RRQ Windah, Brand Ambassador RRQ Esports yang Ikonik

0
643
RRQ Windah
Windah Basudara, YouTuber game yang bergabung bersama RRQ Esports.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Profifl RRQ Windah – Brando Franco atau lebih dikenal sebagai Windah Basudara adalah YouTuber gaming yang terkenal di Indonesia. Dikenal sebagai YouTuber dengan berbagai video game unik, ia juga dikenal sebagai gamer yang cukup unik dalam memainkan teori gacha. Nama RRQ Windah bersinar di tahun 2020 dalam komunitas game.

Pijakan baru berhasil diraihnya di tahun 2021, yakni menjadi Brand Ambassador RRQ Esports. Ia bergabung dengan tim sang raja dan diumumkan pada 8 Juni 2021 lewat Instagram RRQ Esports. Meski bukan sebagai pemain, kepindahannya ke RRQ disambut antusias oleh para penggemar.

Bahkan video resmi pengumumannya sebagai Brand Ambassador yang diunggah oleh RRQ Esports ditonton sebanyak 1,3 juta kali. Sekaligus menempati urutan ke 7 Trending YouTube Indonesia. Namanya sangat berpengaruh di dunia game Indonesia, sebenarnya, siapa itu Windah Basudara?

Profil RRQ Windah #1: Menggemari Game Sejak Kecil

Windah Basudara
Windah Basudara menggemari game sejak kecil.

Windah lahir pada 14 Maret 1992, anak kedua dari empat bersaudara. Ia pindah ke Jakarta saat dirinya masih duduk di TK. Ia menghabiskan masa-masa remaja dan sekolahnya di Jakarta hingga ia lulus SMA.

Ia ternyata menggemari game sejak masih kecil. Nintendo Entertainment System (NES) yang rilis pada 1984 merupakan konsol pertama yang ia miliki. Masuk SD, ia pun memiliki PlayStation 1 dan suka memainkan game Suikoden yang dirilis Konami pada 1998. Karena punya ikatan erat dengan game tersebut, ia pun masih sering memainkan game tersebut di live streaming.

RRQ Windah tidak merasa senang dengan masa anak-anak dan remajanya saat sekolah. Pasalnya ia pernah dirundung oleh teman-temannya saat sekolah. Ia menjadi korban bullying karena ia memiliki postur tinggi kurus, sehingga dilihat sebagai anak cupu.

Bullying berlangsung dari kelas 7 SMP dan berlanjut hingga SMA. Karena perundungan yang dilakukan oleh teman-temannya itu, ia menjadi pendiam dan benci masuk sekolah. Ia memutuskan keluar dari sekolah dan memilih untuk homeschooling.

Profil RRQ Windah #2: Perjalanan yang Tidak Mulus

Windah Basudara
RRQ Windah pernah bekerja sebagai pelayan.

Semenjak keluar dari SMA atas keputusannya sendiri, Windah tidak langsung ikut program homeschooling. Selama jeda sekolah, ia membantu ayahnya yang memiliki usaha warnet dengan menjadi operator Warnet. Setelah didesak oleh orangtuanya untuk menyelesaikan SMA, ia akhirnya melanjutkan sekolahnya dengan homeschooling.

Setelah lulus SMA, RRQ Windah mendaftar kuliah di London School of Public Relation jurusan Hubungan Internasional. Sayangnya, saat masuk semester akhir ia memutuskan untuk berhenti kuliah karena masalah ekonomi.

Meski sang ibu mampu membiayai kuliahnya, ia memilih berhenti. Alasannya, karena ia mendapatkan nilai jelek dan membutuhkan uang untuk melakukan remedial.

Windah akhirnya bekerja sebagai pelayan di sebuah kafe kecil di Jakarta. Pertama kali bekerja di situ, ia mendapatkan gaji yang kecil, hanya sebesar 900 ribu rupiah. Ia hanya bertahan selama satu bulan sampai akhirnya ia mendapatkan kesempatan kerja di restoran mewah di Jakarta.

Di restoran tersebut ia diasah untuk menjadi lebih profesional, skill berkomunikasinya pun meningkat. Setelah bekerja tiga bulan di restoran tersebut, ia mendapatkan tawaran untuk bekerja di hotel bintang lima di Jakarta. Tanpa pikir panjang, ia menerima tawaran tersebut dan bekerja di hotel dengan penghasilan mencapai dua digit.

Profil RRQ Windah #3: Banting Setir Menjadi YouTuber

RRQ Windah Basudara
RRQ Windah Basudara pertama kali mengawali kariernya sebagai YouTuber.

