Cara Main Splendor Board Game: Simulasi Menjadi Saudagar Kaya

112
Cara Main Splendor Board Game: Simulasi Menjadi Saudagar Kaya

Kalian bermimpi ingin menjadi seorang saudagar kaya raya? Namun mimpi tersebut masih jauh dari kenyataan? Tenang! Kalian bisa sedikit merasakan mimpi kalian ini melalui 1 permainan board game yang ingin penulis sarankan buat kalian.

Kalian bisa mencoba 1 board game ini yang bernama Splendor. Splendor sendiri memiliki tema dimana kalian akan menjadi seorang saudagar kaya raya yang berjualan batu-batu yang berharga di dunia seperti batu Ruby dan Sapphire.

Bukan hanya berjualan, kalian juga bisa membeli tambang batu berharga (mines), melakukan transportasi batu kalian, membuka toko kalian sendiri dan bahkan kalian bisa dikunjungi oleh bangsawan yang akan mendukung kalian.

Splendor merupakan game bergenre euro sehingga kalian harus memperoleh poin sebanyak-banyaknya untuk mengalahkan pesaing bisnis kalian. Meskipun kalian akan bersaing, Splendor memberikan pengalaman Fun Competitive yang bisa dinikmati.

Fun fact sedikit nih, Splendor sendiri juga memiliki banyak versi yang bisa kalian koleksi, baik versi buatan dari Marc André selaku pembuat board game Splendor, maupun versi kolaborasi dengan franchise tertentu seperti Splendor Marvel.

Kali ini penulis akan berbagi cara main Splendor kepada teman-teman, terutama kepada teman-teman yang mencari board game yang competitive yang tidak merusak hubungan pertemanan namun tanpa harus melakukan hal yang ribet untuk dimainkan:

Anatomi Board dan Kartu Splendor

Anatomi Papan Permainan Splendor

Secara keseluruhan, papan permainan Splendor hanya memiliki 4 tempat yang akan menjadi bagian dalam permainan.

  1. Noble’s: Merupakan tempat dimana kita akan menaruh para noble’s yang bisa didapatkan oleh pemain.
  2. Development Cards: Merupakan tempat untuk menaruh kartu-kartu development cards yang memiliki artwork mines, transportation, bahkan shop yang terpisah berdasarkan level kartu yang tertera di bagian belakang kartu.
  3. Gem Token: Merupakan tempat resource gem token diletakkan. Pastikan bisa dijangkau oleh semua pemain. Gem token memiliki fungsi untuk membeli development cards.
  4. Gold Token: Merupakan tempat untuk menaruh gold token yang terletak di sebelah gem token.

Anatomi Noble’s

Nobles hanya terdiri dari 3 anatomi utama yaitu:

  1. Point adalah nilai yang didapatkan pemain jika berhasil mendapatkan noble’s tersebut. Kalian bisa cek di bagian sebelah kiri atas.
  2. Cost adalah penanda syarat yang diperlukan oleh pemain untuk bisa mendapatkan noble’s dengan cara memiliki development cards yang sesuai dengan syarat yang diminta noble’s. Syarat ini Terletak di sebelah kiri bawah.
  3. Artwork adalah gambar dari para karakter dari noble’s.

Anatomi Development Cards

Development Cards memiliki 4 anatomi pertama yaitu:

  1. Artwork merupakan gambar yang dimiliki development cards yang menggambarkan sebuah tempat ataupun fenomena. Level 1 memiliki gambar mines, level 2 memiliki gambar fenomena perjalanan batu berharga, dan level 3 memiliki gambar toko.
  2. Point yaitu nilai yang didapatkan pemain jika berhasil memiliki development cards. Point yang kalian dapatkan, bisa cek di bagian sebelah kiri atas.
  3. Development Card Cost yaitu bayaran yang harus dibayarkan ketika pemain ingin membeli development cards yang di-reveal ataupun yang sudah kalian reserved.
  4. Bonus development cards yaitu bonus tambahan yang bisa digunakan untuk mengganti 1 gem token sesuai dengan warna bonus development cards yang dimiliki. Kalian bisa melihat bonus yang kalian dapatkan di sebelah kanan atas.

Cara Memenangkan Permainan Splendor

Untuk memenangkan permainan, salah satu pemain harus men-trigger end game dengan cara pemain tersebut harus mendapatkan minimal 15 point. Pemain yang berhasil mengumpulkan point paling banyak memenangkan permainan.

