Kumpulan Game PSP Ukuran Kecil dan Grafis Keren

1841
game psp ukuran kecil harvest moon

Ingin main game klasik ala PlayStation namun tidak punya konsolnya? Jangan khawatir! Di zaman serba mobile kini, kamu masih tetap bisa menikmati gim-gim seru PlayStation, khususnya yang Portable (PSP) di HP kesayangan kamu dengan menggunakan emulator. Tenang saja, kamu tidak perlu khawatir memori penyimpanan, karena kami akan membagikan kumpulan game PSP ukuran kecil namun seru!

Sudah tahu Emulator PlayStation Portable (PSP)?

Bagaimana cara main gim PSP di HP? Nah salah satu jawabannya adalah dengan menggunakan aplikasi PPSSPP.

PPSSPP adalah sebuah emulator PSP yang dapat memuat dan memainkan game PSP melalui Android atau PC. Sebenarnya, perbedaan antara game PSP dan PS2 terletak pada segi grafis. Untuk game PSP yang dimainkan dalam PPSSPP sendiri sebenarnya merupakan versi lite dari game PS2 dengan grafis tidak semulus pada konsol aslinya. 

Beberapa games PS2 dan PSP memiliki ukuran yang sangat besar ketika diunduh. Hal ini bisa memakan memori yang cukup banyak. Meskipun demikian kami menemukan bahwa ada beberapa games PPSSPP yang keren namun memiliki ukuran yang cukup kecil.

Game PPSSPP ukuran kecil tentu seperti ini tentu menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang saat ini sedang mencari game PPSSPP terbaik dengan ukuran file yang tidak memakan banyak memori. 

Yuk simak rekomendasi kami dalam artikel kali ini!

10 Kumpulan Game PSP Ukuran Kecil

Game PSP Ukuran Kecil #1: Half-Minute Hero (119,8 MB)

Source: Gamesradar.com

Dikembangkan oleh Marvelous Entertainment, Half-Minute Hero mengubah game dengan genre RPG standar pada umumnya dengan menahan pemain hingga batas waktu 30 detik di mana mereka harus melawan iblis dan membangun kekuatan mereka untuk menyelamatkan dunia.

Untungnya, pengatur waktu dalam game ini dapat diatur ulang, dan kesenangan datang menggunakan setiap skenario groundhog day untuk mendorong maju ke arah musuh yang lebih besar, mendapatkan perlengkapan yang lebih baik, dan secara umum menjadi lebih baik dalam memberikan damage dalam tiga puluh detik atau kurang.

Half-Minute Hero adalah game yang berusaha sekuat tenaga untuk menentang kategorisasi khususnya jika menyangkut klasifikasi game RPG, tetapi sebenarnya pemain diberikan kesenangan yang luar biasa hingga tidak peduli game ini tergolong dalam genre apa. 

Game PSP Ukuran Kecil #2: Dead to Rights: Reckoning (93 MB)

Dead-Reckoning
Source: Pocketgamer.com

Apakah kamu pernah memainkan game tembak-tembakan Max Payne 3? Games ini merupakan games ala film action di mana kamu bisa menembak orang lain sambil melompat dalam slow motion.

Serupa dengan game Max Payne 3, kamu juga bisa mencoba memainkan Dead to Rights: Reckoning yang dirilis pada tahun 2005 di konsol PSP.

Dirilis oleh Namco, Dead to Rights: Reckoning hanya berukuran 60 MB loh. Cocok banget buat kamu yang kuota download-nya terbatas.

Game PSP Ukuran Kecil #3: Full Auto 2: Battlelines (148 MB)

Full Auto 2
Source: Mobygames.com

Bosan dengan game balapan yang biasa-biasa saja? Kalau iya, kamu harus banget main Full Auto 2: Battlelines. Tidak hanya ngebut, kamu juga bisa menghancurkan mobil lawan lho.

Jika kamu pernah menonton film Jason Statham yang berjudul “Death Race”, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan gameplay yang dibawakan oleh game ini. Dikembangkan oleh Sega, game PSP ukuran kecil ini memungkinkanmu untuk memodifikasi mobil pilihan milikmu sendiri agar bisa menjadi lebih cepat dan tentunya lebih mematikan.

Game PSP Ukuran Kecil #4: Toy Story 3 (133 MB)

Toy Story 3
Source: Pinterest.com

Sesuai dengan judulnya, Toy Story 3 adalah game yang diangkat dari film animasi dengan judul yang sama. Sama seperti di film, di game ini kamu juga akan mengikuti petualangan Woody dan teman-temannya

Game ini dilisensikan secara resmi oleh Disney Pixar sehingga karakternya memiliki pengisi suara yang sama seperti di film. Tidak hanya itu, misi pertama dalam game ini juga persis seperti di film di mana Woody berusaha menyelamatkan penumpang kereta api dari para penjahat.

Game PSP Ukuran Kecil #5: Jeanne d’Arc (189,8 MB)

Source: Gamesradar.com

Game Jeanne D’Arc ini adalah game yang mengusung versi alternatif dari tokoh sejarah Prancis, Jeanne D’Arc, yang diceritakan menjadi tokoh yang ajaib dan melawan iblis. Pengembang game, Level-5, telah melakukan pekerjaan yang baik dalam memimpin salah satu permainan RPG taktis terdalam dan paling kreatif di lingkungan gim PSP ukuran kecil.

