Ini 8 Cara Mengatasi Hero ML Jadi Patung, Bug yang Bikin Permainan Terhambat!

944
Cara Mengatasi Hero ML Jadi Patung
Sumber: UHD Wallpaper

Cara mengatasi hero ML jadi patung merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh para pemain Mobile Legends mengingat ada banyak bug yang mungkin terjadi pada game ini.

Selayaknya game pada umumnya, Mobile Legends juga memiliki beberapa bug yang mengganggu jalannya permainan seperti hero yang jadi patung (freeze).

Supaya permainan dapat kembali berjalan dengan lancar, cara mengatasi hero ML jadi patung pun menjadi topik yang menarik untuk diulik.

Tentu kamu tidak ingin hero andalan mematung pada saat melakukan permainan apalagi saat mode rank bukan?

Oleh karena itu, yuk simak 8 cara mengatasi hero ML jadi patung paling efektif yang layak untuk dicoba pada artikel ini!

Berbagai Cara Mengatasi Hero ML Jadi Patung

Umumnya, hero jadi nge-freeze atau patung karena disebabkan oleh beberapa hal mulai dari koneksi yang kurang baik, kualitas grafis game yang tidak kompatibel dengan spesifikasi smartphone, hingga cache yang menumpuk.

Ditambah, fenomena ini bisa terjadi pada semua jenis hero yang kamu mainkan dalam game tersebut.

Tapi jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hero jadi patung yang layak untuk kamu coba, diantaranya adalah:

Cara Mengatasi Hero ML Jadi Patung Menggunakan Aplikasi Zarchiver

Cara Mengatasi Hero ML Jadi Patung
Sumber: Google Play Store

Cara mengatasi hero ML jadi patung paling umum yang banyak direkomendasikan kepada para pemain yaitu dengan menggunakan aplikasi Zarchiver. Aplikasi ini dapat diunduh secara mudah di Google Play Store.

Zarchiver sendiri merupakan salah satu aplikasi yang mampu untuk mengarsipkan segala jenis file yang ada dalam smartphone Android. Jadi, kamu dapat melihat kumpulan file original dari Mobile Legends untuk diperbaiki.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengunduh aplikasi Zarchiver terlebih dahulu saat hendak mengatasi hero yang freeze dan lanjutkan dengan menerapkan langkah-langkah berikut ini!

  • Klik Zarchiver yang telah berhasil diunduh sebelumnya.
  • Selanjutnya, pilihlah folder Android dan pilih opsi menu “data”.
  • Scroll hingga menemukan folder bermana com.mobile.legends dan lanjutkan dengan klik folder files.
  • masuk ke folder bernama dragon 2017, selanjutnya cari asset, kemudian art.
  • Setelah sampai cari folder h yang didalamnya terdapat file hero, hapus semua yang berhubungan dengan hero yang mematung (freeze). Kamu dapat menggunakan search bar yang tersedia untuk mempermudah pencarian.

Cara ini dilakukan untuk menghapus script yang ada dalam hero tersebut supaya pengaturannya dapat kembali seperti semua. Setelah script berhasil dihapus, kamu dapat mengunduh ulang resource agar semua fungsi berjalan normal.

Cek Koneksi Internet Secara Berkala

Koneksi internet yang tidak stabil seringkali menjadi biang hero milikmu mengalami freeze atau jadi patung.

Jika terjadi hal tersebut, kamu dapat langsung mengecek kondisi internet terlebih dahulu sebelum melakukan cara lainnya.

Sebab, salah satu alasan utama hero ML menjadi patung adalah karena koneksi internet yang buruk atau tidak stabil. 

Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah ini, cobalah untuk memperbaiki koneksi internet dengan cara memeriksa koneksi jaringan atau menghubungi penyedia layanan internet (provider) yang digunakan. 

Cara mengatasi hero ML jadi patung yang satu ini juga dapat kamu lakukan dengan menyalakan mode pesawat dan mengaktifkan koneksi Wifi agar notifikasi dari telepon maupun SMS saat bermain tidak masuk.

