3 Cara Cek Ping Game Online dari Android dan PC

983
Cara Cek Ping Game

Pernahkah kalian menjumpai lawan bermain game yang sering beralasan gangguan jaringan saat kalah? Jika hal itu sering terjadi, kalian wajib tahu cara cek ping game agar tidak ada lawan atau “teman mabar” yang selalu berasalan seperti itu.

Masalah jaringan yang menyebabkan lag memang sering dikeluhkan bagi sebagian gamer. Karena hal ini bisa membuat permainan kacau yang akhirnya menimbulkan kekalahan.

Maka dari itu, kalian wajib mengetahui cara cek ping game agar bisa bermain secara maksimal. Dengan mengetahui waktu ping, kalian bisa memutuskan akan melanjutkan untuk bermain atau tidak. Akan percuma jika kalian memaksakan untuk bermain saat waktu ping-nya tinggi. Itu tidak akan membuat kalian nyaman dalam bermain game.

Cara Cek Ping Game dari Android Dan PC

Berikut ini adalah cara yang paling mudah untuk mengecek ping game melalui Android dan PC.

Cek Ping Game di Android

Cara Cek Ping Game

Untuk mengecek ping di Android, kalian membutuhkan aplikasi tambahan yang bernama Terminal Emulator. Aplikasi ini sering difungsikan layaknya terminal pada Linux ataupun CMD pada Windows. Sehingga sangat memungkinkan untuk mengecek ping dengan mudah. 

Terminal Emulator bisa kalian unduh langsung melalui Google Play Store. Ukurannya sangat kecil, sehingga tidak akan membuat hp kalian berat. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali, sehingga bisa dipastikan aplikasi ini aman untuk digunakan.

Cara penggunaannya tidak berbeda jauh seperti CMD atau terminal Linux pada umumnya. Berikut ini cara cek ping game di Android dengan mudah.

  1. Langkah pertama, unduh aplikasi Terminal Emulator langsung dari Google Play Store. Saat dicari, aplikasi ini berada di urutan teratas, jadi jangan sampai salah memilih.
  2. Setelah aplikasi berhasil dipasang, buka aplikasi dan tunggu sampai muncul tampilan layar hitam.
  3. Ketikkan perintah “ping nama server” (tanpa tanda kutip), contohnya ping 119.28.96.0. Kalian perlu mengetahui IP (internet protocol) Address game yang kalian mainkan. 
  4. Setelah itu akan muncul informasi ping dari jaringan kalian ke IP server game yang dituju. 

Ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengecek ping dari Android. Selain cara cek ping game di atas, kalian juga bisa langsung mencoba melalui game. Beberapa game memang memberikan informasi mengenai ping saat permainan berlangsung.

Cek Ping Game Secara Langsung

Cara Cek Ping Game

Banyak game memberikan opsi untuk memeriksa ping kalian secara langsung dalam game. Pengaturannya mungkin akan terlihat sedikit berbeda di setiap game. Namun umumnya diberi nama “display performance stats” atau “display network information.”

Berbagai informasi akan ditampilkan selain ping, seperti frame rate, suhu GPU hingga packet loss. Cara ini bisa dibilang yang paling akurat untuk mengetahui ping game. Karena bagaimanapun, pengaturan ini disediakan langsung oleh developer, sehingga terjamin keakuratannya. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap game memiliki pengaturan tersendiri untuk mengetahui ping game. Sebagai contoh, kita akan membahas cara cek ping game Mobile Legends.

  1. Buka game Mobile Legends kalian.
  2. Tidak perlu memulai game langsung, kalian langsung pergi ke Pengaturan, setelah itu tekan menu Deteksi Jaringan. Sesuaikan saja jika kalian menggunakan bahasa lain.
  3. Setelah itu, kalian akan menemukan tombol bertuliskan Tap to Test. Tekan tombol tersebut dan tunggu sampai proses selesai.
  4. Ketika prosesnya telah selesai, kalian bakal mengetahui ping kalian saat bermain game Mobile Legends.

Waktu ping dapat bervariasi, tetapi jika ping kalian di atas 70 ms biasanya akan membuat game lag. Idealnya, kalian memiliki ping di bawah 40 ms agar permainan menjadi lancar. Jika latensi kalian terlalu tinggi, lebih baik urungkan niat untuk menunda permainan atau mencoba menggunakan jaringan lain. 

