Stardew Valley, Game Pertanian Paling Seru

0
8
Apa itu stardew valley? Stardew valley adalah game simulasi pertanian

Apa itu Stardew Valley? Stardew Valley adalah game simulasi pertanian yang dikembangkan oleh Eric “ConcernedApe” Barone. Dalam game ini, pemain bisa melakukan berbagai hal seperti memelihara ternak, bercocok tanam, menambang biji, menjual hasil panen hingga pergi ke luar kota.


Bosan dengan game-game MOBA seperti Mobile Legends ? Kini saatnya untuk mencoba game dengan genre yang berbeda seperti Stardew Valley.

Game ini mengusung tema yang unik dimana suasana pendesaan menjadi latar utamanya. Jika kalian pernah bermain Harvest Moon, gameplay dari gim ini tidak akan terasa asing lagi. Karena pengembangnya memang terinspirasi dari game tersebut.

Akan tetapi, Stardew Valley dipastikan lebih baik karena beberapa kekurangan pada Harvest Moon telah diatasi pada game ini.

Stardew Valley telah dimainkan oleh jutaan pemain dari berbagai negara. Game ini bisa menjadi alternatif jika kalian menyukai game yang mengusung tema pedesaan. Buat kalian yang penasaran dengan game ini, wajib tahu informasi di bawah ini.

Stardew Valley, Game Bertema Pedesaan

Stardew Valley

Stardew Valley merupakan game simulasi pertanian dimana pemain bisa melakukan berbagai hal seperti memelihara ternak, bercocok tanam, menambang biji, menjual hasil panen hingga pergi ke luar kota. Bermain game ini akan merasakan seperti seorang petani yang kesehariannya berada di desa.

Tidak berbeda jauh dengan Harvest Moon, karakter di Stardew Valley juga bisa menikah hingga mempunyai anak. Selain beraktifitas di lahan pertanian, karakter juga bisa menjalani rutinitasnya di rumah.

Kelebihan Stardew Valley terletak pada fiturnya untuk bisa dimainkan secara online. Ini memungkinkan pemain mengundang rekannya untuk bermain secara online dan membuat gameplay menjadi lebih seru.

Karakter dalam Stardew Valley bisa dikostumisasi dengan menggunakan berbagai item kosmetik seperti sepatu hingga topi. Nantinya para pemain juga bisa mendekorasi rumah dengan pilihan furniture yang ada.

Akan tetapi untuk membeli item-item itu dibutuhkan uang virtual di dalam game. Pemain perlu menyelesaikan berbagai misi untuk mendapatkan uang tersebut.

Stardew Valley resmi dirilis pada Februari 2016 untuk platform Windows. Saat ini Stardew Valley sudah bisa dimainkan di berbagai platform seperti MacOS, Linux, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, PlayStation Vita, iOS hingga Android. Banyaknya platform yang tersedia memungkinkan pemainnya untuk lebih fleksibel dalam bermain.

Gameplay Stardew Valley

Stardew Valley

Saat pertama kali bermain Stardew Valley, pemain perlu mengatur karakter yang akan dimainkan. Diceritakan, karakter tersebut menerima warisan tanah dari kakeknya berupa sebidang tanah dan juga rumah berukuran kecil di sebuah kota kecil bernama Pelican Town. Rumah ini yang nantinya memungkinkan karakter untuk pergi ke kota. Saat berada di kota, suasananya jelas akan berbeda dibanding saat di desa.

Pemain juga perlu memilih tipe peta pertanian yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Saat pertama kali mengurus lahan, akan menjumpai lahan yang masih banyak bebatuan, gulma, pohon dan masih belum bisa ditanami. Tugas diawal permainan ini adalah, pemain harus membersihkan lahan yang akan digunakan untuk pertanian.

Ada banyak tanaman yang bisa ditanam seperti kembang kol, melon, biji kopi dan yang lainnya. Biji tanaman bisa dibeli melalui Pierre’s General Store maupun JojaMart. Kedua toko ini menawarkan harga yang berbeda-beda.

Pemain harus merawat tanaman agar bisa berbuah sesuai dengan waktunya. Hasil panen nantinya bisa langsung dijual untuk menghasilkan uang.

Pemain akan disediakan cangkul, beliung, kapak, alat penyiram, tempat sampah dan beberapa alat lain yang levelnya masih rendah di awal permainan. Seiring berjalannya waktu, pemain bisa membeli alat yang levelnya lebih tinggi agar pekerjaan lebih cepat selesai.