Meski bergaji besar, Windah memutuskan untuk banting setir menjadi YouTuber. Ia sadar bahwa ia tidak bisa naik pangkat dari pelayan. Sehingga akhirnya ia memilih resign dari pekerjaannya sebagai pelayan dari hotel bintang lima.

Ia membeli laptop gaming seharga 13 juta rupiah. Sayangnya ia terkendala rasa percaya diri dalam membangun kanal YouTube, hingga akhirnya mengajak kedua adiknya untuk membuat konten bersama. Namun, kedua adiknya masih sibuk sekolah sehingga ia mengembangkan kanalnya seorang diri.

Di awal kariernya, ia memiliki masalah dengan laptopnya. Laptop tersebut rusak sehingga harus diperbaiki selama seminggu. Saat itu ia merasa sedang berada di titik terendahnya dan curhat kepada ibunya.

Ibunda Windah menawarkan pinjaman dana kepadanya, akhirnya uang tersebut ia gunakan untuk membeli perlengkapan PC. Usai membeli PC baru, ia semakin semangat membuat konten-konten game sampai ia mendapatkan seribu subscriber di empat bulan pertama.

Windah Basudara
RRQ Windah dengan konsisten mengembangkan kanal YouTube miliknya.

Dengan konsisten ia mengembangkan kanal YouTube miliknya. Pada Juni 2019, subscriber kanal, Windah Basudara, mencapai 100 ribu subscriber. Ia juga mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan MiawAung di game Secret Neighbor.

Ia juga mendapatkan kesempatan tampil di panggung acara YouTube FanFest 2019. Di tahun yang sama pula, ia mendapatkan predikat sebagai kanal dengan pertumbuhan pesat kesembilan di Indonesia. Namanya semakin bersinar di tahun 2020.

RRQ Windah sukses menghibur penikmat YouTube di Indonesia dengan aksi yang mengundang tawa. Ia pun berhasil mendapatkan satu juta subscriber di Juni 2020. Kanalnya semakin berkembang, saat ini ia sudah mendapatkan lebih dari 4 juta subscriber.

Profil RRQ Windah #4: Akan Terus Berkarya dan Berdonasi

BA RRQ
Windah Basudara dipilih menjadi Brand Ambassador RRQ Esports.

Selain menjadi YouTuber yang menghibur, Windah juga berkontribusi dalam penggalangan dana. Ia pernah berhasil melakukan live streaming selama 24 jam dan mengumpulkan dana 50 juta rupiah untuk penanggulangan COVID-19. Tidak hanya itu, ia juga sering melakukan penggalangan dana lewat kanal YouTubenya dan mendapatkan jumlah views jutaan.

Windah Basudara memiliki Instagram @windahbasudara dan saat ini memiliki 694 ribu followers. Di Instagram, ia juga sering membagikan informasi mengenai charity yang ia lakukan. Selain itu, ia juga menerima beberapa endorse yang berkaitan dengan game.

Windah akan terus menjadi YouTuber dan menghibur para penggemarnya lewat kanalnya. Ia tidak kehabisan ide untuk terus berkarya. Misalnya, pada awal 2021, ia membuat kejutan dengan melakukan live stream Dragon City yang berhasil ditonton sebanyak 100 ribu orang.

Padahal game tersebut tidak begitu populer di Indonesia. Namun ia mampu mengumpulkan penonton sebanyak itu. Wandah berhasil melakukan itu dengan sekali tayangan.

RRQ Windah juga kerap mengunggah konten tentang game dari berbagai genre. Misalnya, game Clash of Clans, Line Ranger, Deadrising2, Attack on Titan, dan Little Nightmares, dan masih banyak lainnya. Ia juga masih sering memainkan game Naruto serta yang terbaru Resident Evil 4.

Brand Ambassador RRQ Windah
Namanya dikenal sebagai YouTuber gaming yang berpengaruh di Indonesia.

Itulah perjalanan Windah Basudara sampai menjadi seorang YouTuber gaming ternama di Indonesia. Perjalanan Windah menjadi saat ini tidak mulus, banyak lika liku yang dihadapi. Meski mengalami masa-masa sulit, ia selalu mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekatnya hingga menjadi saat ini.

Saat ini Windah menjadi Brand Ambassador RRQ Esports. Dengan sederet perjuangan dan prestasinya dalam dunia gaming, rasanya RRQ Wandah sangat pantas untuk mendapatkannya. Konsisten dan mau belajar menjadi kunci untuk terus sukses di masa depan.

Media Partnership