Sebab seringkali, notifikasi seperti ini akan membuat jaringan internet jadi tidak stabil.

Restart Game

Jika hero ML milikmu tiba-tiba menjadi patung, cobalah untuk me-restart game. Memang, cara ini mungkin tidak selalu berhasil, tetapi seringkali dapat membantu memperbaiki masalah yang terjadi pada game untuk me-refresh kembali sistem di smartphone yang kamu gunakan. 

Jadi, jika kamu mengalami bug saat bermain Mobile Legends terutama hero freeze, maka cobalah restart perangkat yang dimiliki dan mulai kembali game ML.

Cara Mengatasi Hero ML Jadi Patung dengan Mengatur Kualitas Grafis Game

Cara Mengatasi Hero ML Jadi Patung
Sumber: Youtube Glitz Official

Selanjutnya, hero ML bisa menjadi patung karena kualitas grafis game yang terlalu tinggi dan perangkat tidak mampu menanganinya.

Biasanya hal tersebut terjadi karena spesifikasi HP yang dimiliki cukup rendah sehingga sulit memproses grafis yang tinggi dari game Mobile Legends.

Hal inilah yang membuat visual yang muncul patah-patah atau malah tidak mau bergerak sama sekali.

Oleh karena itu, jika terjadi hal tersebut kamu dapat menurunkan kualitas grafis game pada pengaturan Mobile Legends. Ini akan membantu perangkatmu mengatasi tugas yang lebih ringan dan menghindari hero ML menjadi patung.

Hapus Tumpukan Cache Mobile Legends

Cache yang menumpuk akan menyebabkan memori internal smartphone milikmu akan cepat penuh sehingga performa dan kecepatannya akan semakin menurun.

Hal ini juga tentu dapat menjadi penyebab hero ML milikmu menjadi patung saat dimainkan.

Sebab, apabila cache game terlalu banyak, game mungkin tidak dapat mengakses data yang diperlukan dan hero ML menjadi patung. Jadi, cobalah untuk  menghapus cache game secara teratur untuk menghindari masalah ini.

Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

Fitur seperti Bluetooth maupun aplikasi yang masih aktif dibelakang layar dapat mengganggu kinerja game ML dan membuat hero menjadi patung.

Jadi pastikan sebelum bermain Mobile Legends untuk matikan fitur yang tidak dibutuhkan dan menghapus latar belakang aplikasi yang aktif akan performa game jadi semakin maksimal.

Perbarui Game dan Perangkat Lunak Jika Dibutuhkan

Cara mengatasi hero ML jadi patung yang lainnya yaitu dengan memastikan aplikasi Mobile Legends dan perangkat lunak milikmu selalu diperbarui dengan versi terbaru. 

Sebab, pembaruan terbaru seringkali membawa perbaikan bug dan masalah yang terjadi pada game. Oleh karena itu, dengan melakukan pembaruan secara teratur, kamu dapat menghindari masalah hero ML yang menjadi patung lebih maksimal.

Gunakan Perangkat yang Memenuhi Spesifikasi Minimal

Terakhir, cara mengatasi hero ML jadi patung yang dapat kamu lakukan sebagai tindakan preventif yaitu dengan memastikan perangkat telah memenuhi spesifikasi minimal.

Dengan memastikan perangkat  telah sesuai dengan spesifikasi minimal yang diperlukan untuk menjalankan game Mobile Legends (biasanya RAM 2 GB atau lebih) maka kamu tentu dapat memainkan permainan tersebut dengan optimal.

Jika perangkat milikmu tidak memenuhi spesifikasi minimum, kemungkinan besar akan sulit untuk menjalankan game ML secara lancar dan kemungkinan besar akan menyebabkan hero menjadi patung saat dimainkan.

Demikianlah beberapa rangkuman cara mengatasi hero ML yang jadi patung. Jika kamu mengalami masalah yang sama, silakan menggunakan tips di atas ya. Semoga bermanfaat!

banner iklan esportsnesia