[Build Mobile Legends] Cara Main Hero Clint MLBB

943
cara main clint mobile legends mlbb

Beberapa hari yang lalu, saya telah membuat pembahasan tentang Cara Main Hero Moskov Mobile Legends. Kali ini, saya akan membahas tentang hero Marksman bernama Clint MLBB. Penasaran dengan hero satu ini? Mari langsung saja kita bahas!

Mengenal Hero Clint MLBB

Clint adalah salah satu hero Marksman paling sulit untuk dikuasai di Mobile Legends, semua skill yang dimiliki hero ini harus diarahkan. Meski begitu, hero ini memiliki damage yang sangat besar di late game, Clint bisa membunuh hero lawan hanya dalam sekali combo.

Review Hero Clint MLBB

Hero Clint review coverClint merupakan hero role Marksman di game MOBA Mobile Legends yang dapat memberikan burst damage yang sangat besar. Dengan menggunakan build item yang benar, hero ini bisa membunuh hero lawan dengan beberapa kali tembakan saja.

Gameplay dari Clint ini mirip seperti Moskov dan Lesley. Dia punya kemampuan penetrate seperti Moskov melalui skill pasifnya. Clint juga memiliki permainan tarik ulur seperti Lesley karena bergantung pada combo skill dan basic attack miliknya.

Kelebihan Hero Clint Mobile Legends

  • Range Attack Cukup Jauh

Kelebihan pertama dari Clint yaitu range attack dari skill serangan Clint juga terbilang cukup jauh apalagi range attack dari basic attack-nya yang telah diperkuat oleh pasif skill Clint. Hal ini tentu saja akan memudahkan Clint dalam menyerang lawan. Kalian bisa melakukan spam skill serangan dan basic attack-nya untuk memberikan damage besar kepada lawan.

  • Dapat Menghasilkan Burst Damage Tinggi

Kelebihan berikutnya yaitu dapat menghasilkan burst damage yang tinggi. Saat berada di late game, Clint sudah mengumpulkan beberapa item core yang bisa meningkatkan damage miliknya.

Hal itu tentu saja membuat skill serangan Clint menjadi lebih sakit lagi. Clint bisa membunuh musuhnya dengan dua sampai tiga kali serangan saja menggunakan combo skill serangan dan basic attack-nya yang telah diperkuat oleh pasif skill.

  • Pasif Skill yang Hebat

Kelebihan terakhir yaitu memiliki pasif yang hebat. Perlu kalian ketahui bahwa Clint memiliki skill pasif yang dapat menunjang performanya. Dengan skill pasif ini, Clint akan mendapatkan penguatan pada basic attack.

Saat setelah Clint menggunakan skill serangannya, maka basic attack selanjutnya akan menghasilkan critical damage yang sakit. Kalian harus bisa memaksimalkan penggunaan pasif skill-nya dengan baik agar damage yang dihasilkan lebih tinggi.

Kelemahan Hero Clint Mobile Legends

  • Sangat Lemah di Early Game

Kelemahan Clint pertama yaitu lemah di early game. Clint sangat lemah di early game karena damage yang dihasilkan masih kecil. Selain itu tingkat durability yang lemah juga membuatnya dapat dikalahkan oleh lawan dengan mudah. Hal ini membuat kalian hanya bisa fokus laning dan melakukan defense di early game.

  • Sangat Boros Mana

Kelemahan Clint berikutnya yaitu sangat boros penggunaan Mana. Clint termasuk hero Marksman yang sangat boros Mana ketika menggunakan skill serangannya. Hal ini tentu saja akan merepotkan karena harus recall ke base untuk mengisi Mana kembali.

Untuk mengatasi hal ini kalian perlu mengatur penggunaan skill-nya dengan baik, bisa juga menggunakan sepatu Mana untuk membuatnya mendapatkan efek Mana regen.

  • Lemah Terhadap Hero Crowd Control & Burst Damage

Kelemahan terakhir yaitu sangat lemah terhadap crowd control dan burst damage. Clint sendiri masih sangat lemah jika harus berhadapan dengan hero crowd control dan burst damage.

Pergerakan Clint akan sangat terbatasi dan sulit baginya untuk menggunakan skill serangannya. Sangat disarankan untuk tidak menghadapi hero crowd control sendirian karena akan membuat kalian dapat dikalahkan dengan mudah.

Jauhi hero yang memiliki skill burst damage. Hanya dengan satu kali combo skill saja, Clint bisa terbunuh dengan cepat.

Skill Set & Combo Hero Clint Mobile Legends

Skill Set Clint MLBB

  • Skill Pasif – Double Shot

Skill Pasif - Double_ShotSkill pasif Clint bernama Double Shot. Skill ini memungkinkan Clint untuk meningkatkan basic attack berikutnya untuk bisa menghasilkan damage +135% physical attack selama 4 detik. Itu sebabnya hero ini saat 1 vs 1 akan mengeluarkan burst yang cukup besar.

