[Build MLBB] Cara Main Hero Saber Mobile Legends Setelah Revamp

0
16
Cara Main Hero Saber Mobile Legends
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Beberapa hari lalu saya telah membuat artikel tentang Build MLBB Cara Bermain Hero Lancelot, kali ini saya akan kembali lagi menulis tentang build MLBB, yaitu hero Mobile Legends Saber. Seorang Assassin yang terlupakan dan jarang ada peminatnya.

Nah, bagaimana build, tips, trik dan skill-skill yang dimiliki hero Saber ini? Langsung saja kita ke pembahasannya.

Mengenal Hero Saber Mobile Legends

Saber adalah salah satu hero Assassin yang cukup populer di Mobile Legends, hero yang baru saja di-revamp oleh Moonton ini sekarang sangatlah mematikan dan overpowered.

Saber memiliki julukan “One Hit One Kill” yaitu julukan yang diberikan karena hero ini mampu membunuh lawannya hanya dengan satu kombo saja. Karena hal tersebutlah, kini Saber menjadi hero yang menakutkan bagi hero Marksman, Mage bahkan sesama hero Assassin.

Review Hero Saber Mobile Legends

Review Hero Saber CoverSaber adalah salah satu hero revamp yang banyak dimainkan di classic ataupun di ranked. Saber menjadi hero Assassin tentu memiliki mobilitas yang tinggi dan juga mempunyai kemampuan clearing lane yang tinggi.

Tak jarang di META sekarang yang mengharuskan Assassin sering melakukan rotasi menjadi salah satu hero favorit untuk saat ini. Nah, dikarenakan Saber ini di-revamp oleh Moonton, kali ini saya akan memberikan build item yang pas bagi Saber.

Tetapi sebelum itu, saya seperti biasa akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kelemahan hero ini. Apa saja itu?

Kelebihan Saber Mobile Legends

  • Memiliki Damage Yang Sangat Besar. Sebagai seorang Assassin diwajibkan memiliki damage yang besar. Damage ini didapatkan dari kemampuan skill 3 ultimate Saber yang dapat mengunci pergerakan hero lawan. Dengan tebasan yang cepat, Saber dapat menyerang lawan dengan mudah. Damage yang dihasilkan tidak tanggung-tanggung, untuk menyerang hero lawan, damage yang diberikan sudah cukup untuk membuat lawan kalah sekaligus dengan mudah. Serangan ini membuatnya dapat dengan mudah menjadi seorang Assassin yang mematikan.
  • Mudah Untuk Dimainkan. Sebagai hero Assassin tentu saja memainkan hero tersebut terbilang membutuhkan skill yang mumpuni. Dengan hero Saber yang mana dapat kalian mainkan dengan sangat mudah. Hero satu ini bisa dibilang merupakan hero Assassin paling mudah yang bisa kalian mainkan, terlebih dengan kemampuan Saber yang terbilang cukup mumpuni dan juga mudah dimainkan.
  • Memiliki Mobilitas Yang Sangat Baik. Saber memiliki mobilitas yang sangat baik berkat kemampuan skill 2. Skill tersebut dapat memberikan mobilitas yang sangat baik pada Saber. Dengan menggunakan skill 2 ini Saber dapat dengan mudah kabur dan mengejar lawannya. Skill 2 ini memberikan dash pada lawan dengan menyerang menggunakan pisau belati di tangan, menyebabkan damage dan juga mendapatkan sedikit immobilization dari serangan lawan.

Kelemahan Saber Mobile Legends

  • Serangan Yang Lambat. Kelemahan pertama Saber adalah serangan attack speed yang lambat. Berbeda dengan hero lainnya yang mengandalkan attack speed. Saber sendiri merupakan salah satu hero yang memiliki basic attack yang cukup lambat. Serangan inilah yang membuatnya tidak begitu dapat berguna ketika melawan satu lawan satu dalam suatu pertandingan. Dikarenakan attack speed lambat tersebut membuat Saber hanya dapat mengandalkan skill-nya saja
  • Sulit Melakukan Farming. Seperti yang kalian ketahui bahwa attack speed milik Saber sangat lambat yang mana membuatnya akan sangat sulit dalam melakukan farming khususnya ketika early game. Untuk melakukan farming dengan lancar pastikan bahwa kalian sudah memiliki setidaknya satu item tanggung seperti Blade of Despair agar dapat memudahkannya untuk melakukan farming. 
  • Memiliki HP Yang Tipis. Sebagai hero Assassin ia sangat rentan terhadap serangan dadakan hero lain. Walaupun memiliki mobilitas yang cukup, namun tidak secepat hero Assassin lain. Hero ini juga memiliki HP yang sangat tipis sehingga membuatnya sangat sulit dalam beradaptasi, kalian membutuhkan setidaknya satu item defense agar membuatnya kuat, terlebih Saber merupakan hero yang memiliki kemampuan initiator.

