12 Tips Memenangkan Ranked Match AOV

0
163
Pernah nggak sih dapat tim saat rank yang noob banget, atau mainnya egois dan ngotot pakai hero yang dia suka aja? Tipe anggota tim yang seperti ini nih yang bikin bintang kamu hilang sia-sia. Buat kamu yang sering kalah di ranked match, coba deh simak beberapa tips berikut ini!
(Source: Garena)

Pernah nggak sih dapat tim saat rank yang noob banget, atau mainnya egois dan ngotot pakai hero yang dia suka aja? Tipe anggota tim yang seperti ini nih yang bikin bintang kamu hilang sia-sia. Buat kamu yang sering kalah di ranked match, coba deh simak beberapa tips berikut ini!

1
Sumber: Unsplash.com

Pastikan jaringan stabil

Ketika bermain game online, pastinya butuh jaringan yang stabil. Selalu tes kecepatan internet kamu sebelum memulai. Selain kecepatan, ping test juga penting supaya game kamu smooth saat dimainkan. Kalau ping-nya besar, sudah pasti lag deh. Kasihan kan teman satu tim kamu, gara-gara internet kamu tidak stabil jadi AFK dan kalah! Jadi lebih baik jangan main ranked saat jaringan tidak stabil.

2
Sumber: Unsplash.com

Bermainlah bersama tim

Bermain bersama teman yang sudah biasa setim bareng kita memudahkan kita untuk memenangkan ranked. Apalagi kalau kita memainkan saat offline, seperti saat nongkrong bersama teman. Setidaknya 3 orang sudah cukup untuk bermain ranked. Idealnya sih memang 5 orang, tapi 3 orang juga cukup kok. Jadi mulailah janjian sama teman kalau mau push rank. Supaya bintangnya tidak hilang sia-sia.

3
Sumber: Unsplash.com

Kekompakan dalam tim

Ketika bermain bersama tim, kekompakan tim tentu menjadi hal yang sangat krusial. Sejago apapun dirimu bila tidak disertai dengan kerja sama tim yang baik maka akan sulit untuk menang. Saling backup dan saling berkoordinasi dalam tim. Bila tim meminta untuk mundur, maka mundur, bila tim meminta maju maka maju, jangan maju saat tim meminta mundur. Bunuh diri namanya. Game ini dimainkan dengan tim dan butuh kekompakan untuk bisa menang.

4
Sumber: Unsplash.com

Jangan egois

Oke, sering ketemu player egois kan di rank? Jelas-jelas tim butuh tank tapi nggak ada satupun yang mau jadi tank. Saran saja sih, karena tank adalah salah satu komponen penting dalam permainan, kalau ketemu player egois yang seperti itu, kamu jangan ikutan egois. Setidaknya kamu menguasai role tank dan punya hero tank andalan. Berhadapan sama orang egois itu nggak ada ujungnya, jadi lebih baik mengalah saja.

5
Sumber: Unsplash.com

Jangan melampiaskan kekesalan dengan kata-kata kasar

Kesal dengan teman satu tim boleh, tapi jangan sampai kamu mengeluarkan kata-kata kasar. Kenapa? Karena ketika mengeluarkan kata-kata kasar, suasana di dalam tim jadi tidak kondusif. Bahkan bisa jadi ada teman satu tim yang marah dan melakukan feeding ke musuh, bunuh diri dengan menabrakkan diri ke tower, atau setor nyawa cuma-cuma ke musuh.

6
Sumber: Unsplash.com

Peka terhadap situasi di map

Sering kali banyak player yang tidak peka dengan situasi di map. Meninggalkan tower saat ada musuh di dekat tower, kabur saat ditolong, atau cuek saat teman dikepung. Sering-seringlah melihat situasi di map dan peka dengan kondisi teman.

7
Sumber: Garena

Gunakan hero yang benar-benar dikuasai

Sebaiknya saat ranked gunakan hero yang sudah sering dimainkan. Setidaknya kamu harus menguasai beberapa role. Kalau ada teman satu tim yang memilih salah satu hero favorit kamu, masih ada hero lain dan role lain yang kamu kuasai.

8
Sumber: Unsplash.com

Pelajari kelebihan dan kekurangan hero

Ini cukup penting karena ada hero early game dan hero late game. Bila kita tidak jeli menggunakan strategi maka dapat dipastikan tim akan mudah dikalahkan. Selain mengenali hero sendiri, penting juga untuk memiliki pengetahuan mengenai hero musuh. Karena pada dasarnya, tidak ada hero yang terlalu kuat ataupun hero yang terlalu lemah.

9
Sumber: Hasagi.gg

Pelajari efek item & skill pasif

Item juga sangat penting saat bermain, jangan sampai kita membeli item yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, bila ada musuh mage, kita sebaiknya membeli item yang memiliki magic defense. Lain halnya bila kita menghadapi tank, kita sebaiknya menggunakan item armor pierce. Selain item, skill pasif juga perlu dipelajari.

Misalnya, bila membeli item Frost Cape. Skill pasif dari Frost Cape ini mengurangi 30% movement musuh setelah menggunakan skill dan menimbulkan 150 physical damage, bertambah 20 per level.

10
Pro gamer via Polygon.com

Tonton video top player

Tonton youtuber profesional di kompetisi gaming, pelajari strateginya dan cara dia mengoptimalkan hero serta item. Tonton juga kompetisi nasional maupun internasional sehingga bisa mendapat inspirasi strategi baru.

11

Latihan secara rutin

Practice makes perfect. Dengan latihan secara rutin, kita dapat meningkatkan refleks dalam bermain. Apalagi kalau latihannya sama teman, bisa sekaligus meningkatkan kekompakkan dalam tim.

12
Sumber: Unsplash.com

Berhenti bila sudah kalah

Kalau sudah kalah terus-menerus sebaiknya istirahat sebelum lanjut main lagi. Jangan memaksakan diri untuk tetap push rank. Mungkin kamu lelah dan butuh refreshing. Letakkan handphone dan keluarlah jalan-jalan.


Semoga tips memenangkan ranked match di AOV ini bermanfaat untuk teman-teman.