Apa Itu World of Tanks?

0
191
cover World of Tanks
cover World of Tanks via pinterest
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Kamu penasaran bagaimana rasanya mengendarai tank di tengah medan pertempuran? Gim World of Tanks (WoT) menawarkan pengalaman tersebut. Baca sampai akhir untuk tahu lebih banyak tentang gim yang sudah dimainkan ratusan juta orang ini.

World of Tanks adalah gim perang MMO karya Wargaming yang bisa dimainkan di berbagai konsol. World of Tanks: Blitz adalah World of Tanks untuk perangkat mobile, sementara untuk PS4, Xbox 360, dan Xbox One, kamu bisa memainkan World of Tanks: Valor.

Sekilas Tentang World of Tanks

poster World of Tanks
Poster World of Tanks via community.endlessos.com
  • World of Tanks (WoT) dirilis pertama kali dalam versi Rusia pada 24 April 2009. Versi bahasa Inggrisnya menyusul dua tahun kemudian.
  • WoT memenangkan penghargaan sebagai MMO terbaik di Golden Joystick Awards 2012. Di tahun 2017 dan 2018, WoT berturut-turut memenangkan Still Playing Awards dari ajang yang sama.
  • WoT tidak hanya tersedia untuk komputer. WoT juga dapat dimainkan di PS4, Xbox 360, Xbox One, dan perangkat mobile.
  • Terdapat sembilan mode permainan dalam WoT yaitu Standard, Assault, Encounter, Grand Battle, Frontline, Ranked Battles, Team Training, Clan Wars, dan Stronghold. Tiap mode permainan memiliki syarat, jumlah pemain, dan tujuan utama yang berbeda-beda
  • Terdapat 5 jenis tank yang dapat dimainkan oleh pemain: Light, Medium, Heavy, Destroyer, dan SPG.
  • WoT menawarkan tank dari negara-negara seperti German, USSR, Amerika, China, Perancis, Inggris, Jepang, Cekoslavakia, Swedia, Polandia, dan Itali. Ada 200 lebih tank yang dapat dimainkan oleh pemain.
  • Terdapat 5 jenis map dalam WoT: Summer, Winter, Desert, Grand Battle, Frontline, dan Special. Tiap map memiliki syarat dan ketentuan masing-masing, seperti hanya membolehkan tank tingkat 10.

Mode Permainan

gameplay World of Tanks
Gameplay World of Tanks via worldoftanks.eu

World of Tanks menawarkan berbagai jenis permainan yang dapat dipilih oleh pemain. Tiap mode permainan memiliki syarat, jumlah pemain, dan tujuan utama yang berbeda-beda. Mari kita lihat mode-mode permainan dalam World of Tanks.

Standard Battle

Mode permainan ini mempertemukan tim yang berisikan masing-masing 15 pemain. Tiap tim dapat memenangkan pertempuran dengan mengambil alih markas musuh atau menghancurkan seluruh tank musuh. Mode ini dibatasi waktu 15 menit dan jika waktu itu habis maka pertempuran dianggap seri.

Assault Battle

Dalam mode ini ada tim yang bertahan dan menyerang. Tim yang bertahan dapat menang jika berhasil mempertahankan markas selama 15 menit atau menghancurkan seluruh tank musuh. Sementara itu, tim yang menyerang harus mengambil markas musuh dalam 15 menit atau menghancurkan seluruh tank musuh.

Encounter Battle

Dalam mode permainan ini, kedua tim tidak memiliki markas. Mereka harus memperebutkan satu markas netral dalam 15 menit atau menghancurkan seluruh tank musuh untuk mendapatkan kemenangan.

Grand Battle

Mode Permainan Grand Battle World of Tanks
Mode Permainan Grand Battle World of Tanks via pcgamesn.com

Mode permainan ini tidak jauh berbeda dari Standard Battle. Hanya saja, dalam mode permainan ini, satu tim berisikan 30 pemain. Mode ini hanya dapat diikuti tank tingkat 8 hingga 10.

Mode permainan ini sayangnya tidak tersedia untuk World of Tanks: Blitz. Hal ini disebabkan karena keterbatasan perangkat mobile pada umumnya yang digunakan untuk memainkan World of Tanks: Blitz.