Cek Ping Game PC

Cara Cek Ping Game

Bagi kalian yang bermain game online PC, bisa menggunakan cara ini untuk mengetahui ping game. Caranya tidak berbeda jauh seperti yang pertama, kali ini menggunakan CMD untuk pengguna Windows. CMD merupakan program bawaan dari Windows, sehingga kalian tidak perlu mengunduhnya. 

Hasil tes ping akan kalian dapatkan secara langsung setelah prosesnya selesai. Pastikan PC kalian sudah terhubung dengan internet yang digunakan baik melalui kabel maupun WiFi. Setelah itu, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Buka menu program Run dengan menekan CTRL+R, kemudian ketikkan cmd lalu klik OK.
  2. Setelah itu ketikkan perintah “ping nama server” (tanpa tanda kutip), contohnya ping 119.28.96.0, kemudian klik enter.
  3. Secara default, sistem cmd akan melakukan test ping sebanyak 4 kali dan menampilkan informasi sebanyak 4 baris.
  4. Jika ingin test ping terus menerus tanpa henti, kalian bisa menambahkan -t setelah mengetik IP address game.

Cara Membaca Hasil Ping Paling Mudah

Cara Cek Ping Game

Cara ini khusus untuk kalian yang menggunakan Terminal Emulator ataupun CMD. Secara umum, hasil test ping-nya akan menampilkan sebagai berikut.

“Replay from 119.28.96.0: bytes=32 time=65 TTL=46”

Jika muncul keterangan seperti itu, artinya jaringan kalian terhubung dengan server yang di test ping. Untuk 119.28.96.0 merupakan IP yang di ping, ini akan berbeda-beda tergantung alamat IP yang kalian coba. Sementara 32 bytes merupakan packet size yang dikirimkan, semuanya pasti sama. 

Di bagian time ini yang menandakan waktu ping kalian. Contohnya time=65, bisa diartikan bahwa waktu ping kalian adalah 65 milisecond, semakin kecil semakin baik. Jadi untuk bisa bermain game dengan lancar, kalian perlu memiliki waktu ping yang kecil. 

Tips Mengecilkan Ping Game Online

Cara Cek Ping Game

Periksa Kecepatan dan Bandwidth Internet Kalian

Pada dasarnya, kalian tidak perlu internet dengan kecepatan tinggi untuk dapat bermain game dengan lancar. Kalian cukup membutuhkan setidaknya 15-20 Mbps jika kalian akan bermain game. Kelancaran dalam bermain game dapat diketahui dengan kualitas pingnya. 

Jika bandwidth kalian terbatas, sebaiknya tidak membagikan koneksi internet kalian dengan orang lain. Hal ini akan menyebabkan koneksi jaringan terbagi-bagi yang menyebabkan ping tinggi.

Berada di Dekat Router

Untuk kalian yang menggunakan WiFi, disarankan untuk bermain game di dekat router. Dengan cara ini, sinyal WiFi ke HP kalian akan lebih lancar dan tetap stabil. Karena benda-benda seperti furniture atau dinding dapat menghambat penyebaran sinyal. 

Penempatan router juga berpengaruh, coba untuk menempatkannya jauh dari benda-benda elektronik. Namun cara yang terbaik, memang kalian harus bermain di dekat router. Aplikasikan cara cek ping game di atas untuk mengetahui kualitas jaringannya.

Jangan Nonton Film atau YouTube

Situs-situs seperti Netflix ataupun YouTube membutuhkan bandwidth yang besar dan sangat mempengaruhi kecepatan ping dan latensi. Agar ping tetap rendah, tutup semua yang bisa mempengaruhi kinerja game yang kalian mainkan.

Selain itu, kalian juga perlu mengurangi jumlah perangkat yang terhubung ke WiFi yang sama. Semakin banyak perangkat yang terhubung dan menggunakan WiFi, semakin banyak bandwidth yang dibutuhkan. Kalian juga dapat mengatur perangkat pada Mode Pesawat saat kalian bermain game.

Bermain di Server Lokal

Bermain di server lokal dapat mengurangi ping secara signifikan. Semakin dekat server dengan kalian, semakin baik. Saat ini, banyak game yang menempatkan servernya di Indonesia, sehingga menjadi keuntungan tersendiri bagi gamer tanah air. Jika tidak kunjung berhasil, kalian bisa menggunakan VPN game untuk menstabilkan koneksi internet.


Itulah informasi mengenai cara cek ping game baik dari Android maupun PC. Sebelum bermain game, cek terlebih dahulu kualitas ping koneksi kalian agar tidak menimbulkan lag.