[Build MLBB] Cara Main Hero Gusion Mobile Legends

1
17
Cover Hero Gusion Mobile legends
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Beberapa hari lalu saya telah membuat artikel tentang Build MLBB Cara Bermain Hero Lancelot, kali ini saya akan kembali lagi menulis tentang Build MLBB, yaitu hero Mobile Legends Assassin yang menjadi top pick, Gusion.

Nah, bagaimana build, tips, trik dan skill-skill yang dimiliki hero ini? Langsung saja kita ke pembahasannya.

Mengenal Hero Gusion Mobile Legends

Mobile legends mempunyai hero-hero yang memiliki role-nya masing-masing, terutama role Assassin. Role Assassin adalah role yang menyerang barisan belakang musuh untuk mengincar anggota dengan HP sedikit namun mempunyai damage yang lumayan besar.

Pada gim Mobile Legends, sudah mempunyai berbagai Assassin yang lumayan terkenal seperti Saber, Fanny, Helcurt. Namun dari ketiga hero tersebut ada satu Assassin yang unik dan memiliki hybrid role seperti Karina, yaitu Gusion. Gusion memiliki role Assassin/Mage.

Review Hero Gusion Mobile Legends

Review Hero Gusion CoverSiapa yang tidak mengenal Gusion? Hero yang ahli menggunakan pisaunya untuk menyerang musuh dan mempunyai damage yang lumayan besar. Gusion juga mempunyai damage yang termasuk ke dalam jenis magical damage.

Gusion adalah seorang Assassin/Mage yang memiliki spesialisasi dalam hal charge dan burst. Sama halnya seperti Karina, damage yang dihasilkan oleh Gusion bersifat magic. Assassin bertipe magic seperti ini biasanya mampu menghabisi hero-hero Tank dengan cukup cepat karena mereka memiliki pertahanan magic yang rendah.

Tetapi sebelum itu, saya seperti biasa akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kelemahan hero ini. Apa saja itu?

Kelebihan Gusion Mobile Legends

  • Combo Skill Sangat Mematikan. Kelebihan pertama terletak pada combo skill-nya yang sangat mematikan. Kalian bisa menggunakan skill ini untuk memberikan damage besar pada lawan sekaligus, dengan skill 1 > skill 2 > skill 3 > skill 2 akan langsung membuat lawan mati seketika. Combo skill tersebut merupakan andalan terbaik bagi Gusion dan bahkan kalian dapat melakukan spam skill dengan cepat. 
  • Memiliki Damage Area Yang Luas. Hal ini bisa dikeluarkan dari skill 2 Gusion yang memberikan 5 pisau/daggers ke berbagai serangan lawan. Dengan serangan yang tersebut akan memberikan area serangan yang sangat luas dan dapat menjangkau semua lawan. Skill ini juga dapat dicampurkan dengan ultimate sehingga Gusion bisa menggunakannya sebanyak 2x. Dengan begitu, Gusion bisa mengeluarkan skill 2 sekali lagi dan akan menghasilkan 10 pisau/daggers, kalian bisa memberikan damage lebih luas dan sangat membantu ketika teamfight berlangsung.
  • Memiliki Mobilitas Yang Sangat Baik. Hero satu ini memungkinkan kalian untuk bergerak dengan cepat. Mobilitas tersebut dikarenakan Gusion memiliki HP yang tipis sehingga kalian harus pandai dalam melancarkan setiap serangan. Dengan mobilitas tinggi tersebut memungkinkan Gusion dapat bergerak dengan cepat, mengejar musuh dengan mudah serta melarikan diri dengan mudah. Yang membuatnya fleksibel dan worth it untuk dimainkan di setiap pertandingan.
  • Skill Cooldown Yang Sangat Cepat. Hal ini sangat membantu Gusion dalam suatu gameplay, dirinya dapat melakukan spam skill lebih sering dengan memberikan damage mematikan setiap saat dikarenakan cooldown yang singkat.

Kelemahan Gusion Mobile Legends

  • Memiliki HP Yang Tipis. Hal ini mengharuskan kalian untuk bermain Gusion dengan menggunakan serangan yang cepat dan safety.
  • Sangat Bergantung pada Buff. Ketika bermain Gusion, pastinya kalian hafal betul ketika bermain di early game. Kalian akan langsung mendapatkan buff dan melanjutkan permainan. Buff ini dapat membantu Gusion untuk mendapatkan efek cooldown yang lebih cepat sekitar 20% dan menghemat penggunaan Mana sebanyak 50%. Hal ini sangat wajib untuk digunakan oleh Gusion karena hero tersebut memang sangat boros Mana.
  • Hero Yang Sulit Dikuasai. Jika kita melihat pro player menggunakan hero Gusion memang cukup mudah dan simple. Namun untuk menguasai keseluruhan skill Gusion tidaklah mudah. Kalian harus mengandalkan kecepatan jari untuk bermain kombo serta harus hafal timing dan kapan harus menyerang. Jika salah dan jari kalian lambat maka kalian tidak dapat secara optimal untuk memainkan Gusion.