Frontline

Mode ini memiliki jumlah pemain masing-masing 30 dalam tiap tim. Dalam mode ini, pemain akan langsung muncu lagi (respawn) ketika hancur, berbeda dengan mode-mode yang telah disebutkan. Pemain dapat mengganti tanknya tiap kali pemain akan respawn.

Sayangnya, mode ini juga tidak tersedia untuk World of Tanks: Blitz. Hal ini juga disebabkan karena keterbatasan perangkat mobile untuk menjalankan World of Tanks: Blitz.

Ranked Battle

Mode permainan ini adalah versi kompetitif dari Standard Battle. Melalui mode permainan ini, pemain dapat meningkatkan peringkatnya, atau kalau dalam bahasa MOBA kebanyakan adalah MMR, untuk bertarung dengan pemain-pemain lain yang sama kuatnya.

Buat kamu yang bermain World of Tanks: Blitz, mode ini dinamai Rating Battle. Konsepnya masih tetap sama dimana pemain dipertemukan dengan pemain lainnya yang memiliki rating atau MMR yang kurang lebih sama.

Team Training

Mode ini adalah tempat dimana pemain dapat melakukan eksperimen untuk menemukan strategi baru. Pemain dapat mengajak pemain lain untuk berpartisipasi dan berlatih bersama untuk menemukan tempat-tempat strategis dalam suatu map atau mencoba taktik baru.

Clan Wars

Peta Dunia Clan Wars World of Tanks
Peta Dunia Clan Wars World of Tanks via engadget.com

Pertarungan dalam mode ini tidak hanya terjadi dalam sebuah map saja, tetapi juga di peta dunia. Tiap klan menempatkan anggotanya dalam sebuah daerah untuk mempertahankan atau memperebutkan sebuah daerah. Jumlah pemain dalam satu map tergantung pada jumlah pemain yang ditempatkan oleh kedua klan dalam satu provinsi.

Stronghold

Stronghold sendiri bukanlah mode permainan, tetapi mode dimana sebuah clan dapat membangun bentengnya. Untuk membangun benteng tersebut, pemain harus berpartisipasi dalam mode skirmishes dimana dua clan bertarung untuk mendapatkan sumber daya. Sumber daya ini kemudian dapat digunakan untuk membangun dan memperkuat benteng clan pemain.

Jenis-Jenis Tank

World of Tanks menawarkan 5 jenis tank yang digunakan pemain. Tiap jenis tank memiliki peran serta fungsinya masing-masing. Mari kita simak penjelasan tentang tiap jenis tank dalam World of Tanks.

Light Tank

Light Tank dari Inggris
Light Tank dari Inggris via mmowg.net

Dari namanya, tank ini memiliki sifat yang ringan dan lincah. Tank ini sangat cocok untuk melakukan pengintaian dan mencari posisi musuh dalam map. Dengan kecepatan dan kelincahannya, Light Tank juga sangat cocok untuk mengejutkan musuh dengan menyerang mereka dari belakang garis pertahanan.

Medium Tank

Medium Tank asal Swedia
Medium Tank asal Swedia via notebookcheck.net

Medium Tank adalah jenis tank yang serba bisa. Peran dari Medium Tank ini sangat bergantung dari komposisi tim.  Medium Tank dapat digunakan sebagai pengintai karena mereka tidak kalah lincah dan ringan dari Light Tank, dan mereka juga bisa menjadi pemberi damage yang lumayan karena daya tahan dan kekuatan mereka.

Heavy Tank

Heavy Tank asal Jepang
Heavy Tank asal Jepang via worldoftanks.eu

Heavy Tank adalah tank yang berdiri di garis depan untuk mengendalikan jalannya peperangan. Mereka dapat menyerap sebagian besar serangan musuh dan memberikan damage yang tidak kalah besar. Tank jenis ini memang sangat lambat, tetapi musuh juga membutuhkan waktu yang lama untuk menghancurkan tank jenis ini.

Destroyer Tank

Destroyer Tank asal Jerman
Destroyer Tank asal Jerman via gamersdecide.com

Tank ini adalah ancaman bagi segala jenis tank. Destroyer Tank dapat dengan mudah menghabisi jenis tank apapun, bahkan Heavy Tank. Dibalik kelebihannya, Destroyer Tank adalah tank yang rapuh dan tidak fleksibel. Ia dapat dengan mudah diserang dari belakang, khususnya oleh Light Tank.

