Apa Itu Growtopia?

2525
Apa Itu Growtopia

Tahukan kalian apa itu Growtopia ? Dalam beberapa tahun ke belakang ini, kalian pasti sering bermain gim 2D. Pada waktu itu jenis gim tersebut memang masih dapat bersaing dengan gim 3D yang banyak beredar. Akan tetapi, saat ini gim 3D masih lebih mendominasi pasar, selain karena menarik juga disebabkan banyak gim baru yang rilis. Dominasi itu tidak berpengaruh besar terhadap Growtopia, gim yang menggunakan grafik 2D ini masih banyak dimainkan sampai saat ini.

Bagi kalian yang sudah familiar dengan dunia gim sejak tahun 2012, mungkin tidak asing dengan Growtopia. Pada tahun tersebut memang menjadi awal dari perkembangan gim ini. Untuk lebih jelasnya mengenai gim ini, yuk simak informasi di bawah ini.

Apa Itu Growtopia?

Apa Itu Growtopia

Growtopia merupakan permainan perang online multi pemain yang berlangsung dalam satu server. Dalam permainannya, para pemain bisa melakukan berbagai hal seperti berdagang, membangun dunia, mengobrol dengan sesama pemain dan masih banyak lagi.

Awalnya gim ini hanya tersedia untuk platform Android pada November 2012, setelah itu baru dirilis untuk versi lain seperti iOS, Windows, Nintendo Switch, PlayStation hingga Xbox One.

Growtopia pertama kali dikembangkan oleh Seth Robinson yang saat itu memiliki keinginan untuk membuat gim baru. Untuk membantu dalam memproduksi gim ini, ia mengajak rekannya Mike Hommel. Saat mulai dalam proses pengembangannya, gim ini bernama Buildo, jadi nama Growtopia tidak dipakai sejak awal pembuatan.

Proses pengembangan gim ini terbilang cepat, hanya butuh tiga bulan untuk bisa merilis versi beta-nya pada 30 November 2012 dengan nama Growtopia. Tepat pada 9 Januari 2013, keduanya berhasil merilis versi lengkapnya sebagai pembaruan dari versi beta. Meski dapat dimainkan secara gratis, gim ini terus dilakukan pembaruan hingga sekarang.

Perkembangan Growtopia mengalami lonjakan pesat ketika diakuisisi oleh Ubisoft pada 28 Februari 2017. Perusahaan gim yang berbasis di Perancis ini memang berpengaruh besar dalam perkembangan Growtopia.

Sampai saat ini, Growtopia sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di platform Android. Bisa dikatakan sebagai salah satu gim Android paling laris. Jumlahnya tentu akan lebih banyak jika digabungkan dengan platform lain.

Gameplay Growtopia

Apa Itu Growtopia

Bagi pemain pemula, sangat wajar jika merasa bingung dalam memulai gim Growtopia. Dalam gim ini, pemain bisa membuat dunia sendiri ataupun mencoba untuk memasuki dunia orang lain.

Di dalam dunia yang dibuatnya, para pemain bisa menanam pohon, membangun balok hingga mendapatkan permata. Namun pemain tidak bisa melakukan berbagai aktivitas tersebut pada saat areanya dikunci orang lain.

Untuk bisa mengunci suatu area, ada beberapa kunci yang bisa digunakan. Seperti Small Lock, Big Lock, Huge Lock, dan World Lock. Ada juga kunci lain seperti Diamond Lock, Emerald Lock, Ruby Lock, Ghost Lock, Blue Gem Lock, dan Legendary Lock.

Untuk memulai bermain Growtopia, pemain perlu mendaftar terlebih dahulu. Ketika berhasil mendaftar, pemain diharuskan untuk memilih dunia yang akan dikunjungi. Atau bisa juga membuat dunia sendiri agar lebih leluasa dalam bermain.

Tahap selanjutnya, pemain perlu memilih bahasa yang akan digunakan. Bahasa ini juga dapat disebut sebagai server, nantinya pemain akan bertemu dengan orang lain yang memilih bahasa yang sama.

Setelah memasuki suatu dunia, pemain harus menghancurkan bebatuan, tanah ataupun lava untuk menemukan material. Material ini bisa berupa benih yang nantinya bisa ditanam.

