Yuk Kenali 7 Mitologi Lokapala Khas Nusantara Berikut Ini!

120
Hero Fighter Lokapala mitologi

Masuki usia 2 tahun, game MOBA karya anak bangsa yang kaya akan budaya dan mitologi Lokapala ini tidak hanya menghadirkan inovasi baru dan keunikan khas Indonesia, tetapi juga sangat seru untuk dimainkan bersama teman. 

Kehadiran berbagai sosok Ksatriya dalam game yang memiliki ciri khas tersendiri dengan legenda dan mitologi Indonesia ini tentu semakin meningkatkan rasa bangga dari penduduk tanah air. Yuk, Simak lebih lanjut mengenai latar belakang para Ksatriya di dalam mitologi Lokapala ini! 

Mitologi Lokapala #1: Raden Wijaya

Raden Wijaya adalah pendiri Kerajaan Majapahit dan merupakan putra dari Pangeran Kerajaan Singhasari yang bernama Mahisa Campaka. Raden Wijaya mempunyai empat orang istri yang merupakan putri dari Raja Kertanagara, dan salah satunya bergelar Rajapatni yang lebih dikenal dengan nama aslinya yaitu Gayatri.

Raden Wijaya hanya mendapatkan keturunan dari Gayatri, sehingga raja-raja Majapahit yang menjadi penerusnya merupakan keturunan dari anak terakhir Raja Kertanagara tersebut. Selain itu, Raden Wijaya juga terkenal dengan sifatnya yang bijaksana, kebapakan, dan pandai menghargai perjuangan dari bawahannya.

Diangkat dari sejarah Kerajaan Majapahit tersebut, Ksatriya bernama Vijaya  pun dihadirkan dalam Lokapala. Ksatriya Vijaya diceritakan sebagai sosok pejuang yang berperang demi mempertahankan Kerajaan Singhasari, menyatukan rakyatnya, dan menjaga kehormatan ayahnya sebagai Raja Kerajaan Singhasari.

ksatriya lokapala vijaya

Taktik yang biasa dilakukan oleh ksatriya dengan role assassin adalah dengan bersembunyi dan menemukan kesempatan untuk mengeksekusi Ksatriya lawan. Untuk membantunya dalam menjalankan taktik tersebut Ksatriya Vijaya memiliki 3 skill aktif, yaitu Bhaktine Prajurit, Sinivali, dan Rajarana.

Dengan skill Bhaktine Pajurit, Vijaya dapat memanggil prajurit dan menyerang lawan, selain itu Ia juga bisa berpindah posisi ke prajurit tersebut dalam 4 detik tanpa bisa melakukan serangan. Skill Sinivali memungkinkan Vijaya untuk menyerang lawan dan meningatkan kecepatan pergerakannya.

Sementara itu, skill terakhirnya yang bernama Rajarana dapat mengeluarkan 3 serangan pada lawan yang berada di dalam jangkauannya. Dengan sejarah yang menarik dan skill sebagai assassin yang bukan main kerennya, Vijaya tentu menjadi salah satu Ksatriya yang populer dipakai.

Mitologi Lokapala #2: Panglima Burung Suku Dayak

Panglima Burung atau yang kerap disebut dengan Pangkalima adalah tokoh mitologi yang berasal dari Suku Dayak, Kalimantan. Pangkalima dikenal sebagai sosok yang mempersatukan suku dan memberikan bantuan saat Suku Dayak sedang mengalami permasalahan.

Nama Panglima Burung mulai naik ke permukaan setelah terjadinya Kerusuhan Sambas dan Kerusuhan Sampit. Suku Dayak biasanya akan memanggil sosok tersebut dengan sebuah tarian khusus, yaitu Tari Perang.

Panglima Burung kemudian dipercaya akan datang dan memberi bantuan baik dengan merasuki salah satu orang, maupun langsung datangnya bantuan.

Mengadopsi mitologi tersebut, Lokapala pun hadirkan sosok ksatriya fighter yang bernama Nanjan. Di dalam Lokapala, Nanjan hidup di dalam hutan yang hanya diketahui namanya, yaitu Pukung Himba. Tidak ada yang mengetahui di mana keberadaan maupun kebenaran hutan tempat Nanjan tinggal tersebut.

Hutan Pukung Himba menyimpan kekuatan besar yang diincar oleh umat manusia, maka dari itu Para Tau Toan harus selalu menjaga kerahasiannya. Nanjan merupakan anak dari pemimpin Tau Toan harus memimpin seluruh warga supaya tak melalaikan sumpah mereka.

Ksatriya Game Mitologi Lokapala, Nanjan

Dalam perannya sebagai fighter, Ksatriya biasanya akan dituntut untuk menginisiasi penyerangan pada lawan. Ksatriya dengan peranan fighter mayoritas akan membuka peluang bagi assassin dan marksman untuk mengeksekusi lawan. Nanjan memiliki tiga skill, yaitu Luta Andindung, Riwut Ngayo, dan Nyiwui Luta. 

