[Build MLBB] Cara Main Hero Paquito Mobile Legends

1
95
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Setelah sebelumnya membahas tentang guide hero Khufra MLBB, dan kali ini saya akan melanjutkan tentang guide hero Mobile Legends Paquito. Menarik bukan? Langsung saja kita bahas!

Mengenal Hero Paquito Mobile Legends

15 Januari yang lalu, Paquito telah dirilis dalam game Mobile Legends. Hero satu ini merupakan hero yang paling layak ditunggu karena memiliki kemampuan yang sangat unik.

Paquito sendiri merupakan hero Fighter yang terinspirasi dari “Manny Pacquiao”, yang mana ia merupakan seorang petinju profesional sekaligus menjadi brand ambassador dari Mobile Legends. Hero satu ini terbilang sangat kuat dan kalian wajib memilikinya.

Review Hero Paquito Mobile Legends

Hero Paquito Review CoverPaquito merupakan salah satu hero baru di Mobile Legends yang telah hadir Januari lalu. Hero baru ini lahir dari kolaborasi dengan petinju asal Filipina bernama Manny Pacquiao alias Pacman. Penampilan Paquito memang didesain serupa dengan Pacman sebagai petinju. Paquito merupakan hero Fighter lincah yang dapat memperkuat skill-nya, dan menggunakan combo skill untuk mengalahkan lawan ketika duel maupun teamfight.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kelemahan Paquito yang wajib untuk kalian ketahui sebelum membelinya.

Kelebihan Paquito

  • Cooldown yang Sangat Singkat. Kemampuan ini memungkinkan Paquito dapat menggunakan skill miliknya setiap saat, hal ini berkat kemampuan pasif miliknya yakni Stamp Stance yang memungkinkan ia dapat me-reset cooldown ketika stack sudah tercapai.
  • Damage yang Besar Sebagai Fighter. Paquito memiliki damage yang sangat besar, ia sendiri merupakan hero Fighter namun memiliki kemampuan yang terbilang lebih mirip seperti seorang Assassin. Gameplay dari Paquito sendiri adalah hit and run, yang memungkinkan kalian dapat menyerang dengan cepat dan kabur dengan cepat. Setiap skill Paquito dilengkapi dengan damage yang besar, misalkan saja skill Jab miliknya selain memberikan efek blink, skill ini juga menjadi serangan mematikan bagi Paquito.
  • Memiliki Skill Blink. Walaupun Paquito diberkati hanya satu skill blink saja yakni pada skill Jab miliknya, namun skill 1 dan 3 ultimate-nya juga memungkinkan dirinya untuk melakukan blink. Dengan melangkah ke depan melakukan blink, Paquito juga memberikan serangan yang sangat besar pada lawannya, dengan begitu, Paquito menjadi salah satu hero terbaik yang memiliki damage tersakit walaupun hanya seorang Fighter.

Kelemahan Paquito

  • Durability yang Rendah. Meksipun seorang Fighter dan ber-damage seperti Assassin,  Paquito tidak dilengkapi dengan durability yang mumpuni sehingga akan mudah tewas apalagi saat di-ganking.
  • Kemampuan Crowd Control yang Terbatas. Berikutnya adalah kemampuan crowd control yang sangat terbatas. Kemampuan crowd control ini diberikan pada ultimate milik Paquito itu sendiri, sayangnya crowd control tersebut hanya memberikan efek slow saja. 
  • Lifesteal yang Kurang Deras. Kelemahan terakhir dari Paquito adalah ketidakhadirannya kemampuan lifesteal. Dan hanya mengandalkan lifesteal dari spell vamp saja, yang mana hanya dapat aktif ketika menyerang dengan menggunakan skill miliknya. Jadi sangat sulit jika ingin menjadikan Paquito sebagai offlaner.

Setelah saya menjelaskan tentang kelebihan dan kelemahan hero ini ,saya akan melanjutkan tentang Skill Set dan penggunaan combo hero ini.

Skill Set & Combo Hero Paquito Mobile Legends

Skill Set

  • Skill Pasif – Champ Stance

Skill Pasif - Champ Stance

Skill pasif ini tidak memiliki cooldown. Ketika digunakan dengan benar bersama kombo skill-nya, dia dapat menyerang secara terus-menerus. Sehingga, bisa memberikan damage yang besar.

 

  • Skill 1 – Heavy Left Punch

Skill 1 - Heavy Left Punch

Skill ini berguna untuk membuat Paquito bertahan hidup. Shield yang diberikan sebelum dan setelah diperkuat dapat di stack. Dengan demikian, dapat menyerap damage dalam jumlah besar, selain itu juga meningkatkan kemampuan bertahan hidup.

  • Skill 2 – Jab

Skill 2 - Jab

Skill ini merupakan salah satu sumber damage utama dari Paquito. Dengan menggunakan pasif-nya, dia dapat menggunakan Jab dua kali secara instan untuk memberikan damage besar. Pastikan sebelum mulai untuk mengambil skill 2 ini terlebih dahulu.