Untuk menanamnya, pemain bisa memilih benih yang dimiliki kemudian menanamnya di area tanah. Dibutuhkan waktu untuk pohon bisa tumbuh dan pemain bisa mengambil materialnya dengan cara menghancurkan pohon tersebut.

Pemain bisa menjual dengan cara mencari pembeli di dunia yang sama.  Pemain juga bisa menjual barang-barang lain yang dicari oleh para pemain lain.

Event Growtopia

Apa Itu Growtopia

Event biasanya diadakan di seluruh server atau dunia yang ada di Growtopia. Hadirnya event ini terjadi secara acak dan bisa juga diadakan khusus oleh pengembang. Ketika event berlangsung, akan ada item eksklusif yang tidak bisa diperoleh di tempat lain.

Berikut adalah beberapa event yang ada di Growtopia.

Event Tahunan

Event tahunan ini diadakan setiap satu tahun sekali. Secara umum diadakan untuk merayakan hari raya seperti Harvest Festival. Untuk durasi event ini biasanya selama satu minggu, namun untuk WinterFest hanya berlangsung dua hari saja.

Event Bulanan

Sesuai dengan namanya, event ini diadakan setiap satu bulanan sekali atau dua kali setiap bulan, umumnya hanya berlangsung selama 24 jam. Untuk itu, para pemain harus segera mengikuti event ini agar bisa mendapatkan item eksklusif yang ditawarkan.

Event Tantangan Harian

Tantangan yang akan diadakan ini dipilih secara acak dan akan hadir setiap 23 jam. Durasinya sangat singkat, yakni hanya dua jam saja. Semua pemain dapat mengikuti event ini, dan lima pemain terbaik akan mendapatkan hadiah.

Event Spesial

Berbeda dengan acara lainnya, event dibuat di dunia yang dipilih secara acak, sehingga hanya dapat diikuti oleh pemain di dalam dunia tersebut. Beruntung jika pemain berada di dunia yang dipilih untuk event ini.

Apa Itu Growtopia Store?

Growtopia Store

Growtopia Store merupakan toko yang ada pada gim, para pemain bisa membeli berbagai item seperti kunci, jammers, paket, pakaian dan lain sebagainya. Untuk melakukan pembelian, para pemain harus menggunakan Growtokens.

Growtokens sudah ada di Growtopia sejak 30 Maret 2014. Dalam penggunaannya, Growtokens tidak bisa digunakan untuk perdagangan dalam gim, hanya bisa digunakan di Growtopia Store.

Untuk mendapatkan Growtokens bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari memenangkan Video Of The Week, menyelesaikan Quest Harian dari Crazy Jim, memenangkan World Of The Day dan masih banyak lagi.

Hadiah yang akan diperoleh tentu berbeda-beda setiap misinya. Dengan Growtokens, pemain bisa membeli berbagai item seperti Challenge Timer, Growmojis, Spike Juice hingga Poseidon’s Digger’s Trident dan yang lainnya.

Di Growtopia Store juga terdapat Store Packs, dimana pemain bisa membeli gem packs, item packs dan event packs. Dengan membeli di Store Packs, jumlah yang didapatkan akan semakin banyak dengan harga yang sama. 

Misi Growtopia

Misi Growtopia

Misi Growtopia merupakan tugas yang harus diselesaikan oleh pemain untuk mendapatkan hadiah. Tersedia berbagai misi yang bisa dikerjakan selama permainan. Mulai dari Daily Quests, Life Goals, Epic Quests, Biweekly Stone Soul Quest, Role Quests, Carnival Quests, dan Legendary Quest.

Salah satu hal yang membuat Growtopia ini seru untuk dimainkan adalah keseruan dalam menyelesaikan misinya. Banyaknya misi membuat pemain harus terus bermain agar semua misi bisa diselesaikan. 

Untuk menyelesaikan misi, ada berbagai tugas yang harus dikerjakan. Seperti menjadi pemenang di Carnival Games, menghasilkan permata, menghasilkan XP, memanen pohon dan masih banyak lagi. Untuk kalian yang suka tantangan, akan ketagihan dalam bermain Growtopia.


Nah, itu dia sedikit informasi mengenai apa itu Growtopia yang saat ini menjadi salah satu gim 2D paling banyak dimainkan. Untuk kalian yang ingin memainkan gim ini, bisa memakai Android, iOS, PlayStation, Xbox One, Nintendo Switch bahkan melalui PC sekalipun.

banner iklan esportsnesia