Seperti Tactics Ogre dan Final Fantasy Tactics, Jeanne D’Arc membuat pemain melakukan pertempuran di seluruh peta open world, mengumpulkan anggota tim baru dan meratakan tim mereka di sepanjang jalan.

Pilihan inovatif seperti menggunakan batu keterampilan di atas kelas, atau menetapkan batas waktu untuk setiap pertempuran memberi Jeanne D’Arc gaya bermainnya sendiri.

Sementara itu presentasi karakter bergaya anime dan mekanisme pertempuran cepat namun kompleks ini berhasil membuat gim ini memiliki posisi tersendiri di hati para gamer (termasuk hati sang editor yang menyunting tulisan ini).

Game PSP Ukuran Kecil #6: Avatar The Last Airbender (110 MB)

Source: Youtube.com

Siapa yang tidak pernah menonton kartun Avatar: The Last Airbender? Beberapa tahun yang lalu, animasi ini sangat populer di televisi Indonesia.

Buat kamu yang kangen dengan aksi Aang, Katara, Sokka, Toph, Zuko, dan kawan-kawan bisa mencoba memainkan game PSP ukuran kecil ini. Berukuran hanya sekitar 110 MB saja, kamu sudah bisa menikmati petualangan seru dan mendebarkan dalam balutan gameplay yang simpel dan grafis yang atraktif.

Game PSP Ukuran Kecil #7: SBK:Superbike World Championship (86 MB)

Source: Youtube.com

Balapan mobil sudah berakhir, sekarang saatnya untuk game balap motor. Apalagi dengan hadirnya balap Moto GP di sirkuit Mandalika baru-baru ini kami melihat bahwa game balap motor merupakan salah satu hal yang dapat kembali dimunculkan.

Game PSP ISO ukuran kecil yang kami rekomendasikan untuk genre ini tentu saja SBK: Superbike World Championship. Meski hanya terbilang sebagai game balap biasa, namun game SBK: Superbike World Championship menawarkan grafis yang sangat bagus untuk ukuran yang dimiliki dan aspek di dalam game juga cukup realistis.

Dalam game ini, kamu dapat mencoba semua trek balap terkenal dengan pembalap favoritmu, seperti Max Biaggi, dan lainnya. Bagi kami, ini sangat bagus sekali.

Game PSP Ukuran Kecil #9: Hero of Sparta (42 MB)

Hero of Sparta
Source: Pocketgamer.com

Selain God of War ternyata masih banyak lagi lho, game action-adventure yang seru untuk dimainkan di PPSSPP. Hero of Sparta adalah salah satu rekomendasi keacakan Droidcops.

Meski mirip dengan seri God of War, namun game ini memiliki grafis yang lebih ringan dan mode platformer. Tidak heran jika game ini hanya berukuran 42MB .

Tak perlu khawatir, Hero of Sparta selain menawarkan gameplay yang cukup seru dan tingkat kesulitan yang tinggi sehingga kamu tidak mudah bosan.

Game PSP Ukuran Kecil #9: Marvel Nemesis: Rise of the Imperfects (89 MB)

Source: Youtube.com

Jauh sebelum film MCU menghiasi layar, gamer sudah disuguhi Marvel Nemesis: Rise of the Imperfects di konsol PSP. Game ini mengambil latar belakang dan karakter dari serial komik Marvel Nemesis, game ini akan mempertemukan karakter asli Marvel, seperti Iron Man, Venom, dan kawan melawan karakter buatan EA.

Memiliki mode pertempuran yang luar biasa, di game ini kamu akan bertarung 1 lawan 1 menggunakan karakter pilihanmu. Kamu juga bisa menggunakan fatality sebagai salah satu jurus yang mematikan ala “Mortal Kombat”.

Game PSP Ukuran Kecil #10: Harvest Moon-Boy and Girl (134 MB)

Source: Youtube.com

Siapa yang tidak kenal dengan seri game khas PS1 dan PS2 Harvest Moon? Game penuh kenangan ini kembali kami rekomendasikan dalam konsol PSP. Seri Harvest Moon: Boy and Girl ini adalah versi spin-off lengkap dari Harvest Moon: Back to Nature dan Bokujō Monogatari: Harvest Moon for Girl.

Kedua game tersebut awalnya dirilis di konsol PlayStation; namun Harvest Moon for Girl tidak pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebelum game seri Boy and Girl ini dirilis di PSP.

Game ini memiliki cerita dan gameplay yang sama dengan Harvest Moon: Back to Nature, kecuali jika digabungkan/porting bersama sebagai satu game. Kamu bisa bermain sebagai laki-laki (Destiny), atau perempuan (Fate). Mereka dapat diganti namanya di awal permainan.


Nah itu dia 10 kumpulan game PSP berukuran kecil yang bisa kami rekomendasikan untuk kamu yang memiliki memori penyimpanan terbatas. Dari daftar di atas, mana nih gim yang kira-kira ingin kamu mainkan langsung?

banner iklan esportsnesia