Adhitya “Spencer” Zulkarnain Barus: Makin Berkembang Sejak Gabung OPI

1967
adhitya opi

Adhitya Zulkarnain Barus atau yang dikenal juga sebagai OPI Spencer, adalah seorang pemain profesional Mobile Legends asal kota Medan Sumatera Utara. Pemain yang dulunya bergabung dengan tim Satu Esports ini memilih untuk hijrah ke Tangerang Selatan dan bergabung dengan tim OPI Esportstainment Maret lalu.

Esportsnesia berkesempatan untuk ngobrol dengan Adhitya seputar kehidupannya sebagai gamer. Simak selengkapnya berikut ini.

Resmi Menjadi OPI Spenceradhitya opi

Sebelum bergabung dengan OPI, Adhitya sudah pernah bergabung dengan tim-tim esports lokal Sumatera Utara. Medan Fakka, Xavier, dan Satu Esports adalah tim-tim yang dulu pernah menjadi rumah bagi gamer usia 20 tahun ini.

Ketika ditanya mengenai alasan Adhitya bergabung dengan OPI, dia mengaku ingin lebih dekat dengan pro-scene di MDL. “Saya tertarik dengan pro-scene di MDL, dan OPI tentunya sudah berada di MDL tersebut,” ungkap Adhitya.

Adhit mengaku sejak bergabung dengan OPI dia menjadi lebih berkembang. “Lumayan berkembang. Saya dapat banyak pengetahuan tentang mobile legends,” jelasnya.

OPI Esportstainment sendiri sempat beberapa kali menjadi perbincangan di skena esports. Banyak yang menganggap bahwa OPI tidak bisa disebut sebagai tim esports karena lebih fokus pada hiburan. Mengenai hal ini, Adhitya menanggapi dengan kepala dingin.

“Mereka tidak tahu betul di OPI itu bagaimana. Saya hanya fokus usaha buat membuktikan kepada mereka bahwa OPI tidak seperti apa kata orang-orang,” katanya.

Peran Penting Tim Bagi Perkembangan Playeradhitya opi

Tim esports memiliki peranan sangat penting dalam perkembangan player. Dengan adanya tim, player bisa terbantu di berbagai aspek baik fasilitas latihan maupun dukungan pelatihan.

Adhitya mengamini hal ini dan untuk itulah dia bergabung dengan tim esports yang dia rasa tepat untuk membantu perkembangan karirnya sebagai pro-player. 

“Peranan tim esports sangat penting karena tim menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh player,” katanya.

Selain fasilitas, hubungan yang baik dengan anggota tim lain juga sangat berpengaruh bagi perkembangan pro player. Adhitya mengaku betah menjadi bagian dari tim OPI Esportstainment karena sikap ramah dan kekeluargaan seluruh anggota tim.

“Para player di OPI sangat ramah, fasilitas yang diberikan oleh OPI juga membuat saya nyaman,” katanya.

Memilih Jalani Karier Esports sebagai Pro Playeradhitya opi

Adhitya telah bermain Mobile Legends sejak tahun 2019. Namun ia baru ikut bertanding secara kompetitif pada tahun 2020. Dia mengaku menjalani profesi ini karena memang memiliki passion di bidang esports. “Saya suka berkompetisi dan suka dengan game,” katanya.

Dua alasan itu cukup untuk memotivasinya terus aktif bermain di ranah profesional. Karena sejatinya esports memang wadah untuk orang-orang yang gemar berkompetisi dan bermain game.

Selain dari tim OPI yang saat ini menaunginya, Adhitya mengaku mendapatkan support terbesar dari orang tua. “Support terbesar saya adalah orang tua,” katanya.

Sosok Panutan OPI Spenceradhitya opi

Setiap gamer pasti memiliki sosok yang menginspirasi di bidangnya. Bagi Adhitya, sosok itu adalah RRQ Albert. Adhitya memiliki alasan tersendiri mengapa dia mengidolakan pro gamer yang dijuluki Baby Alien itu.

“Awal mula dia masuk ke MPL mendapat banyak hujatan, tetapi dia tetap berusaha membuktikan bahwa dia yang terbaik, dan sekarang terbukti bahwa dia jungler terbaik,” ujar Adhitya.

Sikap dan fokus Albert turut memotivasi Adhitya untuk berusaha meraih prestasi di skena esports profesional.

“Sekarang fokus dengan pro-scene, tentunya ingin juara. Rencananya semoga bisa membawa OPI masuk ke playoff MDL,” terang Adhitya saat ditanya mengenai target jangka pendek.

Sementara itu, Adhitya juga terus memupuk mimpi untuk bisa bermain di MPL, liga paling bergengsi di Mobile Legends.

“Impian terbesar ingin bermain di MPL Indonesia,” terangnya.

Pesan OPI Spencer kepada Gamer Muda: Harus Fokus dan Konsistenadhitya opi

Bagi Adhitya, meniti karir di industri esports tidak bisa dilakukan setengah-setengah. Fokus dan konsisten adalah dua kunci yang dia pegang erat agar bisa mewujudkan impiannya menjadi player profesional.

Hal ini memang penting mengingat esports merupakan skena yang memiliki tingkat persaingan tinggi. Akan sangat sulit mengejar prestasi di industri ini apabila tidak dilakukan dengan konsentrasi penuh dan fokus tinggi.

Untuk gamers muda yang ingin meniti karir di industri esports, Adhitya menyarankan untuk selalu mengingat hal ini.

“Semangat buat yang lagi meniti karir di esports tetap fokus dan konsisten. Jangan setengah-setengah,” pungkasnya.