  • Skill 1 – Quick Draw

Skill 1 - Quick_DrawSkill 1 Clint bernama Quick Draw. Skill Quick Draw menjadi skill aktif 1 yang bisa dipakai. Skill ini akan membuat Clint bisa menembakkan 5 peluru sekaligus secara terus menerus dan menyebabkan damage yang cukup besar. Bila digunakan pada target yang sama, kekuatannya akan berkurang sebesar 11%.

  • Skill 2 – Trapping Coil

Skill 2 - Trapping_RecoilSkill 2 Clint bernama Trapping Coil. Selain bisa memberikan damage ke musuh dengan cukup besar, Clint juga memiliki skill yang bisa melambatkan lawannya. Dengan skill ini, Clint bisa membuat lawan yang terkena pertama kali menjadi tidak bergerak selama 1,2 detik. Tidak hanya itu, skill ini juga bisa menghasilkan 140 physical damage.

  • Skill 3 UltimateGrenade Bombardment

Skill 3 Ultimate - Grenade_BombardmentSkill ultimate miliknya bernama Grenade Bombardment. Seperti namanya, pada skill ultimate ini Clint tersebut melemparkan granat ke arah yang diinginkan. Skill ini menghasilkan 280 damage dan bisa memperlambat gerakan lawan sebanyak 25% selama 1,2 detik.

Combo Skill Clint MLBB

Hero ini memiliki combo skill yang sangat mematikan untuk hero lawan. Tentu saja dengan combo skill miliknya, Clint akan lebih mudah untuk membunuh hero lawan di dalam pertarungan.

Berikut ini adalah combo skill yang sangat mematikan untuk hero Clint yang bisa digunakan: Langkah pertama gunakan skill 2 (Trapping Recoil) tepat ke arah target yang ditentukan, lalu gunakan basic attack dan skill 1 (Quick Draw) untuk memberikan damage kepada lawan.

Langkah terakhir gunakan skill ultimate-nya (Grenade Bombardment) tepat ke arah target hero lawan. Skill ultimate ini mampu memberikan damage serangan yang cukup besar dan bisa memberikan efek slow selama 1.2 detik.

Selain fokus penggunaan skill Clint MLBB, beberapa hero di bawah ini juga sangat cocok disandingkan dengan Clint. Siapa saja itu?

  • Combo Hero Clint #1: Kaja (Fighter/Support)

Hero Kaja Mobile LegendsHero pertama adalah Kaja, merupakan salah satu hero Fighter/Support terbaik yang bisa memberikan serangan kombinasi dengan Clint, Kaja sebagai inisiator dan kemudian Clint sebagai eksekutor.

Kedua hero ini sangat tangguh, walaupun Clint merupakan tipikal hero yang mampu bertahan seorang diri, namun dengan kombinasi kedua hero ini mampu memberikan serangan yang dapat mengalahkan lawan dengan cepat.

  • Combo Hero Clint #2: Zilong (Fighter/Assassin)

Hero ZilongBerikutnya ada Zilong yang cocok di combo oleh Clint. Tarik lawan oleh Zilong dan kemudian serang dengan menggunakan Clint, kedua hero satu ini memiliki tugas masing-masing yang dapat digunakan untuk melakukan serangan kombinasi.

Gunakan serangan Zilong untuk menarik dan mencungkil lawannya, kemudian gunakan serangan Clint untuk memberikan damage yang besar secara singkat, dengan tiga kali serangan pasif saja sudah bisa mengalahkan lawannya.

  • Combo Hero Clint #3: Tigreal (Tank)

Hero TigrealBerikutnya adalah Tigreal. Seperti yang kalian ketahui, Clint memiliki serangan dengan arah yang lurus, serangan ini akan menyerang dalam garis yang lurus dan mengincar tepat pada hero lawannya.

Nah, Tigreal akan mengumpulkan lawan dalam suatu titik menggunakan skill ultimate miliknya yang mana titik tersebut bisa kalian serangan dengan mudah menggunakan serangan Clint, lawan yang berada dalam titik tersebut sudah pasti terkena serangan dari Clint.

Build Item Clint Mobile Legends

Build Item Hero Clint

  • Tough Boots

Item Tough BootsItem pertama yang wajib dibeli yaitu item movement bernama Tough Boots. Salah satu item yang berguna untuk meningkatkan movement speed dan magical defense setiap hero, salah satunya Clint. Item ini cocok digunakan untuk mengalahkan hero yang memiliki magic damage luar biasa.

  • Berserker Fury

Berserker’s FuryItem selanjutnya ada Berserker Fury. Item ini memiliki atribut untuk menambah physical attack, critical chance, dan critical damage yang dihasilkan dari pasif uniknya.

Dengan berbagai atribut tersebut bisa menambah physical attack hero sebesar 5% selama 2 detik. Dengan item ini berguna menambah power atau damage serangan lawan.
  • Scarlett Phantom

Item_Scarlet PhantomBerikutnya ada Scarlett Phantom. Item ini tak jauh berbeda dengan item sebelumnya, Scarlett Phantom cocok dikombinasikan dengan item Windtalker karena memiliki atribut physical attack, attack speed dan critical chance.

