10 Rekomendasi Game Edukasi Anak All in One untuk Belajar Tanpa Rasa Bosan

1474
Game edukasi anak all in one
Sumber: PlayStore

Saat ini, permainan video gim tidak lagi hanya dimainkan oleh mereka yang sudah dewasa, tetapi juga menyasar ke kelompok anak-anak sebagai bentuk pembelajaran. Salah satu jenisnya adalah game edukasi anak all in one. Game ini sangat cocok dimainkan untuk anak di bawah umur yang masih suka bermain game sambil bisa tetap belajar.

Para orang tua tidak harus bingung untuk membeli berbagai macam perangkat fisik yang diperlukan untuk memupuk kecerdasan anak. Terlebih jika mahal harganya.

Kini hanya dengan bermodalkan smartphone atau gawai yang dimiliki orang tua, si anak pelan-pelan bisa diperkenalkan dengan banyaknya game edukasi gratis yang memang diciptakan untuk anak-anak.

Jenis game edukasi anak all in one ini sangat cocok dimainkan bagi anak usia 2 tahun, PAUD, TK, sampai kelas 6 SD. Mereka dapat berlatih berhitung, warna, berbahasa inggris dan belajar banyak hal tanpa merasa boring.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi game edukasi anak all in one yang bisa orang tua unduh di-smartphone untuk mengajarkan informasi pengetahuan kepada anak!

10 Rekomendasi Game Edukasi Anak All in One

Game Edukasi Anak #1: Aplikasi Belajar TK dan PAUD Lengkap

Game edukasi anak all in one
Sumber : PlayStore

Aplikasi game edukasi anak all in one yang satu ini sangat lengkap untuk merangsang stimulus otak anak dengan cara bermain game.

Game buatan Solite Kids ini dikhususkan untuk anak TK dan juga PAUD. Game ini menyediakan fitur belajar sebanyak 36 buah permainan yang berbeda. Mulai dari belajar doa untuk anak muslim hingga belajar rambu lalu lintas.

Selain itu terdapat 15 buah fitur bermain mencocokan objek hingga bermain tebak nama alat transportasi.

Game Edukasi Anak #2: Khan Academy Kids

Game edukasi anak all in one
Sumber: Khan Academy Kids

Khan Academy Kids memiliki ciri khas tersendiri yaitu dengan menghadirkan banyak karakter hewan di dalamnya. Game ini sangat cocok dimainkan untuk anak berusia enam tahun ke bawah.

Game edukasi anak all in one kali ini akan memberikan hadiah bagi para pemainnya berupa aksesoris yang dapat digunakan untuk menghias tokoh sehingga anak-anak lebih bersemangat ketika bermain.

Satu hal yang paling menarik di dalam aplikasi ini adalah adanya banyak koleksi buku dan video yang dapat ditonton kapan saja dan dimana saja.

Game Edukasi Anak #3: Game Edukasi Anak Lengkap

Game edukasi anak all in one
sumber: dianisa.com

Game edukasi anak lengkap merupakan game buatan SekarMedia. Game ini sangat cocok bagi anak pra sekolah dasar atau tergolong anak balita.

Mereka akan disuguhkan berbagai game yang melatih ingatan mereka terkait warna, huruf, angka, bentuk, dan nama binatang.

Serunya aplikasi ini berbahasa Indonesia sehingga anak akan mudah memahami suara-suara pembelajaran saat memainkan game edukasi anak lengkap ini.

Game Edukasi Anak #4: Math Land

Game Edukasi Anak All in one
Sumber: Google Play Store

Math land merupakan game anak all in one yang akan membantu anak meningkatkan kemampuannya dalam berhitung. Aplikasi ini tergolong ke dalam aplikasi berbayar yang dapat diunduh di Google Play Store maupun Apple App Store.

Apikasi ini memiliki background story dimana dikisahkan ada seorang bajak laut bernama Ray. Di mana anak-anak nanti harus bisa menyelesaikan masalah matematika yang disediakan untuk dapat membuka kunci mata-mata dan berlayar di laut.

Bagusnya lagi di game ini kita dapat mengatur kerumitan soal matematika berdasarkan usia anak. Terdapat banyak soal mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan masih banyak lagi yang lainnya.

Game Edukasi Anak #5: Marbel Gim Belajar Budaya

Game Edukasi Anak All in one
Sumber : Google Play Store

Game mengenal budaya Indonesia ini merupakan game yang baik dikenalkan ke anak-anak dalam rangka mengenal budaya Indonesia sejak dini.