  • Skill 3 Ultimate – Knockout Strike

Skill 3 Ultimate - Knockout Strike

Skill ini sangat berguna ketika teamfight. Setelah diperkuat, efek crowd control yang digandakan tidak pernah gagal dalam melakukan ganking atau mengeliminasi hero lawan.

 

Combo Skill Paquito

Setelah saya memainkan hero ini di mode custom, berkreasi dan mencari referensi, saya menemukan beberapa combo skill yang menarik dan mematikan untuk hero ini. Apa saja itu?

  • Combo Paquito #1: Durability.

    Pertama untuk dapatkan durability, seperti kita tahu bahwa skill 1 miliknya akan memberikan shield yang bisa membuat bertahan di teamfight. Terkait hal itu inilah combo untuk dapatkan durability yang terbaik adalah combo 1-3-2-1-1. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan shield yang maksimal di akhir kombo tersebut. Cocok untuk digunakan untuk bertahan lebih lama di teamfight.

  • Combo Paquito #2: Damage.

    Skill 2 Paquito memberikan damage cukup besar, kalian bisa manfaatkan skill ini untuk memberikan damage maksimal. Combo untuk dapat damage maksimal adalah combo 2-1-3-2-2. Dengan menggunakan combo ini dipastikan damage yang masuk ke lawan sangat besar. Bisa kamu gunakan jika ingin solo kill ke lawan.

  • Combo Paquito #3: Crowd Control.

    Skill 3 atau skill Ultimate milik Paquito dalam mode Champs akan memberikan efek airborne yang cukup baik untuk membuat lawan terkena efek crowd control. Jadi, combo terbaik untuk melakukan crowd control adalah combo 3-2-1-3-3. 

Item Build Hero Paquito Mobile Legends

Build Item Hero Paquito

Dari semua Fighter atau hero yang ada, hanya Paquito yang punya kemampuan menghilangkan cooldown. Berbekal informasi pasif-nya, saya akan memberikan rekomendasi build item terbaik untuk memaksimalkan skill pasif Paquito. Tentunya, build yang akan diberikan merupakan pertimbangan dari seluruh kemampuan yang dimiliki olehnya. Di sini, saya mengandalkan attack speed Paquito.

  • Swift Boots/Warrior Boots

Item_Swift_Boots

Swift Boots merupakan item sepatu yang bisa meningkatkan attack speed hero. Ketika membeli item ini, Paquito akan mendapatkan tambahan attack speed sebesar 15%. Hal ini akan mampu membantu mempercepat perolehan 4 stack dari pasif. Dengan begitu, kalian bisa spam skill di awal game.

Pasalnya, Champ Stance yang merupakan pasif dari Paquito akan menghilangkan cooldown skill jika musuh terkena 4 kali pukul dari skill/basic attack, maka pasif ini juga akan meningkatkan seluruh skill-nya menjadi lebih kuat. Dengan adanya Swift Boots, di awal game kalian akan mendapatkan kemudahan untuk memperoleh stack.

  • Golden Staff

Item_Golden_Staff

Item kedua yang harus dibuat untuk Paquito adalah Golden Staff. Selagi kalian memiliki critical chance dari Emblem Assassin, kuantitasnya akan dikonversi menjadi attack speed.

Jika ditambah lagi dengan efek Golden Staff sebesar 30%, tentunya serangan kalian akan semakin cepat. Dari kemampuan item ini kalian jangan pernah takut untuk terus menyerang lawan. Apalagi ada tambahan stack dari Golden Staff yang mampu meningkatkan serangan setiap dua kali pukul. Ketika penuh, tiga serangan selanjutnya akan ditambahkan damage-nya. Selain bisa spam skill, Golden Staff akan memaksimalkan basic attack dari Paquito.

  • Endless Battle

Item Endless Battle

Kemudian item ketiga adalah Endless Battle. Dikarenakan hero ini bisa melakukan spam skill, kalian perlu item yang mampu memaksimalkan daya serangnya. Endless Battle adalah tambahan yang paling efektif untuk Paquito. Pasalnya, spam skill yang dilakukannya akan dimaksimalkan dengan true damage berkat efek pasif unik. Hal ini yang akan membuatnya semakin kuat kala harus duel dengan musuh.

  • Immortality

Item_Immortality

Immortality bisa memperpanjang umur sekaligus meminimalisir kematian. Ketika spawn ulang, kalian bisa kabur dengan skill atau bantuan dari Battle Spell Flicker. Paquito juga punya skill dash bernama Jab. Dengan adanya skill ini, kalian bisa lari dari kejaran musuh yang mencoba membunuh kalian. Adanya Immortal juga membuat kalian semakin berani untuk masuk ke dalam pertempuran. Pasalnya, Paquito cocok untuk menjadi inisiator serangan. Resiko yang akan diterima memang tinggi, maka dari itu kalian perlu memiliki Immortality demi memenuhi tugas seorang Fighter.

