Penuh Tantangan! Inilah 4 Hero ML Yang Bisa Gendong Tim!

1125
Hero Paling Laku di Mobile Legends hero ML yang bisa gendong tim
Sumber: UHD Wallpaper

Sebagai salah satu game paling populer di Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang menawarkan pengalaman bermain MOBA yang asik, seru, dan juga kompetitif. Mengingat game-nya yang ditujukan pada semua kalangan, tentunya Moonton juga memberikan pilihan hero yang beragam dan variatif.

Melihat banyaknya pemain baru yang bermunculan karena hype besar, para pemain lama maupun musiman pasti bakal menemui salah satunya saat tengah bermain kasual. Namun, ada juga beberapa masa dimana kita harus menggendong tim dalam mode ranked.

Sebelum yang tak mengenakkan terjadi, tim Esportsnesia bakal memberikan kalian rekomendasi hero ML yang bisa gendong tim kalian dari berbagai role yang ada dalam game tersebut.

Hero MLBB Spesialis Gendong Tim

Hero Mobile Legends yang Bisa Gendong Tim #1: Gloo

hero gendong tim mlbb gloo

Hero ML yang bisa gendong tim pertama adalah Gloo. Hero dengan role fighter/tank ini terhitung baru saja rilis dalam game-nya oleh Moonton. Meskipun begitu, hero ini sudah cukup lama berada di advanced server Mobile Legends dalam bentuk masa percobaan.

Pada masa awal perilisan, Gloo terbilang kurang disukai oleh para player yang menganggapnya kurang bagus atau kuat.

Namun seiring waktu, Moonton memberikan update patch guna memoles Gloo dan kini menjadi salah satu hero yang cukup digandrungi di komunitas pemain ML. 

Dengan cooldown skill dan mobilitas yang tinggi, Gloo sangat cocok dipakai untuk melawan di garis depan musuh.

Statusnya sebagai exp laner tidak menghentikannya dalam memberikan damage yang kuat terhadap musuh.

Skill pertama Gloo adalah Slam, dimana ia dapat membanting musuh ke tanah sekaligus memberikan damage.

Tak hanya itu, ia juga meninggalkan semacam gumpalan atau genangan di area musuh yang dapat meledak secara otomatis maupun manual dengan cara Gloo harus menginjak gumpalan tersebut. 

Skill 2 Gloo yang bernama Pass. Pass berfokus memberikan pukulan kepada musuh dengan tumpukan Goo.

Ini akan memberikan efek Immobilze terhadap musuh selama 0,5 detik. Jika musuh terkena Goo, kalian harus mengarahkan skill 2 ke arah Goo dan Gloo pun dapat berlari ke arah musuh dengan cepat serta menyeretnya.

Lalu, ada skill ultimate milik Gloo bernama Split. Split membuatnya dapat membelah diri menjadi 12 slime selama 10 detik lamanya.

Dalam masa Split, masing-masing slime mendapat peningkatan kecepatan berjalans serta skill tambahan bernama Grab, dimana kalian memerlukan waktu yang pas agar dapat menempel di hero lawan dan mengambil HP nya secara drastis.

Gloo terdengar seperti hero yang cukup ribet untuk dikuasai, dan itu tidak sepenuhnya benar.

Nyatanya, Gloo memang ditujukan pada player dengan pengalaman bermain yang cukup lama dalam game ML.

Namun aspek terpenting dari hero satu ini adalah momentum dan timing. Itulah sebabnya Gloo tergolong ke dalam hero ML yang bisa gendong tim.

Hero Mobile Legends yang Bisa Gendong Tim #2: Lancelot

Arti Mekanik dan Makro Mobile Legend. Lancelot
Sumber: UHD Wallpaper

Hero ML yang bisa gendong tim selanjutnya merupakan salah satu hero Assassin sejuta umat player, yaitu Lancelot. Hero yang merupakan kekasih Odette dalam lore-nya ini rilis pada 16 Oktober 2017.

Popularitas tak terbendung dari hero jungler ini bukan tanpa alasan. Secara garis besar, Lancelot merupakan hero yang mampu menyergap lawan dengan cepat serta mobilitas yang mumpuni yang membuatnya amat lincah.

Selain itu, ia dapat bertarung leluasa di area turret tanpa harus takut mati karena serangan turret, namun kalian harus tetap waspada. 