SPG

SPG asal Amerika
Self-Propelled Gun asal Amerika via worldoftanks.eu

SPG (Self-Propelled Gun) adalah tank yang dapat memberikan serangan dari jarang yang sangat jauh. Tempat terbuka adalah tempat yang paling baik untuk menggunakan tank jenis ini. Kelemahan dari tank ini adalah Ia sangat rentan diserang dari belakang dan tidak memiliki kecepatan yang tinggi untuk melarikan diri.

Mekanika Gim World of Tanks

World of Tanks memiliki tingkat realitas yang lumayan tinggi. Hal ini membuat mekanika di World of Tanks cukup kompleks tetapi juga dapat dikuasai selama pemain terus berlatih. Mari kita lihat beberapa mekanika gim World of Tanks yang paling penting berikut ini.

Visibility

mekanik Visibility World of Tanks
Mekanik Visibility World of Tanks via na.wargaming.net

Visibility merujuk pada kemampuan rendering map dan penglihatan pemain pada objek yang ada di map. Batas penglihatan pemain ditunjukkan oleh lingkaran 1 dan 2. Sementara itu, kemampuan rendering map ditunjukkan oleh lingkaran 3.

Penglihatan pemain adalah kemampuan pemain untuk menunjukkan lokasi musuh kepada teman satu timnya. Jika teman satu tim kamu telah berhasil melihat musuh, posisi musuh tersebut dapat terlihat juga oleh kamu, walaupun jarak antara teman tim kamu dan kamu sangat jauh.

Mekanik ini sangat penting saat peperangan. Jika kamu menguasai mekanik ini, kamu dapat memberikan serangan ke arah musuh tanpa memberi informasi posisimu kepada musuh.

Movement

Movement adalah bagian penting dari mekanik World of Tanks. Kemampuan kamu mengendarai tank bisa membantumu menuju titik strategis dalam pertempuran dan kabur dengan cepat dari kepungan musuh.

Bagian pertama dari mekanik ini adalah akselerasi. Semakin berat tank kamu, maka akan semakin lambat juga jalannya. Beberapa tank, seperti Heavy Tank, akan sangat kesulitan untuk berakselerasi baik di perbukitan atau daerah datar.

Bagian kedua adalah jenis daratan. Di World of Tanks, kamu dapat menemukan berbagai jenis map dengan jenis daratannya masing-masing; jalanan, tanah, dan perairan. Tiap daratan mempengaruhi akselerasi yang dilakukan oleh pemain.

Aiming

Mekanika Aiming World of Tanks
Mekanika Aiming World of Tanks via worldoftanks.asia

Mekanik Aiming merujuk pada kemampuan pemain untuk membidik musuh dari jarak berapapun. Pemain dapat memilih dua jenis bidikan: otomatis dan manual. Tentunya, jenis manual dapat memberikan hasil yang lebih baik walaupun pemain harus berlatih untuk menguasainya.

Salah satu bagian yang penting dari mekanik ini adalah jalur tembakan. Semakin jauh targetmu, semakin jauh juga targetmu dari pusat bidikan. Selalu sesuaikan jarak dan kecepatan berjalan musuh dengan bidikanmu ketika akan mengambil tembakan

Selain menentukan jarak, kamu juga harus memastikan menembak di tempat yang tepat. Beberapa tank, seperti Heavy Tank, memiliki armor yang sangat tebal di beberapa bagian. Ketika membidik, kamu harus memastikan kalau kamu akan mengenai bagian paling lemah dari tank musuh.

Penetration

Ini adalah mekanik yang membuat World of Tanks serasa realistis. Tembakanmu tidak akan selalu memberi damage pada musuh jika kamu salah menyerang bagian tank musuh.

Penetration adalah kemampuan serangan pemain untuk melukai tank musuh. Tiap tank memiliki sudut terkuat dan terlemahnya masing-masing. Mengetahui hal ini akan membantu kamu untuk memberikan damage yang besar pada musuh.

Salah satu bagian dari mekanik yang paling realistis di game ini adalah sudut tembakan. Jika kamu menyerang sudut miring dari sebuah tank, ada kemungkinan besar serangan kamu akan terpantul (ricochet). Selalu pastikan untuk menyerang musuh di titik terlemah, yang biasanya adalah bagian samping dan belakang tank musuh.