  • Queen’s Wings

Item Queen's Wings

Tentunya, di pertandingan kita tidak bisa memprediksi seberapa kuat musuh. Adanya item selanjutnya adalah Queen’s Wings. Ketika darah kalian berada di bawah 40% maka damage yang diterima akan dikurangi sebesar 40% juga. Dengan begitu kalian memiliki daya tahan yang cukup tinggi ketika sudah memasuki mid game. Mengingat musuh juga telah melengkapi beberapa itemnya, Queen’s Wings akan menjadi penyelamat ketika teamfight.

Apalagi adanya tambahan lifesteal juga sangat menguntungkan Paquito. Selagi melakukan spam skill, darah bisa kembali penuh. 

  • Blade of Despair

Item_Blade_of_Despair

Item physical damage paling mematikan di Mobile Legends ini menjadi barang yang wajib dibeli ketika menyentuh late game. Mengingat musuh sudah punya daya tahan yang tinggi, Blade of Despair mampu menjebol pertahanan tersebut dengan mudah. Dengan bekal 160 physical attack, Paquito akan jadi Fighter yang mematikan.

Blade of Despair juga memberikan efek 5% movement speed. Kecepatan gerak ini harus dimanfaatkan ketika mencoba untuk mengincar musuh yang lembek seperti Marksman atau Mage. Bisa dijamin ketika melakukan kombo skill, musuh “auto meninggal” kalau sudah punya Blade of Despair.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Paquito

Emblem

  • Custom Assassin Emblem

Custom Assassin Emblem Hero Paquito

Untuk set Emblem, saya bisa menyarankan untuk menggunakan Custom Assassin Emblem dengan susunan seperti di atas dengan Talent Killing Spree atau Bounty Hunter. 

Battle Spell

  • Battle Spell Flicker

Battle Spell Flicker

Sebagai hero yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi berkat ditunjang dengan set skill-nya tidak menutup kemungkinan juga untuk menggunakan Flicker sebagai skill escape pendukung. Gunakan battle spell Flicker untuk escape/melarikan diri agar bermain secara aman.

  • Battle Spell Execute

Battle Spell Execute

Tetapi, jika kalian pemain yang sangat agresif dan bar-bar, kalian bisa menggunakan battle spell Execute. Jika kalian gagal mengeliminasi musuh dengan combo, kalian bisa menggunakan Execute.

 

Counter Hero Paquito

Meskipun overpowered, tapi Paquito punya kelemahan ketika berhadapan dengan beberapa hero yang akan saya sebutkan kali ini. Sejauh ini, mereka adalah counter terbaik yang bisa kalian pakai untuk melawan Paquito. Siapa saja itu?

Yu Zhong (Fighter)

Hero Yu ZhongBerkat skill-nya, Yu Zhong bisa berubah menjadi naga yang sulit untuk diserang oleh Paquito. Soalnya ketika bertransformasi, dirinya kebal crowd control. Dengan begitu akan sangat mudah bagi Yu Zhong melancarkan damage kepada Paquito.

Esmeralda (Tank/Mage)

Hero EsmeraldaSaat menggunakan Esmeralda dan menghadapi Paquito, kalian perlu memaksimalkan cooldown skill. Bisa dengan memakai Emblem Support atau membeli item-item andalan seperti Enchanted of Talisman. Dengan begini, kalian bisa duel spam skill dengan Paquito. Tambahan shield yang dimiliki Esmeralda sangat berpengaruh terhadap daya tahannya ketika melawan hero baru ini.

Selain itu, spam skill 2 akan jadi sangat berpengaruh untuk menguras habis darah Paquito. Mengingat jarak serangnya pendek, kalian bisa memanfaatkan hal ini dengan terus melakukan spam skill.

Chou (Fighter)

Hero ChouTak bisa dipungkiri lagi bahwa Chou adalah counter alami dari Paquito. Soalnya ada beberapa aspek yang mengunggulkan Chou ketika mereka berdua adu kemampuan di lane. Chou punya immune dari ultimate Paquito yang telah ditingkatkan lewat Champ Stance. Nah, mengingat Paquito butuh waktu untuk kembali mengeluarkan crowd control kalian bisa melakukan counter attack dengan kombinasi skill 1 dan ultimate Chou.

Kesimpulan

Nah, menggunakan Paquito memang susah-susah gampang. Yang kalian perlukan hanyalah memanfaatkan skill pasif-nya saja dan memperhitungkan cooldown yang dimiliki Paquito.

Selain itu, Paquito merupakan hero Fighter lincah yang dapat memperkuat skill-nya dan menggunakan kombo skill untuk mengalahkan lawan ketika duel maupun team fight.


Sudah punya hero satu ini? Yuk top up sekarang!

Media Partnership