10 Terbaik Game Merawat Tanaman – Serunya Bercocok Tanam Melalui Smartphone!

713
Game Merawat Tanaman
Sumber: blockyfarm.com

Bagi kalian yang tinggal di perkotaan, hobi berkebun dan merawat tanaman memang tidak mudah dilakukan. Namun saat ini, hobi berkebun dapat diluapkan melalui sederet game merawat tanaman. Permainan ini menghadirkan keseruan berkebun dan bertani secara realistis.

Jenis game merawat tanaman memang sudah tidak sepenuhnya asing. Sederet game di kategori ini sempat mencuri perhatian dan popularitas meluas di seluruh dunia. Sebut saja konsol gim Harvest Moon yang pernah menjadi favorit di masanya.

Di era digital dan teknologi yang semakin berkembang sekarang, bermain permainan merawat tanaman sudah tentu jauh lebih mudah.

Sudah ada cukup banyak permainan merawat tanaman yang bisa langsung dimainkan melalui smartphone masing-masing. Baik itu untuk Android maupun iOS.

10 Terbaik Game Merawat Tanaman Android dan iOS

Berikut ini merupakan deretan rekomendasi game merawat tanaman terbaik yang bisa diunduh di ponsel Android dan iOS.

Game Bertanam #1. Stardew Valley

Stardew Valley
Sumber: Nintendo

Para penggemar gim Harvest Moon sepertinya bakal menggandrungi permainan satu ini. Stardew Valley memiliki cara bermain dan gameplay yang tidak jauh dengan Harvest Moon.

Bahkan tampilan grafik yang diusung juga masih menggunakan pixel styleart, yang tentunya menumbuhkan kesan nostalgia tersendiri.

Di permainan ini, pemain akan menjalankan seorang karakter yang diceritakan baru saja pindah ke sebuah rumah di desa kecil.

Di sini, ia harus mulai menanam dan berkebun. Sang karakter juga harus bisa mulai membangun lingkungan rumah menjadi area pertanian dan perkebunan yang menguntungkan.

Keseruan tentu bukan saja bagaimana sang karakter berusaha untuk meningkatkan hasil panen setiap harinya. Melainkan juga interaksi-interaksi yang bisa dilakukan denagn deretan NPC. Sang karakter juga bisa mengikuti berbagai event menarik di desa.

Game Bertanam #2. Pocket Plants: Cozy plant game

Pocket Plants
Sumber: Shikudo

Gim yang bisa dimainkan di smartphone iOS ini memiliki beberapa daya tarik. Selain pemain akan bisa menanam berbagai jenis tanaman lucu. Pemain juga akan didorong untuk melakukan aktivitas fisik!

Pocket Plants: Cozy plant game merupakan permainan di iOS yang bisa terhubung ke aplikasi kebugaran.

Nantinya, pemain akan bisa mendapatkan tambahan energi dengan cara meningkatkan aktivitas fisik seperti berolahraga secara nyata. Seru sekali, bukan!

Nah untuk gameplay-nya sendiri, Pocket Plants: Cozy plant game memungkinkan pemain untuk menanam berbagai jenis tanaman.

Pemain juga akan bisa menciptakan tanaman baru dengan menggabungkan beberapa tanaman sekaligus.

Game Bertanam #3. Sumikkogurashi Farm

Sumikkogurashi Farm
Sumber: Qoo News

Permainan satu ini memiliki ciri khas unik tersendiri. Game merawat tanaman memang dikenal mengunggulkan tampilan dan grafik. Namun Sumikkogurashi Farm hadir dengan tampilan grafis yang berbeda dan menarik perhatian.

Grafis Sumikkogurashi Farm terbilang sangat sederhana. Karakter yang ditampilkan bentuk bundar dan mirip beberapa hewan. Seperti kucing, harimau, bahkan anjing.

Daya tarik lain selain grafis yang sederhana ini adalah pemilihan warna-warna pastel yang memanjakan mata.

Untuk cara bermainnya, Sumikkogurashi Farm juga tidak kalah sederhana. Di permainan ini pemain hanya harus menanam dan menanam berbagai tanaman. Selain itu pemain juga harus menjaga hewan-hewan ternak.

Permainan satu ini cocok bagi kalian yang mencari gim ringan dengan tampilan lucu sekaligus menarik.

Game Bertanam #4. My Little Terrarium 4+

My Little Terrarium 4+
Sumber: Minimonster Game Limited

Nah bila kalian mencari game merawat tanaman yang berbeda dan memberikan pengalaman tidak biasa, My Little Terrarium 4+ layak dilirik.

Gim ini tidak menghadirkan gameplay seperti layaknya permainan berkebun dan bertani biasa. Pasalnya di permainan ini, pemain akan menanam tanaman di dalam sebuah terarium.

Di dalam terarium, pemain akan bisa menanam berbagai ragam tanaman berbeda. Tentunya pemain juga harus memastikan untuk menyiram dan memberikan pupuk agar tanaman tersebut tumbuh dan berkembang.

Ada cukup banyak pilihan tanaman yang bisa dipilih. Mulai dari jenis bunga, rumput, sampai pepohonan.

Satu keseruan lain, selain bisa menanam tanaman, pemain juga bisa menjaga hewan peliharaan di terarium tersebut. Seru!

