Cara Kuasai Role Scout PUBG Mobile: Si Observer Rasa Intel

96
Cara Kuasai Role Scout PUBG Mobile Si Observer Rasa Intel

Pada beberapa artikel sebelumnya, kita telah membahas dua role yang ada di dalam permainan PUBG Mobile, yakni rusher serta role support PUBG Mobile. Jika tugas seorang support lebih banyak berada di garis belakang, maka biasanya seorang scout akan berjuang di garis depan bersama dengan rusher. 

Role scout sendiri adalah role yang berada di garis depan dan berjuang untuk memetakan lapangan serta mengumpulkan informasi terkait pertandingan yang kemudian akan dibagikan kepada para pemain di dalam timnya.

Sebenarnya biasanya rusher juga bisa menjadi seorang scout di dalam PUBG Mobile.  Hal ini dapat kamu temui di sosok pemain BTR Zuxxy yang sudah kita bahas sebelumnya. Jadi si Zuxxy ini guys selain menjalankan peran sebagai seorang rusher juga bisa merangkap sebagai seorang scout dalam permainan.

Tapi ada juga loh seorang scout yang murni menjadi seorang scout dan fokus mengumpulkan informasi, seperti misalnya sebut saja RedFace dari tim EVOS Reborn.

profil-redface-3

Sama-sama berada di garis depan, role scout sama pentingnya dengan role rusher PUBG Mobile. Hal ini dikarenakan seorang scout adalah player yang bertugas mengumpulkan informasi mengenai keberadaan tim lawan, menentukan kapan harus menyerang dan bertahan, serta melakukan rotasi untuk memastikan seluruh tim telah siap menjalankan role dan berada di posisinya masing-masing.

Biasanya role scout ini juga akan melakukan observasi dengan mencari lokasi tertentu dari looting-an yang dibutuhkan lawan. Jadi intinya peran scout ini biasanya akan bertindak sebagai support sekaligus core bagi timnya.   

Pada artikel kali ini kami akan membagikan tips atau cara kuasai role scout PUBG Mobile agar bisa menjalani gameplay layaknya seorang Zuxxy dari BTR RA atau RedFace dari tim EVOS Reborn.

Nah, tanpa basa-basi lagi, mari kita kupas langsung cara kuasai role scout PUBG Mobile.

Tugas utama role scout PUBG Mobile

Scout PUBG Mobile adalah seorang “intel” atau pengumpul informasi

Seorang scout bertanggung jawab atas informasi lapangan yang dibutuhkan oleh rekan setimnya. Seorang scout penting banget untuk mengetahui lokasi keberadaan musuh.

Untuk itu dia harus memetakan lokasi di sekitarnya dan mencari potensi lokasi yang menjadi tempat persembunyian musuh. Informasi ini juga harus ia sebarkan segera kepada rekan setimnya loh ya!

Scout wajib mencari rute aman untuk rekan setimnya

Selain mengetahui lokasi keberadaan musuh, seorang scout juga harus menentukan rute aman untuk dilewati rekan setimnya. Ia juga harus menentukan jalur mana yang harus dilalui oleh rusher untuk menyerang musuhnya. Ditambah lagi ia juga harus menentukan posisi terbaik untuk role lain di dalam timnya.

Role scout membuka jalur rotasi

Maksud dari jalur rotasi adalah jalur yang digunakan oleh rekan setimnya untuk bergantian mengisi posisinya masing-masing. Jadi scout inilah yang memastikan bahwa alur permainan dapat berjalan lancar. Seperti misalnya menentukan jalur support agar bisa mendekati rusher andaikata rusher mengalami knock, dan lain sebagainya.

Cara kuasai role scout PUBG Mobile

Jika kamu menjalani tugas sebagai seorang scout, maka kamu harus paham bahwa kamu adalah player yang bertugas di garis depan pertempuran untuk menentukan jalur rotasi dan mengamati lokasi sekitar kamu.

Untuk itulah kamu juga harus siap dengan segala kemungkinan bertemu musuh di garis depan pertempuan.

Kamu tidak bisa hanya mengandalkan rusher untuk membantumu dalam pertempuran, atau mengandalkan sniper agar bisa memberikan cover kepadamu ketika sedang bertempur. Jadi kamu juga harus memastikan skill individu yang kamu punya cukup untuk berjaga-jaga andaikata bertemu musuh di garis depan.