Anak akan diajak untuk mengenal alat musik daerah, pakaian adat, senjata tradisional, makanan khas, dan juga rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Tentunya aplikasi ini sangat patut di-download untuk mengajarkan pada anak keragaman budaya yang harus kita junjung tinggi dan lestarikan.

Game Edukasi Anak #6: Chess for Kids

Game Edukasi Anak All in one
Sumber: Google Play Store

Bermain catur memiliki banyak manfat utamanya untuk anak. Dengan bermain catur anak dilatih untuk memeahkan masalah pada anak, mengenalkan apa itu pola, mengatur konsentrasi, dan juga masih banyak lagi.

Tentunya game edukasi anak all in one yang satu ini sudah di rancang dngan tampilan yang menyenangkan agar mudah digunakan oleh anak. Aplikasi ini memiliki banyak warna yang pastinya membuat anak makin suka bermain disini.

Selain itu, Chess Kids juga memungkinkan anak-anak main bersama. Mereka dapat menemukan teman dari seluruh dunia. Hanya saja mereka tidak bisa berkomunikasi ataupun menambahkan teman karena akan membahayakan privasi anak.

Game Edukasi Anak #7: Belajar Warna + Suara

Game Edukasi Anak All in one
Sumber: Google Play Store

Game edukasi anak all in one untuk anak anak usia 2-5 tahun kali ini bernama game belajar warna dan suara. Seperti judul dari game ini, permainan ini berisikan banyak permainan yang akan membantu anak dalam mengenali warna-warna benda di sekeliling kita.

Ada juga permainan merapikan mainan. Pemain harus mengelompokkan sejumlah mainan sesuai dengan warna yang sama ke dalam satu keranjang yang sudah disediakan.

Aplikasi ini juga sangat mudah dicari. Kamu dapat mengunduhnya secara gratis di Google PlayStore

Game Edukasi Anak #8: Animals Puzzle for Kids

Game Edukasi Anak All in one
Sumber: Google Play Store

Manusia pastinya hidup berdampingan dengan makhluk hidup lainnya. Salah satunya adalah binatang. Anak-anak kecil pastinya banyak yang belum mengenal nama-nama binatang yang ada di sekeliling mereka.

Aplikasi game puzzle hewan ini akan membantu anak mengenal mengenai berbagai macam hewan. Game ini dirancang untuk melatih ketrampilan dan juga melatih motorik halus yang dimiliki anak.

Anak di tuntut untuk dapat mencocokan kepingan-kepingan puzzle sehingga bisa disatukan menjadi satu gambar utuh. Mereka juga akan mengenali warna-warna dari berbagai macam hewan karena di aplikasi ini tersedia 100 puzzle hewan.

Game Edukasi Anak #9: Marbel Belajar Bagian Tubuh

Game Edukasi Anak All in one
Sumber: Google Play Store

Mengenali bagian tubuh sendiri adalah topik yang harus anak kuasai sedini mungkin. Banyak cara yang dapat dilakukan agar anak dapat mengingat bagian tubuh manusia. Salah satunya dengan bermain game mengenal bagian tubuh.

Game edukasi anak all in one yang satu ini akan menyuguhkan ilustrasi menarik mengenai bagian-bagian tubuh mulai dari bagian kepala, bagian badan, tangan, dan juga kaki.

Tidak hanya ilustrasinya saja yang bagus, namun aplikasi ini juga menyuguhkan beberapa animasi bergerak yang membuat permainan semakin menyenangkan.

Game Edukasi Anak #10: Marbel Belajar Mengenal Hewan + Suara

Game Edukasi Anak All in one
Sumber: Google Play Store

Game edukasi anak all in one yang terakhir adalah game yang akan mengajarkan anak mengenal binatang dan juga suara yang dikeluarkan dari hewan tersebut. Game yang dibuat oleh Educa Studio ini telah di unduh lebih dari 1 juta kali di PlayStore.

Ada banyak hewan-hewan yang dapat dipelajari seperti hewan ternak bahkan sampai jenis ikan hias pun dipelajari di sini.

Game ini menjadi lebih edukatif lagi karena ada permainan tebak gambar hingga permainan menyelamatkan orang utan. Sayangnya aplikasi ini beberapa kali memunculkan iklan.


Nah itu tadi 10 game edukasi all in one yang dapat anak-anak mainkan di perangkat smartphone orang tuanya. Sebagai orang tua yang bijak, pastikan untuk terus memonitor screen time dari si anak ya.

Pastikan kamu menjaga keseimbangan belajar secara elektronik maupun secara konvensional agar pertumbuhan si anak tetap aktif, seimbang dan optimal.

Selamat bermain sambil belajar!