Game Bertanam #5. Terrarium: Garden Idle

Terrarium Garden Idle 4+
Sumber: Youtube @2pFreeGames

Sekilas, Terrarium: Garden Idle memang hampir mirip dengan My Little Terrarium 4+. Pemain hanya harus menanam dan menjaga tanaman di dalam terarium kecil. Hanya saja Terrarium: Garden Idle memiliki gameplay dan juga tampilan grafis lebih sederhana.

Cara bermain Terrarium: Garden Idle memang cukup sederhana. Pemain hanya perlu menanam berbagai tanaman. Nantinya ketika tanaman tersebut memproduksi oksigen, pemain akan bisa membeli jenis tanaman baru dari oksigen yang dikumpulkan.

Terrarium: Garden Idle memiliki tampilan grafis yang sangat sederhana. Permainan ini juga sangat mudah untuk dimainkan. Cocok bagi kalian yang ingin mengisi waktu luang dengan merawat tanaman.

Game Bertanam #6. Blocky Farm

Blocky Farm
Sumber: blockyfarm.com

Diakui maupun tidak, Minecraft menghadirkan trend tersendiri di dunia game. Seperti tampilan grafis dengan pixelated art yang menjadi ciri khasnya.

Bila kalian menggemari tampilan grafis ini dan ingin bermain game merawat tanaman, Blocky Farm jadi pilihan terbaik.

Gameplay Blocky Farm tidak jauh berbeda dengan farming game lain. Di permainan ini pemain harus menjaga sebuah area pertanian.

Mulai dari menjaga tanaman, memanen hasil kebun, hingga menjaga hewan-hewan ternak. Perbedaan terbesar Blocky Farm dengan permainan berkebun dan merawat tanaman lain terletak pada gaya grafik yang digunakan.

Blocky Farm memiliki gaya grafik pixelated art mirip denga Minecraft. Tentunya tampilan grafis ini memberikan kesan berbeda kepada permainan.

Game Bertanam #7. Viridi

Viridi
Sumber: Steam

Satu lagi game merawat tanaman dengan gameplay dan tampilan grafik yang sangat sederhana.

Viridi akan menjadi gim yang cocok dimainkan para penggemar sukulen. Jenis tanaman berukuran kecil yang tidak membutuhkan banyak perhatian.

Seperti itu juga permainan satu ini. Viridi bisa dimainkan ketika waktu luang. Bahkan kalian tidak harus memainkan gim ini setiap hari. Cukup pastikan sukulen yang sudah ditanam di dalam gim untuk tetap hidup.

Meskipun nampak sederhana, Viridi sebenarnya memberikan pengalaman paling realistis ketika merawat tanaman.

Terlebih untuk jenis tanaman sukulen yang memang tidak memerlukan atensi dan juga perhatian khusus.

Game Bertanam #8. Inner Garden

Inner Garden
Sumber: Amazon

Permainan satu ini cukup berbeda bila dibandingkan dengan deretan gim di atas. Di permainan ini, pemain bukan sekedar menanam tanaman, menjaga, hingga memanen. Lebih dari itu, permainan ini memungkinkan pemain untuk menciptakan kebun impian.

Inner Garden memiliki cukup banyak koleksi tanaman dan juga aksesoris kebun. Pemain juga bisa membeli paket-paket tambahan untuk membangun kebun yang diimpikan. Entah itu kebun bergaya Jepang, tradisional, bahkan juga kebun padat layaknya hutan.

Dibandingkan dengan permainan lain yang berfokus pada pertumbuhan dan menjaga tanaman.

Inner Garden justru lebih berfokus pada desain kebun. Pemain bahkan bisa mendesain beberapa kebun sekaligus dengan koleksi tanaman dan juga gaya berbeda.

Game Bertanam #9. Sunrise Village

Sunrise Village
Sumber: innogames.com

Sunrise Village memadukan game di kategori farming dan adventure. Gim RPG ini memiliki cara bermain tidak jauh berbeda dengan Harvest Moon dan Stardew Valley. Hanya saja dengan tampilan grafis yang lebih menarik.

Di permainan ini, pemain memiliki tugas untuk menjaga sebuah rumah dan perkebunan. Bukan hanya harus menanam dan memanen berbagai tanaman untuk mendapatkan uang.

Pemain juga harus berinteraksi dengan karakter NPC lain dan juga berpetualang di seluruh desa demi mendapatkan item menarik.

Meskipun gameplay permainan ini terbilang tidak sepenuhya baru, namun tampilan grafis yang apik dan juga unsur petualangan menjadikan gim ini sangat layak dimainkan.

Game Bertanam #10. Home Garden Lulu

Home Garden Lulu
Sumber: Google Play

Satu lagi game merawat tanaman yang sangat layak untuk dimainkan. Home Garden Lulu menempatkan pemain sebagai pemilik sebuah kebun di rumah. Tentu saja tugas utama kalian adalah merawat dan menjaga tanaman-tanaman yang ada.

Menariknya, selain harus menjaga tanaman yang ada di kebun rumahan tersebut, pemain juga juga bertugas merawat kodok-kodok lucu yang ada. Nantinya ketika permainan sudah semakin berkembang, pemain bisa membuka sebuah toko bunga sendiri.

Game merawat tanaman memang memiliki sebuah daya tarik tersendiri. Permainan di atas merupakan beberapa gim terbaik yang wajib kalian coba mainkan.