Nah selain faktor kesiapan mental untuk menjadi seorang observer yang akan memberikan informasi berkualitas untuk rekan setimmu; untuk menjadi seorang scout kamu juga perlu memperhatikan hal hal sebagaimana berikut ini:

#1 Perhatikan lokasi pendaratan musuh 

Dalam setiap map pasti ada lokasi yang dijadikan rebutan untuk mendaratkan tim. Biasanya lokasi seperti ini memiliki banyak looting-an serta banyak memiliki keuntungan wilayah yang memberikan perlindungan lebih.

Untuk itu seorang scout harus menghafal dan memerhatikan lokasi yang sering dijadikan pendaratan oleh musuh. Sebagai seorang scout kamu benar-benar harus memerhatikan berbagai kemungkinan rute yang ditempuh oleh musuh sejak pendaratan hingga menuju ke pusat zona.

Bagaimana pun sebagai seorang scout selain harus menghafal, kamu juga harus percaya akan insting milikmu sendiri. 

#2 Pastikan kamu menguasai medan area atau ground

Sebagai seorang scout maka jelas kamu tidak bisa maju ke garis depan tanpa mengetahui informasi apapun. Untuk itu paling tidak kamu harus menguasai ground tempat kamu bertempur.

Selain itu, kamu juga wajib menguasai map tempat pertandingan berlangsung. Hafalkanlah tempat-tempat yang biasa menjadi spot persembunyian musuh. Ditambah lagi kamu juga harus memperhatikan posisi terbaik untuk bisa menyerang musuhmu.

Dalam hal ini seorang scout mirip-mirip juga dengan seorang rusher di dalam PUBG Mobile. Untuk itu, kamu juga harus menghafal map serta bekerja sama dengan role rusher di dalam timmu.

#3 Bergerak cepat dan segera sebarkan informasi kepada rekan setimmu

Dari jauh, scout dan support adalah dua role yang menjadi mata dan telinga dari tim PUBG Mobile. Segala informasi sebenarnya menjadi tanggung jawab dari role scout. 

Untuk itu kamu harus bisa bergerak secepat mungkin serta membagikan informasi sesegera mungkin kepada rekan setimmu. Jika sampai rekan setimmu tidak mendapatkan informasi yang mumpuni karena kamu telat membagikan informasi, maka kamu gagal menjalankan peranmu sebagai seorang scout. 

Oleh karena itulah, kamu harus memastikan kamu dapat menghafal berbagai rute yang dapat kamu tempuh dan menentukan rute tersebut sebagai rute rotasi dari rekan setimmu.

#4 Relakan dirimu untuk menjadi tumbal di garis depan, korbankan dirimu dan jangan egois demi kepentingan dan kemenangan rekan setim

Meskipun pada dasarnya sama-sama berada di garis depan, seorang scout dan seorang rusher memiliki tugas yang berbeda.

Selain tugas yang berbeda, tanggung jawab yang dimiliki pun berbeda. Karena scout ini lebih dekat dengan role yang bertanggung jawab atas informasi jalur dan rotasi dari rekan setimnya, serta menentukan lokasi dari tim musuhnya, maka akan sangat mungkin untuk seorang scout bertemu dengan musuh di garis depan.

Jika sudah seperti ini jangan sampai seorang scout malah menggiring musuh ke lokasi dari seluruh timmu. Seorang scout akan benar-benar sendirian ketika berada di garis depan, dia tidak bisa bergantung pada rusher atau bahkan sniper ketika bertemu musuh.

Jika kamu benar-benar sudah tidak bisa mengimbangi musuhmu, maka sebagai seorang scout kamu harus merelakan (baca:mengikhlaskan) dirimu menjadi tumbal dan segera menginformasikan kepada rekan setimmu tentang keberadaan musuhmu.

Hal ini kamu lakukan agar mereka dapat segera menemukan lokasi musuhmu sekaligus segera menghabisi mereka.


Nah itu tadi sedikit tips agar kamu tahu cara kuasai role scout PUBG Mobile. Gimana nih? Udah siap main PUBG Mobile dan jadi jago seperti Zuxxy atau RedFace? Kuy mabar!