Cara Melihat Rekaman Mobile Legends dalam 2 Langkah Mudah

813
cara melihat rekaman mobile legends
Cara melihat rekaman Mobile Legends

Barangkali para mobile gamer MOBA mungkin banyak yang sedang mencari tahu bagaimana cara melihat rekaman Mobile Legends. Sebagian besar masyarakat awam mungkin menganggap aneh orang yang menonton rekaman game. Sebagian besar dari mereka berpikir untuk apa menonton ulang pertandingan sendiri.

Namun bagi para pemain, hal ini adalah salah satu hal penting karena melihat rekaman Mobile Legends memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

Manfaat Menonton Replay Mobile Legends

  1. Mempelajari Strategi Permainan Lawan

Hal ini terutama penting dilakukan jika lawan memenangkan pertandingan sebelumnya. Dengan melihat rekaman (replay) Mobile Legends, kita bisa lebih fokus memperhatikan strategi yang digunakan lawan sehingga kita bisa menyusun strategi terbaik untuk melawan mereka di battle selanjutnya.

  1. Mengevaluasi Gameplay Sendiri

Selain mempelajari strategi lawan, tentunya juga sangat penting bagi kita untuk mengevaluasi permainan kita sendiri. Dengan melihat rekaman Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), kita bisa melihat secara lebih baik kekurangan-kekurangan dalam strategi kita sehingga bisa kita memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut di pertandingan berikutnya.

  1. Meningkatkan Skill Permainan

Dengan seringnya mengevaluasi strategi dan mempelajari rekaman pertandingan sebelumnya, skill permainan kita pun akan meningkat seiring waktu.

  1. Kepentingan Konten

Ini buat kamu yang biasa mengunggah gameplay untuk kepentingan konten seperti di YouTube. Kamu tentunya perlu rekaman pertandingan untuk kamu edit dan kamu unggah.

Nah, melihat manfaatnya yang bejibun, tidak heran kalau makin banyak orang mencari cara melihat rekaman Mobile Legends.

Cara Melihat Rekaman Mobile Legends

Cara melihat rekaman Mobile Legends sangat sederhana. Kamu bisa melakukannya dengan dua langkah mudah yaitu: menyimpan game play kemudian meliat rekaman Mobile Legends yang sudah kamu simpan.

Sebenarnya fitur replay sendiri sudah tersedia di dalam aplikasi Mobile Legends. Tapi kalau kamu belum tahu caranya, berikut ini Esportsnesia berikan langkah-langkah untuk menyimpan dan melihat rekaman pertandingan Mobile Legends.

  1. Menyimpan Gameplay MLBB

    cara melihat rekaman mobile legends
    Menyimpan Gameplay

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyimpan gameplay pertandingan kamu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan tombol yang sudah disediakan. Biasanya setelah selesai bermain, akan muncul tombol di pojok atas. Kamu bisa mengetuk tombol yang bergaris merah untuk menyimpan rekaman pertandingan.

  1. Melihat Rekaman Pertandingan Mobile Legends

    cara melihat rekaman mobile legends
    Memilih Replay yang ingin ditonton

Setelah itu, kamu langsung bisa melihat rekaman Mobile Legends yang baru kamu simpan. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pilih menu Battefield
  • Pilih menu Replay
  • Pilih pertandingan yang mau kamu tonton
  • Kamu langsung bisa nonton pertandingan yang kamu simpan. Setelah kamu tonton, video akan otomatis berpindah ke menu “Replay Saya” dan bisa kamu tonton lagi nanti.

Dengan memanfaatkan fitur bawaan di Mobile Legends, kamu bisa melihat rekaman Mobile Legends kamu dengan mudah.

Namun, masih ada beberapa kekurangan dalam cara ini. Yang pertama adalah kapasitas penyimpanan rekaman gameplay yang terbatas. Jadi kamu tidak bisa menyimpan semua rekaman pertandingan. Ketika kapasitas sudah penuh dan kamu menyimpan rekaman baru, maka rekaman lama akan secara otomatis terhapus atau tergantikan dengan rekaman yang baru.

Yang kedua, saat kamu melakukan update Mobile Legends, maka rekaman permainan akan hilang. Oleh karena itu, sebelum kamu kehilangan rekaman permainan Mobile Legends kamu yang berharga, ada baiknya kamu menyimpannya ke dalam ponsel.

