Belajar dari Top Global Moskov Nomor 1, Best Build untuk Easy Win Streak?

1046
Top Global Moskov
Top Global Moskov Season 27

Belajar dari Top Global Moskov!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu hero dari kelas marksman yang menjadi favorit dari salah satu pemain Top Global pada permainan Mobile Legends:Bang Bang, Fantasyyy.

Hero yang satu ini adalah hero yang menggunakan tombak sebagai senjatanya, dengan serangan cepatnya hero yang satu ini menjadi salah satu karakter andalan banyak pemain.

Moskov adalah nama dari hero ini, dan Fantasyyy adalah pemain Top Global Moskov nomor 1 pada season 27 ini.

Top Global Moskov leaderboards

Top Global Moskov: Penyesuaian Moskov

Untuk dapat menggunakan hero ini dengan maksimal dan tidak menjadi noob, tentunya kita harus tahu detail dari hero ini dan juga penyesuaian-penyesuaiannya.

Selain menjadi favorit dari Fantasyyy, sosok pengguna tombak ini juga mendapatkan lirikan dari banyak pemain meskipun telah mendapatkan nerf dari Moonton pada penyesuaian kedua season 27 di tanggal 13 Februari 2023 lalu.

Skill 1 dari Moskov mendapatkan penyesuaian, yakni cooldown yang bertambah dari 7,5 detik menjadi 10 hingga 8 detik berdasarkan level.

Selain itu, peningkatan kecepatan menyerang atau attack speed yang diberikan pada awal permainan berkurang dari 1,3 kali menjadi 1,15 kali.

Pun begitu, Moskov tetap menjadi salah satu hero marksman favorit dari banyak pemain terutama di tier atas mythic.

Mengapa demikian? Pada 19 Desember 2022 lalu Moskov baru saja mendapatkan buff yang terbilang menakutkan bagi hero lawan yang suka bersembunyi di balik rekan timnya.

Moonton merasa jarak serang Moskov yang pendek menjadikan hero ini menjadi lebih beresiko untuk digunakan pada pertengahan dan akhir pertandingan pada pertarungan tim.

Karena hal tersebut Moonton menambahkan jarak serang Moskov menjadi lebih jauh, dari yang sebelumnya 4,2 unit menjadi 4,5 unit.

Skill pasif dari Moskov, Spear Of Quiescence, juga mendapatkan tambahan efek serangan yang mengenai lawan dari efek penetrasi Moskov mendapatkan 100% efek dari serangan tersebut.

Top Global Moskov Build

Sebagai Top Global Moskov pada season 27 ini, Fantasyyy memiliki build andalan yang dapat dilihat dengan memilih kolom Fantasyyy pada global leaderboards untuk top global Moskov di dalam permainan.

Dari history yang dapat diamati, Fantasyyy cenderung menggunakan build yang berfokus pada attack speed dalam menggunakan hero Moskov. Berikut build yang digunakan oleh sang top global Moskov season 27.

Top Global Moskov Build

Top Global Moskov Build: Item Build

Berikut item build yang digunakan oleh top global Moskov Fantasyyy beserta penjelasannya versi Esportsnesia:

Corossion Scythe

Memberikan peningkatan 30 physical attack, 5% movement speed, dan 35% attack speed. Efek lain dari item ini adalah:

  1. Corossion, serangan basic attack mendapatkan tambahan 80 physical attack dan memberikan efek slow sebesar 8% selama 1,5 detik hingga 5 stack;
  2. Impulse, basic attack meningkatkan 6% attack speed selama 3 detik hingga 5 stack.
    penggunaan item ini bertujuan untuk memaksimalkan keunggulan attack speed dari Moskov dan menggunakan efek slow dari corossion untuk mencegah musuh kabur serta mempermudah strategi kiting dalam menghadapi musuh.

Golden Staff

Memberikan peningkatan 65 physical attack dan 15% attack speed. Efek lain dari item ini adalah:

  1. Swift, mengkonversi setiap 1% kesempatan kritikal menjadi 1% attack speed;
  2. Endless strike, setiap setelah 2 basic attack maka attack speed dari basic attack selanjutnya mendapatkan tambahan sebesar 100% (maksimal 500%) dan memberikan efek serangan tambahan sebanyak 2 kali.

Penggunaan item ini bertujuan untuk memaksimalkan efek serangan dan efek stack dari itemitem lain (Corossion Scyhte, Demon Hunter Sword, dll) serta efek mengurangi cooldown skill dari skill pasif spear of quiescence.