Jika terjadi seri, maka dilihat dari jumlah development cards yang dimainkan. Pemain dengan jumlah development cards yang dimainkan paling sedikit yang menang ketika terjadi seri. Jika masih terjadi seri, maka kemenangan tersebut dibagikan bersama.

Set-up Permainan Splendor

Setiap pemain mempersiapkan semua komponen permainan Splendor terlebih dahulu seperti pada foto berikut ini.

Foto Set-up Splendor
Foto Set-up Splendor Board Game
  1. Shuffle semua development cards secara terpisah sesuai dengan level kartu dan letakkan diatas meja dengan urutan kartu level 3 paling atas diikuti dengan kartu level 2 dan level 1.
  2. Pemain reveal 4 kartu teratas development cards sesuai level dan taruh berbaris di samping masing-masing development cards.
  3. shuffle noble’s dan ambil noble’s sesuai dengan jumlah pemain +1. Contohnya jika bermain 4 orang, maka harus membuka 5 noble’s.
  4. Taruh gem token dan gold token di area yang bisa diambil oleh para pemain. Jika bermain 2 orang, setiap warna gem token yang dimainkan berjumlah 4, dan jika bermain 3 orang, setiap warna gem token yang dimainkan berjumlah 5.

Cara Main Splendor

Setiap giliran, pemain bisa melakukan 1 action dari 4 action utama yang akan diulang terus-menerus hingga permainan berakhir sebagai berikut ini:

  1. Mengambil 3 gem token dengan warna yang berbeda.
  2. Mengambil 2 gem token dengan warna yang sama dengan syarat jumlah gem token di supply harus 4 ke atas, jika jumlah gem token di bawah 4, maka pemain tidak bisa melakukan action ini.
  3. Melakukan reserve (booking) development cards dan mengambil 1 gold token. Pemain bisa melakukan reserve development cards yang telah dibuka atau mengambil 1 kartu dari atas deck development cards tanpa menunjukkan kartu tersebut ke pemain lain.
  4. Membeli kartu yang telah di-reveal atau kartu yang telah di-reserved pemain sebelumnya.

Pemain dengan umur paling muda yang di antara para pemain yang mendapatkan giliran pertama, namun kalian juga bisa menggunakan cara lain untuk menentukan giliran pertama seperti diundi.

Setelah melakukan salah satu action di atas, pemain melakukan pass turn ke pemain sebelahnya.

Ada beberapa batasan yang harus kalian perhatikan ketika melakukan action utama, yaitu:

  1. Setiap pemain hanya boleh memiliki maksimal 10 gem token dan gold tokenJika gem token sudah 10 dan pemain ingin mengambil gem token atau gold token, mereka harus menukarkan gem token yang mereka miliki sesuai dengan jumlah yang diambil.
  2. Gem token dan gold token yang dimiliki harus bisa dilihat oleh para pemain lainnya.
  3. Setiap pemain hanya boleh maksimal memiliki 3 reserve development cardsJika mau melakukan reserve development cards kembali, pemain harus membeli kartu yang telah di-reserved terlebih dahulu.
  4. Pemain bisa menggunakan gold token sebagai 1 gem token dengan warna apapun yang dikehendaki meskipun tidak membeli reserved development cards yang telah diambil sebelumnya.
  5. Pemain bisa mengambil 1 noble’s yang telah terpenuhi syarat cost-nya sebagai action tambahan setelah melakukan action utama.
  6. Jika pemain berhasil memenuhi syarat cost dari 2 atau lebih noble’s sekaligus, pemain hanya boleh mengambil 1 noble’s dan harus menunggu giliran selanjutnya untuk bisa mengambil noble’s yang lainnya.
  7. Bonus development cards memiliki sifat berlaku kelipatan, artinya jika pemain memiliki 2 bonus development cards dengan warna yang sama, maka pemain bisa menggunakan bonus tersebut sebagai pengganti 2 gem token sesuai warna bonus.

Akhir Kata

Splendor adalah salah satu board game yang sangat direkomendasikan oleh penulis untuk teman-teman yang baru ingin terjun ke dunia board game yang sangat besar dan luas. Selain fun untuk dimainkan, board game ini juga bisa menjadi ajang kompetisi.

Foto Kompetisi Splendor
Sumber: @serikatolahragatabletop_id Instagram

Di Indonesia sendiri, sudah ada kompetisi Splendor yang menjadi bagian dari event FORNAS yang bisa kalian cek ketegangan dan keseruan kompetisi Splendor di Serikat Olahraga Tabletop Indonesia (SORTI).

banner iklan esportsnesia