Nah, itu merupakan kelebihan dan kelemahan hero Gusion. Cukup banyak hal yang harus dipahami terutama timing penggunaan skill-nya dan kombo.

Skill Set & Combo Hero Gusion Mobile Legends

Skill Set Gusion

  • Skill Pasif – Dagger Specialist

Skill Pasif - Dagger Specialist

Setiap kali Gusion mengeluarkan skill akan mendapatkan rune untuk senjatanya. Setelah 3 rune terkumpul, serangan basic selanjutnya menjadikan 10% damage atas hilangnya HP musuh.

 

  • Skill 1 – Sword Spike

Skill 1 - Sword Spike

Gusion mengeluarkan dagger ke arah yang ditentukan, dan musuh yang terkena akan terkena serangan fisik. Tekan sekali lagi untuk langsung menuju ke tempat musuh yang terkena dagger tersebut.

 

  • Skill 2 – Shadowblade Slaughter

Skill 2 - Shadowblade Slaughter

Gusion mengeluarkan 5 dagger ke arah yang ditentukan, dan tekan kembali untuk mengembalikan dagger tersebut ke arah Gusion.

 

  • Skill 3 Ultimate – Incandescence

Skill 3 Ultimate - Incandescence

Gusion bisa berpindah ke tempat yang telah ditentukan, setelah menggunakan skill ini, skill 1 dan 2 bisa langsung digunakan kembali alias di-reset. Dan dengan menggunakan skill ini akan menambah movement speed Gusion selama 4 detik. Kemudian kalian bisa menggunakan skill ini lagi untuk berpindah ketempat yang telah ditentukan.

Selain itu, setelah di-reset kalian bisa menggunakan skill 2 kembali sehingga Gusion mengeluarkan 10 daggers yang menghasilkan damage yang besar.

Combo Skill Gusion

Sebenarnya ada berbagai variatif kombo skill yang digunakan Gusion, tetapi umumnya kalian bisa menggunakan kombo di bawah ini.

Skill 2 – Skill 3 ultimate – Skill 2 – Skill 1 (kenai lawan) – Skill 1 (untuk mendekati lawan) – Skill 2”

Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Gusion melemparkan 5 daggers ke arah yang ditentukan, gunakan skill 3 ultimate ke arah yang ditentukan sehingga akan mereset cooldown skill 1 dan 2. Setelah itu, gunakan kembali skill 2 sehingga Gusion mengeluarkan 10 daggers ke arah yang ditentukan, gunakan skill 1 kemudian incar hero yang memiliki hp tipis, tekan skill 1 lagi untuk mengejarnya sambil menekan skill 2 agar 10 daggers tadi kembali ke Gusion dan mengenai hero lawan.

Memang terdengar sulit, tetapi jika terus berlatih kamu mungkin akan segera terbiasa.

Build Item Hero Gusion Mobile Legends

Build Item Hero Gusion

  • Magic Shoes

Item Magic Shoes

Selain meningkatkan movement speed, item ini juga memiliki pengurangan cooldown memberikan kesempatan bagi hero Mage atau Support untuk spam skill di early game.

 

  • Fleeting Time

Item Fleeting Time

Kemudian ada Fleeting Time. Item ini sangat direkomendasikan untuk hero yang mengandalkan ultimate-nya untuk menyerang lawan. Kegunaan item ini yaitu setiap kill dan assist yang didapatkan akan mengurangi waktu cooldown dari skill ultimate yang kamu miliki sehingga menjadi singkat.

  • Holy Crystal

Item_Holy_Crystal

Item berikutnya ada Holy Crystal. Item burst damage ini sangat wajib digunakan untuk memberikan serangan kejutan kepada lawan. Penggunaan skill secara berulang kali akan menambah magic damage yang diberikan oleh item ini.

  • Concentrated Energy

Item_Concentrated Energy

Yang spesial dari item ini sebenarnya bukan magical lifesteal yang ia miliki. Walaupun magical lifesteal berguna, namun item ini juga memiliki kemampuan unik, yakni dapat meregenerasi HP setiap berhasil membunuh lawan.

Jadi selain mendapatkan darah dari magical lifesteal, kamu juga bisa meregenerasi darah ketika berhasil membunuh lawan.