Demon Hunter Sword

Memberikan peningkatan 35 physical attack dan 25% attack speed. Efek lain dari item ini adalah:

  1. basic attack memberikan damage setara 9% HP target sebagai tambahan physical damage (maksimal 60 untuk damage ke minion);
  2. basic attack memberikan 3% lifesteal tambahan selama 3 detik, maksimal 5 stack.

Penggunaan item ini bertujuan untuk memanfaatkan attack speed Moskov dengan memberikan damage tambahan berdasarkan HP musuh, manfaat item akan sangat terasa terutama ketika menghadapi lawan dengan HP tebal.

Malefic Roar

Memberikan peningkatan 60 physical attack dan 35% physical penetration. Efek lain dari item ini adalah:

  • Armor buster, mendapat tambahan 0,05% physical penetration setiap physical defense yang dimiliki musuh (maksimal 20%) ketika menyerang lawan.

Penggunaan item ini bertujuan untuk mengatasi lawan yang memiliki physical defense tinggi, manfaat item akan sangat terasa terutama ketika menghadapi lawan dengan armor dan physical defense yang tinggi.

Wind of Nature

Memberikan peningkatan 30 physical attack, 10% lifesteal, dan 20% attack speed. Efek lain dari item ini adalah:

  • Wind Chant, skill aktif yang memberikan kekebalan dari physical attack  selama 2 detik (durasi menjadi setengahnya jika digunakan oleh non-marksman, 70 detik cooldown).
    Selain dari penambahan yang diberikan, penggunaan item ini bertujuan untuk mengatasi lawan yang memiliki physical attack tinggi dan serangan burst menyakitkan.

Haas’ Claw

Memberikan peningkatan 30 physical attack dan 25% lifesteal. Efek lain dari item ini adalah:

  • Insanity, Mendapatkan tambahan 15% lifesteal ketika HP dibawah 50%.
    Selain dari lifesteal utama yang diberikan item ini, efek insanity yang diberikan juga bisa menjadi penyelamat dan pembalik keadaan saat melawan musuh.

Top Global Moskov Build: Emblem Set

Berikut emblem set yang digunakan oleh top global Moskov Fantasyyy beserta penjelasannya versi Esportsnesia:

Bravery

Emblem set baris pertama yang ialah bravery, set ini akan memberikan total 12 physical attack tambahan kepada Moskov.

Hal ini akan sangat berguna terutama di awal permainan yang dapat memberikan keunggulan baik untuk membersihkan lane dengan lebih cepat maupun untuk membunuh lawan.

Agility

Berikutnya kamu bisa memilih emblem set baris kedua, Agility. Agility merupakan set baris kedua yang menambah movement speed sebesar 6% selama match.

Dengan tambahan movement speed tersebut dapat dimanfaatkan untuk berjalan dengan lebih cepat untuk set up lane, ambush, dan mempercepat rotasi hero dalam permainan atau bahkan untuk mengejar dan kabur dari serangan lawan.

Electro Flash

Emblem set baris terakhir yang dapat dipilih dan sangat berpengaruh saat melawan musuh, ialah electro flash.

Emblem ini memberikan efek memulihkan 30% HP berdasarkan jumlah damage dari basic attack dan memberikan 40 movement speed tambahan ketika menyerang lawan. Efek dari emblem ini akan memiliki cooldown selama 10 detik.

Top Global Moskov Build: Battle Spell

Seperti yang telah disebutkan diatas, Moskov milik Fantasyyy cenderung menggunakan build yang berfokus kepada attack speed.

Sejalan dengan penjelasan tersebut, battle spell yang kerap digunakan oleh Fantasyyy saat menggunakan Moskov adalah inspire.

Inspire memiliki kegunaan yakni meningkatkan attack speed sebanyak 1,55 kali (maksimal 500%) untuk 8 basic attacks selama 5 detik dan basic attack juga mengabaikan sebagian physical defense musuh serta memulihkan sebagian HP saat memberikan damage.

Battle spell ini memungkinkan Moskov untuk memaksimalkan attack speed yang dimiliki dalam menyerang dan memungkinkan hero ini membalikan keadaan dalam pertarungan dengan memanfaatkan efek pemulihan HP yang diberikan oleh battle spell inspire.


Itulah sekilas tentang Fantasyyy sang top global Moskov yang dapat kami bagikan dan kita pelajari. Selain build yang berfokus untuk attack speed, Moskov juga dapat dibentuk untuk build yang berfokus pada output damage tinggi.

Kalau sobat esportsnesia lebih pilih build yang mana nih?