Nah, itu merupakan kelebihan dan kelemahan hero Saber. Cukup mengesankan dan sedikit tidak berguna saat early game ya.

Skill Set & Combo Hero Saber Mobile Legends

Skill Set

  • Skill Pasif – Enemy’s Bane

Skill Pasif - Enemy's Bane

Saber akan mereduce/mengurangi physical defense lawan sebanyak 7 point. Dapat di-stack hingga 5 kali selama 5 detik. Artinya, Saber dapat menghilangkan total physical defense lawan sebanyak 35.

 

  • Skill 1 – Orbiting/Flying Swords

Skill 1 - Orbiting Swords

Saber mengeluarkan 5 Flying Sword, setiap terkena musuh memberikan damage 50 (+25% physical defense), Flying Sword berputar di sekitar Saber dan akan kembali.

Saat Flying Sword masih berputar di sekitar Saber, setiap basic attack akan memberikan damage 100 (+50% extra physical attack).

  • Skill 2 – Charge

Skill 2 - Charge

Saber maju ke depan dan memberikan damage 50 (20% extra physical attack)

Saber memperoleh tambahan basic attack 50 (100% total physical attack) dan efek slow 60% selama 1 detik.

  • Skill 3 Ultimate – Triple Sweep

Skill 3 Ultimate - Triple Sweep

Saber memberikan damage ke lawan dan knock di udara selama 1,2 detik, memberikan damage 3 kali blow. Setiap blow memberikan damage 120 (+100% extra physical attack)

Jika kita melihat revamp Saber, perubahan yang signifikan terjadi adalah meng-improve damage dari Saber sehingga hero ini akan menjadi top pick lagi.

Combo Hero Saber Mobile Legends

Ketika ingin membunuh lawan, kalian tidak boleh asal pencet skill, ada combo atau kombinasinya agar target yang terkunci benar-benar bisa terbunuh. Ada dua combo skill Saber yang bisa kamu ikuti yaitu: 

  1. Gunakan combo skill 2, skill 3 ultimate, skill 1 dan basic attack apabila jangkauan skill ultimate-mu tidak menjangkau lokasi target. 
  2. Gunakan combo skill 3 ultimate, skill 1, basic attack dan skill 2 apabila skill ultimate-mu menjangkau lokasi target.

Selalu ingat, gunakan skill 3 ultimate Saber ini kepada hero lawan yang memiliki HP tipis seperti Support, Marksman atau Mage. Sehingga dengan sekali combo, mereka akan tewas.

Build Item Hero Saber Mobile Legends

Build Item Hero Saber

Berikut adalah rekomendasi build item Saber full damage.

  • Magic Shoes

Item Magic Shoes

Item pertama ada Magic Shoes. Item ini digunakan untuk membuat cooldown dari skill-skill Saber berkurang cepat cooldown-nya, sehingga Saber bisa terus mengeluarkan skill-nya dengan cepat.

 

  • War Axe

Item War Axe

Item War Axe overpowered di patch terbaru juga cocok digunakan oleh Saber dengan penggunaan skill 1, Saber bisa dengan cepat mengumpulkan stack dan mendapatkan hasil maksimal dari pasif item ini, sehingga lebih gesit dalam melakukan instant kill.

  • Blade of Heptaseas

Item Blade of Heptaseas

Item Blade of Heptaseas ini bisa mengurangi armor musuh dan ini tentu bersinergi dengan skill 1 milik Saber sehingga damage yang diberikan skill 3 ultimate miliknya akan semakin maksimal.

 

  • Blade of Despair

Item_Blade_of_Despair

Berikutnya ada Blade of Despair. Item ini bisa langsung jadi pilihan kamu agar dapatkan hasil maksimal damage dari skill 3 ultimate sehingga kamu bisa memastikan lawan kamu bisa di instant kill serta tambahan movement speed membuatnya berotasi dengan cepat.

  • Malefic Roar

Item_Malefic_Roar

Item Malefic Roar merupakan item tambahan physical penetration yang membuatnya semakin mudah lagi untuk dapatkan instant kill. Malefic Roar juga termasuk item yang cukup murah sehingga bisa maksimal untuk di late game.

  • Hunter Strike

Item Hunter Strike

Terakhir ada Hunter Strike. Item ini memberikan tambahan movement speed yang membuat Saber juga bisa bergerak dengan lebih cepat lagi dalam melakukan roaming dan kill musuh.

 

  • + tambahan item defense Immortality atau Queen’s Wings.

Item_ImmortalityItem Queen's Wings

Dikarenakan Saber merupakan hero yang HP tipis, jangan lupa untuk menggunakan salah satu item defense di atas. Saya merekomendasikan Immortality atau Queen’s Wings.