Selain berkebun, pemain juga bisa memelihara berbagai hewan ternak. Seperti ayam, bebek, kelinci, sapi, kambing, domba, babi dan masih banyak lagi. Setiap hewan yang dipelihara akan menghasilkan produk yang berbeda-beda mulai dari telur, susu hingga wool. Pemain bisa menjual produk tersebut untuk mendapatkan uang.

Bangunan-bangunan di Stardew Valley

Stardew Valley

Di gim ini, ada banyak bangunan yang memiliki fungsi berbeda-beda. Pertama ada Farmhouse yang merupakan tempat tingal pemain selama memainkan game ini. Di awal permainan, bangunan ini masih sangat kecil, namun sudah dilengkapi dengan tempat tidur, perapian hingga televisi.

Dengan membayar sejumlah uang, bangunan ini bisa direnovasi menjadi lebih besar dan memiliki fasilitas lengkap.

Bangunan selanjutnya bernama Cabin, yang merupakan bangunan pertanian yang bisa dihuni oleh satu petani dalam mode multiplayer. Bangunan ini bisa dipilih di awal mode multiplayer dan diberikan secara gratis. Di bangunan ini, pemain bisa menanam sampai dengan 18 pohon buah untuk menghasilkan panen lebih banyak.

Sementara di kota, masih banyak bangunan lain yang berfungsi sebagai pusat penjualan dan layanan seperti toko pertanian, klinik, salon hingga museum.

Menikah dan Memiliki Anak di Stardew Valley

Stardew Valley

Penikahan bisa dilakukan dalam mode permainan singleplayer. Nah untuk menikah, pemain harus mencari penduduk desa yang ditandai dengan status “single”. Untuk menemukannya bisa dengan membuka Social tab pada game tersebut. Sementara jika ingin menikah dalam mode multiplayer, bisa melihat pada Multiplayer dan Wedding Ring.

Bukan hal yang mudah untuk bisa melakukan pernikahan dalam game ini. Pemain perlu mendapatkan 10 hati persahabatan dengan pasangan yang ingin dinikahi. Selain itu, pemain juga harus meningkatkan rumah pertanian menjadi lebih baik minimal sekali. Kemudian harus memiliki akses ke area Tide Pool yang ada di pantai.

Dalam game ini, pemain bisa melakukan kencan dengan pasangan yang ingin dinikahi. Jika tidak cocok dengan pasangan yang dipilih, pemain juga bisa putus dengan pasangan yang sudah dipilih. Hal ini tentu sangat menarik, karena gameplay-nya mirip dengan kehidupan nyata. Pemain bisa bebas memilih pasangan untuk dipilih menjadi pasangan nantinya.

Untuk memiliki anak di Stardew Valley, pemain perlu menikah terlebih dahulu. Selain itu juga perlu meningkatkan rumah pertanian sebanyak dua kali, ini terlihat bangunanya yang semakin besar.

Di rumah tersebut nantinya perlu ada kamar bayi dan juga kamar tambahan. Uniknya pada game ini, pemain bisa menikah sesama jenis dan untuk anak didapatkan dengan cara mengadopsi anak.

Pemain hanya bisa memiliki dua anak saja, laki-laki dan perempuan. Jika anak pertama laki-laki, maka akan kedua dipastikan perempuan. Setelah anak pertama, perlu menunggu sampai anak sampai tahap balita untuk bisa memiliki anak kembali.

Jika anak sudah masuk tahap balita, pasangan biasanya akan membawa anak ke berbagai acara seperti Pameran Lembah Stardew.

Alasan Stardew Valley Cocok untuk Dimainkan

Stardew Valley

Jika kalian merupakan seorang penggemar game Harvest Moon, pasti akan senang ketika memainkan game ini. Gameplay-nya hampir bisa dibilang sama persis. Mungkin grafiknya saja yang berbeda.

Pada saat bermain, cuaca, musim dalam game akan berganti-ganti. Ini mengharuskan pemain siap untuk menyesuaikan apa yang akan ditanam. Banyak festival yang bisa diikuti sehingga membuat game ini lebih terlihat nyata.


Nah itulah ulasan singkat mengenai Stardew Valley. Game ini cocok untuk dimainkan di waktu senggang karena tidak membutuhkan keterampilan yang hebat. Bisa dimainkan pada waktu santai karena akan sulit untuk menyelesaikan game ini dengan cepat.