Selain itu, ia juga mempunyai damage burst yang sangat tinggi serta cooldown skill yang cepat. Beberapa hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu hero yang sangat diandalkan dalam early bahkan late game sekalipun.

Skill pasif dari Lancelot bernama Soul Cutter memungkinkannya untuk melakukan charge, lalu meningkatkan 7,5% selama 4 detik lamanya.

Efek ini dapat di-stack atau ditumpuk sebanyak 4 kali mencapai bonus damage maksimum hingga 30%.

Skill pertama Lancelot, Puncture membuatnya dapat melayangkan damage ke arah musuh beserta status Sword Mark atau tanda pedang.

Bila musuh terakhir yang skill ini tidak mendapatkan tanda pedang, maka skill Puncture ini akan langsung cooldown dan kalian dapat langsung menggunakannya.

Skill 2 bernama Thorned Rose adalah yang sangat berguna di early game. Dengan Thorned Rose, Lancelot mengeluarkan 3 serangan panah ke tiga arah.

Jika musuh berada di tengah-tengah arah serangan, maka akan mendapatkan kerusakan fisik dan penurunan kecepatan gerakan sebanyak 20% selama 0,5 detik dan dapat ditumpuk hingga 3 kali..

Lalu ada skill ultimate bernama Phantom Execution, dimana Lancelot memberikan damage fisik ke hero lawan mana pun. Lancelot akan mendapat status kebal selama fase ultimate ini. 

Untuk skill combo hero Lancelot, salah satu yang direkomendasikan adalah Skill 2 > Basic Attack > Ultimate > Skill 1.

Dengan kata lain; kalian akan mengikis darah beserta armor milik lawan lalu membuatnya sekarat dan bingung untuk bertindak. 

Meskipun memiliki HP yang tergolong tipis serta Crowd Control yang tak sebagus hero lain, Lancelot adalah pilihan yang tergolong “aman tapi mematikan” bagi player dikarenakan kelincahannya yang membuat lawan kepusingan.

Lancelot jelas adalah hero ML yang bisa gendong tim dan dapat diandalakan. 

Hero Mobile Legends yang Bisa Gendong Tim #3: Vexana

hero ML yang bisa gendong tim
Sumber: mobile-legends.fandom.com

Hero ML yang bisa gendong tim selanjutnya adalah Vexana. Hero Mage ini sudah lama menemani para pejuang Land of Dawn sejak perilisannya di tahun 2017. 

Di pertengahan tahun 2022 lalu, Vexana mendapatkan revamp yang mengubah beberapa aspek dari hero tersebut secara signifikan!

Hero satu ini terkenal mempunyai keunggulan sebagai inisiator dalam team fight. Meskipun begitu, ternyata Vexana ini juga tergolong mudah digunakan, loh.

Dimulai dari skill pasif miliknya yang bernama Nether Touch. Skill AoE (Area of Effect) dapat mengeluarkan damage di sekitar hero lawan yang terkena hit dan mendapat status Nether Curse. Ini sangat berguna untuk melenyapkan minion dengan mudah di early game, terlebih jika ia berada di mid lane.

Skill pertama dari Vexana bernama Deathly Grasp. Dengan mengarahkan skill tersebut ke arah lawan, maka Phantom Claw miliknya akan memberikan damage di jalur tersebut.

Selain itu, skill ini akan memberikan efek Terrify kepada lawan. Skill ini cocok digunakan ketika musuh berkumpul karena Crowd Control yang berdampak besar.

Skill 2 Vexana, Cursed Blast memberikan tanda di area target. Jika musuh terkena tanda itu, maka kekuatan Undead dari Vexana dapat memberikan efek perlambat gerakan.

Setelahnya, ledakan Nether Energy di area itu akan memberikan Magic Damage terhadap musuh yang ada di area tersebut. 

Skill ultimate Vexana merupakan salah satu yang tersakit dan terkuat dalam game. Bernama Eternal Guard, Vexana akan memanggil Undead Knight, sosok raksasa besar berukuran setara dengan Lord. Musuh yang terkena serangan Undead Knight akan Magic Damage dan efek Airborne.

Dikarenakan hero ini berfokus pada team fight, maka kalian wajib untuk terus menggunakan skill di momen yang tepat.