Item yang penuh dengan critical chance ini tidak menutup kemungkinan untuk menambah attack speed sebesar 30% selama 2 detik saat serangan yang dikeluarkan dapat menghasilkan critical damage.
  • Blade of Despair

Item_Blade_of_DespairItem selanjutnya ada Blade of Despair. Seperti yang kita tahu, semakin sedikit HP yang dimiliki Clint, maka akan semakin sakit damage yang ia hasilkan saat menggunakan item ini. Terlebih jika penyerangan dilakukan dalam kondisi HP di bawah 50%, maka physical attack ini akan meningkat hingga 25% dalam 2 detik.

Efek ini hanya akan aktif sebelum kalian memberikan damage kepada lawan. Untuk atribut dari item adalah +160 physical attack dan +5% movement speed.
  • Endless Battle

Item Endless BattleItem berikutnya adalah Endless Battle. Item ini terkenal dengan berbagai atribut, seperti physical attack, Mana regen, HP, cooldown reduction, movement speed dan physical lifesteal. Tentu saja, berbagai atribut tersebut akan berguna saat permainan dan bisa membawa Clint untuk memiliki damage yang tinggi.

Hebatnya lagi, basic attack yang ia keluarkan akan menghasilkan true damage dengan tambahan hingga 60% yang mengabaikan segala jenis armor dan absorb.
  • Malefic Roar

Item_Malefic_RoarItem terakhir untuk Clint yaitu Malefic Roar. Dengan atribut +60 physical attack dan +35% physical penetration, item ini menjadi rekomendasi terakhir untuk menyusun build Clint. Semakin besar tingkat physical defend yang dimiliki oleh hero lawan, maka semakin besar pula tingkat physical penetration, namun hanya dibatasi hingga 20%.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Clint MLBB

Emblem Clint Mobile Legends

Rekomendasi set emblem Clint disarankan untuk menggunkan Custom Assassin Emblem dengan mengambil talent Killing Spree dan memaksimalkan pada talent Agilitydan Invasion.

Dengan menggunakan setting emblem seperti ini, maka Clint akan memilki keuntungan mendapatkan 15% pemulihan HP saat dia mengeliminasi musuh berkat talent Killing Spree, selain itu Clint juga akan mendapat tambahan 6% movement speed dari pemaksimalan Agility, dan 6 physical penetration dari Invasion.

Battle Spell Clint Mobile Legends

Clint merupakan hero yang memiliki damage yang tinggi tapi dilain sisi dia memiliki bar HP yang terbilang tipis bahkan jika dibandingkan dengan Marksman lainnya.

Oleh sebab itu, untuk pemilihan battle spell yang tepat untuk Clint adalah battle spell yang memiliki kemampuan escape, dan direkomendasikan battle spell Flicker dan Purify.

Counter Hero Clint MLBB

  • Counter Hero Clint #1: Saber (Assassin)

Hero SaberHero pertama yang bisa dijadikan counter Clint adalah Saber. Saber merupakan hero Assassin yang bisa digunakan untuk memberikan burst damage besar kepada Clint. Hanya dengan satu kali combo skill saja akan membuat Clint dapat terbunuh dengan mudah. Selain itu, Saber juga memiliki skill blink yang bisa digunakan untuk mendekati Clint dengan baik.

  • Counter Hero Clint #2: Helcurt (Assassin)

Hero counter berikutnya ada Helcurt. Helcurt merupakan hero Assassin dengan kemampuan spesialisnya untuk memberikan efek silence kepada lawan. Kalian bisa menggunakan Helcurt untuk meng-counter Clint dengan baik.

Gunakan skill ultimate untuk membuat keadaan menjadi gelap serta gunakan skill 1 untuk mendekatinya. Saat terkena silence, gunakan burst damage dengan menggunakan skill 2 miliknya. Clint dapat dikalahkan dengan mudah,

  • Counter Hero Clint #3: Lancelot (Assassin)

cara main mobile legends sendiriHero counter Clint terakhir ada Lancelot. Lancelot memiliki skill yang bisa digunakan untuk mendekati Clint dengan mudah. Melalui creep/minion, Lancelot bisa menggunakan skill 1 nya.

Selain itu, skill 2 Lancelot pun bisa digunakan untuk meng-immune serangan Clint. Hanya dengan sekali combo saja Lancelot bisa mengalahkan Clint karena damage yang dihasilkan cukup besar.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan tips seputar cara pakai hero Clint di Mobile Legends, mulai dari penjelasan skill hingga build item yang bisa kalian coba. Semoga dengan penjelasan ini, permainan Clint kalian semakin baik, tak terkalahkan dan lebih maksimal.

banner nexvel asian food cart tycoon
banner iklan esportsnesia