  • Divine Glaive

Item_Divine_Glaive

Kemudian ada Divine Glaive. Item yang sering dikombinasikan dengan Holy Crystal ini memang sangat bagus. Item yang dapat meningkatkan damage hero Support ini sangat cocok digunakan untuk Mage yang punya damage burst tinggi.

Dengan skill uniknya yaitu ketika HP yang kamu miliki diatas 70% maka efek unik akan ditingkatkan sebanyak 30%.

  • Calamity Reaper

Item Calamity Reaper

Item terakhir yaitu Calamity Reaper. Item ini selain menambah Mana, item ini juga bisa memberikan efek true damage kepada lawan jika kamu menggunakan skill dalam 3 detik. True damage yang diberikan lumayan besar yakni 120% dengan cooldown yang sangat singkat yakni 1,5 detik saja.

Nah, itulah beberapa item rekomendasi mengenai build item hero Gusion Mobile Legends. Selamat mencoba dan bereksperimen.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Gusion

Emblem

Dikarenakan hero ini memiliki role hybrid, maka Emblem yang cocok untuk digunakan Gusion sebagai hero Mage di mid lane sebenarnya ada dua yakni emblem Support dengan efek battle Avarice (yang dikombinasikan dengan Mastery + Recovery) dan emblem Mage dengan efek battle Magic Worship (yang dikombinasikan dengan Agility + Contract).

Kalian bebas memilih Emblem sesuai kondisi lawan, kalau saya merekomendasikan talent Magic Worship karena emblem ini akan meningkatkan damage dan menyebabkan efek burn in kepada lawan. 

Battle Spell

Battle Spell Retribution

Gusion paling cocok menggunakan battle spell Retribution saat menjadi hyper carry. Battle spell ini sangat penting terutama saat farming, levelling dan mencuri Lord atau Turtle. Tak hanya itu, Retribution juga memberikan bonus gold dan exp ketika hyper berhasil membunuh monster di hutan. Dengan begitu, Gusion akan cepat naik level dan membuat build item-nya.

Counter Hero Gusion

Meskipun Gusion memiliki skill yang sifatnya damage area, ternyata hero ini sangat mudah di counter dengan hero di bawah ini. Siapa saja itu?

Hero Counter Gusion #1: Chou (Fighter)

Hero ChouChou merupakan counter segala hero, termasuk Gusion. Dengan Way of Dragon dan Shunpo miliknya, dijamin kombo Gusion tidak akan berjalan dengan semestinya.

Saat Gusion melakukan dive untuk melakukan kombo, Chou dengan Way of Dragon yang tepat membuat Gusion tak akan berdaya.

Hero Counter Gusion #2: Ruby (Fighter)

Hero RubyRuby punya mekanisme yang sama dengan Chou. Karena Gusion bermain dengan jarak dekat, maka Ruby dengan kombo skill 2 dan skill 3 miliknya, Gusion diyakini tak akan bisa melakukan kombo dengan benar dikarenakan efek skill crowd control milik Ruby.

Hero Counter Gusion #3: Hylos (Tank)

Hero HylosSlow dari skill 2 miliknya bisa membuat Gusion kesulitan, belum lagi stun dari skill 1 yang makin membuat Gusion kewalahan. Akan sangat mudah mengcounter Gusion dengan Hylos.

Hero Counter Gusion #4: Khufra (Tank)

Hero Khufra CoverKhufra diyakini masih menjadi top pick bagi para Tanker. Dengan begitu sangat cocok untuk menjadikan counter hero Gusion. Penggunaan skill crowd control Khufra membuat skill blink dan combo milik Gusion dipercaya tidak bakal bisa dilakukan saat menghadapi Khufra.

Hero Counter Gusion #5: Lolita (Tank)

Hero LolitaCounter Gusion terakhir ialah hero Lolita. Lolita memiliki shield yang serbaguna, selain bisa menghalangi ultimate milik Chang’e, Lolita juga bisa berguna untuk menghadapi Gusion. Dengan shield yang ada dipercaya Gusion akan gagal kombo dan tidak merasakan damage dari Gusion tersebut.

Kesimpulan

Gusion adalah hero dengan role hybrid Assassin/Mage yang memiliki skill cukup kompleks dan sulit dikuasai. Penggunaan combo dan timing yang tepat membuat Gusion sangat overpowered, sehingga jika hero lawan terkena combo ini akan cepat tewas.

Tetapi dengan kelebihan itu, Gusion sangat rentan terhadap hero yang memiliki skill crowd control yang akan men-disable seluruh skill-nya, serta Gusion memiliki HP yang tipis, sehingga akan mudah dilawan oleh hero yang memiliki damage besar.

That’s it. Penjelasan tentang build dan cara bermain hero Gusion. Semoga membantu kalian yang ingin mempelajari hero ini.

Media Partnership