Dengan menggunakan skill Luta Andindung, Nanjan dapat berlindung di balik talawang dan mengurangi damage yang diterimanya hingga 80 persen. Sembari berlindung, Nanjan masih bisa bergerak dan menyerang lawan. Pada skill Riwut Ngayo, dirinya dapat melempar mandau dan memberikan damage sekaligus memperlambat gerakan lawan selama 2 detik.

Sementara itu, Nyiwui Luta memungkinkan Nanjan untuk mendatangkan badai yang sangat menguntungkan. Karena selain menambah kecepatan serang, badai tersebut juga dapat memberi damage yang besar dan memperlambat gerakan lawan hingga 30 persen dalam kurun waktu selama 8 detik. Sangat menakjubkan, bukan?

Mitologi Lokapala #3: Burung Garuda

Burung Garuda merupakan burung mitologi khas Hindu-Buddha. Karena kegagahan dan keberaniannya, burung Garuda menjadi kendaraan bagi Dewa Wisnu yang merupakan salah satu daritiga dewa utama dan terkenal dengan sebutan dewa pemelihara alam.

Garuda digambarkan sebagai burung yang berbulu emas, memiliki wajah yang putih dengan sayaap yang kemerahan. Ukuran Garuda sangat besar, sehingga membuatnya terlihat begitu gagah.

Di dalam Lokapala, Khage terkenal dengan perannya sebagai Tank yang tangguh. Tank adalah peranan yang harus bisa menangani banyaknya damage yang akan diterima karena biasanya posisi ini memiliki defense yang baik. Pengaturan posisi perang adalah hal yang sangat penting, maka perlu diingat bahwa Tank akan lebih baik jika berada di posisi depan.

Ksatriya Game Mitologi Lokapala, Khage

Ksatriya Khage yang tangguh ini dapat menghancurkan 3 dunia pada game Lokapala hanya dengan menggunakan sayapnya. Skill aktif yang dimiliki oleh Ksatriya Khage adalah Adhisthana Amrta, Raktapaksa, dan Anavastha Triloka.

Mitologi Lokapala #4: Telik Sandi Kerajaan Majapahit

Majapahit adalah kerajaan yang berpusat di daerah Jawa, khususnya Jawa Timur. Kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya yang sebelumnya merupakan Raja terakhir bagi Kerajaan Singhasari. Kerajaan ini mencapai puncak masa kejayaan saat dipimpin oleh Raja Hayam Wuruk.

Dalam sejarah Kerajaan di Indonesia, Majapahit adalah Kerajaan yang terbesar dan merupakan yang terakhir dalam menguasai tanah air. Dengan berbagai sejarah yang telah berhasil diceritakan pada para generasi penerus, nama Kerajaan Majapahit pasti sudah sangat familiar bagi bangsa Indonesia.

Berlatar Kerajaan Majapahit, Lokapala menyajikan seorang tokoh Ksatriya bernama Nisha. Nisha diceritakan sebagai seorang telik sandi yang menjaga pusaka di bawah naungan Pelindung Timur pada zaman Kerajaan Majapahit.

Ksatriya Game Mitologi Lokapala, Nisha

Nisha adalah Ksatriya dengan peranan sebagai Mage. Peranan ini biasanya akan memiliki magic damage yang besar. Memiliki peran untuk melindungi rekan tim, Nisha juga bekerja seperti support bagi tim.

Namun apabila pemain memutuskan untuk membangun Nisha dan melengkapi item yang diperlukan, maka Nisha juga bisa menjadi Ksatriya carry yang menjanjikan.

Nisha memiliki ability effect yang tinggi sebagai magic damage yang ada di dalam dirinya. Khas dengan kemampuannya yang berhubungan erat dengan listrik dan petir, Nisha memiliki 3 skill aktif yang siap membuat lawan tersetrum yaitu Electric Shock, Lightning Strike, dan Vajra

Mitologi Lokapala #5: Gayatri (Rajapatni)

Rajapatni adalah putri bungsu Raja Kertanegara yang terkenal tangguh dan tidak terlalu menyukai pakaian serta barang-barang yang cantik dan anggun apabila dibandingkan dengan saudarinya yang lain. Gayatri bahkan beberapa kali ikut andil dalam peperangan bersama anak dan suaminya.

Suami dari Rajapatni adalah Raja Wijaya, raja pertama Majapahit, yang kemudian diteruskan kepemimpinannya oleh keturunan dari Rajapatni. Tribhuwanatunggadewi yang merupakan anak dari Rajapatni inilah yang selanjutnya memberi turunan raja-raja di Majapahit.

