6 Tips Bermain Free Fire untuk Pemula

0
2342

Free Fire merupakan salah satu judul mobile esports aliran battle royale dan TPS (Third Person Shooter) yang nantinya akan mempertemukan 50 sampai dengan 52 pemain dalam sebuah map yang begitu luas.

Layaknya genre battle royale, tiap-tiap pemain harus saling bersaing hingga menyisakan seseorang atau satu skuat yang berhasil bertahan hidup untuk menjadi pemenangnya.

Menggunakan opening gameplay khas battle royale, permainan dimulai dengan seluruh pemain diterjunkan dari pesawat dan memilih target lokasi untuk mendarat, dan voila permainan sesungguhnya baru saja dimulai. Proses looting mencari senjata dan alat medis pun menjadi prioritas utama.

Kompetitif sekali, bukan? Lantas, bila ada seorang pemain pemula, bagaimana caranya agar bisa memenangkan permainan ini? Atau, kamu sudah lama mengenal Free Fire, namun masih juga kesusahan untuk menang?

Jangan khawatir. Tujuan utama dari tulisan ini adalah untuk membebaskan kamu dari jerat kemalangan virtual ini. Yuk, kita simak tips bermain Free Fire untuk pemula (dan juga professional-wannabe).

  1. Fashion item bukanlah prioritas

Free Fire | Fashion item bukanlah prioritas

T-shirt, celana serta berbagai item fashion lainnya yang bisa membuat karakter kamu lebih unyu, sama sekali tidak akan mendorong performa karakter kamu. Sebuah pengecualian bila karakter unyu kamu justru bisa mendorong semangat kamu bermain.

Satu hal yang harus kamu ketahui adalah, lawan yang kamu hadapi pun belum tentu memperhatikan (re: mempedulikan) outfit yang kamu pakai. Mereka semua hanya memiliki sebuah misi, yaitu mengalahkanmu dengan busana apapun.

Tentunya, kamu juga harus mengadopsi landasan berpikir tersebut.

  1. Kenali karaktermu

Free Fire | Misha | Kenali karaktermu

Berbeda dengan outfit, meskipun sama-sama untuk tujuan estetika; jika kamu mengenali kelebihan dari karakter yang kamu pakai, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari permainan.

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa karakter (masih ada 13 karakter lainnya) dengan kelebihannya masing-masing:

  • Nikita – 4% lebih cepat me-reload submachine gun,
  • Misha – 2% lebih cepat dalam mengemudi,
  • Ford – 4% lower damage ketika berada di luar safe zone,
  • Andrew – Kerapuhan vest berkurang 2%,
  • Kelly – 1% lebih cepat dalam sprint,
  • Olivia – Pemain yang di-revive akan mendapat tambahan 6 HP.
Baca juga:  UniPin SEACA 2019: Pintu Naik Kelas Atlet Esports

Tidak hanya itu saja, efek setiap skill tersebut akan bertambah jika kamu meng-upgrade karakter kamu. Selain nilai strategis dalam tim, fokus pada pengembangan seorang karakter juga adalah salah satu langkah untuk meningkatkan performa bermain kamu.

  1. Scope yang berubah menjadi merah

Free Fire | Scope yang berubah menjadi merah

Kalau kamu telah memainkan Free Fire untuk waktu yang lama, secara tidak langsung kamu akan menyadari bahwa bagian dari scope akan berubah menjadi warna kemerahan dari waktu ke waktu.

Namun hal itu hanya akan berlangsung selama beberapa detik. Hal ini menandakan bahwa lawan sedang berada dalam jangkauanmu dan bila kamu melakukan tembakan, peluru kamu akan mengenai target.

Meskipun ada jaminan tepat sasaran, kamu harus ingat bahwa tanda merah tersebut tidak berarti kamu akan memberikan damage yang besar kepada target, seperti halnya headshot. Itu hanya berfungsi sebagai pertanda bahwa tembakanmu mengenai lawan.

  1. Pintar berkendara

Free Fire | Pintar berkendara

Menggunakan kendaraan tentu akan sangat membantu jika kamu harus berpindah-pindah lokasi di map  yang besar. Dalam berkendara, tentu saja ada tips suksesnya, mengingat mobil yang kamu gunakan nantinya akan sangat mencolok dan mudah terlihat oleh pihak lawan karena suaranya.

Sebaiknya kamu hanya menggunakan kendaraan ini ketika kamu bisa mendeteksi ada peperangan yang sedang terjadi. Sehingga besar kemungkinan tidak ada musuh yang memperhatikanmu.

  1. Bermain dengan style combat bukan satu-satunya cara

Free Fire

Biasanya para pemain sedikit kesulitan dalam bergerak diam-diam, apalagi pada saat awal kamu menginjak tanah. Mungkin hanya dalam beberapa detik saja sudah ada pemain yang melawanmu.

Di saat itu, kamu tentu memiliki pilihan untuk melawannya. Jika kamu langsung melawannya, maka kamu akan langsung menuju “deathmatch“; atau kamu bisa memilih untuk mempersiapkan diri menyambut (dengan agresi tentunya) beberapa survivor lain yang sudah berhasil keluar dari zona deathmatch-nya sendiri.

Utamakan untuk berlindung (defensif) terutama ketika permainan baru saja dimulai. Perbanyak item yang bisa menambah HP dan menjamin kelangsungan hidup karakter kamu.

  1. Jangan hanya berdiri

Free Fire | Jangan hanya berdiri

Masih ingat tips ke-3? Ya, jika kamu mengizinkan karaktermu dideteksi oleh musuh (seperti dengan cara berdiri); meskipun player musuh awalnya tidak menyadari keberadaan kamu, sistem Free Fire yang justru secara otomatis akan memberitahu keberadaanmu melalui scope merahnya.

Baca juga:  Apa Itu Apex Legends?

Meskipun kamu berada pada tempat yang ter-cover, tetap saja hal ini akan mempermudah musuh untuk menyerang kamu dari segala arah yang tidak terduga.

Jika kamu tertembak, utamakan untuk langsung lari dengan gerakan zig-zag agar musuh kesulitan untuk dapat membidik kamu.


Nah, itu saja tips bermain Free Fire untuk pemula (atau atlet esports wannabe). Masih banyak tips-tips lain yang bisa kamu dapatkan dengan melihat performa atlet profesional esports sungguhan via streaming.

Semoga tips-tips ini bisa membantu kamu untuk menggapai cita-cita esports-mu. Keep playing and keep learning! Salam Api Gratis!

(Disunting oleh Satya Kevino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here