 

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Saber MLBB

Emblem

Rekomendasi Emblem SaberMengingat Saber adalah hero Assassin, maka emblem terbaik untuk hero ini adalah Custom Assassin. Emblem ini sangat cocok untuk hero Saber karena mampu memperkuat damage-nya di early game, serta meningkatkan durabilitas-nya juga. Berikut penjelasannya;

  1. Tiga poin pertama pada halaman talent pertama silahkan pilih (Bravery), talent ini berfungsi meningkatkan physical attack Saber. 
  2. Tiga poin selanjutnya silahkan pilih (Invasion), talent ini berfungsi mengurangi physical defense target. 
  3. Lalu satu poin terakhir sebagai talent silahkan pilih (High and Dry) talent yang satu ini mampu meningkatkan physical attack Saber sebesar 6% saat 1 vs 1.

Battle Spell

Ada 2 battle spell yang saya rekomendasikan:

  • Battle Spell Retribution

Battle Spell Retribution

Sebagai seorang Assassin, Saber bisa menggunakan battle spell Retribution. Mengapa? Karena diwajibkan Assassin untuk cepat naik level dan farming lebih cepat juga, dengan begitu maka build item Saber akan cepat jadi.

  • Battle Spell Petrify

Battle Spell Petrify

Saber juga bisa menggunakan battle spell Petrify. Ini akan memberikan efek stun beberapa detik kepada hero lawan. Gunakan Petrify ketika kalian telah melakukan ultimate ke hero lawan, kemudian stun/Petrify yang dilanjutkan dengan skill 1 + basic attack.

Counter Hero Saber Mobile Legends

Meskipun Saber memiliki skill yang sifatnya “instant kill”, ternyata hero ini sangat mudah di counter dengan hero di bawah ini. Siapa saja itu?

Hero Counter Saber #1: Diggie (Support)

Hero DiggieSebagai seorang Support, Diggie memanglah membantu rekan tim-nya untuk memudahkan jalannya pertandingan. Apalagi hero ini dilengkapi dengan skill yang sangat mumpuni agar rekan tim-nya bisa berhadapan dengan jenis hero apapun, salah satunya adalah Saber.

Semua berkat skill 3 ultimate-nya, yaitu Time Journey. Ketika mengaktifkan skill ini, maka semua rekan tim yang berada di area ultimate akan kebal dari segala macam jenis crowd control.

Meskipun Saber punya efek suppressed, target bisa langsung terlepas dan damage dari ultimate-nya juga berhenti saat itu juga. Hal ini akan mengamankan jungler tim yang selalu jadi incaran Saber.

Hero Counter Saber #2: Martis (Fighter)

Hero MartisJika deret dengan hero-hero anti crowd control, Martis berada di urutan teratas. Skill 2 miliknya bisa menangkal stun, slow, bahkan suppressed sekalipun. Hal ini yang membuat Martis unggul ketika berhadapan dengan Saber.

Sebisa mungkin, tahan skill 2 kalian ketika melawan Saber. Kalaupun terpaksa menggunakannya, jangan sampai tiga kali. Cukup 2 serangan saja agar cooldown skill 2 Martis tidak terlalu lama. Hal ini akan membuat pengguna Saber pikir dua kali jika ingin bermain agresif. 

Hero Counter Saber #3: Jawhead (Fighter)

Hero JawheadKeunggulan damage yang besar, daya tahan tinggi, serta kebal dari crowd control membuat Jawhead jadi petarung yang memiliki banyak keunggulan di pertarungan. Untuk melawan Saber, memang harus memperhitungkan langkah, soalnya area serang Jawhead tidak seluas Saber yang bisa memutar-mutar pedangnya.

Ketika menggunakan Jawhead, kalian harus memiliki momentum untuk melancarkan serangan. Seketika durasi skill 1 Saber habis, maka kalian langsung maju membersihkan minion/creep atau melakukan penyerangan balik.

Jika Saber mengaktifkan ultimate-nya, kalian juga bisa langsung menekan skill andalan Jawhead untuk terhindar dari efek knock up, sehingga penggunaan skill Saber jadi sia-sia.

Kesimpulan

Saber adalah hero role Assassin yang memiliki skill “instant kill”, apalagi jika Saber ini sudah memiliki full build item yang akan menghasilkan damage yang besar, sehingga sekali kombo makan lawan akan tewas.

Tetapi dengan kelebihan itu, Saber sangat rentan terhadap hero yang memiliki skill crowd control yang akan men-disable seluruh skill-nya, serta Saber memiliki HP yang tipis, sehingga akan mudah dilawan oleh hero yang memiliki damage besar.

That’s it. Penjelasan tentang build dan cara bermain hero Saber. Semoga membantu kalian yang ingin mempelajari hero ini.

Media Partnership