stabil saat Bermain Mobile Legend
Sumber: noobs2pro.com

Umumnya, game Mobile Legends akan memberikan default kualitas grafis High kepada para pemainnya. Namun dalam kondisi jaringan internet yang tidak ideal menyebabkan lag dan visual yang patah-patah semakin mudah untuk terjadi.

Oleh sebab itulah, cara agar jaringan stabil saat bermain Mobile Legends dengan mengatur kualitas grafis ke level Smooth pada bagian pengaturan game menjadi salah satu alternatif efektif untuk dilakukan.

Sebab, kondisi grafis yang tidak tinggi akan mengurangi beban jaringan internet untuk dapat memproses visual dan efek pada game yang dimainkan. Cara mengaturnya pun juga cukup mudah, kamu hanya perlu klik bagian pengaturan di kanan atas layar dan masuk ke pengaturan dasar.

Cara #6. Menggunakan Aplikasi Internet Booster

Bahkan jika dibutuhkan, cara agar jaringan stabil saat bermain Mobile Legends yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Internet Booster. Aplikasi ini tersedia bebas di Google Play Store dan dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Tujuannya agar jaringan mendapatkan dukungan supaya tetap bisa bertahan dalam kondisi yang stabil dengan ping ideal dibawah 100.

Cara #7. Restart Perangkat (HP dan Modem Wi-Fi)

Jika segala cara sudah dicoba namun kondisi jaringan tidak kunjung stabil. Maka cobalah untuk restart perangkat yang kamu gunakan baik smartphone maupun modem Wi-Fi yang dimiliki.

Restart yang kamu lakukan juga dapat membersihkan cache dan mengembalikan konfigurasi perangkat ke kondisi awal. Langkah ini pun dapat membantu memulihkan koneksi jaringan menjadi lebih stabil.

Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah dengan jaringan, silahkan coba kedua perangkat tersebut. Jangan ragu menggunakan cara ini ya!

Demikianlah 7 cara agar jaringan stabil saat bermain Mobile Legends yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Jadi, pastikan koneksi internet sudah stabil sebelum bermain ML supaya jalannya pertandingan menjadi jauh lebih lancar dan menyenangkan!

banner iklan esportsnesia