Cara Menyimpan Rekaman Mobile Legends ke HP

cara melihat rekaman mobile legends
Menyimpan rekaman Mobile Legends dengan Google Play Games

Cara menyimpan rekaman Mobile Legends ke HP sangat mudah. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka fitur Play Games. Biasanya fitur ini sudah tersedia dalam HP Android kamu. Kalau kamu belum memilikinya, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store.
  2. Selanjutnya, buka dan jalankan aplikasi Mobile Legends melalui Play Games. Jadi meskipun kamu memiliki shortcut Mobile Legends di luar, kamu tetap harus membukanya melalui aplikasi Play Games.
  3. Tekan tombol kamera di pojok kanan atas. Pilih resolusi yang kamu inginkan. Perlu diingat bahwa makin tinggi resolusi, maka makin besar memori yang kamu butuhkan.
  4. Pilih NEXT untuk memulai permainan.
  5. Gameplay akan berjalan dan kamu bisa merekamnya dengan menekan tombol record. Jangan lupa juga untuk menyalakan mic supaya audio ikut terekam.
  6. Simpan video. Ketika permainan berakhir, tekan tombol stop. Rekaman akan secara otomatis masuk ke galeri HP kalian.

Selain menggunakan aplikasi Play Games, kalian juga bisa menggunakan aplikasi perekam layar pihak ketiga untuk menyimpan dan melihat rekaman pertandingan Mobile Legends kalian.

Cara Merekam Replay Mobile Legends dengan Aplikasi Mobizen dan AZ Screen Recorder

cara melihat rekaman mobile legends
Tampilan Mobizen di layar

Terdapat banyak pilihan aplikasi perekam layar yang bisa kamu gunakan. Dua aplikasi yang paling terkenal dan sering digunakan para gamer adalah aplikasi Mobizen dan Az Screen Recorder. Aplikasi ini bisa merekam layar beserta suaranya.

Untuk merekam game play Mobile Legends menggunakan aplikasi tersebut, kalian bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Download dan Install Aplikasi

Kalian bisa mendownload dan menginstall aplikasi yang kalian pilih melalui Play Store. Tunggu sampai proses pemasangan aplikasi selesai.

  1. Buka Aplikasinya

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasinya. Kamu bisa mempelajari terlebih dulu fitur apa saja yang terdapat pada aplikasi ini. Sebelum merekam game play, kamu bisa juga mencobanya untuk merekam hal-hal lain di ponsel kamu.

  1. Pilih Resolusi

    cara melihat rekaman mobile legends
    Pilihan Resolusi di AZ Screen Recorder

Sebelum merekam, kamu bisa memilih kualitas video rekaman kamu nantinya. Kamu bisa memilih resolusi rekaman dengan masuk ke menu setting. Kalau kamu membutuhkan rekaman gameplay untuk kepentingan konten, pastinya kamu membutuhkan kualitas rekaman yang tinggi.

Perlu diingat bahwa makin tinggi kualitas rekaman, akan membutuhkan lebih banyak memori. Oleh karena itu kamu harus memastikan bahwa ruang memori di HP kamu masih mencukupi.

  1. Mulai Merekam

Untuk mulai merekam, kamu cukup menekan tombol record. Beberapa aplikasi akan menampilkan tombol record yang mengambang. Jadi kamu bisa mulai merekam setelah masuk ke game.

  1. Stop dan Simpan

Stop pada waktu yang kalian inginkan, misalnya saat kamu telah selesai bermain lalu simpan rekaman kamu. Video rekaman gameplay akan secara otomatis tersimpan ke galeri ponsel kamu. Selanjutnya kamu bisa mengeditnya untuk kepentingan konten atau cukup menontonnya kembali.

Itu tadi beberapa cara melihat rekaman Mobile Legends yang bisa kamu lakukan. Dengan adanya berbagai alternatif cara, kamu bisa memilih cara yang paling mudah menurut kamu.

Misalnya, kalau kamu tidak memiliki cukup ruang untuk install aplikasi pihak ketiga, kamu cukup menggunakan fitur Play Games. Kalau kamu merasa fitur di Play Games tidak cukup, baru kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Mudah sekali bukan cara menyimpan dan melihat rekaman Mobile Legends ini? Selanjutnya kalian bisa menggunakan rekaman yang kalian simpan untuk berbagai keperluan. Baik untuk bahan konten, meningkatkan skill permaian, atau sekadar menonton kembali keseruan gameplay yang baru kamu mainkan.