Skill semacam Eternal Guard sangat cocok digunakan saat musuh berkumpul dan kalian harus bersatu dengan tim untuk maju. Lalu kalian dapat melanjutkan dengan skill 2 dan 1 untuk menguras HP milik tim musuh.

Berbeda dari Lancelot, Vexana adalah hero yang menyebalkan bukan karena mobility ataupun cooldown skill, melainkan betapa sakitnya skill-skill yang dimiliki.

Vexana memiliki Crowd Control yang sangat kuat, menjadikannya salah satu ancaman bagi player lawan dalam game Mobile Legends. 

Menggunakan Vexana menjamin kalian akan menjadi sasaran pertama untuk diserang, namun nyatanya ia juga mempunyai damage yang besar di early game yang membuat musuh kembali berpikir dua kali. 

Hero Mobile Legends yang Bisa Gendong Tim #4: Khufra

Sumber: mobile-legends.fandom.com

Hero ML yang bisa gendong tim terakhir adalah Khufra. Hero ini merupakan salah satu Tank yang paling ditakutkan oleh tim lawan saat bermain, dan bukan tanpa alasan.

Berbeda dari hero-hero lain, Khufra dapat dengan mudah menghentikan skill Escape Mechanism seperti blink atau flicker yang biasanya dimiliki hero-hero Assassin atau Mage. Dengan begitu, Khufra pun menjadi ancaman besar bagi hero core milik lawan.

Selain itu, Khufra juga memiliki skill-skill yang sangat berguna untuk team fight. Tatkala sedang tertinggal sendiri, Khufra mempunyai defense tinggi yang membuatnya sangat sulit untuk dibunuh oleh lawan.

Skill pasif dari Khufra yang bernama Spell Curse yang memungkinkannya untuk bertahan di lane selama mungkin.

Ini dikarenakan kemampuan regenerasi yang dimilikinya yang cukup besar, 8% HP di setiap 12 detik sekali. 

Skill 1 dari Khufra bernama Tyrant’s Revenge. Skill ini merupakan salah satu Crowd Control dan memiliki jarak yang sangat jauh. Skill ini dapat menjadi engage dan disengage terhadap musuh, namun pastikan tak ada musuh yang menghalangi saat kalian akan mengeluarkan skill ini.

Skill 2 bernama Bouncing Ball adalah skill yang menjadi ancaman bagi hero-hero yang memiliki mobility tinggi atau lincah, seperti Fanny, Lancelot, dan sebagainya.

Bouncing Ball adalah skill yang sangat cocok untuk menghadapi hero lincah karena dapat mencegah mereka untuk kabur. 

Skill ultimate bernama Tyrant’s Rage merupakan ultimate yang mematikan karena skill ini dapat merusak formasi musuh dengan menahan beberapa hero lawan di balik dinding.

Selain itu, ultimate ini juga mempunyai efek memperlambat gerakan bahkan stun terhadap musuh. Terkena ultimate dari Khufra adalah mimpi buruk bagi banyak player

Combo terbaik bagi Khufra adalah dengan mengandalkan semua skill miliknya. Skill 1 untuk inisiasi team fight, dilanjutkan dengan skill 2 untuk melakukan counter atau disable skill milik lawan, lalu skill ultimate ketika tim kalian telah berkumpul dan tim inti pun akan menghabisi tim lawan. 

Menggunakan Khufra memang bukan hal yang mudah. Bukan hanya tak cocok untuk pemula, beberapa player lama pun enggan untuk menggunakan salah satu hero ML yang bisa gendong tim ini.

Namun nyatanya tidak sesulit itu, timing yang pas serta penguasaan arahan skill adalah kunci dari hero Khufra secara garis besar. 

Intinya, menggunakan Khufra dapat menjamin kemenangan jika kalian memiliki tim yang suportif. Khufra adalah hero Tank yang menyebalkan sekaligus menakutkan, kehadirannya bakal membuat banyak pemain keringat dingin. 

Nah, itu dia 4 hero ML yang bisa gendong tim hingga kemenangan bahkan ke rank yang lebih tinggi.

Sejatinya, masih ada lagi hero-hero yang tergolong lebih mudah dimainkan dari daftar di atas, namun untuk dapat menggendong tim pastinya kalian harus sudah menguasai garis besar game Mobile Legends terlebih dahulu.

Kira-kira, hero apa lagi nih yang perlu dibahas oleh Esportsnesia? Berikan pendapat kalian di kolom komentar ya, guys!