Sistem Crew dalam World of Tanks

Penempatan Kru dalam World of Tanks
Penempatan Kru dalam World of Tanks via worldoftanks.eu

Crew (Kru) adalah orang-orang yang dapat meningkatkan kemampuan dan kekuatan tank pemain. Semakin tinggi level dari seorang kru, maka akan semakin tinggi bonus yang pemain akan dapatkan. Mari kita lihat peran dan fungsi kru dalam World of Tanks.

Komandan

Komandan adalah kepala dari semua kru. Ia bertugas untuk mencari tahu posisi musuh. Semakin tinggi level komandan pemain, maka pemain akan lebih mudah untuk menemukan posisi musuh.

Penembak

Penembak adalah bagian penting dari mekanik Aiming. Kemampuan kru penembak akan mempengaruhi bidikan pemain. Semakin tinggi level penembak, maka bidikan pemain akan makin stabil dan tepat sasaran.

Pengemudi

Pengemudi bertanggung jawab terhadap pergerakan tank pemain. Kemampuan pengemudi mempengaruhi seberapa cepat tank berjalan. Kru pengemudi yang berlevel tinggi dapat membantu pemain meningkatkan kecepatan tank dan dapat melewati berbagai jenis daratan dengan lebih mudah.

Pengoperasi Radio

Pengoperasi Radio bertanggung jawab terhadap sistem komunikasi. Ia dapat membantu pemain untuk menerima informasi dari tank teman satu tim. Semakin tinggi level kru ini, maka pemain sistem komunikasi pemain juga akan semakin luas.

Pemuat

Pemuat berfungsi untuk mempercepat proses reload setelah tembakan dilepaskan. Semakin tinggi level kru pemuat, maka akan semakin cepat juga proses reload tank pemain.

Dunia Esports World of Tanks

Kepopuleran dan kesuksesan World of Tanks diikuti dengan kemunculan kompetisi esports World of Tanks. Salah satu kompetisi World of Tanks yang paling besar adalah Wargaming.net League.

Poster Wargaming.net League
Poster Wargaming.net League via worldoftanks.com

Wargaming.net League adalah kompetisi profesional World of Tanks yang mempertemukan tim dari berbagai belahan dunia. Wargaming.net League diikuti oleh tim-tim dari Amerika Utara, Eropa, Persemakmuran Negara-Negara Merdeka, dan Asia Pasifik.

Wargaming.net League sendiri terdiri dari tiga kasta. Kasta-kasta dalam Wargaming.net League adalah Bronze, Silver, dan Gold League. Tiap kasta memiliki peraturan dan hadiahnya masing-masing.

Bronze League adalah kasta terendah yang dapat diikuti oleh siapapun untuk memperebutkan tempat di Silver League. Kasta kedua adalah Silver League dimana tiap tim memperebutkan slot memasuki kasta tertinggi. Kasta teratas adalah Gold League dimana 10 tim World of Tanks terbaik bertarung memperebutkan ratusan ribu dolar.

Tidak hanya kompetisi untuk versi komputernya, World of Tanks juga memiliki kompetisi untuk versi mobilenya. Kompetisi esports World of Tanks: Blitz diadakan perwilayah. Salah satunya adalah World of Tanks: Blitz Cup.

Poster World of Tanks: Blitz Cup Asia 2020
Poster World of Tanks: Blitz Cup Asia 2020 via dailyesports.gg

Turnamen World of Tanks: Blitz Cup sendiri akan diadakan di 4 wilayah: Asia, Amerika Utara, Eropa, dan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka. World of Tanks: Blitz Cup Asia adalah putaran pertama dari Blitz Cup itu sendiri. Tiap kompetisi Blitz Cup memiliki total hadiah ratusan ribu dolar.


Nah itu dia hal-hal utama yang harus kamu ketahui soal World of Tanks. Kamu sekarang sudah siap bergabung dengan 160 juta orang yang sudah meainkan World of Tanks.

Kalau kamu tidak punya komputer yang kuat, tidak usah khawatir! Kamu juga bisa memainkan World of Tanks dari perangkat mobile dengan mengunduh World of Tanks: Blitz. Kamu juga bisa memainkan World of Tanks di konsol PS4, Xbox 360, dan Xbox One dengan memainkan World of Tanks Valor.

Media Partnership