Dengan citra sebagai putri yang kuat, Lokapala menghadirkan sosok Rajapatni sebagai marksman. Ksatriya dengan peranan ini memiliki citra sebagai yang terkuat dan memberikan damage luar biasa.

Ksatriya Game Mitologi Lokapala, Rajapatni

Apabila pemain memilih peranan ini dalam bertanding, maka harus bersiap untuk melengkapi item yang diperlukan supaya damage yang dikeluarkan akan lebih maksimal. Rajapatni memiliki 3 jenis skill aktif yang sangat membantu. Skill tersebut adalah Panca Vistaka, Aos Dyah, dan Lana Atma

Mitologi Lokapala #6: Si Buta dari Gua Hantu

Siapa yang tidak mengetahui tentang Barda Mandrawata, Si Buta dari Gua Hantu. Barda dikenal dengan ilmu beladiri yang sangat bagus serta kemampuannya untuk membedakan suara kendati memiliki kekurangan karena tidak bisa melihat. 

Konon, Barda kehilangan penglihatannya demi mendapatkan kemenangan saat berduel dengan Mata Malaikat. Dirinya membalaskan dendam setelah tunangan, ayah, dan saudara-saudara dalam perguruannya tewas di tangan Pendekar kejam tersebut.

Ksatriya Game Mitologi Lokapala, Barda

Di dalam game MOBA bertajuk Lokapala ini, Ksatriya assassin Barda benar-benar digambarkan sangat mirip dengan karakter yang asli. Mulai dari pakaian, gaya rambut, hingga monyet bernama Kliwon yang selalu setia bersamanya. 

Barda mempunyai 3 skill khusus di dalam game Lokapala untuk mengalahkan lawan. Yang pertama yaitu skill Topeng Monyet, di mana Kliwon akan menyerang seorang Ksatriya lawan dan mengambil senjatanya sehingga Ksatriya lawan tidak bisa menggunakan kekuatannya dalam 3 detik dan pergerakannya melambat untuk 4 detik selanjutnya. 

Skill kedua Barda yaitu Mata Malaikat, skill ini dapat membuatnya bergerak secara cepat ke Ksatriya lawan dengan damage yang bagus dan kecepatan penyerangannya pun meningkat sebesar 40 persen selama 3 detik.

Skill terakhirnya yaitu Tiga Sekali Tebas yang memungkinkan Barda untuk mengeksekusi Ksatriya lawan yang berada di dalam segitiga tebasannya. 

Mitologi Lokapala #7: Gajah Mada

Gajah Mada adalah sosok yang berperan sangat penting bagi Kerajaan Majapahit. Pada masa kepemimpinan Ratu Tribhuwanatunggadewi yang merupakan anak dari Rajapatni, Gajah Mada diangkat menjadi Mahapatih atau menteri besar sebelum akhirnya menjadi Perdana Menteri dan turut mengantar Majapahit ke puncak kejayaan.

Diambil dari sejarah Gajah Mada yang memiliki sebutan lain yaitu Jirnnodhara, Lokapala memperkenalkan Ksatriya Tank Jinno. Di dalam Lokapala Jinno merupakan seorang mahapatih yang berjuang demi Kerajaan dan Sang Ratu yang bernama Tarja.

Ksatriya Game Mitologi Lokapala, Jinno

Dengan perawakan yang besar dan gagah, Ksatriya yang satu ini memiliki peranan sebagai Tank yang gagah. Seperti para Ksatriya lain yang memiliki tiga skill aktif dan satu skill pasif, Jinno juga memiliki skill khusus tersebut. Skill khusus yang pertama yaitu Mahapatih’s Oath. 

Dengan skill Mahapatih’s Oath, Jinno dapat berteriak kencang dan memberi damage pada Ksatriya lawan yang berada di dekatnya serta membuat pergerakan mereka melambat hingga 20 persen dalam tiga detik. Tidak hanya itu, pergerakannya pun dipercepat sebanyak 40 persen dalam 3 detik juga. 

Skill kedua yang dipunyai oleh Jinno adalah Sumptuous Shelling yang dapat membuat perisai kuat selama tiga detik. Apabila perisai tersebut dihancurkan oleh Ksatriya lawan, maka perisai tersebut akan meledak dengan damage yang tinggi untuk Ksatriya lawan. 

Sementara skill khusus terakhirnya yaitu Tusker’s Rage. Pada skill ini Jinno dapat menyerang Ksatriya lawan dan membuat lawan tersebut terpental ke udara dengan damage yang besar. Selain itu, Ksatriya lawan tersebut juga akan terdiam tanpa bisa bergerak dalam 2 detik setelah mendarat.


Sangat menarik, bukan? Dari beberapa Ksatriya yang telah diulas, Ksatriya manakah yang menjadi favoritmu? Mari mulai pengalaman yang menakjubkan dalam bermain game Lokapala!